Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia Daftar Taman Nasional yang Cantik dan Wajib Kamu Kunjungi! Ada yang Jadi Favoritnya Bob, Lho.

Wajib dikunjungi minimal sekali.

Bobobox.co.id — Indonesia seringkali menjadi salah satu destinasi liburan bagi wisatawan asing. Hal ini sendiri diperkuat oleh destinasi wisata yang begitu menakjubkan. Daftar taman nasional merupakan bukti nyatanya.

Taman nasional sendiri adalah kawasan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjaga flora dan fauna langka dari kepunahan. Flora dan faunanya hidup di ekosistem asli agar benar-benar terjaga populasinya.

Keberagaman daerah memberikan perbedaan yang mampu menjadi daya tarik tersendiri dari tiap daftar taman nasionalnya. Hal ini semakin memperkuat banyak orang yang ingin datang ke salah satu dari daftar taman nasional.

Nah, bagi kamu yang penasaran sebenarnya taman nasional mana sih yang cantiknya tiada tara sehingga wajib dikunjungi, berikut ini merupakan daftar taman nasional yang memukau. Ada yang jadi favorit Bob, lho!

Taman Ujung Kulon (Banten)

Daftar taman nasional dibuka oleh Taman Nasional Ujung Kulon. Taman Nasional Ujung Kulon sendiri adalah taman nasional tertua dan sudah diresmikan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Penetapan daftar taman nasional ini sebagai situs warisan dunia karena taman nasional ini dipenuhi oleh berbagai satwa liar dan satwa yang hampir punah. Salah satunya adalah merak, banteng, hingga badak Jawa.

Selain menjadi habitat alami bagi satwa liar dan hampir punah, kamu bisa menikmati keindahan alamnya yang begitu menakjubkan. Beberapa tempat cantik di sini antara lain Gunung Honje, Pulau Peucang, dan masih banyak lainnya.

daftar taman nasional ujung kulon
via pegipegi.com

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (Lampung)

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan daftar taman nasional berikutnya. Ditetapkan menjadi taman nasional pada tahun 1982, tempat ini merupakan habitat bagi mamalia langka khas Indonesia.

Mulai dari gajah sumatera, badak sumatera, dan harimau sumatera bisa ditemui di sini. Selain fauna-fauna tersebut, kamu pun bisa menemukan flora khas Indonesia seperti bunga bangkai dan bunga bangkai jangkung.

Jika kamu sudah melihat secara langsung flora dan fauna khas Indonesia, ada tempat rekreasi yang tak kalah seru untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata yang dimaksud adalah Danau Menjukut dan air terjun.

via lampost.co

Taman Nasional Komodo (Nusa Tenggara Timur)

Daftar taman nasional selanjutnya beralih ke Nusa Tenggara Timur atau lebih tepatnya ke Taman Nasional Komodo. Bisa dibilang, taman nasional ini memiliki popularitas yang sudah mendunia hingga sering dikunjungi oleh turis asing.

Daya tarik dari daftar taman nasional ini adalah tempat ini menjadi satu-satunya tempat di mana kamu bisa menyaksikan secara langsung komodo di habitat aslinya. Hal ini tentunya sulit untuk kamu dapatkan di tempat lain.

Selain menjadi habitat komodo dan satwa langka lainnya, Taman Nasional Komodo menawarkan bentangan alam yang berupa panorama laut yang begitu indah untuk disaksikan secara langsung. Tidak bakal nyesel liburan di sini.

via detik.com

Taman Nasional Baluran (Jawa Timur)

Taman Nasional Baluran menjadi salah satu dari daftar taman nasional yang wajib kamu kunjungi. Pasalnya, tempat yang ditetapkan sebagai taman nasional pada 1980 ini dikenal dengan nama Africa Van Java.

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. Keindahan alamnya mulai dari padang savana, hutan hijau hingga keindahan bawah lautnya akan mengingatkanmu pada panorama alam yang biasa ditawarkan di negara Afrika.

Selain menjadi tempat yang begitu indah untuk dikunjungi, daftar taman nasional ini pun wajib dikunjungi karena menyimpan sejarah. Tempat bersejarah yang bisa dikunjungi di sini adalah Goa Jepang dan Candi Bang.

via blog.misteraladin.com

Taman Nasional Lorentz (Papua)

Biasanya, jika berbicara soal tempat wisata di Papua, tempat wisata laut menjadi salah satu yang paling sering dikemukakan. Padahal, kamu pun bisa menikmati tempat wisata lain yang tak kalah indah.

