Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Cegah Kenaikan Berat Badan Saat WFH Wajib Kamu Lakukan!

Lakukan secara rutin ya!

Bobobox.co.id — Bekerja di rumah atau work from home di masa pandemi ini membuatmu tak leluasa untuk berpergian ke luar rumah. Celakanya, terlalu lama di rumah kerap kali membuat banyak orang mengalami kenaikan berat badan.

Kamu mungkin termasuk salah satunya. Penyebabnya seringkali kamu tak punya waktu untuk melakukan olahraga di rumah di mana ada kewajiban pekerjaan yang harus kamu bereskan terlebih dahulu.

Oleh karena itu, kamu tentu membutuhkan tips cegah kenaikan berat badan saat WFH. Hal ini dilakukan demi mencegah badanmu menjadi kegemukan bahkan lebih ekstremnya menjadi obesitas.

Untuk itu, Bob, di sini, akan membagikan 7 tips cegah kenaikan berat badan saat WFH yang wajib kamu lakukan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pencegahan kegemukan ya!

Perhatikan Porsi Makan

Tips cegah kenaikan badan saat WFH pertama adalah memerhatikan porsi makan. Porsi makan inilah yang kerap kali luput dari pengamatanmu saat kamu asyik ditugaskan untuk bekerja di rumah.

Banyak orang yang akhirnya justru seringkali makan dengan porsi berlebihan. Kasus lainnya yang bisa saja terjadi adalah porsi makan tetap sedikit namun frekuensi makan justru semakin bertambah dalam satu hari.

Hal ini bisa terjadi akibat kamu punya kesempatan yang relatif lebih banyak jika dibandingkan saat berada di kantor. Khususnya yang tinggal di rumah, hal ini kemungkinan besar bisa terjadi kepadamu.

Oleh karena itu, cobalah untuk memerhatikan kembali porsi makanmu. Jangan sampai asupan kalori yang berlebihan nantinya justru akan tertimbun menjadi lemak yang membuatmu mengalami kenaikan berat badan.

cegah kenaikan berat badan saat WFH perhatikan porsi
@jarritos via unsplash.com

Tetap Melakukan Olahraga

Tips cegah kenaikan berat badan saat WFH berikutnya adalah tetap melakukan olahraga. Seperti yang disinggung sebelumnya, tips yang satu ini kerap kali terlupakan kamu terlalu sibuk untuk WFH.

Alangkah baiknya untuk menjadwalkan setiap hari kerja di mana kamu harus melakukan olahraga. Olahraga yang dilakukan pun tak perlu olahraga berat. Hal terpenting adalah badanmu aktif bergerak.

Kamu bisa melakukan beberapa olahraga ringan seperti jalan di tempat, push up, peregangan tangan, dan masih banyak lainnya. Kombinasikan beragam olahraga ringan ini agar kamu tidak merasa bosan.

Nah, untuk olahraga berat, kamu bisa melakukannya di hari liburmu. Kamu bisa memainkan olahraga berat seperti renang, badminton, dan olahraga lainnya yang lebih memakan waktu di hari libur kerja.

@karolina-grabowska via pexels.com

Tidur yang Cukup

Bekerja di rumah kerap kali membuatmu lupa akan waktu. Dengan begitu, terkadang kamu terlalu sering begadang untuk membereskan tugas-tugas pekerjaan yang sudah pimpinanmu berikan kepadamu.

Namun, seperti yang kamu ketahui, begadang memiliki efek samping yang kurang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah membuatmu sulit untuk berkonsentrasi hingga meningkatkan risiko obesitas.

Penyebab adanya peningkatan risiko obesitas ini adalah kamu akan mudah merasa lapar. Hal tersebut menyebabkan kamu ingin terus makan walaupun pada kenyataannya, asupan kalorimu sudah mencukupi.

Oleh karenanya, kamu wajib mengatur waktu tidurmu selama WFH. Tips cegah kenaikan berat badan saat WFH ini akan mengurangi risiko yang kemungkinan bakal menghampirimu dari terlalu sering begadang.

