Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Waspadai Ciri-Ciri Gaslight di dalam Hubungan Berikut Ini

Hindari pasangan yang memiliki perilaku gaslight seperti berikut ini!

Gaslight merupakan salah satu bentuk kekerasan mental yang kerap kali ditemukan di dalam sebuah hubungan dan bisa terjadi pada siapa saja. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa perilaku pasangannya merupakan sebuah ancaman yang tidak wajar dan merupakan sebuah tindakan gaslight. Mereka yang sering melakukan perilaku gaslight ini dinamakan dengan istilah gaslighter. Secara psikologi pasangan yang melakukan tindakan gaslight sering kali akan melakukan beberapa tindakan yang serupa.

Mereka kerap kali akan berbohong dan memanipulasi pasangannya. Dalam menjalin sebuah hubungan, gaslighter biasanya akan memposisikan dirinya sebagai dominan dan menyalahgunakan kekuasaannya untuk mengatur hidup kamu semaunya. Hal ini kemudian membuat kamu merasa terjebak dan tidak bahagia karena kamu tidak memiliki kuasa penuh dalam mengambil berbagai keputusan bahkan untuk menjalani rutinitas harian kamu sendiri.

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari jebakan hubungan toxic ini salah satunya dengan mengenali tanda atau ciri-ciri gaslight. Kamu bisa mencoba mengumpulkan beberapa bukti yang ada dan mengawasi bagaimana pasangan kamu memperlakukan kamu secara bertahap dari waktu ke waktu. Jika pasangan kamu menunjukkan beberapa ciri gaslight berikut ini, jangan ragu untuk segera mencari bantuan dan hindari diri kamu dari orang tersebut.

1. Ciri-ciri Gaslight: Sering Berbohong

Ciri gaslight yang pertama yang bisa kamu kenali adalah kebiasaan untuk berbohong. Saat pasangan kamu berbohong, ia sedang berusaha menutupi berbagai kesalahannya dan mencoba untuk mengubah realitas orang lain termasuk diri kamu sendiri. Mereka yang melakukan gaslight pada umumnya akan berbohong dengan berbagai alasan dimulai dari untuk menutupi berbagai kesalahan kecil hingga kesalahan besar yang fatal.

Saat gaslighter berada dalam posisi terpojok dan terungkap telah melakukan kebohongan, gaslighter akan menolak untuk mengakui kebenaran. Mereka akan terus berusaha menyangkal, tidak mengakui kesalahannya, dan akan terus berbohong sampai kamu mulai mempertanyakan ingatan kamu sendiri. Pada akhirnya kamu akan percaya pada kebohongan yang pasangan kamu buat. Duh, jangan sampai ya!

2. Ciri-ciri Gaslight: Bermain-main dengan Rasa tidak Aman Pasangan

Pasangan kamu tentu sudah tahu beberapa titik kelemahan kamu seperti hal-hal yang kamu sukai, kesuksesan, dan kepercayaan kamu. Pasangan gaslighter biasanya akan memanfaatkan informasi tersebut untuk melakukan tindakan gaslight terhadap kamu dengan cara mengkritik secara konsisten. Kritikan yang kamu terima secara berulang kali tersebut kemudian perlahan akan membuat kamu tidak percaya diri dan menyakiti perasaan kamu.

Tanpa kamu sadari, pasangan kamu telah mengendalikan kamu dan membuat kamu percaya terhadap semua kata-katanya. Hal tersebut akan membuat pasangan kamu merasa unggul dan merasa benar dengan cara mengurangi harga diri kamu sebagai pasangannya. Ia akan membuat kamu percaya bahwa apa yang ia katakan adalah benar dan sudut pandang kamulah yang salah. Tentunya perilaku ini akan membuat kamu merasa tidak aman dan nyaman saat bersama pasangan.

3. Ciri-ciri Gaslight: Perilaku dan Kata-Kata tidak Sesuai

Kebohongan yang dilakukan pasangan kamu bisa jadi tidak sebatas ketidakjujuran saat berbagi informasi tapi juga ketidakselarasan antara perilaku dan kata-katanya. Gaslighter seringkali akan berusaha menunjukkan bawa ia peduli dengan kamu namun apa yang ia lakukan justru menunjukkan hal yang sebaliknya. Kamu akan mendapati pasangan kamu melakukan banyak hal sesuka hatinya meskipun berkali-kali telah mengucapkan kata manis kepada kamu.