Salah satunya adalah Taman Nasional Lorentz. Daftar taman nasional ini merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan luas areanya yang mencapai luas 2,4 juta hektar.

Menjadi tempat hidup suku asli Papua seperti suku Dani Barat dan Asmat, Taman Nasional Lorentz memiliki keunikannya tersendiri. Daftar taman nasional ini memiliki gletser yang jarang sekali ada di daerah tropis seperti Indonesia.

via trepelin.com

Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara)

Jika kebanyakan daftar taman nasional di list versi Bob merupakan taman nasional berada di daratan, berbeda halnya dengan taman nasional satu ini. Pasalnya, taman nasional ini berada di bawah laut.

Daftar taman nasional yang dimaksud adalah Taman Laut Bunaken. Berlokasi di Wori, Sulawesi Utara, Taman Laut Bunakaen menjadi rumah bagi kurang lebih 390 spesies terumbu karang dan 90 spesien biota laut.

Tak heran jika tempat wisata ini termasuk surganya para penikmat aktivitas diving. Selama diving, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut Bunaken yang sangat indah. Sulit untuk dijabarkan dengan kata-kata.

via citilink.co.id

Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara)

Nah, daftar taman nasional ini merupakan favorit Bob. Alasannya pun cukup sederhana. Taman nasional ini menjadi habitat asli bagi berbagai karang cantik dan beragamnya hewan-hewan laut yang begitu indah untuk dilihat.

Taman nasional favorit Bob adalah Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Diving dan snorkeling merupakan dua aktivitas seru yang Bob pasti lakukan saat mengunjungi salah satu daftar taman wisata ini.

Karang yang cantik, hayati laut yang beragam, ditambah dengan adanya gua yang cantik membuat Bob benar-benar merekomendasikan tempat ini. Kamu tidak bakal menyesal untuk sekali seumur hidup datang ke taman nasional ini.

via rimbakita.com

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Jawa Barat)

Jawa Barat pun memiliki daftar taman nasional yang wajib dikunjungi. Tempat yang dimaksud adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman nasional ini Bob jamin bakal cocok bagi kamu yang merupakan penyuka gunung.

Selama liburan di salah satu daftar taman nasional ini, panorama alam yang begitu hijau ditambah dengan udara yang begitu sejuk siap memanjakan momenmu di sini. Jangan heran jika kamu betah berlama-lama selama di tempat ini.

Sama seperti taman nasional lain, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menjadi rumah beraneka ragam ekosistem dan flora yang khas serta dilindungi. Untuk aktivitas seru, kamu bisa mengunjungi air terjun dan telaga di sini.

via lidolakeresort.com

Taman Nasional Kerinci Seblat (Sumatera Barat)

Jika berbicara soal daftar taman nasional yang relatif besar, Taman Nasional Kerinci Seblat haruslah dimasukkan ke dalam daftar ini. Pasalnya, taman nasional merupakan taman nasional terbesar di Pulau Sumatera.

Hal tersebut tentunya tidak mengherankan. Luas daftar taman nasional ini membentang ke empat provinsi. Keempat provinsi tersebut antara lain Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

Sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, kamu akan menemukan berbagai satwa liar yang dilindungi saat mengunjungi tempat ini. Tak hanya itu, ada juga objek wisata seperti air terjun, danau, dan rawa.

via bukalapak.com

Taman Nasional Gunung Leuser (Sumatera Utara)

Daftar taman nasional wajib dikunjungi versi Bob adalah Taman Nasional Gunung Leuser. Taman nasional ini meliputi ekosistem asli di mana ekosistemnya mulai dari pantai sampai pegunungan yang dikelilingi hutan.

Dengan luasnya area Taman Nasional Gunung Leuser, lokasi taman nasional ini berada di dua provinsi yang berbeda yakni Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Sumatera Utara. Cukup umum untuk daftar taman nasional.

Bagi kamu yang ingin menikmati liburan di sini secara maksimal, ada baiknya jika datang antara bulan Juni hingga Oktober. Pada periode tersebut, cuaca di tempat ini sedang bersahabat sehingga cocok untuk tracking.

via dolandolen.com

Menginap dengan Nyaman dan Aman? Ya di Bobobox

Kenyamanan dan keamanan menjadi dua faktor penentu dalam memilih sebuah penginapan. Dua faktor tersebut justru akan kamu dapatkan dengan mudah jika kamu memilih Bobobox.

Pasalnya, Bobobox menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang pastinya siap menjamin pengalaman beristirahatmu. Penasaran seperti apa? Yuk, unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut.

You might also like