Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

8 Cara Ampuh Agar Kamu Selalu Produktif Saat Bekerja

Biar produktivitasmu tetap terjaga

Bobobox.co.id — Sebagai pekerja profesional, menjaga agar selalu produktif saat bekerja tentu menjadi hal patut kamu juga. Tuntutan berbagai tugas pekerjaan yang diberikan mau tidak mau menuntut totalitas waktu dan pikiranmu.

Tak heran, jika terkadang kamu merasa fokusmu hilang sesaat yang membuat performamu menurun. Karena pentingnya agar selalu produktif, yuk simak 8 cara yang Bob rekomendasikan agar produktivitasmu selalu terjaga saat bekerja.

Hindari Mengerjakan Pekerjaan Secara Bersamaan

Bisa mengerjakan banyak tugas pekerjaan dalam waktu yang berbarengan tentu menjadi poin tersendiri bagimu. Namun, sangat disayangkan, justru mengerjakan tugas pekerjaan secara multitasking malah membuat pekerjaanmu jadi tidak produktif. Sangat disayangkan, bukan?

Hal ini disebabkan oleh konsentrasimu yang berpencar tidak karuan dan membuatmu tidak bisa menyelesaikan tugas pekerjaan tepat waktu bahkan bisa jadi tidak ada sama sekali yang bisa kamu anggap selesai karena kurangnya fokusmu terhadap satu pekerjaan.

Maka dari itu, cobalah untuk mengerjakan satu per satu tugas dan kesampingkan rasa untuk mengerjakannya secara berbarengan. Nantinya, kamu bisa melihat kemampuanmu dalam menangani satu tugas demi tugas lainnya yang diberikan oleh atasanmu.

produktif multitasking
via becomeaneventplanner.org

Singkirkan Smartphonemu Untuk Sementara Waktu

Laiknya dua sisi koin, smartphone bisa membantu mempermudah juga menggangu pekerjaanmu. Salah satu hal yang biasanya menggangumu adalah notifikasi yang muncul di smartphonemu.

Biasanya, saat melihat layar smartphone menyala, kamu akan segera mengarahkan fokusmu dan terdorong untuk mengeceknya sesaat. Yang tidak kamu sadari, terkadang akhirnya kamu menghabiskan waktu relatif lama walaupun niat pertamamu hanya sekadar mengecek notifikasi yang masuk.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membalikkan smartphonemu. Dengan begitu, kamu tidak memiliki keinginan untuk mengeceknya setiap saat. Kamu juga bisa mengaktifkan mode pesawat untuk sementara waktu agar kamu bisa tetap fokus dan produktif saat bekerja.

https://www.bobobox.co.id/blog/work-life-balance/

Buatlah To Do List

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar bisa selalu produktif saat bekerja adalah dengan membuat to do list. Kamu bisa mengurutkan pekerjaan mana saja yang harus kamu bereskan terlebih dahulu mulai dari yang paling penting untuk diselesaikan hingga yang bisa kamu tunda untuk kamu kerjakan di keesokan harinya.

Hal penting yang selanjut harus kamu lakukan tentu saja bekerja sesuai dengan to do list yang sudah kamu buat sebelumnya. Tentu akan sia-sia jika kamu sudah membuat daftar yang harus kamu kerjakan jika kamu tidak patuh terhadap apa yang sudah kamu tuliskan.

Selain membuatmu lebih terorganisir, to do list juga bisa kamu manfaatkan sebagai penanda untuk mencapai target yang sudah kamu tentukan baik satu hari, minggu, bahkan bulan. Jadi, kamu sudah mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan di kemudian hari.

Mencoba Latihan Interval

Bagi kamu pekerja kantoran, hampir sebagian besar waktumu, kamu habiskan dengan duduk saat mengerjakan pekerjaan. Percaya tidak jika kamu duduk terlalu lama justru bisa melemahkan cara kerja otakmu. Hal ini disebabkan oleh peredaran dan oksigen ke otak yang berjalan lebih lamat dibandingkan saat kamu bergerak.

Walau begitu, kamu jangan terlalu khawatir. Cobalah melakukan teknik interval training saat kamu bekerja. Teknik ini berfokus pada mengerjakan pekerjaan dengan fokus selama 90 menit dan setelah itu, istirahatlah selama 5 hingga 10 menit. Tujuan dari teknik adalah memberi waktu istirahat untuk otakmu sehingga kamu akan bisa lebih produktif lagi saat kembali bekerja.

Pada teknik ini juga, waktu istirahatnya bisa kamu manfaatkan juga untuk melakukan olahraga ringan semisal dengan jalan kecil ke dapur kantor untuk mengambil minum. Walau hanya dengan berjalan kecil seperti itu, tubuh dan pikiranmu akan lebih rileks dan fokus lagi.

produktif interval training
via beritatagar.id

Dengarkan Lagu Favorit

Yang harus kamu ketahui, untuk cara yang satu ini, kamu bisa menyesuaikannya dengan aturan yang ada di kantormu. Di beberapa kantor, bisa saja kamu dilarang untuk menggunakan headphone selagi bekerja karena untuk beberapa alasan tertentu.

