Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Demi Mendapatkan Tanaman Monstera Paling Unik Ini, Orang-Orang Rela Mengeluarkan Sampai 90 Juta Rupiah, Lho!

Kamu juga perlu merogoh kocek dalam-dalam nih

Bagi pecinta tanaman hias, nama monstera mungkin sudah tidak asing lagi apalagi belakangan ini tanaman tersebut juga makin viral karena harganya yang tidak ramah di kantong. Dilihat dari harganya, jenis tanaman ini sebenarnya cukup beragam. Kamu akan menjumpai monstera dengan harga yang ramah hingga monstera paling mahal.

Tanaman yang lebih akrab disebut janda bolong ini memang memiliki keunikan tersendiri yang menarik perhatian para pecinta tanaman hias. Keunikannya terletak pada bagian daun yang umumnya berbentuk meruncing dengan bolong-bolong di sekitarnya. Lubang itu pula yang membuatnya dinamai janda bolong.

Sebagai informasi, bolong-bolong itu sendiri diyakini terbentuk dari proses preforasi yang cukup intens, yakni proses pelubangan akibat tetesan air. Selain karena keunikannya, tanaman ini juga bisa hidup di dalam ruangan dengan perawatan yang terbilang mudah.

Harga murah maupun mahal, tanaman ini tetap banyak peminatnya. Lalu apa yang membuat tanaman monstera paling mahal itu berbeda dari tanaman monstera lainnya. Simak informasinya di bawah ini yuk!

Jenis-Jenis Monstera

@spurekar via flickr.com

Monstera merupakan tanaman asal hutan tropis Amerika Tengah dan Selatan dan kabarnya memiliki lebih dari 40 varietas. Meski begitu, hanya beberapa jenis saja yang populer di Indonesia dan salah satunya adalah monstera paling mahal yang belakangan ini mendadak viral.

Jenis-jenis monstera yang cukup populer itu meliputi monstera deliciosa, mnstera borsigiana, dan monstera adansonii. Monstera deliciosa merupakan salah satu jenis monstera yang paling sering kamu jumpai. Daunnya lebar dengan motif menyerupai sobekan yang memanjang dari tengah hingga tepi.

Semakin tua, warna daun tanaman ini akan semakin gelap. Karena bisa tumbuh subur pada suhu 20-30 derajat Celsius, monstera jenis ini menjadi favorit untuk menjadi penghias di dalam ruangan.

Sementara itu, monstera borsigiana tampak mirip dengan deliciosa. Hanya saja, ukurannya lebih kecil dan bulat serta sobekannya pun lebih jarang. Selain itu, batangnya pun lebih lunak sehingga tumbuh menjuntai.

Selanjutnya, ada monstera adansonii yang penampakannya cukup berbeda dengan dua jenis sebelumnya. Tanpa robekan, monstera jenis ini dihiasi dengan bolong-bolong di bagian tengah. Ukuran daunnya pun cukup kecil sehingga kamu bisa menggunakannya sebagai tanaman hias gantung.

Monstera adansonii ini merupakan tanaman yang kerap kali disebut janda bolong karena bolong-bolong tersebut tidak putus menjadi robekan seperti halnya monstsera deliciosa dan monstera borsigiana. Monstera adansonii juga terbilang ramah di kantong dengan kisaran harga sekitar Rp 20.000,00 – 100.000,00.

Monstera Paling Mahal

via monsteramania.com

Salah satu jenis tanaman monstera paling mahal adalah monstera adansonii variegate. Jenis yang satu ini memang memiliki keunikan tersendiri yang berhasil menarik perhatian banyak orang. Mereka pun tak tanggung-tanggung mengeluarkan biaya hingga Rp 90 juta.

Monstera adansonii variegata ini merupakan tanaman asal Jepang dan mulai ramai dalam dunia tanaman hias Indonesia sejak akhir 2018. Namun, saat itu harganya tidak setinggi sekarang dengan kisaran harga di bawah Rp 10 juta.

Monstera variegata sendiri merupakan monstera yang mengalami mutasi genetika secara alami. Karena mutasi tersebut, monstera ini memiliki daun dengan perpaduan warna hijau dan putih, bahkan hingga tiga warna dengan sentuhan kuning.

Motif bolong-bolongnya tidak jauh beda dengan deliciosa, yakni berupa sobekan namun dengan ukuran lebih kecil. Karena keunikannya serta perawatannya yang lebih sulit, harganya pun terbilang tinggi.

Satu pot monstera adansonii variegata dengan tiga helai daun bisa dijual dengan harga Rp 90 juta. Sementara itu, untuk anakan dengan daun yang masih kecil berada di kisaran harga Rp 45 juta. Nah, tidak mengherankan bukan variegata ini dianggap sebagai monstera paling mahal.

Selain monstera adansonii variegata, monstera obliqua juga dianggap sebagai monstera paling mahal. Hal ini terjadi karena janda bolong yang satu ini terbilang langka. Satu pot dengan tiga helai daun dapat dihargai sekitar RP 120 juta.

Selain langka, daunnya pun kecil, cukup tipis, dan lembut dibandingkan dengan jenis-jenis monstera lainnya. Bolong-bolongnya pun cenderung lebih banyak dan lebar sehingga nilai estetikanya pun semakin tinggi. Karenanya, penyimpanan monstera jenis ini harus sangat diperhatikan agar daunnya tidak robek.

Mengapa Bisa Mahal?

via bucklestreet.com

Sebagaimana kamu tahu, tren tanaman hias dengan harga tinggi bukanlah hal baru. Sebelumnya, kamu mungkin pernah mengalami saat harga tanaman gelombang cinta melambung cukup tinggi. Nah, hal itu pun kini terjadi pada tanaman monstera atau janda bolong.

Di awal kemunculannya, harga monstera paling mahal ini berada di bawah Rp 10 juta dan kini justru melambung hingga angka puluhan dan ratusan juta.  Selain karena keunikan serta kelangkaannya, harga tinggi tersebut juga bisa dipicu oleh budaya latah tatkala tanaman tersebut menjadi tren terutama di kalang pemilik rumah elit dan juga rumah berdesain minimalis.

Sebagian orang beranggapan bahwa rumah mereka belum keren jika tidak memiliki tanaman monstera. Karenanya, gengsi cukup berperan dalam hal ini.

Selain itu, tren berkebun di kala pandemi pun memengaruhi orang-orang untuk mengoleksi tanaman yang dinilai unik dan bernilai estetik. Karenanya, permintaan pun menjadi tinggi sementara jumlahnya cukup terbatas dan harga pun merangkak naik.

Terlepas dari harganya yang mahal, tanaman monstera atau janda bolong juga memiliki kelebihan tersendiri. Selain memiliki nilai estetik, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk memfilter udara sehingga kualitas udara dalam ruangan menjadi lebih baik. Warnanya yang hijau juga memberikan kesan segar dan sejuk sehingga ruangan kamu terasa lebih nyaman dan menenangkan.

Lebih lanjut, tanaman monstera juga terbilang mudah dalam hal perawatan. Kamu tidak perlu sering mernyiramnya, cukup satu sampai dua kali seminggu. Selain itu, tanaman ini juga bisa bertahan di dalam ruangan berpendingin dan kamu tidak perlu memindahkannya ke tempat yang terkena cahaya matahari. Tanaman ini justru lebih baik tidak dihadapkan langsung di bawah sinar matahari. Jika tidak bisa dihindari, kamu bisa membatasinya sampai dua hingga tiga jam di bawah sinar matahari pagi.

Nikmati Fasilitas Menarik di Bobobox

Sebelum memutuskan untuk ikut membeli monstera paling mahal, lebih baik kamu refresh dulu tubuh serta pikiran kamu dengan menginap di Bobobox. Hotel kapsul Bobobox menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan yang dijamin membuat kamu betah berlama-lama di sana.

Pertama-tama, ada keyless access berupa QR code yang dapat kamu gunakan untuk memasuki kamar tanpa perlu menggunakan kunci konvensional. Kamu hanya perlu memindainya dan kamar pun terbuka secara otomatis.

Selain itu, ada pula fitur moodlamp yang siap memanjakan kamu dengan 16 warna lampu LED. Dengan fitur ini, kamu bisa mengubah warna cahaya lampu dari ke-16 warna tersebut sesuai dengan mood kamu. Tidur kamu tentu makin nyenyak dengan pilihan warna yang tepat. Tidak usah ragu lagi deh, segera unduh aplikasi Bobobox dan pesan kamar yang kamu mau!

You might also like