Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Cara Travelling Aman saat Memasuki New Normal

Cara aman yang bisa dilakukan saat berpergian.

Bobobox.co.id — Masa new normal seperti sekarang ini tentu masih ditanggapi pro-kontra oleh banyak orang. Pasalnya, situasi sekarang ini masih belum dirasa cukup aman untuk menetapkan AKB apalagi untuk travelling aman.

Ketakutan banyak orang tersebut memang berasal. Penularan virus corona di Indonesia yang belum menunjukkan perkembangan yang positif membuat keresahan dan rasa tidak aman banyak dirasakan saat travelling.

Walaupun begitu, ada sebagian orang yang terpaksa untuk travelling misalkan saja karena tuntutan pekerjaannya. Untuk itu, sebagian orang tersebut tentu membutuhkan cara travelling aman saat memasuki new normal.

Nah, di sini, Bob sudah merangkum 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa travelling aman saat pemerintah Indonesia menetapkan imbauan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Hindari Hoaks untuk Travelling Aman

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk bisa travelling aman saat memasuki new normal adalah hindarilah berita hoax virus corona yang tersebar di dunia maya.

Dengan teknologi yang semakin canggih, persebaran sebuah berita kini semakin cepat. Sebuah berita di sebuah negara bisa dengan mudah diterima oleh negara lainnya yang jaraknya relatif jauh dari negara tersebut.

Persebaran berita tersebut tidak hanya diisi oleh berita-berita up-to-date yang memang sesuai fakta. Ada juga berita-berita hoax yang patut diseleksi terlebih dahulu olehmu sebelum memercayai berita yang kamu baca.

Lakukanlah minimal riset kecil terkait berita yang kamu dapat. Salah satunya adalah dengan tidak memercayai berita-berita yang bersumber dari blog anonim. Biasanya, berita dari blog anonim cenderung hoaks atau berita palsu.

hindari hoaks travelling aman

Lakukan Tindakan Preventif Virus Corona

Travelling aman bisa kamu dapat jika kamu mengetahui beberapa langkah tindakan preventif untuk mencegah virus corona menjangkit tubuhmu. Langkah preventif ini sebenarnya sudah kamu ketahui sebelumnya.

Beberapa langkah preventif yang dimaksud adalah mencuci tangan selama 20 detik, memakai masker, dan menjaga jarak saat berada di kerumunan. Hal inilah yang harus kamu lakukan nantinya untuk travelling aman.

Khususnya soal memakai masker, tindak preventif virus corona ini amat sangat penting untuk kamu jaga saat kamu berada di kerumunan. Pasalnya, di kerumunan tersebut, kamu tidak mengetahui siapa yang sedang sakit atau sehat.

Melakukan tindakan preventif ini sendiri pastinya memiliki peranan yang krusial dalam memberikan travelling aman yang kamu dambakan. Untuk itu, ketahui langkahnya dan terapkan setiap kamu melakukan travelling.

Persiapkan Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah salah satu elemen penting yang harus kamu urus saat akan melakukan travelling. Asuransi perjalanan ini memiliki peranan penting karena bisa melindungimu jika terjadi sesuatu dalam perjalanan.

Nah, selama pandemi virus corona ini, kamu bisa mengurus asuransi perjalanan ke agen perjalanan. Selama mengurus asuransinya, pastikanlah bahwa asuransi tersebut menyertakan COVID-19 sebagai penyakit yang dicover.

Selain memang penting untuk menghindarkanmu dari hal-hal yang tidak diinginkan, salah satu barang untuk travelling aman ini termasuk persyaratan yang wajib dilampirkan untuk liburan ke beberapa negara.

Dengan pentingnya asuransi perjalanan, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengurus asuransi perjalanan untuk bisa mendapatkan travelling aman yang kamu inginkan saat memasuki new normal.

via irmi.com

Bawalah Perlengkapan New Normal

Perubahan perspektif mengenai kebersihan membuat banyak orang akhirnya benar-benar memerhatikan hal ini khususnya mencuci tangan. Pasalnya, aktivitas tersebut menjadi salah satu cara mencegah COVID-19.

Banyaknya orang yang mulai peduli soal kebersihan membuat kebiasaan baru pun muncul. Salah satunya adalah membawa perlengkapan new normal saat kamu berpergian di luar rumah untuk bisa travelling aman.

Perlengkapan new normal ini sangat perlu untuk kamu bawa sehari-hari saat kamu berpergian ke luar kota. Perlengkapan ini sendiri sebagai antisipasi jika kamu tidak menemukan beberapa perlengkapan new normal di kota tujuan travelling amanmu.

Beberapa perlengkapan new normal adalah masker, sabun cair, hand sanitizer, tisu, perlengkapan makan, dan perlengkapan ibadah pribadi. Barang-barang tersebut haruslah ada di tas yang kamu bawa selama travelling aman.

via okcommerce.gov

Perhatikan Kebersihan dan Kematangan Makanan yang Disantap

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa virus corona bisa mati jika terkena cairan sabun atau dipanaskan sampai suhu 56 derajat Celcius selama 30 menit.

Kaitannya dengan cara travelling aman saat memasuki new normal adalah perhatikan kebersihan dan kematangan makanan yang kamu pesan. Cara ini dipercayai mampu menurunkan potensi penularan virus corona.

Misalkan saja, jika kamu memesan steak dan kamu menyukai medium rare, cobalah untuk mengurangi kebiasaanmu tersebut. Mintalah untuk memasak steaknya untuk well-done sekarang ini.

Hal ini harus kamu perhatikan baik-baik khususnya saat kamu travelling ke negara-negara di mana negara tersebut terkenal dengan sajian makanan ekstrem seperti Vietnam dan Thailand.

Cek Kesehatan dan Suhu Tubuh secara Rutin

Salah satu indikasi kamu terjangkit COVID-19 adalah suhu tubuh yang mencapai lebih dari 38 derajat Celcius. Untuk itu, ketika travelling, tidak ada salahnya untuk secara rutin mengecek kesehatan dan suhu tubuh.

Khususnya suhu tubuh, kamu bisa membawa termomter sepanjang travelling aman untuk bisa memantau kondisi tubuhmu secara berkala. Hal ini harus kamu lakukan setelah berkumpul bersama orang lain.

Untuk kesehatan, Bob sarankan untuk meminum vitamin dan tidur yang cukup. Hal tersebut menjadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika bisa juga, bawalah obat-obatan pribadi yang jarang sekali tersedia di tempat-tempat umum. Saat kamu merasakan gejala yang tidak mengenakan, sesegera mungkin untuk periksakan dirimu ke dokter.

Perhatikan Imbauan Pemerintah

Cara terakhir yang Bob sarankan untuk bisa travelling aman saat memasuki new normal adalah memerhatikan imbauan resmi dari pemerintah dan pihak berwajib seperti rumah sakit terkait.

Informasi imbauan ini biasanya diberikan dalam bentuk kondisi dan status terkini di negara tersebut. Konten imbauan tersebut biasanya menyangkut apakah negara tersebut sudah aman untuk dikunjungi atau tidak.

Salah satu contohnya adalah imbauan untuk tidak travelling ke Tiongkok. Saat itu, Tiongkok dianggap sebagai sumber dari virus corona sehingga banyak negara melarang untuk perjalanan ke negara tersebut karena takut terjangkit virus.

Jika sudah ada imbauan seperti itu, ada baiknya jika kamu menunda jadwal keberangkatanmu. Jika tidak, kamu bisa mengganti destinasi wisatamu. Andaikan belum ada imbauan khusus, maka kamu bisa travelling aman ke negara tujuan travellingmu.

Menginap dengan Aman? Datang saja ke Bobobox

Khawatir barang-barangmu hilang selama travelling aman? Tidak usah khawatir lagi karena ada Bobobox yang menjamin keamanan barangmu dari tangan-tangan usil.

Pasalnya, setiap pods dilengkapi fitur QR code yang berfungsi sebagai kunci akses kamar. Setiap podnya memiliki QR Code berbeda dan hanya bisa diakses oleh penyewa pod tersebut.

Pemesanan podnya bisa dilakukan di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.