Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Beberapa Cara Simple Buat Masker Kain Sendiri di Rumah!

Yuk buat masker kain kamu sendiri di rumah.

Buat masker kain sendiri di rumah nyatanya tidak serumit yang kamu bayangkan, lho. Dengan mengetahui jenis kain apa saja yang bisa kamu gunakan maka kamu bisa mulai membuatnya, gak pake ribet! Oleh karena itu pada kesmpatan kali ini Bob akan membahas beberapa tips untuk kamu yang ingin buat masker kain sendiri di rumah dengan cara sederhana. Seperti yang kita ketahui bersama, pemerintah kini tengah menggalakkan program ‘masker untuk semua’.

Program masker untuk semua ini mengacu pada imbauan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Seluruh masyarakat kini sangat dianjurkan untuk senantiasa menggenakan masker saat akan beraktivitas di luar rumah. Penggunaan masker kain ini tentu akan membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kelangkaan masker bagi petugas medis. Oleh karena itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit kemudian menyarankan masayarakat untuk membuat masker kain sendiri.

Selain membeli, faktanya kamu bisa buat masker kain kamu sendiri agar lebih hemat. Selain hemat kamu pun mengkostumisasi masker kain kamu sendiri sesuai desain yang kamu inginkan. Penasaran seperti apa saja tips buat masker kain sendiri di rumah ala Bob? Berikut adalah penjelasan jenis masker kain yang paling efektif untuk dikenakan serta cara membuatnya.

Perubahan Anjuran Penggunaan Masker Bagi Masyarakat

Pada awalnya WHO tidak menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker di awal masa pandemi. Pemerintah pun sempat menghimbau masyarakat untuk tidak mengenakan masker jika sedang tidak sakit atau tidak bekerja di tempat yang berpotensi tinggi untuk terpapar penyakit.

Namun beberapa penelitian mengenai perkembangan virus corona menyatakan bahwa terdapat kelompok yang tanpa disadari rentan menularkan virus corona. Kelompok yang disebut asymptomatic dan presymptomatic adalah orang-orang yang terinfeksi virus corona namun tidak atau belum menunjukkan gejala apa pun. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk buat masker kain kamu sendiri untuk mencegah penularan virus.

Anak pada Usia Tertentu Tidak Dianjurkan Memakai Masker. Sudah Tahu?

Buat Masker Kain dengan Bahan yang Tepat

Masker merupakan salah satu bentuk alat pelindung diri (APD) yang dianjurkan untuk digunakan sebagai keperluan perlindungan dari penularan penyakit terutama melalui saluran pernapasan. Infeksi virus corona merupakan salah satu infeksi yang dapat dihindari dengan pemakaian masker. Virus corona diketahui memiliki ukuran diameter sekitar 0.05 – 0.3 micron.

Secara teknis masker N95 dan masker bedah memang yang dinilai paling efektif dalam upaya menyaring virus hingga 95% lebih efektif dibandingkan masker lainnya. Akan tetapi, virus ini bukanlah tipe virus yang ditularkan melalui udara melainkan dari droplet atau percikan cairan tubuh. Berdasarkan fakta tersebut maka masker kain dapat digunakan untuk menghindari penularan virus corona.

Masker kain dinilai cukup efektif dalam mencegah droplet mengenai orang lain saat bersosialisasi. Seorang peneliti dari University of Cambridge telah melakukan pengujian dan pengamatan mengenai efektivitas masker rumahan dari berbagai bahan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa jenis bahan kain yang dinilai memiliki daya saring paling baik sehingga dapat digunakan buat masker kain.

Beberapa bahan kain tersebut diantaranya adalah bahan serbet yang biasa digunakan untuk lap piring, sarung bantal berbahan katun, dan yang terakhir adalah kaus katun. Jangan gunakan kain berbahan sutra karena memiliki daya saring yang paling buruk. Dari jurnal tersebut juga dinyatakan bahwa bahan masker kain yang paling nyaman digunakan untuk bernafas adalah kain kaus katun dan sarung bantal berbahan katun atau bahan katun pada umumnya.

Anak pada Usia Tertentu Tidak Dianjurkan Memakai Masker. Sudah Tahu?

