Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Lebih Sehat? Coba Kenali dan Ikuti 5 Contoh Konsumsi Superfood Ini!

Contoh konsumsi superfood buat gaya hidup yang lebih sehat!

Kalau ngomongin soal gaya hidup sehat, pasti pembahasannya nggak jauh dari olahraga dan makanan. Ya, kedua hal tersebut merupakan sebagian dari faktor penentu gaya hidup sehat. Manfaat olahraga, misalnya, sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Dilansir dari Alodokter, olahraga bisa mengendalikan gula darah, mencegah penyakit jantung, dan menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa memperbaiki mood, melancarkan pola tidur, dan mencegah stres. Namun, olahraga saja nggak cukup tanpa dibarengi pola makan yang sehat.

Mungkin makanan jadi salah satu hal yang cukup sulit kita atur saat ingin memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Godaan goreng-gorengan dan makanan berlemak memang susah ditangkis! Setiap Bob lihat ayam goreng crispy atau potato wedges, duh! Bawaannya pengen ngemil terus! Padahal, menurut Hellosehat, konsumsi makanan berminyak berlebihan bisa mengganggu sistem pencernaan dan meningkatkan risiko obesitas. Huhuhu!

Nah, sekarang ini sedang marak tren superfood. Kalian mungkin pernah dengar istilah ini. Bukan! Bukan pahlawan super berbentuk makanan! Dilansir dari Live Science, superfood adalah bahan makanan yang sangat kaya akan nutrisi, dan sebagian besar merupakan produk nabati. Namun, ada juga produk hewani yang masuk ke kategori superfood, lho! Jenis dan contoh konsumsi superfood sering dibahas, terutama di berbagai program diet atau diskusi makanan sehat.

contoh konsumsi superfood
Credit: Tina Witherspoon via Unsplash

Meskipun demikian, dilansir dari artikel di Harvard Medical School, tidak ada satu pun superfood yang mengandung semua zat gizi. Pola makan sehat yang menggabungkan beragam jenis makanan tetap jadi contoh konsumsi superfood yang sangat disarankan. Ya, kurang lebih seperti konsep empat sehat lima sempurna. Tertarik menjalani gaya hidup yang lebih sehat? Bob akan kasih tahu 5 jenis dan contoh konsumsi superfood buat dicoba. Let’s check these out!

1. Kale

Jenis superfood yang pertama adalah kale. Eits! Jangan salah! Ini bukan si Kale dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, ya! Sayuran yang dikenal juga sebagai kubis keriting ini ternyata mengandung nutrisi yang cukup beragam. Dilansir dari Fullerton Health, kale mengandung banyak vitamin seperti vitamin A,B1, B2, B3, B6, B9, C, D, E, dan K. Selain itu, sayuran ini juga punya zat antioksidan dan mineral. Kalorinya pun rendah, hanya 33 kalori. Wih!

contoh konsumsi superfood
Sumber: Women’s Health

Sayuran berdaun hijau memang identik dengan salad. Namun, kale nggak cuma bisa diolah sebagai bahan salad aja kok! Dilansir dari Hellosehat, kamu bisa menumis kale dengan telur, kentang, dan sosis. Tinggal sajikan dengan buah-buahan dan segelas susu, empat sehat lima sempurna, deh! Oh, ya! Kamu juga bisa menikmati atau membuat sendiri kale chips. Contoh konsumsi superfood ini cocok buat kamu yang hobi ngemil, tapi ingin camilan yang lebih sehat!

2. Teh Hijau

Buat kamu yang hobi ngeteh, selamat! Salah satu jenis teh kesukaanmu, teh hijau atau green tea ternyata dikategorikan sebagai superfood. Kok bisa? Dilansir dari Healthline, teh hijau kaya akan antioksidan dan polifenol yang memiliki efek antiperadangan yang kuat. Salah satu antioksidan dalam teh hijau, EGCG dapat menangkal berbagai penyakit kronis. Penyakit ini termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Wah! Bob mulai ngeteh deh besok!

contoh konsumsi superfood
Credit: Jia Ye via Unsplash

Namun, untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, kamu nggak boleh mengonsumsi teh hijau sembarangan. Sebagai contoh konsumsi superfood yang tepat, minum teh hijau 3-4 kali sehari, seperti dilansir dair Halodoc. Teh juga baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat dan saat sarapan supaya nggak memicu asam lambung. Selain itu, dilansir dari SehatQ, jangan tambahkan gula atau bahan lain ke dalam teh karena akan menambah kalori. Duh! Goodbye, matcha latte!

