header

Danau di Nusa Tenggara Timur; Pesona Keindahan Alam Yang Masih Terpendam

Bobobox.co.id — Nusa Tenggara Timur memang menyimpan destinasi wisata yang belum benar-benar tereksplorasi dengan baik. Salah satunya adalah menyoal destinasi wisata danaunya yang sebenarnya memiliki potensi menjanjikan karena keindahan alamnya yang menakjubkan.

Kalau kamu salah satu yang belum mengetahui destinasi wisata danau indah di Nusa Tenggara Timur, berikut ini merupakan kumpulan danau yang bisa kamu eksplorasi selama berlibur di NTT.

5 Danau Terindah di Nusa Tenggara Timur

1. Danau Weekuri

danau weekuri

via pegipegi.com

Tempat wisata pertama yang harus kamu kunjungi saat berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah Danau Weekuri. Berlokasi di Desa Kalenarogo, Kabupaten Sumba Barat Daya, destinasi wisata yang satu ini siap memanjakan matamu. Bagaimana tidak, di sini, kamu bisa melihat gradasi warna yang cantik seperti biru cerah, biru kehijauan hingga putih dari pantulan dasar danau. Yang akan membuatmu semakin terkagum-kagum, saat berenang, kamu akan merasakan suhu air yang berbeda di beberapa titik.

Danau yang berasal dari bahasa Sumba yang artinya ‘air percikan’ ini juga terkenal akan keunikan lainnya lho. Air yang ada di sini memiliki rasa yang bercampur antara asin dan payau. Hal ini disebabkan karena Danau Weekuri merupakan laguna yang terbentuk dari air laut lepas. Air danaunya pun tergolong sangat jernih sehingga kamu bisa dengan jelas melihat dasarnya dengan mata telanjang.

Kalau kamu memang benar-benar tertarik untuk berkunjung ke destinasi wisata tersebut, bawalah makanan serta minumanmu sendiri. Di sini, tidak ada penjual makanan ataupun minuman terdekat yang bisa kamu temui. Kamu tentu tidak ingin jika kamu merasa kehausan atau kelaparan saat sedang asyik-asyiknya menikmati keindahan alam di sini.

Selain itu, datanglah mulai jam 4 sore karena pada jam tersebut, kamu bisa melihat airnya yang sangat biru dari pantulan sinar matahari yang mulai tenggelam. Tapi yang harus kamu perhatikan adalah aksesnya yang cukup sulit sehingga berhati-hatilah saat melakukan perjalanan ke tempat wisata ini. Tak hanya itu, kamu pun jangan malu untuk bertanya pada penduduk lokal karena petunjuk jalannya yang masih minim.

2. Danau Ranamese

via pegipegi.com

Mencari liburan yang bisa menenangkan jiwamu dari penatnya rutinitas perkotaan? Tidak ada salahnya jika kamu datang ke Desa Golo Loni, Kecamatan Borong, Menggarai Timur, NTT. Kamu akan mendapati pemandangan danau yang indah dengan hutan yang hijau nan lebat yang mengelilinginya. Destinasi wisata yang dimaksud adalah Danau Ranamese.

Dengan alamnya yang masih sangat terjaga, kamu bisa mendengarkan dengan jelas kicauan burung yang saling bersautan dan melihat dengan jelas ikan-ikan yang berenang ke sana ke mari di danau yang airnya berwarna hijau ini. Kalaupun kamu hanya ingin bersantai, pepohonan yang ada siap menghadirkan keteduhan ditemani dengan angin sepoi-sepoi yang menghembus langsung tubuhmu saat berebah.

Magis dari danaunya pun akan semakin terasa saat kabut menyelimuti perairannya. Jangan heran kabut tersebut hadir karena destinasi wisata ini diapit oleh dua gunung Gunung Mandosawu dan Gunung Ranaka. Termasuk ke dalam danau vulkanik, untuk sampai ke destinasi wisata NTT ini, kamu harus menempuh perjalanan yang sangat menantang. Namun, hal tersebut akan terbayar dengan pesona alamnya yang bisa membuatmu jatuh cinta.

3. Danau Purba Sano Nggoang

via superadventure.co.id

Satu lagi tempat destinasi yang bakal cocok untukmu yang ingin menikmati me time tanpa diganggu notifikasi soal pekerjaan. Danau Purba Sano Nggoang yang terletak di Desa Wae Sano, Kabupaten Manggarai Barat menjadi tempat wisata yang akan memberimu ketenangan dengan suguhan panorama alam yang indah tidak terkira.