@saseko via unsplash.com

Perbanyak Asupan Protein

Perbanyak asupan protein setiap harinya merupakan salah satu tips cegah kenaikan berat badan saat WFH. Pasalnya, mengonsumsi lebih banyak protein akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Kondisi tubuh merasa kenyang lebih lama membuatmu akan tahan godaan untuk makan baik itu makanan berat ataupun camilan. Jika kondisi ini terus terjadi, berat badanmu tentunya tidak akan naik saat WFH.

Makanan berprotein tinggi sendiri bisa dengan mudah kamu temukan kok. Beberapa di antaranya antara lain telur, susu, daging sapi tanpa lemak, ikan, udang, dan masih banyak makan berprotein tinggi lainnya.

Untuk menghindarkanmu dari rasa bosan, cobalah untuk melakukan penjadwalan tiap makanannya. Tak hanya itu, kamu pun bisa mencoba resep baru dengan bahan baku dari bahan makan berprotein tinggi.

@vanmalidate via pexels.com

Kunyah Secara Perlahan

Tips cegah kenaikan berat badan saat WFH lainnya adalah mengunyah makananmu secara perlahan. Dengan cara ini, kamu bisa lebih mawas terhadap muncul rasa kecang dari makanan yang disantap.

Makan terlalu cepat justru bisa menambah lingkar pinggangmu. Tak hanya itu, jumlah porsi makanan yang dikonsumsi akan jauh lebih banyak dari jumlah kebutuhan makanan yang harusnya terpenuhi.

Hal ini terjadi karena sinyal kenyang sendiri membutuhkan waktu untuk diterima oleh otak. Nah, saat sinyal tersebut muncul, kondisi yang terjadi adalah kamu sudah terlanjur makan terlalu banyak.

Untuk itu, tips cegah kenaikan berat badan saat WFH ini teramat penting. Selain untuk menghindarkanmu dari lingkar pinggang yang bertambah, kamu pun bisa menikmati kelezatan makanan dengan tips ini.

@olly via pexels.com

Cermat Memilih Camilan

Camilan adalah salah satu musuh utama dalam proses penurunan berat. Tak heran jika kamu wajib cermat untuk memilih camilan merupakan tips cegah kenaikan berat badan saat WFH selanjutnya dari Bob.

Camilan kerapkali menjadi teman dalam mengerjakan tugas pekerjaan. Dengan fokus pada pekerjaan, kamu pun bisa dengan mudah menghabiskan banyak camilan yang sudah dibeli dalam sekali duduk.

Terlalu banyak memakan camilan nantinya justru akan membuat berat badanmu naik. Cara yang paling tepat adalah dengan memilih camilan yang baik dikonsumsi untuk menemanimu selama bekerja.

Camilan sehat yang bisa dipilih pun bervariasi. Mulai dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. Selain sehat, kadar gula yang rendah dan kaya serat akan baik untuk mengontrol berat badan.

@rickvergilius via unsplash.com

Hindari Makanan Manis

Tips cegah kenaikan berat badan saat WFH terakhir adalah menghindari makanan manis. Tips cegah kenaikan berat badan saat WFH yang satu ini termasuk salah satu kebiasaan yang sulit dilepaskan.

Pasalnya, makanan manis menjadi salah satu makanan yang enak di mulut dan cocok sebagai teman mengejarkan pekerjaan. Kopi kekinian merupakan salah satu menu favorit bagi kamu yang sedang bekerja.

Dengan teknologi saat ini, kamu bisa dengan mudah memesan satu atau dua cup kopi kekinian tanpa perlu beranjak dari tempatmu. Untuk itu, cobalah untuk mengatur dalam memesan kopi kekinian sedini mungkin.

Selain menghindarkanmu dari risiko naik berat badan, kamu pun bisa jadi lebih berhemat. Menghemat tiga gelas kopi kekinian setiap minggunya tentu berefek positif pada kondisi keuanganmu.

@lexie_barnhorn via unsplash.com

Menginap di Akomodasi Penginapan yang Kekinian? Ya di Bobobox

Sedang ingin menginap di akomodasi penginapan yang kekinian? Jika iya, langsung saja datang ke Bobobox terdekat. Pasalnya, hotel kapsul ini menawarkan fasilitas yang terasa futuristik dan nyaman untuk digunakan.

Penasaran seperti apa fasilitas yang dimaksud oleh Bob? Langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini untuk pemesanan pod dan informasi lebih lanjut.

business traveler bobobox

You might also like