Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Megah dan Cantik! Inilah 7 Bangunan Dalam Daftar Gereja Terbesar di Dunia!

Semua bangunan di daftar gereja terbesar di dunia ini keren-keren!

Minggu Paskah sudah berlalu. Buat teman-teman yang merayakan, bagaimana dengan perayaannya? Sebagian menjalani ibadah secara daring melalui live streaming misa Minggu Paskah. Namun, ada juga yang mungkin datang langsung ke gereja untuk mengikuti misa. Apa pun caranya, semoga Paskah tahun ini menghadirkan lebih banyak kedamaian dan kebahagiaan untuk semuanya. Bob juga berharap semoga kondisi di tengah pandemi ini menjadi jauh lebih kondusif. Jadi, kamu bisa beribadah kembali di gereja dengan aman dan nyaman.

Bicara soal gereja, bangunan yang satu ini tidak hanya berperan sebagai rumah ibadah saja. Beberapa gereja di Indonesia juga bahkan menjadi landmark dan destinasi wisata yang populer, terutama wisata rohani. Di Indonesia, gereja sudah ada ratusan tahun sebelum kemerdekaan. Dilansir dari Travel Kompas, Gereja Sion Jakarta merupakan gereja tertua di Indonesia yang diresmikan sejak tahun 1695. Gereja ini masih berfungsi hingga sekarang dan jadi salah satu cagar budaya di Jakarta.

daftar gereja terbesar di dunia
Sumber: Fiona Tour Service Indonesia

Selain Gereja Sion, ada banyak sekali gereja-gereja lain yang megah dan unik di Indonesia. Ada Katedral Jakarta yang berseberangan dengan Masjid Istiqlal, masjid terbesar se-Asia Tenggara menurut SEASIA. Selain itu, di Bandung ada Katedral Santo Petrus yang megah. Di Semarang, ada GPIB Immanuel atau yang lebih terkenal dengan sebutan Gereja Blenduk. Oh, ya! Gereja ini juga jadi salah satu latar tempat di film romansa besutan Ertanto Robby, Ave Maryam.

Nah, dalam artikel ini, Bob ingin kasih tahu 7 bangunan yang masuk dalam daftar gereja terbesar di dunia. Sayangnya, belum ada gereja di Indonesia yang masuk ke dalam list ini karena semuanya berada di luar negeri. Namun, kalau kamu punya dana yang cukup, nggak ada salahnya kamu mengunjungi gereja-gereja ini. Apa aja yang ada di daftar gereja terbesar di dunia? Mulai dari nomor satu, ya!

1. Basilica of the Holy Trinity, Portugal

Gereja pertama di daftar gereja terbesar di dunia versi Bob berada di negara asal Cristiano Ronaldo, Portugal. Mengusung nama Basilica of the Holy Trinity, gereja ini berlokasi di kota Fátima. Ada yang unik dari bangunan gereja Katolik ini. Kalau biasanya gereja-gereja Katolik mengusung desain yang sifatnya lebih klasik, gereja yang satu ini berbeda. Baik eksterior maupun interiornya mengusung gaya arsitektur modern. Sepintas mirip museum kontemporer!

daftar gereja terbesar di dunia
Sumber: The Crazy Tourist
daftar gereja terbesar di dunia
Credit: Therese C. via Wikimedia Commons

Dilansir dari Travel in Portugal, Basilica of the Holy Trinity diresmikan pada tahun 2007. Gereja raksasa ini bisa menampung lebih dari 8 ribu umat atau pengunjung. Karena kapasitasnya yang besar, Basilica of the Holy Trinity dianggap masuk ke daftar gereja terbesar di dunia. Gereja ini juga berada di kompleks Sanctuary of Fátima. Meskipun berdesain modern, kemegahan dan suasana sakral tetap terasa di gereja ini. Untuk kamu yang ingin berlibur ke Portugal, boleh lah mampir sejenak ke sini.

2. Liverpool Cathedral, UK

Liverpudlian mana suaranya? Selain terkenal dengan klub sepak bolanya, Liverpool juga punya gereja yang megah. Gereja Anglikan bernama Liverpool Cathedral ini merupakan gereja terbesar di Inggris, dilansir dari Lonely Planet. Gereja bergaya Neo-Gothic ini dibangun pada tahun 1904. Namun, pembangunannya baru selesai pada tahun 1978. Menurut situs resminya, Liverpool Cathedral memiliki luas lebih dari 9.600 meter persegi. Wajar saja kalau gereja ini bersanding di daftar gereja terbesar di dunia.

daftar gereja terbesar di dunia
Sumber: Manchester Sightseeing Tours
daftar gereja terbesar di dunia
Sumber: WallHere

Saat berkunjung ke sini, kamu bisa naik ke menara gereja untuk melihat pemandangan kota Liverpool. Menara gereja ini punya ketinggian sekitar 100 meter. Selain itu, dilansir dari Emporis, Liverpool Cathedral punya organ raksasa dengan 9.704 pipa. Bahkan, pipa terpanjangnya mencapai 10 meter! Liverpool Cathedral juga punya lonceng raksasa bernama “Great George”. Lonceng ini memiliki berat hampir 15 ton dan hanya digunakan pada acara khusus saja.