Buat Masker Kain tanpa Dijahit

Yuk langsung kita bahas cara buat masker kain kamu sendiri di rumah! Jangan khawatir, kamu tidak akan kesulitan membuat masker kain sendiri di rumah bila tidak memiliki mesin jahit. Cara berikut ini bisa kamu pilih untuk membuat masker kain kamu sendiri di rumah tanpa proses jahit menjahit. Dilansir dari situs CDC, masker kain dapat kamu buat tanpa dijahit dan memiliki model earloop atau yang dapat disematkan di telinga.

Bahan yang perlu kamu siapkan adalah:

  1. Kain katun, kaus katun yang sudah tidak terpakai, atau sarung bantal katun.
  2. Selain itu siapkan juga karet elastis untuk membuat tali semat masker. Kamu bisa manfaatkan ikat rambut karet yang dilapisi kain agar lebih nyaman.

Setelah memilih bahan-bahannya yuk kita mulai buat maskernya!

  1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencuci dan mengeringkan kain buat masker kamu terlebih dahulu agar steril saat digunakan.
  2. Selanjutnya ukur panjang kain sesuai ukuran wajah kamu. Pastikan ukuran masker dapat menutup bagian hidung dan mulut hingga ke bawah dagu.
  3. Bentangkan kain masker kamu, kemudian tambahkan tissue di dalamnya.
  4. Lipat kain menjadi tiga lipatan, lalu sisipkan karet atau ikat rambut pada kedua sisi kain.
  5. Selanjutnya lipat bagian ujung kain tepat di bagian karet disematkan lalu gabungkan bagian ujung satu dengan ujung satunya agar kain rapat.
  6. Tarik kedua ujung bagian atas dan bawah dari masker dan masker kain kamu siap digunakan!

buat masker

Buat Masker Kain dengan Proses Jahit

Selanjutnya kamu bisa buat masker kain kamu sendiri di rumah dengan cara dijahit. Masker kain berikut adalah masker dengan model tali sehingga cocok dikenakan untuk wanita berhijab. Bahan dan alat yang harus kamu siapkan diantaranya adalah:

  1. Jarum dan benang atau mesin jahit jika kamu memilikinya di rumah.
  2. Siapkan juga gunting
  3. Peniti atau penjepit untuk menahan kain pada tempatnya. Jika kamu tidak memiliki peniti atau penjepit kamu juga bisa manfaatkan penjepit kertas.
  4. Siapkan juga kain katun, kaus katun yang sudah tidak terpakai, atau sarung bantal katun sebagai bahan dasar buat masker kain kamu.
  5. Tidak lupa siapkan sekitar empat strip kain katun yang akan digunakan sebagai pengikat dengan panjang sekitar 45 cm. Kamu juga bisa gunakan empat buah tali sepatu yang sama panjang jika ada.

Cara buat masker kainnya sangat sederhana. Yuk kita mulai buat masker kainnya!

  1. Ukur panjang kain dan gunting menjadi dua bagian persegi panjang dengan ukuran 30×15 cm.
  2. Selanjutnya tumpuk dua kain persegi panjang dan jahit bagian belakang kain menghadap ke depan lalu jahit setiap sisi lapisan hingga kain menyatu.
  3. Sisakan sedikit ruang di kedua ujung kain untuk menyelipkan strip kain atau tali sepatu.
  4. Lalu selipikan tali pada tiap ujung sisi kain dan tahan dengan peniti atau penjepit kertas agar tali tidak bergeser.
  5. Terakhir jahit seluruh lapisan kain secara backstitch atau jahit berulang agar jahitan lebih kokoh di semua bagian.

Jaga Kesehatan dengan Baik!

Selain penggunaan masker dan rajin mencuci tangan dengan baik, jangan lupa juga untuk memastikan jika daya tahan tubuh kamu sedang dalam kondisi baik. Daya tahan tubuh yang baik bisa kamu dapatkan salah satunya dengan beistirahat cukup. Tidur yang cukup bisa kamu dapatkan dengan kualitas terbaik saat kamu tidur di tempat yang nyaman senyaman Bobobox. Kamu bisa unduh aplikasi Bobobox untuk pesan pods-nya dan alami peningkatan kualitas tidur yang signifikan.