Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Berkunjung Ke Negara Bebas Visa? Berikut daftarnya!

Tidak perlu repot menunggu lama untuk bisa ke luar negri!

Jalan-jalan ke luar negri adalah impian setiap orang. Sayangnya, harga visa yang mahal terkadang menjadi kendala. Kamu perlu mengeluarkan uang lebih.

Akan tetapi, tidak semua negara membutuhkan visa lo. Kamu bisa mengunjungi beberapa negara dengan biaya bebas visa. Penasaran negara apa aja yang bisa kamu kunjungi? Yuk kita simak sama-sama!

Mengapa ada negara yang bebas visa?

Visa merupakan dokumen resmi yang kamu butuhkan ketika ingin masuk ke negara lain. Biasanya, visa dilem atau dicap di paspor yang kamu miliki.

Jenisnya pun bermacam-macam, ada untuk pekerja, pelajar, turis, bisnis, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi setiap negara memiliki aturan yang berbeda. Salah satunya adalah aturan untuk menerapkan bebas visa dari negara-negara tertentu.

Kebijakan ini tergantung dari tingkatan skor paspor di setiap negara. Salah satu faktor yang dinilai adalah seberapa aman dan ramah sebuah negara untuk dikunjungi.

Selain itu, faktor yang menentukan kebijakan di setiap negara juga didasari oleh hubungan diplomatis, sejarah, ekonomi, dan turisme.

Jadi, untuk berkunjung ke negara-negara yang menerapkan peraturan tersebut, kamu cukup menunjukkan paspor yang masih berlaku saja.

Nah, berikut adalah daftar negara yang memberlakukan kebijakan tersebut.

Lagi Nabung Nikah Tapi Butuh Liburan? Berikut 7 Tips Hemat Untuk Travelling

Daftar negara yang bebas visa

visa
Photo by WanderLabs on Unsplash
  1. Barbados – Bebas selama 90 hari
  2. Belarus – Bebas selama 30 hari
  3. Brasil – Bebas selama 30 hari
  4. Brunei Darussalam – Bebas selama 14 hari
  5. Kamboja – Bebas selama 30 hari
  6. Cile – Bebas selama 90 hari
  7. Kolombia – Bebas selama 90 hari
  8. Komoro – Bebas selama 45 hari
  9. Kuba – Tourist card selama 30 hari
  10. Djibouti – eVisa
  11. Dominica – Bebas selama 21 hari
  12. Ekuador – Bebas selama 90 hari
  13. Ethiopia – eVisa
  14. Fiji – Bebas selama 120 hari
  15. Gambia – Bebas selama 90 hari
  16. Guyana – Bebas selama 30 hari
  17. Haiti – Bebas selama 90 hari
  18. Hong Kong – Bebas selama 30 hari
  19. India – eVisa selama 30 hari
  20. Jepang – Bebas untuk pemegang e-paspor
  21. Kenya – eVisa selama 90 hari
  22. Laos – Bebas selama 30 hari
  23. Lesotho – eVisa selama 14 hari
  24. Macau – Bebas selama 30 hari
  25. Malaysia – Bebas selama 90 hari
  26. Micronesia – Bebas selama 30 hari
  27. Maroko – Bebas selama 90 hari
  28. Myanmar – Bebas selama 14 hari
  29. Namibia – Bebas selama 90 hari
  30. Oman – eVisa selama 30 hari
  31. Palestina – Bebas
  32. Peru – Bebas selama 180 hari
  33. Filipina – Bebas selama 30 hari
  34. Qatar – Bebas selama 30 hari
  35. Rwanda – Bebas selama 90 hari
  36. Saint Kitts and Nevis – Bebas selama 90 hari
  37. Serbia – Bebas selama 30 hari
  38. Seychelles – Tourist registration selama 30 hari
  39. Singapura – Bebas selama 30 hari
  40. St. Vincent and the Grenadines – Bebas selama 30 hari
  41. Suriname – Tourist card selama 90 hari
  42. Thailand – Bebas selama 30 hari
  43. Turki – eVisa selama 30 hari
  44. Uzbekistan – Bebas selama 30 hari
  45. Vietnam – Bebas selama 30 hari
  46. Mali – Bebas selama 30 hari

Syarat bebas visa

Sebelum kamu memulai pejalanan karena tergiur bebas visa, kamu tetap harus hati-hati. Kamu harus mencari informasi lebih lanjut mengenai negara yang akan kamu kunjungi.

Terkadang, kamu akan menemukan persyaratan tambahan untuk masuk ke negara-negara tersebut. Salah satu contohnya adalah kamu harus memiliki tiket kembai atau tiket melanjutkan perjalanan ke negara lain.

Jadi, kamu tidak bisa travelling dengan spontan ke negara-negara yang memberlakukan persayaratan tersebut.

