Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Mendapatkan Tidur Nyenyak

Semoga bermanfaat ya!

Bobobox.co.id — Tidur merupakan salah satu hal mendasar yang dibutuhkan oleh setiap orang. Sehingga, wajar saja jika tidur nyenyak pastinya menjadi dambaan setiap orang.

Pasalnya, banyak keuntungan yang bisa didapat dari tidur nyenyak. Misalkan saja dengan tidur yang cukup, kamu bisa menjadi lebih produktif dalam bekerja atau mengerjakan tugas kuliah setiap harinya.

Walaupun begitu, seringkali banyak orang yang mengalami kesulitan tidur. Apa boleh dikata karena tidur memang hal yang tidak bisa datang dengan paksaan. Untuk itulah, Bob ada di sini untuk membantumu untuk mendapatkan tidur nyenyak.

Berikut ini merupakan 10 cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan tidur nyenyak. Bob jamin kamu bakal bisa tidur lebih lelap sehingga mempunyai energi yang cukup untuk beraktivitas sehari-hari.

Mematikan Peralatan Elektronik Sebelum Tidur

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tidur nyenyak adalah mengurangi pemakaian peralatan teknologi sebelum. Jika bisa, usahakanlah untuk mematikan peralatan elektronik.

Biasanya, kamu menyimpan peralatan elektronik seperti smartphone di dekat tempat tidurmu. Hal tersebut awalnya digunakan agar kamu bisa mendengar alarm yang sudah kamu atur dengan jelas.

Padahal, adanya smartphone di dekat tempat tidurmu justru membuatmu mudah untuk mengecek notifikasi atau membalas chat yang masuk. Saat digunakan, hal tersebut justru membuat otak terus bekerja dan sulit untuk beristirahat.

Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk bisa tidur nyenyak adalah dengan mandi air hangat. Mandi dengan menggunakan air hangat bisa membuat tubuhmu menjadi lebih rileks.

Mandi dengan air hangat sebelum tidur mampu membantu dalam menurunkan temperatur alaminya. Tidak hanya itu, mandi air hangat pun akan melemaskan otot-otot tubuh.

Hal ini akan membuat tubuh akan berada dalam keadaan yang jauh lebih rileks dibandingkan sebelumnya. Dengan kondisi yang lebih rileks, kamu pun bisa tidur nenyak dan jauh lebih cepat dibanding biasanya.

Hindari Olahraga Dua Jam Sebelum Tidur

Sebenarnya, soal yang satu ini, ada beberapa olahraga yang justru bisa membantumu untuk tidur nyenyak. Olahraga yang harus kamu hindari di sini adalah olahraga-olahraga berat seperti futsal, lari, dan masih banyak lainnya.

Olahraga memang dapat menghasilkan efek lelah yang membuat orang menjadi lebih mudah tidur. Namun, olahraga pun memiliki efek lainnya yaitu menghasilkan efek segar sehingga tubuhmu makin terjaga.

Nah, jika olahraga berat justru membuatmu lebih sulit untuk tidur nyenyak, ada baiknya untuk melakukan olahraga ringan seperti yoga dan meditasi. Keduanya justru bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bisa tidur lebih cepat.

Mengonsumsi Makanan Berat

Sama seperti halnya cara sebelumnya, cara selanjutnya ini memiliki dua efek yang berlawanan jika dilakukan secara salah. Cara selanjutnya yang dimaksud oleh Bob adalah mengonsumsi makanan berkarbohidrat.

Kamu bisa mendapatkan efek baik dari mengonsumsi makanan berkarbohidrat jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup beberapa jam sebelum tidur. Hal ini diyakini mampu membuatmu lebih mudah mengantuk.

Namun, saat kamu mengonsumsi makanan berkarbohidrat yang cukup banyak, efek samping yang justru akan kamu terima. Makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. Sehingga, tidur nyenyak justru akan terganggu.

Hindari Kafein Sebelum Tidur

Kafein menjadi salah satu kandungan yang bisa membuatmu sulit untuk mengantuk. Sehingga, cara yang tepat untuk bisa tidur nyenyak adalah dengan menghindari apapun yang mengandung kafein.

Oleh karena itu, beberapa makanan seperti kopi, rokok, dan lainnya patut untuk dihindari untuk dikonsumsi sebelum tidur. Bahkan, usahakan untuk tidak mengonsumsinya enam jam sebelum jadwal tidur.

