Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Gak Hanya Kurang Tidur Yang Bahaya, Ini Dia Dampak Kebanyakan Tidur!

Jangan sepelekan dampak kebanyakan tidur!

Dampak kebanyakan tidur faktanya tak kalah berbahaya dengan dampak kekurangan tidur. Dampak kebanyak tidur ini tak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh secara fisik namun juga kesehatan tubuh secara mental. Menghabiskan waktu libur di rumah dengan tidur siang mungkin menjadi salah satu cita-cita bagi sebagian besar orang.

Namun pastikan agar kamu tidak tidur terlalu lama. Umumnya tidur merupakan salah satu cara terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh agar kembali sehat dan bugar. Namun saat kamu tidur berlebihan hal ini nyatanya tak akan membuat tubuh dan pikiran kamu lebih segar.

Kamu justru dapat merasakan sebaliknya alias tubuh merasa lebih lelah saat tidur terlalu lama. Semua hal yang berlebihan tidaklah baik. Pastikan bahwa frekuensi tidur kamu mencukupi sesuai dengan porsinya yaitu tidak kurang dan juga tidak lebih. Lalu kira-kira apa sajakah dampak kebanyakan tidur bagi kesehatan? Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Dampak Kebanyakan Tidur: Mengalami Sakit Kepala

Dampak Kebanyakan Tidur

Dampak kebanyakan tidur yang pertama adalah kamu sangat rentan mengalami sakit kepala. Apakah kamu pernah  tidur lebih dari 12 jam lamanya? Kebiasaan ini faktanya bisa menyebabkan otak seolah berembun sehingga timbulah sakit kepala. Faktanya saat kamu tidur, tubuh kamu tidak mendapatkan cairan hingga 12 jam lebih.Hal ini lah yang kemudian memperparah rasa sakit kepala yang kemudian timbul saat bangun tidur akibat kekurangan cairan.

2. Dampak Kebanyakan Tidur: Menyebabkan Rasa Sakit Pada Sekujur Tubuh

Dampak kebanyakan tidur selanjutnya adalah timbulnya rasa sakit pada sekujur tubuh. Dampak kebanyakan tidur ini sangat umum terjadi karena selama kamu tidur kamu tidak banyak melakukan gerakan. Selain itu faktor tempat tidur pun berkontribusi. Tidur selama berjam-jam pada kasur yang tidak empuk tidak akan mampu menopang tubuh dengan baik. Hal inilah yang kemudian membuat kamu merasa nyeri tulang dan nyeri otot di sekujur tubuh.

Baca Juga: Tahun Baru Ingin Lebih Sukses? Ini Dia Tips Feng Shui Kamar Tidur!

3. Dampak Kebanyakan Tidur: Meningkatkan Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung

Dampak kebanyakan tidur berikutnya adalah meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes dan juga penyakit jantung. Risiko kedua penyakit ini bisa timbul baik ketika seseorang terlalu banyak tidur maupun saat seseorang kurang tidur. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita semua untuk mengatur siklus tidur .

Saat kamu tidur terlalu lama tidur, itu artinya kamu menghabiskan banyak waktu untuk tidak aktif yang merupakan faktor risiko diabetes dan penyakit jantung. Hal ini kemudian secara tidak langsung meningkatkan risiko obesitas yang berkaitan dengan peningkatan kedua penyakit tersebut.

4. Dampak Kebanyakan Tidur: Meningkatkan Risiko Obesitas

Seperti yang disebutkan di atas, terlalu banyak tidur ternyata juga bisa menimbulkan bahaya terhadap berat badan. Hal ini sangat mungkin terjadi karena saat terlalu banyak tidur tubuh menjadi jarang bergerak apalagi berolahraga.

Kondisi tersebut kemudian menyebabkan risiko mengalami obesitas semakin meningkat. Apakah saat tidur terlalu lama yang dibarengi dengan kebiasaan rutin berolahraga akan cukup membantu? Faktanya jika hal ini dilakukan kamu masih tetap rentan mengalami kenaikan berat badan jika terlalu banyak tidur. Hal ini mungkin terjadi karena ketidakseimbangan hormon saat kamu tidur terlalu lama.

5. Dampak Kebanyakan Tidur: Meningkatkan Risiko Stroke

Selain penyakit jantung, stroke juga merupakan salah satu bahaya yang mungkin kamu alami jika tidur terlalu lama. Risiko penyakit stroke ini juga bisa timbul pada mereka yang kurang tidur juga bisa menyebabkan Anda mengalami kondisi ini. Dampak kebanyakan tidur ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian pada tahun 2017.

Berdasarkan penjelasan dari penelitian tersebut, durasi tidur sangat berpengaruh terhadap risiko stroke. Oleh sebab itu, baik kurang tidur maupun tidur secara berlebihan sama-sama meningkatkan kesempatan kamu mengalami salah satu penyakit mematikan ini.

6. Dampak Kebanyakan Tidur: Mengganggu Kesuburan

Punya masalah dengan kesuburan? Hal ini bisa jadi timbul sebagai salah satu dampak kebanyakan tidur. Dampak kebanyakan tidur satu ini dapat terjadi baik pada wanita maupun pria, terlalu banyak tidur dapat mengganggu kesuburan. Tidur dalam frekuensi yang terlalu lama faktanya dapat memengaruhi kadar hormon dalam tubuh.

Penting untuk diketahui, kadar hormon faktanya sangat berkaitan erat dengan kesuburan. Oleh sebab itu, jika kamu tidak ingin kesuburan terganggu, lebih baik terapkan kebiasaan tidur yang sehat dan jangan tidur secara berlebihan.

7. Dampak Kebanyakan Tidur: Mengalami Depresi

Tak kalah menarik dengan dampak kebanyakan tidur, dampak kebanyakan tidur satu ini juga tak boleh kamu sepelekan. Jika sebelumnya kita membahas hubungan banyak tidur dengan kesehatan fisik maka kini kita akan membahas kaitan tidur terlalu lama dengan kesehatan mental terutama depresi.

Mereka yang tidur terlalu lama bisa mengalami masalah pada kesehatan mentalnya. Selain itu ada juga mereka yang tidur terlalu lama sebagai akibat dari depresi. Kondisi ini akan semakin memperparah depresi yang dialami karena hanya akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lelah. Kesimpulannya, saat kamu tidur terlalu lama, kemungkinan mengalami depresi pun akan semakin besar.

Baca Juga: Merasa Sudah Cukup Tidur Tapi Mudah Mengantuk? Simak 10 Penyebab Rasa Kantuk yang Jarang Diketahui

8. Dampak Kebanyakan Tidur: Memperparah Gangguan Kecemasan

Dampak kebanyakan tidur yang terakhir adalah memperparah gangguan kecemasan. Sebagian orang memiliki respon yang berbeda saat mengalami cemas. Ada yang menjadi sulit tidur saat cemas dan ada pula yang justru merasa cemas hingga tidur terlalu lama sebagai upaya untuk lari dari kenyataan. Faktanya tidur dalam waktu yang lama hanya akan semakin memperparah gangguan kecemasan.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like