Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Berikut Sejumlah Musisi yang Memiliki Cover Album Musik Kontroversial

Musiknya memang bisa dinikmati, namun kalau cover albumnya tidak biasa, apa masih bisa dinikmati?

Selain musik yang disuguhkan oleh para penyanyi maupun musisi, cover album bisa disebut sebagai faktor penting lainnya. Cover sebuah album bisa berperan penting dalam segi penjualan album itu sendiri. Banyak para pelaku industri musik menjadikan cover album sebagai identitas atau gambaran dari kandungan lagu-lagu yang mereka sajikan pada album tersebut.

Meskipun menganggap cover album adalah media seni lain yang bisa mereka olah selain musiknya itu sendiri, terkadang ada beberapa penyanyi atau musisi yang melampaui batas wajar dalam menentukan cover album sehingga dianggap menyalahi norma yang berlaku dan dianggap kontroversial. Siapa aja ya musisi yang berurusan dengan hal yang satu ini? Nih Bob kasih tahu musisi yang pernah bermasalah karena memiliki cover album kontroversial.

Yesterday and Today – The Beatles

Yesterday and Today – The Beatles (Wikimedia.org)

Beatles bisa disebut sebagai band yang memiliki pengaruh besar bagi musik populer hingga saat ini. Namun, siapa sangka jika band legendaris ini pernah berurusan dengan masalah cover album. Tepatnya pada tahun 1966, mereka merilis album bertajuk Yesterday and Today. Album yang hanya dirilis di Amerika dan Kanada ini memiliki cover album dengan konsep pemotong daging. Pada cover itu digambarkan para member Beatles berpakaian serba putih disertai noda darah dengan boneka bayi yang sudah terpotong-potong. Untuk mengatasi masalah tersebut, mereka kemudian mencetak cover album dengan gambar yang lebih sopan untuk album berikutnya. Hal ini dikarenakan hampir 1 juta kopi album sudah siap dijual di pasaran sehingga sulit untuk ditarik kembali.

Unfinished Music No. 1: Two Virgins – John Lennon & Yoko Ono

Two Virgins – John Lennon & Yoko Ono (Tahupedia.com)

Masih dalam lingkup yang sama, hanya saja yang satu ini merupakan album solo dari pentolan The Beatles yang berduet dengan istrinya sendiri yaitu Yoko Ono. Hal yang menjadi pemicu dalam cover album ini sehingga disebut sebagai album kontroversial adalah tampilan vulgar dari foto John Lennon serta Yoko tanpa sehelai benangpun. Album ini langsung menuai protes dan kecaman dari berbagai negara.

Houses of the Holy – Led Zeppelin

Houses of the Holy – Led Zeppelin (Jawapos.com)

Band pionir musik heavy metal ini juga pernah memiliki masalah dalam pembuatan cover album. Gambaran yang tersaji dalam cover tersebut menampilkan banyaknya objek anak kecil yang mirip seperti hantu sedang menaiki bebatuan. Memang apabila diperhatikan sepintas tidak ada yang salah dalam gambar tersebut, namun bisa berpotensi menjadi tuaian kontroversi. Maka, cover album Jimmy Page cs ini segera diganti dengan cara menutupi objek yang kontroversial tersebut menggunakan nama Led Zeppelin beserta judul albumnya.

Diamond Dogs – David Bowie

Diamon Dogs – David Bowie (Tahupedia.com)

Dikenal sebagai figur penting dalam sejarah musik pop di daratan Britania Raya, ternyata David Bowie-pun pernah berurusan dengan cover album yang kontroversial. Tepatnya pada tahun 1974, Bowie menuai kontroversi setelah merilis album yang mempunyai cover dengan desain tidak wajar bahkan cenderung aneh. Di cover ini, menggambarkan seekor anjing berkepala Bowie. Kreator dari cover tersebut dibuat oleh seniman yang bernama Guy Peelleart. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara memperbaiki desainnya dengan menghilangkan bagian kelamin dari anjing tersebut sehingga terlihat lebih layak dibandingkan sebelumnya.

Is This It? – The Strokes

Is This It – The Strokes (Tahupedia.com)

Dari daretan album kontroversial yang sudah dipaparkan di atas, Album ini bisa dibilang sebagai cover album yang termuda. Dibuat pada awal tahun 2000an, album ini juga cukup menuai kontroversi. Berawal dari ide sang fotografer album Colin Lane yang meminta kekasihnya untuk tampil tanpa busana dan hanya memakai sarung tangan kulit berwarna hitam saja. Setelah itu difoto dalam berbagai posisi sampai Ia menemukan angle foto yang paling pas untuk digunakan pada cover album “Is This It?” ini. Sayangnya hasil foto tersebut dianggap terlalu seronok oleh pemerintah setempat.

Itulah beberapa musisi yang pernah bermasalah karena cover album yang kontroversial. Ada band atau musisi favorit kamu gak? Atau penasaran musiknya seperti apa? Yuk, dengerin di pod Bobobox! Pod super nyaman yang dilengkapi dengan Bluetooth speakers dan moodlamps ciamik yang bisa dikontrol pakai aplikasi aja. Unduh aplikasi Bobobox untuk mendapatkan potongan langsung senilai Rp25.000!

bobobox hotel kapsul indonesia

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.