Pasalnya, walaupun kamu nantinya bisa tidur, tidur yang kamu dapatkan justru tidak memiliki kualitas yang mumpuni dibandingkan dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein.

Membatasi Tidur Siang

Siapa di sini yang suka tidur siang? Nah, bagi kamu yang senang tidur siang apalagi dengan adanya WFH ini, ada baiknya kamu memikirkan ulang kebiasaanmu tersebut.

Ternyata, tidur siang justru bisa menjadi penyebab di mana kamu akan mengalami kesulitan untuk tidur di malam harinya. Bob menyarankan untuk sebisa mungkin menghindari tidur siang.

Namun, jika dirasa sulit, kamu bisa tidur siang kok. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah durasi tidur siangmu. Usahakanlah tidak boleh lebih dari 20 menit. Jika tidak, maka kamu tidak akan bisa tidur nyenyak nantinya.

Ciptakan Suasana Kamar Tidur yang Nyaman

Selanjutnya, menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman menjadi cara berikutnya yang bisa membuatmu tidur nyenyak. Perbedaan kenyamanan tiap orang membuat saran Bob satu ini bisa sedikit disesuaikan.

Biasanya, kebanyakan orang bisa mendapatkan tidur yang lelap di ruangan yang sedikit lebih dingin dari 18 derajat Celcius. Hal tersebut ditambah dengan ruangan yang cenderung gelap.

Nah, mulai dari sekarang, kamu bisa mencari tahu berapa derajat kah suhu ruangan yang pas untuk kamu tidur. Selain itu, kamu bisa mengatur ruangan agar benar-benar memberi kenyamanan yang mumpuni.

Buatlah Jadwal Tidur yang Tetap

Cara untuk bisa tidur nyenyak selanjutnya adalah dengan disiplin soal waktu tidur. Untuk itu, kamu bisa membuat jadwal tidur dan bangun di jam sama setiap harinya.

Hal tersebut akan membuat tubuhmu terbiasa dengan jadwal yang sudah ditentukan yang tercipta secara alami seperti halnya sebuah alarm. Tidak hanya soal jadwal tidur dan bangun saja yang bisa diatur.

Kebiasaan lainnya pun bisa kamu sesuaikan. Misalkan saja mematikan lampu untuk tidur sebelum jam 10 malam, menggosok gigi sebelum tidur, dan masih banyak lainnya yang baik untuk kualitas tidurmu.

Gunakan Aromaterapi

Cara mudah berikutnya yang bisa dilakukan untuk bisa tidur nyenyak adalah dengan menggunakan aromaterapi. Sekarang ini, minyak esensial dan aromaterapi bisa kamu temukan dan beli di banyak toko online.

Beberapa minyak esensial untuk aromaterapi memiliki manfaat untuk memberi efek rileks dan tenang pada tubuh. Sehingga, cara ini bisa kamu coba selama di rumah.

Beberapa jenis wewangian minyak esensial untuk aromaterapi yang bisa memiliki efek tersebut di antaranya adalah lavender, melati, jeruk nipis, chamomile, vanilla, dan masih banyak lainnya.

Membaca Buku

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tidur nyenyak adalah dengan membaca buku sebelum tidur. Bisa jadi cara yang satu ini sudah banyak diketahui oleh banyak orang.

Membaca buku sebelum tidur dapat memberikan efek menenangkan sekaligus mencegah kecemasan. Mata yang lelah akibat dari membaca buku bisa menjadikan tidurmu jauh lebih cepat.

Walaupun begitu, kamu tidak menerapkan cara ini untuk semua buku. Salah satu tips yang Bob sarankan adalah dengan mencari buku yang menghibur dan tidak membosankan. Biasanya, kamu mendapatkannya di genre fiksi.

Tidur Nyenyak Selama di Hotel Kapsul? Tentu saja Bisa!

Siapa bilang kamu tidak bisa tidur nyenyak selama menginap di hotel kapsul? Padahal, hotel kapsul seperti Bobobox justru mampu membuat tidurmu jauh lebih nyaman karena adanya fasilitas mumpuni yang disediakan.

Ingin mencoba menginap di Bobobox? Langsung unduh aplikasinya di sini.

suasana kamar bobobox

You might also like