Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Jalan-Jalan Ke Negara Kaya? Ini Dia Daftar Negara Terkaya 2021

Kalau ada kesempatan, kamu mau datang ke negara apa?

Ingin tahu rasanya tinggal di negara maju yang selalu makmur? Baru-baru ini majalah ekonomi Global Finance merilis daftara negara terkaya 2021.

Negara terkaya 2021 ini ditentukan oleh beberapa indikator seperti pendapatan per kapita, Purchasing Power Parity (PPP), dan Gross Domestic Product (GDP).

Selain itu, kuatnya ekonomi selama pandemi Covid-19 melanda juga masuk ke dalam indikator negara terkaya 2021.
Penasaran apa saja negara terkaya 2021? Ini dia daftarnya. Siapa tahu nanti kamu bisa main ke sana!

10. Denmark

negara terkaya 2021
Photo by Aurora Ferreira on Unsplash

Peringkat ke-sepuluh negara terkaya 2021 diduduki oleh Denmark dengan total GDP-PPP per kapita senilai 58.932 dolar AS.

Denmark adalah negara yang makmur. Sebanyak 5,8 juta penduduknya rata-rata memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tinggi. Bahkan, menurut IMF (International Monetary Fund), salah satu negara terkaya 2021 ini memiliki upah minimum paling tinggi di dunia.

Terlebih, selama pandemi Denmark tidak begitu terpengaruh. Pasalnya, negara ini tidak mengandalkan ekspor atau pariwisata sebagai sumber pendapatannya. Sistem ekonominya yang modern dan kompetitif membantu Denmark menduduki posisi 10 negara terkaya 2021.

9. Hong Kong, negara terkaya 2021

negara terkaya 2021
Photo by Ruslan Bardash on Unsplash

Dikutip dari situs Global Finance, perekonomian Hong Kong dicirikan oleh pajak yang rendah dan tidak ada keuntungan modal atau pungutan warisan.

BACA JUGA: Dapatkan Inspirasi OOTD Dari Fashion 2021 Met Gala 7 Artis Berikut!

Salah satu negara terkaya 2021 ini juga tidak memiliki tarif impor atau ekspor barang sehingga para pengusahan lebih mudah berbisnis di Hong Kong.

Terlebih, orang asing juga bebas berbisnis di sini karena mereka diberikan kepemilikan penuh terhadap bisnis mereka. Tidak ada persyaratan kewarganegaraan, tempat tinggal, atau kewarganegaraan.

Di tahun 2021, Hong Kong memiliki total GDP-PPP per kapita senilai 59.520 dolar AS. Namun, angka ini mengalami penurunan tajam sebanyak 6,1% akibat pandemi.

8. Brunei Darussalam

negara terkaya 2021
Photo by Sangga Rima Roman Selia on Unsplash

Di peringkat delapan negara terkaya 2021 ada Brunei Darussalam dengan GDP-PPP per kapita sebanyak 62.371 dolar AS.

Kekayaan negara yang dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah ini berasal dari cadangan minyak dan gas alam yang sangat besar. Kekayaan sang sultan saja diperkirakan mencapai 28 miliar dolar AS, 50 kali lipat lebih banyak dari kekayaan Ratu Elizabeth di Inggris.

Meskipun masih memiliki cukup banyak masalah ekonomi, Brunei Darussalam selamat akibat kasus Covid-19 yang kecil.

7. Amerika Serikat, negara terkaya 2021

negara terkaya 2021
Photo by Oliver Niblett on Unsplash

Citra Amerika Serikat sebagai negara kaya tidak bisa lepas meskipun banyak masalah terjadi selama pandemi Covid-19. Di samping tahun 2020 yang cukup melelahkan, Amerika Serikat masih bisa menduduki posisi tujuh negara terkaya 2021.

Hal yang sama yang menjatuhkan Amerika Serikat juga menjadi yang menolongnya. Banyak orang yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi.

Namun, orang-orang berpenghasilan lebih dari 60.000 dolar AS setahun tetap bekerja dari rumah dan ini sangat membantu Amerika Serikat untuk tetap bertahan.

Sealin itu, banyak juga yang mengambil keuntungan di balik krisis kesetahan yang melanda. Saat ini, Amerika Serikat memilki total GDP-PPP senilai 63.416 dolar AS.

6. Norwegia

negara terkaya 2021
Photo by Darya Tryfanava on Unsplash

Tahun 2020 bukanlah tahun yang baik bagi Norwegia. Harga minyak yang jatuh, oandemi Covid-19, dan nilai krone yang jatuh bebas membuat ekonomi Norwegia turun sebesar 2,5%. Ini merupakan yang terbesar sejak Perang Dunia II.