Kalau kamu diperbolehkan untuk menggunakan headphone saat bekerja, coba putar lagu favorit atau buku audio ketika di sekitar tempatmu tidak kondusif dan menggangu fokus bekerjamu. Dengan ini, selain rekan kerja tidak mengganggumu saat bekerja juga musik bisa membantumu untuk lebih rileks sehingga kamu bisa selalu produktif saat bekerja dan menyelesaikan tugas pekerjaan dengan maksimal.

Untuk genre lagunya sendiri, pilihlah lagu yang energik dan penuh semangat sehingga selama mendengarkan lagu-lagu tersebut, energi dan moodmu akan terisi kembali sehingga siap mengerjakan tugas seharian.

produktif dengar lagu

Tata Tempat Kerja Senyaman Mungkin

Seringkali tempat kerja yang berantakan merusak moodmu untuk bekerja. Karenanya, cobalah untuk menata tempat kerjamu senyaman mungkin agar terlihat bersih dan rapi.

Pertama-tama, kamu bisa menumpuk berkas-berkas yang tidak terlalu kamu pakai dan menyimpannya di daerah yang tidak akan terlalu menganggumu saat bekerja. Kamu bisa menyimpannya di bawah meja atau bisa kamu pindahkan ke gudang jika memungkinkan.

Setelah itu, kamu bisa memilih barang apa saja yang harus dan tidak harus ada di meja kerjamu. Dengan tempat kerja yang terorganisir, kamu tidak memerlukan waktu lebih untuk mencari dokumen-dokumen penting di saat genting. Sehingga, kamu bisa menggunakan waktu ekstra tadi untuk menyelesaikan pekerjaanmu yang belum sempat terselesaikan.

https://www.bobobox.co.id/blog/mengajarkan-teknologi-kepada-anak/

Jaga Asupan Saat Makan Siang

Salah satu yang biasanya kamu tunggu di saat bekerja adalah waktu waktu makan siang. Di waktu ini, kamu bisa bercengkrama sepuasnya dengan rekan kerjamu juga menyantap makanan yang kamu inginkan.

Walau begitu, sebaiknya kamu bisa menakar seberapa banyak asup makananmu di jam istirahat ini. Bisa-bisa bukannya membuat lebih produktif dari sebelumnya justru kamu merasakan kantuk dan lelah yang tidak tertahankan.

Konsumsi asupan makanan yang dianjurkan adalah makanan yang tinggi protein, serat, dan antioksidan sehingga kamu bisa tetap semangat sampai jam pulang nantinya.

Maksimalkan Waktu Istirahat

Cara terakhir yang Bob sarankan adalah dengan memaksimalkan waktu istirahatmu. Faktanya, mengerjakan pekerjaan secara terus menerus justru akan menurunkan produktivitasmu. Sehingga, istirahat menjadi elemen penting demi menjagamu agar tetap fokus selama bekerja.

Salah satu waktu yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat adalah di siang hari. Walaupun sering dianggap sebagai kegiatan anak kecil, nyatanya memiliki beberapa manfaat yang akan berguna sekali bagimu diantaranya membantumu lebih rileks, memperbaiki suasana hati, membantu memproses pikiran bawah sadar, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan memori untuk bekerja.

produktif tidur
via telegraph.co.uk

Nah, kini, kamu mengetahui seberapa penting tidur siang danbagaimana cara memaksimalkan waktu istirahatmu untuk bisa tetap produktif saat bekerja. Jika kamu bingung di mana kamu bisa beristirahat sejenak, tinggal datang ke Bobobox Charge.

Bobobox Charge merupakan tempat yang beristirahat yang bisa kamu gunakan mengisi kembali energimu agar kembali produktif bekerja. Buka hanya pada jam kerja, di sini, kamu akan mendapatkan satu single bed di pod pribadimu yang ditunjang fasilitas lainnya seperti lampu led, pengeras suara, dan koneksi Wi-Fi.

Bobobox Charge

Soal harganya sendiri, Bobobox Charge dipatok dengan harga mulai dari 35 ribu per jamnya dengan durasi minimal pesanan 2 jam. Selain itu, Bobobox sendiri hanya ditujukan kepada member unionSPACE. Nah, kalau kamu tertarik untuk mencoba daycation di Bobobox Charge, daftarkan dirimu sebagai member unionspace yang berlokasi di Jalan Trunojoyo No. 11, Citarum, Bandung.

Selain itu, bagi kamu yang menginginkan istirahat yang lebih lama, kamu bisa memesannya terpisah dari Bobobox Charge. Untuk memudahkan pemesanannya, kamu tinggal mengunduh aplikasinya di sini dan nikmati pengalaman menginap yang unik di Bobobox.

Bobobox Charge:

Jl. Trunojoyo No. 11, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Harga: mulai dari Rp35.000/jam (minimal 2 jam)

Pod tersedia: 4 single pod

Leave A Reply

Your email address will not be published.