3. Basilica of Our Lady of Licheń, Polandia

Gereja berikutnya di daftar gereja terbesar di dunia adalah Basilica of Our Lady of Licheń. Berlokasi di desa Licheń Stary, Polandia, usia gereja ini ternyata masih cukup baru. Dilansir dari Lichen.pl, gereja ini dibangun pada tahun 1994 dan diresmikan pada tahun 2004. Baik interior maupun eksteriornya tampak megah dan mewah dengan pilar-pilar tinggi. Di bagian dalam gereja, terdapat dua belas pilar penopang langit-langit yang mencerminkan1 12 rasul Yesus.

daftar gereja terbesar di dunia
Credit: Diego Delso via Wikimedia Commons
daftar gereja terbesar di dunia
Sumber: Art Travels

Ciri khas lain gereja Katolik ini adalah kubahnya yang megah. Dilansir dari Art Travels, kubah gereja ini memiliki diameter 25 meter dan tinggi 45 meter. Selain itu, ada pula menara gereja dengan tinggi 141,5 meter. Di menara ini, terdapat dua anjungan observasi dari ketinggian 98 meter dan 114 meter. Kalau kamu naik ke menara ini, kamu bisa melihat pemandangan desa Licheń Stary yang cantik dan asri! Romantis deh kayaknya kalau pergi bareng pasangan!

4. Seville Cathedral, Spanyol

Gereja megah yang satu ini ada di kota Seville, Spanyol. Dilansir dari Andalucia.com, katedral ini merupakan salah satu warisan dunia UNESCO. Selain itu, Sevilla Cathedral juga dinobatkan sebagai gereja bergaya Gothic terbesar di dunia. Pembangunan gereja ini memakan waktu yang sangat lama, yaitu dari tahun 1401 hingga 1506. Selain itu, Seville Cathedral juga dibangun di situs Masjid Besar Aljama yang berdiri di abad ke-12.

daftar gereja terbesar di dunia
Sumber: Imaginoso
daftar gereja terbesar di dunia
Sumber: Atlas Obscura

Salah satu keunikan gereja ini adalah monumen Christopher Columbus. Monumen ini, menurut Atlas Obscura dibuat pada tahun 1899 dan didesain oleh pematung Arturo Melida. Padahal, pada awalnya monumen ini akan didirikan di Havana, Kuba, lho! Oh, ya! Kamu juga bisa naik ke La Giralda. Menara gereja ini awalnya merupakan minaret masjid, lho. Dilansir dari Seville City Guide, menara ini memiliki tinggi 104 meter. Uniknya lagi, untuk mencapai puncaknya kamu nggak menaiki tangga, tetapi melewati ramp. Konon, ramp ini memungkinkan kuda untuk bisa sampai ke puncak menara. Wow!

5. Milan Cathedral, Italia

Nah, kalau gereja yang satu ini sih biasanya sering “mejeng” di foto-foto liburan Eropa. Gereja bergaya Gothic Renaissance ini berdiri megah di kota Milan. Nah, mungkin sebagian dari kalian udah tahu kalau Milan adalah salah satu pusat fashion di Eropa. Beragam brand kelas atas seperti Prada, Versace, dan Gucci berasal dari kota ini. Seperti halnya statusnya sebagai fashion capital, Milan Cathedral pun tampil bergaya dengan desainnya yang menakjubkan.

daftar gereja terbesar di dunia
Credit: Ouael Ben Salah via Unsplash
daftar gereja terbesar di dunia
Sumber: slikegallery.blogspot.com

Pembangunan gereja ini memakan waktu yang sangat lama! Dilansir dari Duomo di Milano, katedral dibangun di tahun 1386 dan baru selesai di tahun 1965. Wow! Dibutuhkan enam abad untuk merampungkan mahakarya ini! Bahkan, seniman terkenal Leonardo dan Vinci pun punya andil dalam pembangunannya. Masuk ke daftar gereja terbesar di dunia, Milan Cathedral juga memegang rekor lain. Menurut Walks of Italy, ada 3.400 patung, 135 gargoyle, dan 700 figur yang menghiasi gereja ini. Amazing!