Tempat wisata ini termasuk danau vulkanik terluas yang ada di Nusa Tenggara Timur dan juga salah satu yang terdalam di dunia. Sehingga, jika kamu sedang berperahu santai di tempat wisata ini, berhati-hatilah karena kedalaman yang mencapai 600 meter. Walaupun terdengar mengerikan, kandungan sulfurnya yang relatif tinggi, kamu bisa menggunakannya untuk mandi karena manfaat sulfur yang akan menyehatkan kulitmu.

Selain danaunya, kamu pun bisa berkeliling menuju beberapa tujuan wisata lainnya yang ada di sini. Salah satunya adalah Golo Dewa Peak atau biasanya disebut Puncak Savana oleh masyarakat Nunang. Saat berada di sini, kamu bisa melihat keindahan Danau Purba Sano Nggoang dan dusun sekelilingnya dengan hembusan angin dan kicauan burung beterbangan yang setia menemanimu. Ada juga Puncak Poco Dedeng yang bisa kamu kunjungi selain Golo Dewa Peak tadi.

4. Danau Tiga Warna Kelimutu

via beritagar.id

Destinasi wisata selanjutnya adalah Danau Tiga Warna Kelimutu. Berada di Desa Pemo, julukan tiga warna disemat karena destinasi wisata ini memiliki tiga warna yang berubah seiring waktu berjalan. Tiga warna tersebut adalah biru, putih, dan merah. Keunikan warna yang dimilikinya membuat Danau Tiga Warna Kelimutu menjadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke NTT.

Bagi kamu yang berencana pergi ke destinasi wisata ini, perjalanan yang harus kamu tempuh relatif jauh yaitu 45 kilometer dari pusat Kabupaten Ende. Setelah sampai di daerah destinasi wisata, kamu harus menaiki anak tangga dan jalan bebatuan untuk akhirnya benar-benar sampai di tepi danau. Harga tiket masuk yang ditawarkan tergolong sangat terjangkau, kamu hanya tinggal membayar 2 ribu rupiah untuk menikmati keindahan dari destinasi wisata NTT yang memiliki tiga warna ini.

Menyoal warna dari air danaunya, masyarakat sekitar percaya bahwa tiap bagiannya dihuni oleh roh yang berbeda sehingga dianggap keramat dan juga memberikan kesuburan pada daerah sekitarnya. Maka, jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan upacara adat yang biasa dilakukan oleh masyakarat dengan memberikan persembahan hasil bumi kepada arwah yang ada.

Baca Juga: Pakaian Adat Suku Sumba Sangat Menawan, Berikut Ini 8 Pakaian Adat NTT untuk Kamu Ketahui

5. Danau Waibelen (Danau Asmara)

via liputan6.com

Tempat wisata terakhir yang ada pada daftar ini adalah Danau Asmara. Tempat wisata ini berada di Desa Riangpuho, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur. Airnya yang jernah serta kondisi alamnya yang indah dan masih terjaga keasrian membuat banyak wisatawan jatuh hati pada destinasi wisata ini.

Untuk menikmati keindahan alam sekitarnya, kamu bisa melihatnya dari atas pohon lewat rumah pohon yang dibangun oleh masyarakat setempat. Di sini, dengan hembusan angin yang sejuk, kamu bisa menyaksikan keindahan alam yang terhampar di depan matamu lewat celah-celah rerimbun daun hijau.

Kamu yang sudah tidak sabar untuk datang ke sini, bersiap-siaplah. Waktu tempuh yang harus kamu jalani kurang lebih selama 2 jam dengan menggunakan sepeda motor atau angkutan umum dari pusat kota. Walaupun cukup jauh, namun kamu akan sangat terhibur dengan suguhan keasrian alam yang disuguhkan oleh destinasi wisata yang dulunya bernama Danau Waibelen.

Baca Juga: Cocok untuk Liburan, Inilah 10 Tempat Wisata Sumba yang Menarik

Ingin Staycation Tanpa Bikin Repot? Ya Di Bobocabin Saja

Liburan memang dibutuhkan bagimu yang sedang merasa penat dengan rutinitas yang kamu lakukan setiap harinya. Salah satunya lewat staycation, kamu bisa melepaskan segala beban yang kamu sejak lama. Nah, kalo kamu ingin mencoba staycation di sela-sela kesibukanmu, datang saja ke Bobobox.

Memadukan konsep masa depan dan kekinian, kamu akan benar-benar dimanjakan selama berada di Bobobox. Fasiltas yang ditawarkan tidak tanggung-tanggung. Mulai dari pengeras suara Bluetooth, lampu led, hingga sistem pengaturan kamar yang canggih untuk menunjang segala aktivitasmu selama staycation di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles