Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara Terbaik Mengatasi GERD atau Asam Lambung Secara Alami

Nggak perlu ke dokter, ini dia cara terbaik mengatasi GERD

GERD adalah keadaan di mana asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan rasa terbakar di dada. Jika tidak ditangani dengan baik, GERD bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada kerongkongan. Berikut adalah beberapa cara terbaik mengatasi GERD.

Apa itu GERD?

Menurut situs Healthline, GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung adalah kondisi yang disebabkan oleh katup atau sfingter yang berada di kerongkongan bagian bawah yang melemah.

Pada umumnya, makanan dan minuman masuk menuju lambung untuk dicerna, katup tersebut akan terbuka sebagai pembuka jalan. Setelah itu, katup tersebut akan tertutup untuk mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan.

Akan tetapi, jika katup tersebut melemah atau menutup dengan perlahan, makanan yang sudah berada di dalam lambung bisa kembali naik ke kerongkongan. Jika kamu mengalami GERD, pada umumnya kamu akan merasakan gejala-gejala berikut:

  • Sensasi membakar di dada (hartburn) yang pada umumnya dirasakan setelah makan
  • Sakit dada
  • Kesulitan untuk menelan
  • Cairan asam atau makanan yang naik ke kerongkongan
  • Sensasi menggumpal di kerongkongan

Cara terbaik mengatasi GERD secara alami

cara terbaik mengatasi gerd
Photo by Szabo Viktor on Unsplash

Menurut situs Mayo Clinic, salah satu penyebab GERD adalah gaya hidup yang kurang baik. Oleh karena itu, cara terbaik mengatasi GERD yang paling dasar adalah dengan mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat. Dikutip dari situs WebMD, berikut adalah cara terbaik mengatasi GERD jika dilihat dari sisi gaya hidup.

Periksa makanan dan minuman

Cara terbaik mengatasi GERD pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghindari makanan dan minuman yang dapat melemahkan sfingter esofagus bawah.

Beberapa makanan yang bisa menyebabkan keadaan tersebut adalah coklat, permen pedas, makanan berlemak, makanan atau minuman yang mengandung kafein, dan minuman beralkohol. Buah-buahan asam seperti jeruk dan tomat juga bisa menjadi pemicu munculnya GERD.

Makan dengan porsi kecil

Cara terbaik mengatasi GERD berikutnya adalah dengan mengontrol porsi makanan. Makan dalam porsi kecil bisa membantu mengendalikan gejala GERD. Selain itu, perhatikan juga jam makan malam. Makan dua atau tiga jam sebelum tidur agar asam di dalam perut bisa diproses dengan baik.

Makan secara perlahan

Hindari menelan makanan jika belum dikunyah dengan baik. Ini merupakan salah satu cara terbaik mengatasi GERD karena jika kamu makan terlalu cepat dan belum dikunyah dengan baik, partikel makanan yang besar akan menyebabkan lambung kamu bekerja lebih keras. Akibatnya, asam lambung akan naik.

Berhenti merokok

Selain berbahaya bagi kesehatan, merokok juga dapa melemahkan sfingter esofagus bawah. Oleh karena itu, berhenti merokok merupakan salah satu cara terbaik mengatasi GERD.

Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Sedikit menaikkan ketinggian bantal mengurangi resiko asam lambung naik ke kerongkongan. Ini merupakan cara terbaik mengatasi GERD yang cukup efektif sebelum tidur.

Cara terbaik mengatasi GERD melalui minuman

cara terbaik mengatasi gerd
Photo by Miti on Unsplash

Selain mengubah gaya hidup, kamu juga bisa mengonsumsi makanan atau minuman alami sebagai salah satu cara terbaik mengatasi GERD. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Teh kamomil

Teh kamomil dikenal sebagai minuma yang bisa mengurangi kecemasan dan membantu orang tidur. Akan tetapi, minuman yang satu ini juga dipercaya bisa meredakan sakit perut dan gangguan pencernaan lain.

Menurut situs Healthline, the kamomil memiliki kandungan antiradang dan antimikroba. GERD atau naiknya asam lambung dapat menyebabkan kerongkongan terasa panas dan iritasi. Salah satu fungsi dari teh kamomil adalah untuk meredakan rasa tidak nyaman pada kerongkongan tersebut.

Meminum secangkir teh kamomil dipercaya memiliki manfaat yang sama dengan meminum aspirin atau ibuprofen. Meskipun begitu, belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan secara jelas bahwa meminum teh kamomil adalah cara terbaik mengatasi GERD.

Jahe

Jahe merupakan rempah yang kaya akan kandungan antioksidan dan senyawa lain yang baik bagi kesehatan.Senyawa fenolik yang ada pada jahe dipercaya bisa meredakan iritasi pada lambung dan mengurangi kontraksi lambung.

Selain itu, jahe juga memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan Dengan demikian, jahe memiliki potensi untuk meredakan asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Sebagai salah satu cara terbaik mengatasi GERD, kamu bisa mengonsumsi jahe dengan banyak cara. Yang paling umum adalah menjadikannya minuman dengan cara merebus jahe.

Kamu juga bisa mencampur jahe dengan dengan rempah lain seperti daun serai, kapulaga, bunga lawang, dan masih banyak lagi. Sebagai pemanis, madu dan gula merah bisa menjadi pilihan.

Meskipun memiliki kandungan yang sangat baik, penelitian tentang jahe sebagai cara terbaik mengatasi GERD masih sangat sedikit. Penelitian paling banyak tentang jahe berfokus pada kemampuannya unutk mengurangi rasa mual.

Licorice

Sebagai pengobatan alami, licorice atau akar manis dipercaya bisa meningkatkan produksi lendir di dalam lambung. Lendir tersebut bisa melindungi lambung dan kerongkongan dari asam. Ini adalah cara terbaik mengatasi GERD karena bisa mengurangi rasa sakit dan terbakar.

Cara terbaik mengatasi GERD dengan obat

cara terbaik mengatasi gerd
Photo by Christina Victoria Craft on Unsplash

Beberapa cara terbaik mengatasi GERD di atas bisa kamu coba di rumah. Akan tetapi, jika dengan cara tersebut gejala yang kamu alami belum mereda, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih profesional. Dokter biasanya akan merekomendasikan kamu untuk mengonsumsi obat-obat berikut.

Antasida

Obat ini dapat membantu menetralkan asam di lambung dan kerongkongan dan menghentikan sakit panas di dada. Menurut situs WebMD, antasida bekerja dengan cara membentuk tameng busa di atas perut yang dapat menghentikan asam lambung naik ke atas.

Obat-obatan untuk mengurangi jumlah asam

Obat-obatan yang dimaksud termasuk dalam kategori H-2 receptor blocker. Obat ini bekerja dengan cara menekan sel-sel penghasil asam lambung untu mengurangi jumlah produksinya. Obat-obatan yang termasuk kategori H-2 receptor blocker adalah:

  • Cimetidine (Tagamet HB)
  • Famotidine (Pepcid AC)
  • Nizatidine (Axid AR)
  • Ranitidine (Zantac)

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Bicara soal cara terbaik mengatasi GERD, kamu juga perlu menjaga kesehatan kamu secara keseluruhan. Kesehatan juga tidak melulu soal fisik, kamu juga butuh cara agar kesehatan mentalmu tetap baik. Salah satunya adalah dengan liburan.

Nah, kalau kamu bingung mau liburan ke mana, nggak usah bingung, staycation aja di Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, yuk, keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like