Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara Untuk Membersihkan Rumah Agar Tidak Terpapar Virus Corona

Membersihkan virus corona dari rumah perlu tata cara khusus untuk mencegah penyebaran virus di rumah.

Merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia dan hampir di seluruh dunia memang cukup membuat panik masyarakat. Sebabnya, virus yang satu ini memang mudah sekali menyebar dan menular dari satu orang ke orang yang lain.

Karena alasan itulah, pemerintah Indonesia menghimbau masyarakat untuk tetap diam di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Menjaga jarak minimal 1-2 meter dari orang lain dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan pun menjadi wajib hukumnya.

Fakta berikutnya yang mengejutkan dari virus corona adalah kemampuan virus ini untuk bertahan berjam-jam di permukaan benda. Maka dari itu, usaha untuk membersihkan virus dari dirimu dan benda-benda lain terutama yang berada di rumah sangat diperlukan.

Siapkan Peralatan Untuk Membersihkan Virus

membersihkan virus
Photo credit: CDC

Membersihkan virus corona dari rumah memang agak berbeda dari cara membersihkan rumah sehari-hari. Kamu harus ekstra hati-hati dan teliti dalam membersihkan rumah. Beberapa alat harus kamu siapkan untuk membersihkan virus dari rumahmu.

Pertama yang harus kamu siapkan adalah sarung tangan karet. Membersihkan virus dengan sarung tangan karet dinilai lebih aman daripada tidak menggunakan sarung tangan sama sekali. Tapi dengan catatan kalau sarung tangan untuk membersihkan rumah harus langsung dibuang setelah digunakan dan tidak dipakai untuk aktivitas yang lain.

Namun, kalau kamu tidak punya sarung tangan karet, jangan khawatir. Kamu masih bisa membersihkan virus di rumah tanpa sarung tangan karet asalkan selalu cuci tangan dan menjaga tanganmu untuk tidak menyentuh wajah jika belum cuci tangan.

Jangan Lupa Pakai Masker

Membersihkan virus di rumah ibarat seperti sedang berperang dengan makhluk tak kasat mata. Kamu memang tidak bisa melihatnya namun kamu harus memproteksi diri dengan maksimal. Jangan pernah lupa kalau virus corona bisa bertahan juga di udara selama beberapa waktu.

Karena itulah, saat membersihkan virus di rumah selalu pakai masker. Ada beberapa tingkatan masker berdasarkan keefektifannya mencegah penyebaran virus, namun untuk bersih-bersih rumah cukup untuk menggunakan masker bedah saja.

Masker bedah memiliki keefektifan 80% untuk mencegah penyebaran virus. Ada juga masker N95 yang lebih efektif dan bisa mencegah penyebaran virus hingga lebih dari 90%. Namun disamping harganya yang mahal, masker ini pun kurang nyaman saat dipakai untuk berkegiatan sehari-hari.

Saat memebersihkan virus di rumah, kamu harus selalu sedia baju ganti. Setelah proses membersihkan virus selesai, kamu harus segera mandi dan berganti baju. Tidak hanya baju, tapi kain lap yang digunakan untuk membersihkan virus pun harus dicuci dengan bersih.

Persiapkan Cairan Disinfektan

membersihkan rumah

Kalau perlengkapan membersihkan virusmu sudah siap, sekarang saatnya menyiapkan cairan disinfektan untuk membersihkan virus di rumah. Peralatan untuk membersihkan virus sebetulnya sama saja dengan mengepel. Kamu hanya perlu ember dan kain pel.

Cairan disinfektan yang ampuh sendiri sebenarnya sudah bisa dibuat di rumah loh. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain hydrogen peroxide 0.5%, benzalkonium chloride 0.05%, chloroxylenol 0.12%, sodium hypochlorite 0.05-0.5%, dan alcohol 70%.

Duh, pusing ya. Eits, meskipun namanya terdengar susah, bahan-bahan carian pembersih tersebut bisa kamu temukan di produk-produk pembersih rumah sehari-hari. Tinggal kamu harus jeli memperhatikan setiap kandungan dari cairan pembersih yang kamu beli.

Perlengkapan Sudah Siap? Saatnya Bersih-Bersih

Kalau perlengkapanmu sudah ready untuk membersihkan virus di rumah, yuk mulai bersih-bersih. Kamu bisa mulai dengan memakai masker dan sarung tangan sebelum bersih-bersih. Pastikan kamu memakainya dengan benar ya.

