Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sedang Mengalami Gejala Darah Rendah? Ini Dia 7 Cara Terbaik untuk Mengatasinya!

Jangan sampai darah rendah mengganggu aktivitasmu sehari-hari!

Darah rendah merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah dalam arteri saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh berada di bawah batas tekanan normal. Ada banyak faktor pemicu tekanan darah rendah, seperti dehidrasi, alergi, kekurangan nutrisi, hingga faktor usia. Untuk itu, Bob mau berbagi 7 cara terbaik mengatasi darah rendah yang bisa kamu lakukan agar tekanan darahmu tetap normal. Cek di bawah ini, ya!

1. Perbanyak Minum Air Putih

cara terbaik mengatasi darah rendah

(Photo by @DariaShevtsova from Pexels)

Cara terbaik mengatasi darah rendah yang pertama adalah dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Sebab, dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh ternyata merupakan salah satu faktor pemicu darah rendah.

Kondisi kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi ini dapat mengakibatkan berkurangnya volume darah di dalam vena dan arteri. Selain itu, mendapatkan asupan air yang cukup akan mengurangi risiko darah kental yang dapat mengakibatkan peredaran darah tidak berjalan dengan baik dan lancar.

Di samping itu, waspadalah terhadap beberapa faktor yang dapat memicu tubuh kehilangan banyak cairan. Contohnya karena sakit demam, muntah, diare, efek samping obat-obatan diuretik, serta dikarenakan olahraga berat yang mengakibatkan tubuh mengeluarkan keringat berlebih.

Maka dari itu, cara terbaik mengatasi darah rendah yang pertama kali wajib kamu lakukan adalah minum air putih lebih banyak lagi. Minumlah air putih sebanyak 2 hingga 3 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

2. Tidak Berubah Posisi Secara Mendadak

cara terbaik mengatasi darah rendah

(Photo by @AndreaPiacquadio from Pexels)

Pernahkah kamu merasa pusing dan kepala berkunang-kunang saat tiba-tiba bangun dari posisi duduk atau berbaring? Hati-hati, mungkin ini salah satu tanda kamu menderita hipotensi atau darah rendah.

Hal ini dikarenakan oleh jantung yang tidak mampu memompa cukup darah ke seluruh tubuh secara cepat. Maka dari itu, cara terbaik mengatasi darah rendah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan menghindari perubahan posisi secara mendadak.

Cara terbaik mengatasi darah rendah yang satu ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hipotensi ortostatik yang terjadi karena adanya perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba. Maka, untuk menghindari rasa pusing yang mungkin akan muncul, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam sejenak lalu perlahan duduk selama beberapa menit sebelum bangkit dari tempat tidur setiap pagi.

Selain itu, ada cara terbaik mengatasi darah rendah lainnya yang bisa kamu coba saat hendak bangun atau berdiri. Yaitu, cobalah untuk meregangkan otot-otot kaki atau menendang-nendang kecil ke depan untuk membantu melancarkan peredaran darah.

3. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

cara terbaik mengatasi darah rendah

(Photo by @EllaOlsson from Pexels)

Dalam segala upaya mencegah atau mengobati berbagai penyakit, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang tentu saja merupakan salah satu cara yang sangat efektif. Begitu pula sebagai cara terbaik mengatasi darah rendah yang mungkin sedang kamu alami.

Hal ini berkaitan dengan rendahnya kadar asam folat, vitamin B-12, serta zat besi yang dapat memicu penyakit anemia atau kurang darah pada seseorang. Maka dari itu, menjaga asupan nutrisi yang seimbang bagi tubuh adalah salah satu cara terbaik mengatasi darah rendah, juga menjaga produksi dan volume darah tetap cukup dan normal.

Selain itu, hindarilah diet berlebihan untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Sebab, orang-orang yang memiliki berat badan di bawah berat badan normal cenderung memiliki tekanan darah rendah serta denyut nadi yang tidak stabil. Sehingga, darah tak mampu menyuplai oksigen dan nutrisi untuk organ-organ tubuh.

