Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Beralih ke Transaksi Cashless? Intip 4 Kelebihan dan Kekurangannya!

Cashless

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi terus mengalami inovasi yang ditujukan untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. Dari yang awalnya hanya sebuah fiksi belaka di film-film yang tayang di bioskop hingga akhirnya menjadi sebuah kenyataan yang bisa digunakan secara langsung di kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi yang kini mulai bisa kamu jumpai dan nikmati manfaatnya setiap hari adalah metode pembayaran cashless. Di Indonesia sendiri, walaupun masih berpusat di kota-kota besar padat penduduk, transaksi dengan metode pembayaran ini makin meningkat dari tahun ke tahun. Bukti ini menunjukkan bahwa Indonesia sedang memasuki era digital yang menuntut untuk bisa praktis, cepat, dan aman.

Apa itu cashless?

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan cashless itu sendiri? Cashless adalah padanan yang digunakan untuk menerangkan transaksi tanpa menggunakan uang fisik baik berupa koin maupun kertas. Dengan menggunakan pembayaran ini, kamu dimudahkan untuk bertransaksi di manapun dan kapan pun tanpa perlu repot lagi untuk membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak saat berpergian.

Nah, setelah itu, muncullah konsep cashless society yang digaungkan untuk menyebarluaskan transaksi cashless ini. Selain itu, konsep ini juga dicetuskan karena transaksi dalam basis digital sudah semakin meningkat khususnya di kehidupan sehari-hari semisal mengirimkan uang, membayar belanjaan dengan e-money, berbelanja online dengan metode non-tunai, dan masih banyak lainnya yang mungkin dulu.

Walaupun sudah semakin meningkat jumlah transaksi cashless tiap tahunnya dan konsep cashless society yang semakin tersebarluas, tak semua orang memahami sistem transaksi cashless sehingga diantaranya akan ragu untuk sekadar mencoba menggunakannya. Nah, jika kamu salah satunya, memahami kelebihan dan kekurangan dari sistem pembayaran satu ini menjadi hal yang kamu harus tahu sebelum benar-benar menggunakannya. Untuk lebih detilnya, yuk intip penjelasan Bob di bawah ini!

Kelebihan

Lebih Praktis dan Tidak Memakan Banyak Waktu

Dengan adanya transaksi cashless, dompetmu tidak akan terasa tebal lagi karena hanya dengan smartphonemu dengan teknologi QR code yang tinggal pindai dan kartu dengan sistem tap, kamu dapat membeli barang ataupun membayar jasa semisal angkutan umum dengan praktis dan mudah. Selain itu, kamu pun tidak perlu khawatir dengan uang kembalian atau antrian yang relatif lama karena transaksi yang dilakukan berjalan lebih cepat sehingga tidak memakan banyak waktumu apalagi jika kamu orang yang super sibuk.

via https://lineragency.greencarrier.com

Makin Maraknya Promo dan Diskon

Semakin merata dan banyaknya penyedia pembayaran cashless, semakin marak pula promo dan diskon di berbagai merchant yang biasa kamu kunjungi. Promo dan diskon merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menarik perhatian konsumen. Walaupun demikian, kamu tentu mendapatkan keuntungan dari promo dan diskon yang diberikan. Salah satu keuntungan yang bisa kamu peroleh adalah kamu bisa lebih hemat karena mendapatkan potongan harga dari apa yang sudah kamu beli. Namun satu hal yang perlu kamu ingat. Perhatikan penyedia cashless yang menyediakan promo yang kamu incar. Salah-salah dalam bertransaksi bukannya untung malah buntung.

diskon
via rvshare.com

Bisa Dilacak Keberadaannya

Saat kamu kehilangan dompet yang berisikan uang tunai, tentu akan sulit untuk menemukannya apalagi jika terjadi di transportasi umum. Hal itu tidak akan terjadi jika kamu sebagai salah satu pengguna transaksi non tunai. Jika kamu sebagai pengguna tetap uang elektronik, data pribadimu akan terhubung langsung dengan kartu yang kamu gunakan sebagai alat transaksi. Hal ini akan membantumu karena bisa dengan mudah dilacak jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada kartumu semisal hilang ataupun ada seseorang yang menyalahgunakan uang yang ada pada kartumu.

