Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Waspadai 7 Dampak Buruk AC Bagi Kesehatan Jika Kamu Terlalu Sering Terpapar!

Jangan gunakan seharian penuh, ya!

Bobobox.co.id — Penggunaan AC sekarang ini sudah jadi hal penting di rumah atau kantor. Namun, dibalik kegunaannya, ada dampak buruk AC bagi kesehatan yang bakal menghantui.

Namun, tenang saja. Dampak buruk AC bagi kesehatan bisa dihindari dengan satu syarat. Syaratnya adalah kamu tidak boleh terlalu sering terpapar oleh paparan AC dalam jangka waktu yang lama.

Berikut adalah ulasan dari Bob mengenai dampak buruk AC bagi kesehatan jika kamu terlalu sering terpapar. Untuk itu, setelah membaca artikelnya, ada baiknya jika kamu tidak menggunakan AC seharian, ya.

Berikut adalah Dampak Buruk AC Bagi Kesehatan

1. Kulit Mudah Kering

Dampak buruk AC bagi kesehatan adalah membuat kulit lebih mudah kering. Hal tersebut bisa saja terjadi kepadamu jika kamu berada dalam ruangan ber-AC selama berjam-jam bahkan hampir seharian.

Berdiam diri terkena paparan AC terlalu lama justru mengurangi kelembapan kulit secara perlahan. Setelah itu, kulit tak hanya kering saja tetapi juga rentan munculnya lipatan dan juga kerutan.

Tak hanya itu, kulit kering tersebut bisa terasa gatal dan mungkin menimbulkan bercak merah. Alhasil, dengan dampak buruk tersebut, kulit pun justru akan lebih cepat keriput dan lebih sensitif terhadap iritasi.

Bahkan, tidak mengejutkan jika dampak buruk AC bagi kesehatan terkait kulit adalah soal penuaan. Terpapar AC secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama justru mempercepat proses penuaan pada tubuh.

Kulit kering dampak buruk AC bagi kesehatan
Kulit kering via asiapersonalcare.com

2. Menganggu Kesehatan Mata

Dampak buruk AC bagi kesehatan berikutnya adalah menggangu kesehatan mata. Dampak satu ini sendiri bahkan telah dibuktikan oleh sebuah studi yang memperkuat argumentasi terkait paparan AC terlalu lama.

Nah, salah satu gangguan kesehatan yang mungkin kerap muncul adalah mata kering. Kondisi ini terjadi ketika air mata tidak dapat memberikan pelumasan yang baik untuk indra penglihatan manusia tersebut.

Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah suhu ruangan yang terlalu kering. Suhu ruangan yang terlalu kering ini bisa kamu temui di berbagai ruangan yang menggunakan AC dalam jangka waktu yang lama.

Di samping itu, ada beberapa dampak buruk AC bagi kesehatan lainnya terkait kesehatan mata. Beberapa penyakit mata seperti konjungtivis dan blepharitis meningkat risiko jika terkena paparan AC terlalu sering.

Mata kering dampak buruk AC bagi kesehatan
Mata kering via pexels.com/@kindelmedia

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Asam Lambung Saat Bekerja Di Kantor


3. Menyebabkan Kelelahan

Pernah merasa kelelahan saat berdiam diri di ruangan AC terlalu lama? Jika iya, berarti kamu sudah pernah merasakan salah satu dampak buruk AC bagi kesehatan yakni membuat tubuh lebih mudah lelah.

Secara tidak sadar, ruangan ber-AC akan terus menerus dipompa udara sejuk dan dingin. Hal tersebut justru bakal memicu produksi lendir iritasi membran yang justru bakal secara terus menerus juga.

Di samping itu, kurangnya udara segar alami yang masuk ke dalam paru-paru menjadi penyebab lainnya. Kamu pun akhirnya tak hanya merasa mudah lelah tetapi juga beragam gangguan lainnya.

Beberapa dampak buruk AC bagi kesehatan lainnya yang bisa muncul adalah sakit kepala, flu, dan penyakit lainnya. Risiko tersebut lebih besar dibandingkan dengan orang yang sering berada di ruang terbuka.

Kelelahan dampak buruk AC bagi kesehatan
Kelelahan via pexels.com/@olly

4. Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh di masa pandemi wajib untuk dijaga. Pasalnya, daya tahan tubuh merupakan benteng terakhir guna menangkal berbagai penyakit yang menyerang seperti flu, pilek, dan berbagai penyakit lainnya.

Jika kamu termasuk pekerja kantoran, ada baiknya mulai bersiaga. Dampak buruk AC bagi kesehatan lainnya adalah menurunkan daya tahan tubuh jika kamu terlalu sering terpapar AC dalam jangka waktu lama.

