Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sukar Dipercaya, Simak 10 Controller Game Terunik di Dunia

Ada yang berbentuk seperti katana!

Bobobox.co.id — Sekarang ini, controller yang diproduksi oleh perusahaan game memiliki bentuk yang kurang lebih sama. Namun, ada masanya, di mana banyak controller game terunik yang dirilis ke pasaran.

Controller game tersebut bisa dikategorikan unik bukan tanpa alasan. Bentuknya yang aneh dan tak lazim menjadikan controller game terunik ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dikoleksi.

Untuk mengenal lebih jauh soal controller mana saja yang masuk daftar controller game terunik, simak ulasannya di bawah ini.

Berikut adalah Controller Game Terunik di Dunia

1. NubyTech Resident Evil 4 Chainsaw Controller

Controller game terunik pertama adalah NubyTech Resident Evil 4 Chainsaw Controller. Dari desainnya, kamu tentu sudah tahu bahwa controller satu ini ditujukan bagi orang-orang yang jadi kolektor seri gim Resident Evil.

Untuk membuat controller ini, Capcom bekerja sama dengan perusahaan manufaktur NubyTech. Berbentuk gergaji mesin, controller yang ditujukan untuk konsol GameCube dan PS2 menerapkan teknologi N-motion.

Teknologi tersebut memungkinkan pemain berganti senjata dengan cara menaikkan atau menurunkan gergaji mesin. Nah, dengan keunikan tersebut, rasanya controller game terunik ini lebih cocok untuk dikoleksi.

NubyTech Resident Evil 4 Chainsaw Controller controller game terunik
NubyTech Resident Evil 4 Chainsaw Controller via etrogameking.com

2. Katana: The Soul Controller

Ingin bermain video game layaknya seorang samurai? Jika iya, kamu bisa mencoba Katana: The Soul Controller yang mampu mewujudkan mimpimu untuk menjadi seorang pendekar pada seri gim Onimusha 3.

Controller game terunik ini merupakan hasil kolaborasi antara Captom dan Hori. Dirilis pada tahun 2004, controller ini tak hanya hadir dengan tombol controller DualShock 2 standar tetapi juga sarung yang dapat dibuka.

Jika tak ingin memakainya, tempat khusus disediakan untuk meletakkan controller ini layaknya pedang kata sungguhan. Kini, controller terunik ini cukup langka dan jika dijual pun, harga yang dipatok terbilang fantastis.

Katana: The Soul Controller controller game terunik
Katana: The Soul Controller via shpock.com

3. Sega Fishing Rod

Kepopuleran video game memancing di Jepang pada 90an akhir menjadi ide menarik bagi Sega. Mereka pun merilis salah satu controller game terunik, Sega Fishing Rod bersamaan dengan Sega Bass Fishing pada 1998.

Pada awalnya, controller berbentuk layaknya gagang kail ini hanya dirilis untuk mesin arcade saja. Namun, akhirnya, controller yang dikembangkan oleh Sega untuk konsol keluaran terbaru saat itu, Sega Dreamcast.

Saat memainkan Sega Bass Fishing, kamu bakal merasakan layaknya memancing sungguhan dengan controller ini. Dengan adanya kontrol gerak, kamu pun bakal terbantu saat akan menarik ikan yang memakan umpan.

Sega Fishing Rod controller game terunik
Sega Fishing Rod via worthpoint.com

Baca Juga: 5 Achievement Game Tersulit Bagi Gamers. Bakal Membuatmu Frustasi


4. NES Power Glove

Pada era 80an, banyak perusahaan game yang berusaha menawarkan hal-hal berbau futuristik. Salah satunya adalah NES Power Glove yang termasuk controller game terunik sekaligus terburuk yang pernah dirilis.

Seperti namanya, controller ini berbentuk sarung tangan. Namun, kamu pun bakal menemukan tombol-tombol yang ditujukan untuk mempermudahmu dalam memainkan game-game yang mendukung controller ini.

Namun, produk yang dirilis pada tahun 1989 justru kurang laku dipasaran. Pasalnya, selain banyak tombol yang tak berfungsi, cepat rusak dan mahalnya harga yang dipatok jadi alasan utama penjualannya rendah.

NES Power Glove controller game terunik
NES Power Glove via gamefever.co.id

5. Konami LaserScope

Jika sebelumnya, Nintendo gagal dalam menjual teknologi masa depan, nasib nahas tersebut pun dialami oleh Konami. Perusahaan asal Jepang tersebut merilis salah satu controller game terunik, Konami LaserScope.

Contoller unik ini berbentuk layaknya headset dengan tambahan lensa yang ada di depan matamu. LaserScope ini secara fungsi mirip dengan pistol laser pada game Duck Hunt namun dengan kontrol perintah suara.

Namun, dengan teknologi yang masih tak terlalu baik, controller yang dirilis bersamaan dengan gim Laser Invasion justru mendapatkan banyak kritikan. Salah satunya adalah kualiatas mikrofon yang sangat buruk.