6. Basilica of Our Lady of Aparecida, Brazil

Mahakarya berikutnya di daftar gereja terbesar di dunia versi Bob datang dari negara Samba, Brazil. Gereja ini punya nama lengkap Cathedral Basilica of the National Shrine of Our Lady Aparecida. Wah! Panjang juga ya namanya! Katedral ini berada di kawasan Rio-Sao Paulo dan dibangun pada tahun 1946, seperti dilansir dari A12. Basilica of Our Lady of Aparecida diresmikan pada tahun 1980. Gereja ini ramai dikunjungi pada bulan Oktober, terutama tanggal 12 Oktober sebagai Hari Bunda dari Aparecida.

daftar gereja terbesar di dunia
Sumber: Expedia
daftar gereja terbesar di dunia
Credit: Mike Peel via Wikimedia Commons

Di dalam gereja, terdapat patung Bunda dari Aparecida. Dilansir dari Discover Walks, konon patung ini kali pertama ditemukan oleh seorang nelayan di abad ke-18. Patung tersebut diceritakan membawa rezeki yang melimpah bagi para nelayan. Gereja bergaya Romanesque Revival ini memiliki luas bangunan 12 ribu meter persegi, dilansir dari The Mysterious World. Nggak salah kalau gereja ini ada dalam daftar gereja terbesar di dunia. Gereja ini pun bisa mengakomodasi sekitar 45 ribu pengunjung!

7. St. Peter’s Basilica, Vatikan

Gereja yang satu ini sih, Bob yakin pasti pada tahu. Sering disiarkan saat liputan misa Natal, St. Peter’s Basilica menempati posisi pertama daftar gereja terbesar di dunia. Dilansir dari Britannica, Basilika Santo Petrus dibangun pada tahun 1506 dan rampung pada tahun 1615. Pembangunan katedral megah ini melibatkan banyak tokoh terkenal, lho! Nggak tanggung-tanggung. Arsitek-arsitek yang membangunnya mencakup Raphael dan Michelangelo, seniman asal Italia.

daftar gereja terbesar di dunia
Credit: Briana Tozour via Unsplash
daftar gereja terbesar di dunia
Credit: Feisan VM via Unsplash

Dilansir dari Roma Experience, St. Peter’s Basilica memiliki luas area sekitar 23 ribu meter persegi. Gereja ini juga mampu menampung umat sebanyak 60 ribu orang. Keren, ‘kan? Ditunjuk sebagai salah satu situs warisan UNESCO, gereja ini merupakan satu dari empat basilika utama di dunia. Baik eksterior maupun interiornya dijamin akan bikin kamu terpukau! Kamu juga bahkan bisa naik ke kubah gereja ini, lho! Namun, untuk naik ke sana, kamu perlu membayar tiket lagi.

Itulah daftar gereja terbesar di dunia yang akan membuat kamu terpukau! Gimana? Ada rencana mengunjungi salah satunya? Karena semua tempat yang disebutkan di sini adalah rumah ibadah, tentunya ada tata tertib yang harus kamu perhatikan. Tetap jaga ketenangan selama berkunjung dan jangan membuang sampah sembarangan, ya! Semoga kamu bisa segera berlibur ke destinasi impianmu, ya.

Belum bisa liburan ke luar kota atau luar negeri? Staycation bisa jadi solusi yang pas! Dan… buat kamu yang bingung mau staycation ke mana, Bobobox bisa jadi pilihan terjangkau yang mengasyikkan!

Murah Meriah, Staycation di Bobobox!

Kebelet liburan, tapi budget mepet? No worries! Di Bobobox, kamu bisa menikmati liburan dengan biaya terjangkau. Setiap pod di Bobobox sudah dilengkapi teknologi canggih yang terintegrasi dengan aplikasi seluler. Interior pod juga Insta-worthy dan nyaman banget! Dijamin bakalan betah buat nugas, tidur, atau maraton serial kesukaanmu! Fasilitas pendukung seperti shared bathroom, musala, pantry, dan communal space akan melengkapi kebutuhanmu. Seru deh!

Oh, ya! Jangan lupa download aplikasi Bobobox, ya! Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan reservasi secara langsung dan menerima promosi menarik! Aplikasi Bobobox tersedia secara gratis, baik untuk platform iOS maupun Android! Yuk unduh aplikasi sekarang dan nikmati staycation asyik di Bobobox!

You might also like