3. Telur

Seperti yang Bob bilang, tidak semua superfood merupakan bahan nabati. Telur jadi salah satu jenis atau contoh konsumsi superfood yang bersifat hewani. Namun, dilansir dari Healthline, ternyata telur merupakan bahan yang “kontroversial”. Pasalnya, telur mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi. Namun, telur juga punya segudang manfaat, lho! Dilansir dari Medcom, telur mengandung lutein dan zeaxantanin yang bisa mencegah katarak. Telur juga mengandung protein dan asam amino penting dalam rasio yang tepat.

contoh konsumsi superfood
Credit: Louis Hansel via Unsplash

Meskipun demikian, telur baiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Sebuah penelitian di tahun 2017 menunjukkan bahwa telur aman dikonsumsi sebanyak 6-12 butir per minggu. Pola tersebut bisa jadi contoh konsumsi superfood yang baik. Informasi tersebut sejalan lho dengan anjuran dari American Heart Association, seperti dilansir dari Kompas. Menurut mereka, telur boleh dikonsumsi satu butir per hari atau 7 butir seminggu. Ya, masih aman lah.

4. Minyak Zaitun

Wah! Kalau superfood yang satu ini sih pasti kamu sudah nggak asing lagi. Minyak zaitun adalah minyak serbaguna yang nggak hanya dipakai sebagai bahan memasak. Beragam produk perawatan rambut dan wajah juga mengandung minyak zaitun. Dilansir dari All Things Hair, minyak ini bisa mencegah rambut kering dan bercabang, melembapkan rambut, hingga mengurangi ketombe. Duh! Rambut bakalan makin shining shimmering splendid, nih!

contoh konsumsi superfood
Sumber: Bicycling.com

Selain buat rambut dan wajah, minyak zaitun juga baik dikonsumsi secara langsung. Dilansir dari Prenagen, minyak zaitun bisa mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Untuk kamu yang sedang mengandung, minyak ini membantu perkembangan otak janin. Contoh konsumsi superfood yang satu ini sih banyak banget! Minyak ini bisa jadi dressing salad, menggantikan margarin, atau bahkan diminum langsung! Pokoknya, minyak zaitun layak kamu coba!

5. Yoghurt dan Kefir

Jenis superfood terakhir yang bisa kamu coba adalah yoghurt dan kefir. Keduanya memang sama-sama produk susu, tetapi ada perbedaan di antara keduanya. Dilansir dari Cultures for Health, perbedaan kedua jenis makanan tersebut ada pada jumlah dan jenis bakteri, serta rasa. Kefir mengandung bakteri yang lebih beragam dan bakteri ini bisa “tinggal” di saluran usus. Sementara itu, bakteri pada yoghurt hanya akan “lewat”, tetapi tetap bisa membersihkan usus.

contoh konsumsi superfood
Credit: Amirali Mirhashemian via Unsplash

Kefir juga punya rasa yang lebih asam dibandingkan yoghurt. Di sisi lain, yoghurt punya rasa yang lebih familiar. Sebagai contoh konsumsi superfood, kamu bisa mencampurkan yoghurt dengan buah-buahan atau kacang-kacangan. Untuk kefir, biasanya superfood yang satu ini diminum langsung seperti susu. Saat membeli yoghurt atau kefir, perhatikan kandungan pemanis tambahan, ya! Kalau bisa sih, pilih yang tawar dan gunakan buah-buahan sebagai pemanis.

Itulah 5 jenis dan contoh konsumsi superfood yang kamu bisa coba. Bob tahu perubahan gaya hidup memang sulit. Kalau kamu memang ingin menjalani gaya hidup yang sehat, nggak ada salahnya mencoba mengubah pola makan. Jangan lupa barengi dengan olahraga teratur dan penyesuaian lain, ya. Dijamin kamu akan selangkah lebih dekat menuju gaya hidup yang lebih sehat!

Namun, kesehatanmu nggak hanya urusan badan saja, lho. Kesehatan mental kamu juga perlu dijaga. Kalau pikiranmu sudah mulai nggak karuan atau kamu mulai lelah dengan keseharian, take a break for a while. Kamu bisa menikmati hiburan seperti dengar lagu atau nonton film, atau bahkan staycation di kota sendiri! Nah, bisa nih staycation di Bobobox karena selain nyaman, kamu nggak perlu sampai jebol tabungan! Nggak sampai bikin stres, ‘kan?

Staycation Asyik dan Terjangkau di Bobobox!

Kamu tahu nggak kalau Bobobox punya pod bergaya futuristik dengan teknologi yang keren? Setiap pod dilengkapi teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi ponsel. Di era digital seperti sekarang, apa-apa bisa dilakukan lewat HP. Mau masuk pod atau atur pencahayaan, lewat ponselmu saja! Di dalam pod juga tersedia Bluetooth speaker sebagai media hiburan. Fasilitas-fasilitas seperti shared bathroom, musala, pantry, dan communal space pun akan menunjang kebutuhanmu.

Sebelum menginap, download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu. Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan reservasi secara langsung. Kamu juga dapat berinteraksi dengan para staf atau tamu lain lewat fitur chat aplikasi. Sekalian physical distancing! Banyak juga promosi menarik yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, yuk unduh aplikasinya sekarang! Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk platform iOS dan Android, lho!

You might also like