Apa yang ia katakan kepada kamu mungkin membuat kamu percaya bahwa ia hanya mungkin melakukan sedikit kesalahan dan membuat kamu memberikannya kesempatan untuk berubah. Pasangan kamu akan berusaha mengatakan hal-hal yang ingin kamu dengar namun tak pernah melakukan hal yang sesuai dengan yang ia katakan. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya kamu mulai mempertanyakan kepercayaan kamu pada pasangan yang telah memberi janji-janji manis itu, terutama jika janji-janji manis itu sering ia ucapkan.

4. Ciri-ciri Gaslight: Memanipulasi Hubungan

Gaslighters biasanya akan selalu mencoba memanipulasi bagaimana kamu melihat orang-orang penting dalam hidup kita. Salah satu contohnya adalah ia berusaha untuk meyakinkan kamu bahwa ayah, ibu, kakak, atau adik kamu tidak menyayangi kamu. Pasangan juga kamu bisa mencoba memanipulasi kamu bahwa teman kamu telah melakukan fitnah atau saudara kamu telah melakukan banyak kebohongan.

Hal ini dilakukan untuk meregangkan hubungan kamu dengan orang-orang yang kamu percaya dan kamu cintai. Dengan begitu kamu akan semakin terikat dengan pasangan kamu. Hal ini akan menumbuhkan kepercayaan palsu kamu terhadap pasangan bahwa pasangan kamulah yang paling mengerti dan menyanyangi kamu padahal faktanya sebaliknya. Saat orang-orang disekitar kamu kemudian menyalahkan pasangan kamu atas perilakunya ia justru akan menyalahkan kamu.

5. Ciri-ciri Gaslight: Menanyakan Kewarasan Kamu

Salah satu perilaku gaslight yang bisa kamu temukan adalah kebiasaan untuk menanyakan kewarasan kamu. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan atas kesalahan yang ia lakukan. Pasangan kamu akan melakukan berbagai cara agar kesalahannya dapat dibebankan kepada orang lain tak terkecuali kepada kamu. Dengan mempertanyakan kewarasan kamu secara terus menerus setelah melalui berbagai pertengkaran dan masalah, hal ini justru hanya akan membuat kamu frustasi.

Pada akhirnya kamu akan benar-benar percaya apa yang pasangan kamu katakan dan mulai mempertanyakan kewarasan kamu sendiri. Kamu akan mulai merasa paranoid atau membayangkan hal-hal yang membuat kamu merasa seperti menjadi orang gila. Kamu mulai tidak dapat membedakan mana hal yang benar dan mana yang salah. Hal ini terjadi karena selama ini pasangan kamulah yang mengatur hidup kamu.

6. Ciri-ciri Gaslight: Menuduh Kamu Memiliki Hal Buruk yang tidak Kamu Lakukan

Ciri-ciri gaslight selanjutnya adalah kebiasaan pasangan yang sering menuduh kamu atau orang lain karena telah melakukan hal buruk yang sebenarnya ia lakukan sendiri. Salah satu contohnya adalah menuduh kamu telah melakukan perselingkuhan dibelakangnya yang padahal ia sendirilah yang melakukan perselingkuhan.

gaslight

7. Ciri-ciri Gaslight: Kamu Merasa Semakin tidak Yakin pada Diri Sendiri

Perilaku gaslight yang kamu terima dari pasangan kamu seiring waktu akan menghilangkan rasa kepercayaan diri kamu. Pada akhirnya kamu mungkin akan menganggap bahwa semua adalah kesalahan kamu. Kamu pun kemudian akan lebih sering meminta maaf sepanjang waktu. Kamu mungkin akan bertanya-tanya apakah hal ini terjadi karena kamu terlalu sensitif padahal kamu tidak bersalah.

Hindari Hubungan Toxic dan Jaga Kesehatan Mental Kamu

Jika kamu berada dalam hubungan toxic atau baru saja keluar dari hubungan semacam itu, kini saatnya kamu berbenah dan menata diri kamu. Jauhkan juga diri kamu dari pengaruh pasangan yang toxic agar kamu bisa berpikir jernih. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan agar pikiran kamu lebih resfreshed adalah dengan staycation di Bobobox. Kamu juga bisa keliling-keliling pods Bobobox dari rumah, lho! Klik di sini untuk memulai virtual tour. Yuk segera unduh aplikasinya di PlayStore dan App Store dan refresh diri kamu di Bobobox!

Bobobox Pods Kebayoran Baru

You might also like