Konami LaserScope controller game terunik
Konami LaserScope via forbes.com

6. Wii Bowling Ball

Memainkan gim boling tak akan menarik jika hanya menggunakan controller biasa. Hal tersebut mungkin yang mengilhami CTA Digital untuk membuat Wii Bowling Ball, controller game terunik untuk game-game boling di Wii.

Layaknya sebuah bola boling, controller ini memiliki ukuran satu banding satu. Tak hanya itu, ada juga lubang untuk menempatkan jari untuk ‘melemparkan’ bola boling layaknya memainkan permainan ini di dunia nyata.

Namun, untuk menggunakan controller ini, kamu membutuhkan Wii remote. Nantinya, kamu bisa membuka controller tersebut dan menyimpan Wii remote pada tempatnya sebelum menggunakannya dalam gim.

Wii Bowling Ball controller game terunik
Wii Bowling Ball via shopgoodwill.com

Baca Juga: Ini Dia 7 HP Nokia Paling Unik Yang Bakal Membawamu Ke Masa Lalu


7. Tony Hawk Ride Skateboard

Berbicara soal olahraga skateboard, tentu tak bisa lepas dari sosok legendaris, Tony Hawk. Ketenaran dan pengaruhnya pada olahraga tersebut membuatnya menjadi figure yang diadaptasi ke dalam sebuah franchise game.

Pada tahun 2009, game tersebut merilis Town Hawk: Ride bersamaan dengan controller game terunik di dunia. Para pemain bisa menikmati video game skateboard dengan controller layaknya skateboard sungguhan.

Hal tersebut terjadi berkat sensor infrared untuk mendeteksi gerakan yang akan ditampilkan pada layar. Sayangnya, kurang responsifnya Tony Hawk Ride Skateboard membuat gamer lebih memilih controller biasa.

Tony Hawk Ride Skateboard controller game terunik
Tony Hawk Ride Skateboard via amazon.com

8. Samba De Amigo Maracas Controller

Samba de Amigo merupakan game bergenre rhythm yang tersedia di gim arcade pada tahun 1999. Namun, pada tahun 2000, game tersebut akhirnya dirilis oleh Sega untuk Sega Dreamcast bersama controllernya.

Controller yang dirilis sendiri terbilang unik. Pasalnya, kamu tak akan menemukan bentuk controller seperti pada umumnya. Namun, kamu akan mendapatkan controller berbentuk alat musik marakas.

Tak hanya controller berbentuk marakas, bundling dari controller ini pun menyediakan mattress dan juga sensor yang nantinya bakal berfungsi untuk mengetahui gerakan yang dilakukan saat memainkan gimnya.

Samba De Amigo Maracas controller game terunik
Samba De Amigo Maracas via aminoapps.com

9. Shinkansen Wii Controller

Controller game terunik lainnya adalah Shinkansen Wii Controller. Controller ini bakal layak untuk dikoleksi atau digunakan beberapa kali jika kamu termasuk gamer yang menyenangi game-game simulasi konduktor kereta api.

Shinkansen Wii Controller ini memang khusus untuk game eksklusif Jepang, Densha de Go!: Shinkansen. Seperti yang disebutkan sebelumnya, controller ini memungkinkan pemain bermain layaknya konduktor sesungguhnya.

Pada controllernya, pemain disediakan layar LCD untuk melihat kecepatan kereta. Di samping itu, ada juga pedal gas dan tombol-tombol lainnya untuk membantu para pemain dalam mengendalikan kereta dalam gim.

Shinkansen Wii Controller controller game terunik
Shinkansen Wii Controller via solarisjapan.com

Baca Juga: Ingin Membeli Konsol Game Di 2021? Ini Dia Rekomendasi Konsol Game 2021 Versi Bob


10. NES Hands Free Controller

Controller game terunik terakhir datang dari Nintento. Sama seperti controller terunik sebelumnya dari Nintendo, eksperimen pun kembali dilakukan oleh Nintendo menghasilkan NES Hands Free Controller.

Controller ini tidak digerakkan lewat tangan namun dengan lidah atau mulut. Misalkan saja, untuk tombol A dan B, pemain bisa melakukan gerakan dengan cara menghisap atau meniup pipa pada controllernya.

Controller ini nantinya diletakkan di dada pemain dengan perekat. Dirilis pada tahun 1989, NES Hands Free Controller ini memang dipasarkan bagi gamer yang memiliki kebutuhan khusus pada saat perilisan.

NES Hands Free Controller controller game terunik
NES Hands Free Controller via dok. TheGamer

Main Game dengan Tenang di Bobocabin

Bermain video game online bakal semakin asyik jika ditunjang dengan koneksi WiFi yang mumpuni. Momen tersebut akan semakin seru jika kamu mendapatkan ruang yang lega untuk mengekspresikan diri.

Nah, kamu bisa mendapatkannya selama menginap di Bobobox. Koneksi WiFi yang bisa diandalkan tak akan membuat momen memainkan video game tersendat. Siap-siap untuk auto chicken dinner, nih!

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini ya!

promo bobobox

You might also like