Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

8 Daftar Acara Event Tahunan Di Malang yang Paling Ditunggu

Sayang untuk kamu lewatkan begitu saja

Acara Event Tahunan Malang — Setiap tahunnya, di tiap kota tentu menyelenggarakan acara event tahunannya masing-masing. Tidak terkecuali di kota Malang. Kota yang memiliki julukan kota apel ini memiliki acara event tahunan yang menarik untuk didatangi.

Sehingga, tak lengkap rasanya jika kamu menginginkan traveling ke kota apel ini namun tidak mengetahui acara event tahunan yang biasa diadakan. Yuk, simak 8 daftar acara event tahunan Malang yang paling ditunggu dan sayang untuk kamu lewatkan begitu saja.

Festival 1 Suro Gunung Kawi

Jika kamu sedang berada di Desa Wonosari, Kecamatan Ngajum, cobalah untuk datang ke festival tahunan yang diadakan di desa ini yaitu Festival 1 Suro Gunung Kawi.

Festival ini biasa diadakan pada 1 Suro atau 1 Muharram tiap tahunnya. Ritual tahunan diikuti 14 RW mulai dari Terminal Wonosari hingga sampai di area Makam Gunung Kawi.

Di acara event kali ini, kamu bisa menemukan ogoh-ogoh dengan beraneka tema yang tidak kalah menarik. Nah, pada acara puncak, satu ogoh-ogoh berwujud Buto yang menunggangi singa dibakar di area makam Eyang Djugo dan RM Imam Soedjono.

acara event malang
via tribunnews.com

Jalanidhipuja

Nah, acara event tahunan Malang selanjutnya ini berhubungan erat dengan salah satu agama besar di Indonesia. Upacara ini bernama upacara Jalanidhipuja yang digelar oleh umat Hindu.

Upacara ini digelar menjelang Tahun Baru Saka alias Nyepi. Untuk lokasi acara eventnya sendiri, upacara Jalanidhipuja biasa digelar di Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Umat Hindu menggelar upacara Jalanidhipuja untuk mengharap kehidupan setahun ke depan diberi kelancaran dan keberkahan dari Dewa Baruna.

Karena ingin mendapatkan kelancaran dan keberkahan ini pula, upacara ini selalu dilakukan di air. Bahkan,puncak acaranya adalah prosesi larung jolen yang berisi sesaji semisal buah-buahan, sayur mayur dan aneka hasil bumi lainnya untuk dilepas ke laut yang diangkut oleh pemuda dan laki-laki umat Hindu..

Grebeg Tengger Tirto Aji

Ritual ada desa kali ini baru pertama kali dipublikasikan pada tahun 2013 sebagai acara event tahunan di Malang. Ritual tersebut merupakan ritual pengambilan air suci dari mata air Sendan Widodaren yang ada di area Sumber Wendit.

Prosesinya sendiri, air yang diambil menggunakan gayung dari kayu, kemudian ditaruh ke tempat air yang terbuat dari tanah liat yang katanya dibawa oleh tujuh bidadari. Setelah itu, proses syukuran berlangsung dengan membacakan doa-doa baik agar diberi kebaikan dan keselamatan juga keberhasilan hasil bumi selanjutnya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan warga yang berebut tumpeng dan larung sesaji dari hasil bumi berupa sayuran maupun buah-buahan.ke tengah sumber. Nah, prosesi berakhir setelah air yang sudah diambil dibawa kembali ke Tengger. Warga Tengger percaya jika air yang ada di Bromo bersumber dari mata air Sidodaren.

acara event tahunan malang
via phimeno.com

Festival Lawang Kota Tua Malang

Acara event selanjutnya yang ada di daftar ini adalah Festival Lawang Kota Tua Malang. Baru dua tahun terakhir diselenggarakan, acara event sudah bisa menyedot animo warga Malang.

Para pengunjung festival akan disuguhkan dengan sisa-sisa bangunan kuno semisal tempat tinggal, kantor, tempat ibadah, dan fasilitas publik yang masih ada di Lawang. Selain itu, kamu bisa menikmati atraksi seni budaya dan aneka kuliner khas Malang.