Akan tetapi, Norwegia masih bisa bertahan dan bahkan masuk ke dalam daftar negara terkaya 2021. Global Finance memprediksi bahwa GDP Norwegia akan tumbuh 3,9% di tahun 2021. Sekarang GDP-PPP Norwegia per kapita adalah 65.800 dolar AS.

Selain itu, salah satu negara terkaya 2021 ini juga memiliki tabungan sebesar 1,3 triliun dolar AS dalam bentuk sovereign wealth fund.

BACA JUGA: Sudah Banyak Melamar Pekerjaan Tapi Masih Belum Diterima Juga? Coba Sesuaikan Surat Lamaran Pekerjaanmu Agar Dapat Diterima Dengan Jelas

5. Swiss, negara terkaya 2021

negara terkaya 2021
Photo by Henrique Ferreira on Unsplash

Swiss berada di peringkat lima negara terkaya 2021. Negara yang terkenal dengan coklatnya ini bertahan melalui industri layanan perbankann, asuransi, pariwisata, dan ekspor produk farmasi, permata dan logam mulia, instrumen dan mesin presisi. Siapa yang tidak kenal dengan jam atau pisau buatan Swiss?

Selain itu, kunci keberhasilan Swiss adalah manajemen keuangannya. Akibat pandemi Covid-19, ekonomi Swiss menurun sebesar 2,9%. Namun, angka ini 2-3 kali lipat lebih kecil jika dibandingkan negara Eropa lain seperti Italia, Prancis dan Spanyol. Saat ini, Swiss memiliki GDP-PPP per kapita sebesar 72.874 dolar AS.

4. Qatar

negara terkaya 2021
Photo by Radoslaw Prekurat on Unsplash

Di samping harga minyak yang fluktuatif, Qatar memiliki cadangan minyak, gas, dan petrokimianya sangatlah besar. Hal ini membantu negara terkaya 2021 ini bertahan terutama dari pandemi Covid-19.

Terlebih, penduduknya yang hanya 2,8 juta orang membuat ekonomi Qatar tetap kuat meskipun pendapatan per kapitanya lebih rendah dibandingkan beberapa tahun lalu. Sekarang, GPD-PPP Qatar adalah (93.508 dolar AS.

3. Irlandia, negara terkaya 2021

negara terkaya 2021
Photo by Gregory DALLEAU on Unsplash

Pendapatan Irlandia paling besar datang dati pariwisata dan energi. Ini adalah salah satu faktor yang membuat ekonomi negara terkaya 2021 ini terus berkembang meskipun negara Eropa lain mengalami masalah. Dengan GPD-PPP sebesar 94.392 dolar AS, Irlandia berada di posisi kedua negara terkaya 2021.

2. Singapura

negara terkaya 2021
Photo by Hu Chen on Unsplash

Singapura banyak dipilih oleh orang-orang kaya di dunia karena banyak hal. Salah satunya adalah surga fiskal yang makmur di mana keuntungan modal dan dividen bebas pajak.

Pariwisata adalah industri utama dan kontributor ekonomi Singapura. Pada tahun 2018 saja, Singapura mendatangkan 18,5 juta wisatawan internasional, tiga kali lebih banyak dari total populasi Singapura.

Namun, pada tahun 2020, ekonomi Singapura anjlok 5,4%. Hal ini menyebabkan Singapura jatuh ke dalam resesi untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade. Sekarang, GPD-PPP Singapura per kapita adalah 97.057 dolar AS.

1. Luksemburg, negara terkaya 2021

negara terkaya 2021
Photo by Cedric Letsch on Unsplash

Luksemburg adalah negara terkaya 2021. Ini bukan tanpa alasan. Luksemburg memiliki banyak hal untuk ditawarkan, baik kepada turis maupun warganya.

Luksemburg menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk memberikan perumahan, perawatan kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik kepada rakyatnya, yang sejauh ini menikmati standar hidup tertinggi di Zona Euro.

Meskipun memiliki GDP-PPP 118.001 dolar AS, wabah virus corona memaksa banyak bisnis tutup dan orang kehilangan pekerjaan.

Akan tetapi, melalui pengujian yang efektif dan penanganan yang baik, Luksemburg berhasil mengatasi pandemi lebih baik daripada sebagian besar tetangganya di Eropa.

Cari hotel kapsul yang nggak biasa? Di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like