Persyaratan lain yang diperlukan antara lain adalah:

  • Mempunyai alamat tujuan yang jelas seperti kerabat di negara tujuan.
  • Memiliki visa negara tetangga yang masih berlaku
  • Memiliki visa regional seperti Schengen atau Amerika.
  • Membeli tourist card untuk negara-negara yang memberlakukan sistem tersebut

Visa on arrival tidak berarti gratis

Selain negara bebas visa, ada juga negara yang mengizinkan kamu untuk mengurus dokumen di tempat tujuan. Fungsinya adalah supaya kamu tidak perlu menunggu lama di Indonesia. Jadi, kamu bisa langsung datang ke negara tujuan dan urus semuanya di sana.

Tapi, kamu harus tahu bahwa visa on arrival bukan berarti gratis. Kamu haru kenali bedanya supaya tidak salah paham meskipun visa on arrival juga memberikan beberapa keuntungan.

Berikut daftar negara yang menerapkan sistem visa on arrival.

Backpacking Vs. Flashpacking: Apa Gaya Traveling Kamu?

Daftar negara visa on arrival

Visa
Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash
  1. Angola – On arrival selama 30 hari
  2. Armenia – On arrival atau eVisa selama 120 hari
  3. Azerbaijan – On arrival atau eVisa selama 30 hari
  4. Bolivia – On arrival atau eVisa selama 90 hari
  5. Cape Verde – On arrival
  6. Gabon – On arrival atau eVisa selama 90 hari
  7. Iran – On arrival atau eVisa selama 30 hari
  8. Kyrgyzstan – On arrival atau eVisa selama 30 hari
  9. Yordania – On arrival
  10. Guinea-Bissau – eVisa atau on arrival selama 90 hari
  11. Madagaskar – On arrival atau eVisa selama 90 hari
  12. Malawi – On arrival selama 30 hari
  13. Maladewa – On arrival selama 30 hari
  14. Marshall Island – On arrival selama 90 hari
  15. Mauritania -On arrival
  16. Mauritius – On arrival selama 60 hari
  17. Mozambique – On arrival selama 30 hari
  18. Nepal – On arrival selama 90 hari
  19. Nikaragua – On arrival selama 30 hari
  20. Nigeria – Pre-visa on arrival
  21. Pakistan – On arrival atau eVisa selama 90 hari
  22. Palau – On arrival selama 30 hari
  23. Papua Nugini – On arrival atau eVisa selama 60 hari
  24. Samoa – On arrival selama 60 hari
  25. Senegal – On arrival selama 30 hari
  26. Somalia – On arrival selama 30 hari
  27. Srilanka – eVisa atau on arrival selama 30 hari
  28. Tajikistan – On arrival atau eVisa selama 45 hari
  29. Tanzania – On arrival atau eVisa
  30. Timor Leste – On arrival selama 30 hari
  31. Togo – On arrival selama 7 hari
  32. Tuvalu – On arrival selama 30 hari
  33. Uganda – On arrival atau eVisa
  34. Zimbabwe – On arrival selama 90 hari

Batas waktu menetap di sebuah negara

Meskipun kamu diberi kesempatan untuk berkunjung ke berbagai negara dengan mudah, kamu tidak bisa terlalu lama berada di san. Ada batas waktu yang harus kamu taati.

Jika sudah mencapai batas waktu tersebut kamu harus pulang atau mengunjungi negara lain terlebih dahulu. Setelah itu, baru kamu bisa mengunjungi negara tersebut setelah beberapa waktu. Jika kamu melebih batasan waktunya, kamu bisa dideportasi.

Akan tetapi batasan waktu ini juga tergantung jenis visa dan keperluan kamu. Jadi, tetap hati-hati dan jangan sampai dideportasi ya.

Hotel kapsul yang nggak bikin ribet

5 Keuntungan Hotel Kapsul Untuk Solo Traveler

Wah, cukup banyak juga ya negara yang bisa kamu kunjungi dengan bebas. Bob jadi ingin bikin daftar tujuan liburan nih. Kalau kamu gimana? Udah tau mau ke mana liburan selanjutnya? Jangan lupa bawa oleh-oleh ya kalau pulang jalan-jalan.

Nah sekarang daripada kamu pusing mikirin jalan-jalan ke luar negri, mending mampir dulu ke rumah Bob. Nggak perlu visa. Kamu cukup unduh aplikasi Bobobox lalu cari kamar yang kamu inginkan.

Di Bobobox, kamu bisa merasakan sensasi menginap yang berbeda dari biasanya. Kamarnya didesain seperti kapsul. Kecil tapi nyaman banget. Cocok buat kamu yang doyan travelling.

Fasilitasnya juga lengkap lo. Terus, kamarnya juga dilengkapi dengan teknologi yang bisa bikin tidur kamu semakin aman. Soalnya, kunci kamarnya terintergrasi dengan telepon genggam kamu via aplikasi.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan rasakan sendiri pengalamannya!

You might also like