Tidak ketinggalan juga, pameran foto Kota Tua Tempo Doeloe dan Parade Lintas Enthic, yang sama-sama digelar di Festival Lawang Kota Tua, siap memberikan festival yang menarik bagimu.

acara event malang
via okezone.com

Malang Flower Carnival

Malang Flower Carnival merupakan salah satu acara event tahunan yang sudah terlaksana sejak tahun 2008. Tujuannya sendiri untuk meningkatan kunjungan wisatawan seperti kamu untuk bisa mampir ke kota Malang. Malang Flower Carnival ini biasa digelar di Jalan Simpang Balapan atau di sekitar Jalan Ijen.

Acara event karnaval ini adalah parade karnaval yang menampilkan berbagai kostum bertemakan bunga berwarna warni yang diharuskan minimal 75 persennya terbuat dari bahan daur ulang sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian lingkungan.

acara event malang flower
via pesona.travel

Batu Flora Festival

Bagi kamu penyuka bunga-bungaan dan sedang berada di Malang, sempatkanlah untuk berkunjung ke Batu Flora Festival yang digelar di Kota Batu, Malang. Acara event ini sudah rutin digelar sejak tahun 2007 hasil kerja sama antara Dinas Pariwisata Kota Batu, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu dan Jawa Timur Park.

Beraneka macam bunga bisa kamu saksikan pada acara event tahunan ini. Bunga-bunga tersebut dibuat oleh para peserta yang berasal dari banyak kalangan seperti desa dan kelurahan, sekolahan hingga hotel di Kota Batu yang mengenakan kostum bunga warna warni saat mengarak hiasan bunganya.

acara event malang
via tempo.co

Malang Beach Festival

Malang Beach Festival bisa menjadi opsi acara event yang bisa kamu pertimbangkan untuk kamu datangi. Festival yang baru menginjak penyelenggaraan ketiga tahun ini selain ditujukan untuk wisatawan lokal juga menyasar wisatawan asing yang khususnya menyenangi berkegiatan di pantai.

Acara event ini sendiri terfokus pada pantai di sepanjang Jalur Lintas Selatan yaitu Pantai Sendang Biru, Pantai Ungapan, Pantai Nganteb, Pantai Wedi Awu, dan Pantai Modangan. Tiap pantainya memiliki tanggal acara yang berbeda sehingga kamu tidak boleh salah dalam menandai tanggal acaranya di kalendermu

event tahunan malang
via malangtoday.net

Upacara Karo Ngadas

Acara event terakhir yang kamu bisa kunjungi saat berada di kota apel ini adalah upacara Karo Ngadas. Ritual kedaerahan satu ini digelar di Desa Ngadas Kecamatan Poncokusomo selama 15 hari dimulai pada tanggal 7 Karo.

Pada acara event ini, kamu bisa melihat berbagai kegiatan kesenian budaya lokal, kuliner, tradisi ritual semisal tumpeng gede, sesanti, doa petren, dan kauman, hingga ritual sadranan dan ojung yang menjadi acara terakhir pada upacara Karo Ngadas yang dilakukan masyarakat Tengger.

Nah, fakta dari acara event ini adalah masyarakat Tengger biasanya memakan pakaian baru saat melakukan upacara Karo Ngadas ini. Selain itu, upcara ritual dengan membawa beraneka makanan ini dipimpin oleh seorang dukun desa.

event tahunan malang
via malangtoday.net

Datang ke acara event tahunan di Malang tentu akan menguras habis energimu. Walaupun hanya sekadar berjalan-jalan menikmati kebudayaan dan kuliner khasnya hingga alunan musik dari band yang tampil, kamu tidak terlalu sadar bahwa kamu membutuhkan penginapan yang bisa memulihkan kondisi tubuhmu agar siap kembali beraktivitas di keesokan harinya.

Satu akomodasi penginapan yang worth it untuk kamu coba adalah Bobobox. Jadi gak sabar Bobobox ada di Malang! Podnya yang tidak terlalu sempit akan membuat gerakmu saat tiduran akan tetap nyaman. Senang mendengarkan lagu-lagu favorit dengan kencang dan ditemani gemerlap lampu, kamu bisa menikmatinya dengan menggunakan pengeras suara Bluetooth dan lampu led yang disediakan di tiap podnya.

Untuk kamu yang ingin mencoba sensasi menginap yang berbeda, coba unduh aplikasinya di sini dan pesan segera pod yang kamu inginkan di Bobobox!

You might also like
Comments
Loading...