Untuk menghindari hal tersebut, lakukanlah cara terbaik mengatasi darah rendah yang satu ini. Perhatikan asupan karbohidrat kompleks, protein, sayuran, serta buah-buahan yang baik bagi tubuh. Konsumsilah makanan-makanan sehat yang mampu membantu mengatasi darah rendah seperti biji-bijian, sayur bayam, buah bit, semangka, dan lain-lain.

4. Tidak Makan Dalam Porsi Besar Sekaligus

cara terbaik mengatasi darah rendah

(Photo by @KlausNielsen from Pexels)

Untuk kamu yang masih terbiasa makan dalam porsi besar sekaligus dalam satu waktu, sebaiknya tinggalkanlah kebiasaan satu ini sebagai salah satu cara terbaik mengatasi darah rendah. Sebab, hal tersebut dapat membuat darah lebih banyak mengalir ke saluran sistem pencernaan, dan jantung pun akan berdetak lebih cepat sebagai upaya menyeimbangkan tekanan darah.

Maka dari itu, cobalah untuk makan dengan porsi sedikit saja namun dengan frekuensi yang sering setiap hari. Cara terbaik mengatasi darah rendah yang satu ini terbilang efektif untuk mencegah tekanan darahmu turun secara terus-menerus akibat makan terlalu banyak.

Ini dikarenakan kadar karbohidrat yang terlalu tinggi dapat memicu turunnya tekanan darah secara drastis. Oleh karena itu, membatasi asupan karbohidrat berlebih juga merupakan salah satu cara terbaik mengatasi darah rendah.

Hindari makanan tinggi karbohidrat seperti nasi, pasta, atau roti putih. Gantilah dengan karbohidrat kompleks yang lebih baik seperti roti gandum atau oatmeal.

5. Olahraga Teratur

cara terbaik mengatasi darah rendah

(Photo by @Pixabay from Pexels)

Cara terbaik mengatasi darah rendah selanjutnya adalah dengan mulai melakukan gaya hidup sehat dan olahraga teratur. Olahraga mampu meningkatkan kinerja jantung dan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

Berolahragalah selama 30 hingga 60 menit per hari. Lakukanlah cara terbaik mengatasi darah rendah yang satu ini sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu secara rutin. Namun, hindarilah berolahraga di tempat yang terlalu panas dan lembap.

6. Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol

cara terbaik mengatasi darah rendah

(Photo by @cottonbro from Pexels)

Minuman beralkohol sejatinya memang tak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, mengurangi atau menghindari konsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu cara terbaik mengatasi darah rendah.

Di samping itu, minuman beralkohol memang dapat menjadi salah satu pemicu turunnya tekanan darah. Ini berkaitan dengan alkohol yang memiliki sifat diuretik, atau membuat tubuh memproduksi air seni dengan lebih cepat. Jika dibiarkan terus-menerus, maka tubuh akan mengalami dehidrasi, dan tekanan darah pun akan turun.

Maka dari itu, lakukanlah cara terbaik mengatasi darah rendah yang satu ini. Gantilah minuman beralkoholmu dengan minuman yang lebih sehat dan bergizi agar tekanan darahmu tetap stabil.

7. Tambah Asupan Garam

cara terbaik mengatasi darah rendah

(Photo by @LorenaMartínez from Pexels)

Cara terbaik mengatasi darah rendah yang terakhir mungkin terdengar konyol untukmu. Namun, menambah asupan garam harian memang merupakan salah satu cara terbaik mengatasi darah rendah yang cukup efektif.

Ini dikarenakan garam merupakan senyawa kimia yang kaya akan natrium sebagai kandungan utamanya. Dalam dunia kedokteran, natrium memang dikenal mampu menstabilkan tekanan darah, menambah volume darah, hingga menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh.

Namun, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter dan ahli gizi sebelum kamu melakukan cara terbaik mengatasi darah rendah yang satu ini. Sebab, konsumsi garam yang terlalu berlebihan pun justru akan meningkatkan resiko gagal jantung.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Hati serta jiwa yang tenang dan bahagia juga merupakan salah satu faktor yang mampu menjaga tekanan darah tetap stabil. Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar hati dan jiwamu senantiasa happy. Salah satunya, kamu bisa mencoba staycation di Bobobox!

Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

bobobox luas

You might also like