Setelah itu, kamu bisa menyiapkan cairan disinfektan sesuai dengan instruksi produk. Kalau sudah siap kamu bisa mulai mengepel lantai. Cara mengepel lantainya pun masih sama saja kok dengan cara mengepel lantai biasa.

Jangan lupa untuk membuka semua jendela di rumah selama membersihkan virus ya. Setelah mengepel, kamu juga bisa mulai untuk mengelap semua area yang sering disentuh di dalam rumah, seperti remote televisi, kenop pintu, pegangan tangga, meja, dan kursi dengan lap yang sudah direndam dengan cairan disinfektan.

Mari Cuci Baju dan Sepraimu

membersihkan virus

Setelah mengepel lantai, membersihkan virus dari rumah bisa dilanjutkan dengan mencuci semua baju dan seprai di rumahmu dengan menggunakan mesin cuci. Untuk lebih efektif atau jika ada orang di rumahmu yang sedang dalam pengawasan terkait COVID-19, kamu bisa mencuci baju dan seprai dengan merendamnya di air panas terlebih dahulu.

Jika kamu sudah selesai melakukan prosedur membersihkan virus di rumah, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah memasukkan kain dan sampah lainnya selama membersihkan virus di rumah ke dalam kantong khusus.

Setelah itu cuci tangan selama 20 detik dengan sabun di air yang mengalir, lalu buka dan buang maskermu dan sarung tanganmu, lalu ulang cuci tangan dengan sabun selama 20 detik. Nah, setelah selesai semua, jangan lupa ikat rapat kantung sampah tersebut dan pisahkan dengan sampah-sampah yang lain.

Setelah semuanya bersih, sekarang giliran kamu untuk membersihkan diri. Cuci semua pakaianmu yang dipakai saat membersihkan virus di rumah dan mandi sampai kamu merasa benar-benar bersih. Biarkan jendelamu terbuka supaya udara segar bisa masuk ke rumahmu.

Bagaimana Jika Ada Yang Sakit Di Rumah?

Jika ada anggota keluargamu yang berada di bawah pemantauan terkait Covid-19, yang pertama harus dilakukan adalah mengedukasi orang-orang di rumah bagaimana caranya mencegah penyebaran virus Covid-19.

Cara membersihkan virus di rumah masih sama saja namun pastikan anggota keluarga yang berada dalam pemantauan memiliki kamar yang terpisah. Kamu tidak perlu membersihkan virus di kamar tersebut, cukup menyediakan alat-alat pembersihan bagi anggota keluarga tersebut.

Kalau memungkinkan, pisahkan juga kamar mandi anggota keluarga yang berada dalam pemantauan dengan anggota keluarga yang lain. Namun jika tidak memungkinkan, selalu bersihkan kamar mandi setelah digunakan oleh anggota keluarga tersebut.

Intinya, selalu jaga kebersihan dan selalu mencuci tangan setelah batuk atau bersin, setelah menggunakan kamar mandi, sebelum makan dan mempersiapkan makanan, setelah memegang binatang peliharaan, serta sebelum dan sesudah merawat orang lain yang membutuhkan perhatian seperti anak-anak atau orang tua.

Seperti Kamu, Bobobox Pun Siap Siaga Membersihkan Virus.

membersihkan virus

Selama masa wabah Covid-19 ini berlangsung, Bobobox pun sudah cepat tanggap untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Kebersihan memang selalu menjadi prioritas utama Bobobox. Dengan adanya wabah virus Covid-19, standar kebersihan di Bobobox lebih ditingkatkan lagi.

Bobobox sudah menggunakan cairan disinfektan grade rumah sakit untuk membersihkan virus di public area dan pods Bobobox. Bobobox juga sudah menyediakan hand sanitizer di area lobby untuk digunakan bersama.

Teman-teman cleaner Bobobox pun sudah dibekali dengan masker saat membrsihkan pods. Seperti biasa seprai kasur di Bobobox pun akan diganti setiap hari dan setiap permukaan di Bobobox baik di tempat umum maupun di dalam pods akan disemprot dengan cairan disinfektan.

Karantina diri akan terasa lebih menyenangkan dan aman jika kamu bisa memastikan tempat tersebut bersih dan steril dengan alat-alat kebersihan yang selalu tersedia apalagi dengan wifi yang kencang seperti di Bobobox.

Yuk, cek terus promo Bobobox disini.

 

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.