demo mahasiswa

Demo Mahasiswa Paling Berani dari Seluruh Dunia

Demo mahasiswa tak hanya terjadi di Indonesia seperti yang akhir-akhir ini kita lihat. Di berbagai penjuru dunia, aksi ini juga kerap timbul dengan tujuan suara dan aspirasi para mahasiswa dapat didengar oleh pemerintah masing-masing negara.

Sejarah mencatat, aksi demo mahasiswa banyak yang berbuah perubahan dengan skala yang berbeda-beda. Entah itu berdampak kecil maupun besar. Namun, yang jelas, seruan lantang yang digemakan acap membuat satu gerakan kolektif yang tak jarang timbul sebuah revolusi.

Biasanya, sebagai bentuk kebebasan berpendapat, demo selalu dihiasi oleh seruan dalam bentuk poster. Mulai dari poster berkalimat menyindir ataupun bernada lucu, unik dan menggelitik.

Berikut Bob rangkum demo mahasiswa paling berani yang terjadi di berbagai negara:

foto: CNN Indonesia

Demo mahasiswa di Hong Kong berawal dari penolakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Ekstradisi. RUU ini dianggap bisa mengancam masyarakat Hong Kong. Apabila RUU ini disahkan, para narapidana Hong Kong bisa diadili di China dengan hukum dan kebijakan China.

Dengan pertimbangan dampak yang akan terjadi, para mahasiswa baik laki-laki maupun perempuan turun ke jalan untuk menentangnya. Menariknya, melansir CNN, dampak dari demo itu mengakibatkan 200 penerbangan di Bandara Internasional Hong Kong dibatalkan.

  • Demo di Indonesia 1998

foto: idntimes.com

Pada 1998, demo mahasiswa Indonesia mampu meruntuhkan satu orde. Nyaris seluruh mahasiswa di berbagai kota turun ke jalan dengan salah satu tuntutannya yakni meminta turunnya presiden Republik Indonesia kala itu, Soeharto. Tanpa kenal jarak, mereka berbondong-bondong menuju ibu kota.

Bahkan, saat itu, gedung DPR/MPR dikuasai oleh para mahasiswa. Demo mahasiswa ini menjadi salah satu demo terbesar yang terjadi di Indonesia. Tak hanya kota-kota besar, mahasiswa dari berbagai daerah pelosok pun turut serta.

  • Demo Perubahan Iklim

foto: bbc.com/indonesia

Khusus untuk demo perubahan iklim, tak hanya terfokus pada satu negara saja. Beberapa negara yang ikut terlibat di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru dan masih banyak negara-negara lain. Mereka turut serta menyuarakan aspirasi dengan turun ke jalan dan membentangkan poster bertuliskan pesan khusus.

Demo ini dirasa penting lantaran menyangkut kepentingan seluruh manusia. Uniknya, demo ini tak hanya dilakukan oleh mahasiswa melainkan ada pula murid-murid dari sekolah-sekolah dan masyarakat. Salah satu aktivis lingkungan muda yang ramai dibicarakan akhir-akhir ini terkait perubahan iklim yakni Greta Thunberg dari Swedia.

 

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles