Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bosan Saat WFH? Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias, Yuk!

Mendekor rumah dengan tanaman hias juga punya segudang manfaat, lho.

Semenjak pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Penerapan WFH ini diharapkan bisa membantu mengurangi, bahkan menghentikan penyebaran virus corona.

Berhari-hari berada di rumah saja, rasa bosan pastilah melanda. Ini sebabnya banyak dari mereka yang mulai melirik kegiatan baru untuk melepas penat, salah satunya adalah berkebun.

Berkebun bisa mulai dari mana saja. Mulai dari menanam sayuran dan pohon buah untuk dikonsumsi sehari-hari, apotek hidup untuk dijadikan seduhan herbal, atau tanaman hias untuk mempercantik rumah dan pekarangan.

Foto oleh Carrie Beth Williams dari Unsplash

Namun, tak sedikit juga orang yang mulai memanfaatkan tanaman hias untuk mempercantik interior rumah. Nah, ternyata mendekorasi rumah dengan tanaman hias memiliki segudang manfaat, lho. Mau tahu apa saja? Simak manfaatnya yang sudah Bob rangkum berikut ini, ya.

Mempercantik ruangan

Dari namanya, tanaman hias ini tentu saja berfungsi sebagai penghias. Di sini, konteksnya sebagai penghias ruangan di dalam rumah, ya. Tanaman hias mampu membuat ruangan yang terlihat polos menjadi lebih cantik dan enak dipandang mata. Selain itu, tanaman juga mampu memberikan nuansa segar di dalam ruangan.

Warna-warni pada daun dan bunga dari tanaman hias seperti jenis sukulen, lavender, dan anthurium bisa memberikan kesan dekorasi ruangan yang menjadi lebih cerah dan berwarna.

Namun, tanaman hias yang didominasi dengan warna hijau seperti monstera dan pakis asparagus juga tak pernah kehilangan peminat meskipun terkesan monoton karena hanya berwarna hijau saja. Ini disebabkan oleh tanaman hijau tersebut memiliki bentuk yang sangat cantik.

Memilih tanaman hias yang sesuai dengan dekorasi rumah yang sudah ada memang gampang-gampang susah. Cara paling mudah adalah mencari warna tanaman yang cocok dengan suasana dan tema ruangan.

Misalnya, jika warna ruangan menampilkan dekorasi dengan warna yang netral, tak masalah jika kamu memilih tanaman berwarna sedikit mencolok. Namun, jika kamu memilih tanaman yang berwarna hijau, kamu masih akan menyelaraskannya dengan ditaruh di atas meja, pinggir jendela, atau pojok ruangan.

Foto oleh Annie Spratt dari Unsplash

 

Membantu menenangkan pikiran dan meredakan stres

Dikutip dari hellosehat.com, warna hijau memiliki pengaruh pada suasana hati dan pikiran kita, serta membuat kita merasa lebih tenang secara psikologis. Itu sebabnya, jika kamu menaruh tanaman hias berwarna hijau di dalam ruanganmu, kamu akan merasa lebih tenang saat melihatnya.

Warna hijau pada tanaman hias juga dipercaya memiliki manfaat positif, seperti membawa harmoni dalam kehidupan sehari-hari, keseimbangan emosi, penyegaran mata dan pikiran, menenangkan, dan menimbulkan kepedulian akan lingkungan.

Di samping itu, ada pula penelitian lain tentang tanaman, yang menunjukkan bahwa menyentuh daun tumbuhan selama 2 menit saja bisa menurunkan tingkat stres pada manusia. Belum lagi jika tanaman hias yang kamu rawat akhirnya memunculkan pucuk, tunas baru, atau bahkan berbunga. Kamu akan merasa bangga dan senang karena telah berhasil merawat tanaman dengan baik.

Merawat tanaman memang tak bisa digolongkan sebagai kegiatan yang mudah, tapi tak ada salahnya untuk dicoba, kok. Jika kamu pintar merawat tanaman hias, tentu kegiatan ini akan menjadi hobi yang menyenangkan untuk dilakukan.

Foto oleh Prudence Earl dari Unsplash

Membersihkan udara dalam ruangan

Meskipun di dalam ruangan, bukan berarti kamu terbebas dari polusi atau udara yang tercemar dari luar sana. Di sinilah tanaman hias berfungsi, bukan hanya untuk mempercantik ruangan, tapi juga membantu menyaring dan membersihkan udara di dalam ruangan.

Fungsi dari tanaman yang paling utama adalah mengubah zat karbondioksida menjadi oksigen. Adanya tanaman hias di dalam ruangan berarti adanya produsen oksigen di siang hari, sehingga kamu bisa menghirup udara yang lebih bersih dan segar.

Tak hanya itu, tanaman juga mampu meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan. Udara yang lembab akan membantumu untuk menghindari berbagai masalah pernapasan seperti batuk dan sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh paparan udara yang kering dan kotor.

Tanaman hias juga dapat menyesuaikan udara di lingkungan sekitarnya. Jika udara sedang panas, tanaman akan membantu mendinginkan ruangan. Sebaliknya, jika udara sedang dingin, tanaman hias ini akan membantu menghangatkan ruangan.

Dengan menaruh tanaman hias dengan jumlah yang cukup di dalam ruangan, kamu tidak perlu lagi memakai pendingin ruangan karena tanaman hias akan membuat ruanganmu juga menjadi lebih sejuk.

Foto oleh Kara Eads dari Unsplash

Mencegah datangnya penyakit

Penyakit seperti demam, flu, dan radang seringkali disebabkan oleh bakteri dan virus yang menyerang pada saat daya tahan tubuh sedang lemah. Daya tahan tubuh yang lemah bisa disebabkan oleh lingkungan yang kotor, paparan polusi udara dengan kandungan zat karbondioksida yang tinggi, atau bahkan ventilasi udara buruk di ruangan kerjamu.

Ternyata, tanaman hias seperti lidah mertua, dapat membantu mencegah datangnya penyakit tersebut, lho. Selain bentuknya yang cantik, lidah mertua ini berfungsi sebagai penyerap racun yang ada di udara. Taruh saja lidah mertua di pojok ruangan yang tidak langsung terkena sinar matahari, dijamin udara dalam ruangamu akan tersaring dengan baik.

Produksi udara segar dari tanaman lidah mertua ini juga bisa membantumu untuk mencegah berbagai masalah pernapasan, melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh karena denyut jantung yang stabil, serta mengurangi rasa cemas dan meningkatkan produktivitas kerja.

Foto oleh Brina Blum dari Unsplash

Membuat tidur menjadi lebih lelap dan berkualitas

Meskipun kebanyakan tanaman memproduksi karbondioksida pada malam hari, kamu tetap bisa memilih tanaman hias yang justru memproduksi oksigen di malam hari.

Anggrek, sukulen, dan palem kuning contohnya. Tanaman tersebut akan memberikan asupan oksigen yang cukup untukmu di malam hari. Asupan oksigen ini akan membantu tubuhmu untuk lebih tenang saat tidur, sehingga tidurmu menjadi lebih lelap.

Lavender, melati, dan gardenia juga tak kalah menarik. Tanaman hias ini memiliki aroma yang wangi dan menenangkan. Aroma tersebut akan membantumu untuk merasa lebih rileks sehingga kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Mengisi ruangan dengan tanaman hias ternyata menarik untuk dilakukan, ya? Kamu bisa mencoba menaruh beberapa tanaman hias di ruanganmu untuk mendapatkan manfaat yang sudah Bob jelaskan di atas. Dijamin, WFH-mu tidak akan terasa monoton dan membosankan, deh.

Foto oleh NordWood Themes dari Unsplash

Namun, jika kamu masih merasa bosan WFH dan butuh hiburan, coba staycation di Bobobox saja. Kamu bisa bekerja dari dalam pod di hotel kapsul ini dan merasakan pengalaman menginap sambil bekerja yang unik.

Pesan kamar melalui website dan aplikasi hotel kapsul ini, lakukan pembayaran otomatis, dan dapatkan QR code pada aplikasi Bobobox. QR code tersebut bisa digunakan sebagai akses untuk masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa.

Dengan aplikasi Bobobox di smartphone-mu, kamu juga bisa mengatur lampu LED di dalam pod sesuai dengan keinginan dan suasana hatimu saat menginap. Seru, ‘kan? Pesan kamar di sini, sekarang!

You might also like