via macpoin.com

Mudah Dalam Meninjau Pengeluaran

Mungkin kamu pernah lupa ke mana saja uang sehabis gajian dihabiskan? Jika iya, sistem transaksi cashless bisa membantumu dalam melacak apa yang sudah kamu beli. Dengan sistem yang bersifat online, setiap transaksi yang kamu lakukan akan tercatat dan bisa dengan mudah kamu lacak setiap saat dan di manapun kamu berada. Setiap informasi detil mengenai transaksi bisa kamu lihat mulai dari jumlah, kapan, dan di mana kamu melakukan transaksi tersebut. Nah, fitur ini jugalah yang bisa kamu manfaat untuk mengontrol keuanganmu per bulannya agar tidak membengkak di kemudian hari.

cashless
via baumortho.com

Kekurangan

Cenderung Membuatmu Lebih Boros

Jika kamu tidak terlalu terampil dalam mengelola pengeluaran setiap bulannya, bisa jadi sistem pembayaran cashless akan membuatmu jauh lebih boros dari sebelumnya. Saat bertransaksi dengan uang fisik, kamu tentu secara sadar memberikannya pada pedagang atau kasir saat kamu membeli suatu barang. Lain halnya dengan tidak memegang uang fisik, kamu seakan mempunyai uang yang cukup untuk membeli barang yang kamu inginkan. Tapi yang seringkali terlupakan justru saat mengetahui bahwa uang yang kamu miliki habis tanpa kamu sadari karena mudahnya sistem pembayaran satu ini.

orang boros
via georgiafamily.com

Memerlukan Pemahaman dan Teknologi yang Memadai

Dua hal penting yang dapat memengaruhi transaksi cashless adalah perlunya pemahaman dan teknologi yang memadai agar transaksi berjalan dengan lancar. Pemahaman yang kamu harus ketahui tentu saja tentang transaksi digital. Pada dasarnya, sistem pembayaran cashless akan berkaitan dengan berbagai macam alat yang perlu pemahaman yang cukup untuk menggunakannya baik konsumen dan juga pedagang. Di luar itu, gangguan pada aplikasi dan kestabilan koneksi internet turut mempengaruhi seberapa lancar transaksi yang akan dilakukan.

via i1.wp.com

Rentan terhadap Pencurian Data Privasi

Karena menggunakan sistem digital, salah satu hal yang cukup rentan adalah pencurian data privasi masing-masing pengguna. Tentu saja, kamu percaya kepada perusahaan yang menyimpan data privasimu, tapi dengan semakin canggihnya teknologi, para peretas bisa menyasar informasi pribadimu. Sehingga, alangkah baiknya jika kamu selalu berhati-hati dan menjadi penggunaan yang pintar agar data privasimu tetap terjaga dan tidak mengalami hal yang tidak kamu inginkan dengan informasi pribadimu.

privasi
via economist.com

Penyedia Transaksi Cashless Belum Terlalu Merata

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah yang relatif luas sehingga sangat diwajarkan jika cashless society tidak benar-benar menyeluruh ke semua daerah. Bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan padat penduduk tentu akan dengan mudah menemukan berbagai toko yang menyediakan pembayaran non tunai. Beda halnya dengan daerah yang belum merata penyediaannya, kamu yang ingin mencoba pembayaran ini tentu harus bersabar sebelum dapat benar-benar menggunakannya.

via aclu.org

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, masih ragukah kamu untuk beralih ke pembayaran cashless? Jika kamu sudah yakin untuk mencoba melakukan pembayaran non tunai, jangan lupa traktir Bob ya! Untuk menghadapi era transaksi cashless, Bobobox juga memastikan segala transaksi elektronik bisa dilakukan dengan aman melalui aplikasinya! Jadi, saat kamu ingin memesan pod, kamu bisa langsung memesannya tanpa ribet.

Comments
Loading...