Dengan menurunnya daya tahan tubuh, tubuhmu pun akan lebih mudah terkena penyakit. Bahkan, bukan tak mungkin potensi penularan sumber infeksi seperti kuman dan bakteri bisa jadi lebih tinggi.

Kurangnya sirkulasi udara segar dalam ruangan AC ini yang menjadikan potensi tersebut meningkat. Jika di ruangan tersebut ada yang sakit, dengan daya tahan tubuh kurang, risiko terkena penyakit pun meningkat.

Turunkan daya tahan tubuh dampak buruk AC bagi kesehatan
Turunkan daya tahan tubuh via pexels.com/@olly

Baca Juga: Hati-Hati! Kamu Bisa Mengalami Masalah Kesehatan Yang Serius Dari Bahaya Makan Terlalu Cepat


5. Tidak Baik untuk Kesehatan Pernapasan

Paparan AC terlalu lama bisa berakibat buruk terhadap kesehatan pernapasan. Dampak buruk AC bagi kesehatan ini terjadi akibat produksi lendir iritasi membran yang terus menerus diproduksi.

Jika lendir iritasi membran diproduksi terus, hal tersebut justru bakal mengakibatkan sesak napas. Di samping itu, AC pun mengandung zat kimi yang justru bakal memicu penyakit pernapasan lain seperti asma.

Bahkan sebuah penelitian menyatakan dampak buruk AC bagi kesehatan pernapasan terbilang mengerikan. Risiko penyakit pernapasan seperti legionairre dan radang paru-paru bisa meningkat.

Paparan AC yang terkena tubuh secara konstan setiap harinya dapat mengganggu fungsi normal hidung. Hal inilah yang menyebabkan penyumbatan pernapasan dan peradangan pada selaput lendir.

Tak baik untuk pernapasan dampak buruk AC bagi kesehatan
Tak baik untuk pernapasan via pexels.com/@kelvin809

6. Dehidrasi dan Sakit Kepala

Dampak buruk AC bagi kesehatan lainnya adalah dehidrasi. Tingkat dehidrasi seseorang akan lebih tinggi jika orang tersebut melakukan aktivitas di ruangan yang menggunakan Air Conditioner.

Alat elektronik tersebut bisa menghisap kelembapan terlalu banyak dari ruangan. Hal inilah yang jadi penyebab dehidrasi apalagi jika AC diatur pada suhu yang sangat rendah yang membuat tubuh sering merasa haus.

Masalahnya adalah dehidrasi ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Mulai dari sakit kepala, lesu, hingga sembelit adalah beberapa masalah yang timbul akibat dehidrasi.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Epidemiology membuktikannya. Studi tersebut menyatakan adanya hubungan antara AC dan sakit kepala oleh orang yang terkena paparan AC.

Dehidrasi dampak buruk AC bagi kesehatan
Dehidrasi via pexels.com/@juliano-ferreira-872250

Baca Juga: Ini Dia 10 Cara Mengatasi Sakit Perut. Mudah Dilakukan Dan Terbukti Ampuh!


7. Membuat Tubuh Kesulitan Adaptasi dengan Suhu Panas

Dampak buruk AC bagi kesehatan terakhir adalah membuat tubuh kesulitan beradaptasi dengan suhu panas. Hal tersebut terjadi karena tubuh terlalu sering terpapar oleh suhu dingin dari penggunaan AC.

Dampak buruk ini bergantung pada seberapa lama kamu terpapar paparan AC. Makin lama kamu menghabiskan waktu terpapar di ruangan ber-AC, makin sulit pula tubuhmu untuk bisa menerima suhu tanpa AC.

Bahkan, tak jarang kamu bisa mudah berkeringat di ruangan tak ber-AC. Tak hanya bisa berkeringat lebih banyak, kulitmu pun justru menjadi lebih cepat merah karena tidak tahan panas.

Pada beberapa kasus, hal lebih mengerikan bisa terjadi. Pasalnya, kesulitan tubuh dalam beradaptasi tersebut justru bisa berakibat kematian karena ketidakbisaan tubuh dalam melakukan penyesuaian terhadap suhu lingkungan.

Tubuh tak bisa adaptasi dampak buruk AC bagi kesehatan
Tubuh tak bisa adaptasi via gettyimages

Menginap dengan Nyaman di Bobobox

Menginap nyaman dan aman tak perlu merogoh kocek dalam-dalam kok. Kamu bisa menginap dengan kenyamanan dan keamanan terjamin di Bobobox yang menawarkan fasilitas mumpuni bagi para pengunjung.

Dengan fasilitas mumpuni tersebut, momen menginapmu jauh lebih aman dan nyaman. Oleh karenanya, kamu pun akan terbangun dengan kondisi yang fresh dengan tenaga yang 100 persen terisi kembali.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini ya!

You might also like