Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara-Cara untuk Merawat Gigi Agar Tetap Putih dan Sehat

Gigi yang putih akan meningkatkan rasa percaya dirimu, lho.

Gigi memang memiliki fungsi utama untuk mengunyah serta membantu mencerna makanan. Namun, gigi juga bisa menjadi penunjang penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri bagi setiap orang. Jika gigi terlihat kuning atau bahkan menghitam, pastilah akan mengganggu penampilan serta tak enak dipandang.

Oleh karenanya, sangat penting untuk merawat gigi agar tetap putih dan sehat. Sebenarnya, tak sulit untuk merawat gigi jika sudah terbiasa. Bob beri tahu deh, bagaimana caranya merawat gigi yang tepat agar gigimu bisa tetap putih. Simak caranya di bawah ini, ya.

Sikat gigi di pagi dan malam hari

Cara pertama untuk merawat gigi agar tetap sehat sangatlah mudah, yakni dengan rajin menyikat gigi di pagi dan malam hari. Sebaiknya, sikatlah gigimu saat bangun tidur di pagi hari, dan sebelum tidur di malam hari.

Saat tidur di malam hari, cairan saliva yang ada pada mulut akan mengering. Jika gigi dibiarkan dalam keadaan kotor saat cairan saliva kering, maka kotoran tersebut akan lebih mudah menempel di mulut dan akan membuat gigi lebih cepat kuning. Itu sebabnya mengapa sikat gigi sebelum tidur sangatlah penting.

Ketika bangun tidur di pagi hari, menyikat gigi juga akan membantu membersihkan plak serta bakteri yang mungkin tumbuh ketika tidur. Dengan menyikat gigi secara teratur di pagi dan malam hari, tentu akan membantu merawat gigi agar tetap putih dan sehat.

Cara-Cara untuk Merawat Gigi Agar Tetap Putih dan Sehat
Photo by Phuong Tran on Unsplash

Rajin membersihkan lidah

Sebagai organ yang paling dekat dengan gigi, lidah juga perlu rajin dibersihkan untuk membantu merawat gigi agar tetap putih. Saat menyikat gigi, bersihkan juga lidah untuk membersihkan plak yang mungkin menempel pada lidah. Jika disepelekan, plak lidah ini justru akan menempel dan juga mengotori gigi.

Sebaiknya, gunakan pembersih khusus lidah ketimbang sikat gigi supaya lidah bisa bersih menyeluruh. Membersihkan lidah juga dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut, serta dapat membantu menyegarkan napas.

Jangan lupa untuk membersihkan pembersih lidah setiap selesai digunakan, ya. Ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan kuman dari lidah dan rongga mulut yang masih menempel pada pembersih lidah.

Cara-Cara untuk Merawat Gigi Agar Tetap Putih dan Sehat
Photo by Hayes Potter on Unsplash

Rutin mengganti sikat gigi

Meskipun terdengar sepele, rutin mengganti sikat gigi bisa membantu merawat gigi dan membantu menjaga warna alami gigi, lho. Gantilah sikat gigi secara rutin maksimal tiga bulan sekali atau ketika bulu sikat sudah rusak dan tak beraturan lagi.

Sikat gigi yang jarang diganti justru akan berbahaya, karena akan menyebabkan bakteri menumpuk dan akan mentransfer bakteri ke dalam mulut. Bakteri inilah yang bisa menyebabkan warna kuning pada gigi atau menimbulkan plak pada sela-sela gigi yang tak terlihat.

Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut agar tak melukai gusi dan menimbulkan gusi berdarah. Selain itu, bulu sikat yang lembut cenderung dapat menjangkau celah pada gigi.

Cara-Cara untuk Merawat Gigi Agar Tetap Putih dan Sehat
Photo by Superkitina on Unsplash

Hindari kebiasaan yang bisa merusak warna alami gigi

Masih gemar mengonsumsi soda, teh hitam, alkohol, atau bahkan merokok? Sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut jika ingin warna alami gigimu tidak rusak.

Minuman tersebut mengandung warna yang pekat, sehingga warnanya bisa menempel pada gigimu. Selain itu, nikotin pada rokok juga bisa membuat gigimu menjadi kuning, atau bahkan hitam jika kebiasaan merokok sudah terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Jika sulit untuk mengurangi kebiasaan tersebut, segeralah menyikat gigi setelah konsumsi untuk melunturkan sisa kotoran yang menempel pada gigi. Kamu juga bisa menggunakan produk yang mengandung pemutih gigi yang dijual di pasaran atau yang diresepkan oleh dokter.

Cara-Cara untuk Merawat Gigi Agar Tetap Putih dan Sehat
Photo by Julia Engel on Unsplash

Sering melakukan flossing

Flossing adalah membersihkan celah-celah pada gigi dengan menggunakan benang gigi. Tujuannya adalah untuk merawat gigi dengan membersihkan sisa makanan dan plak yang sulit terjangkau oleh sikat gigi.

Meskipun banyak orang yang mengetahui teknik membersihkan gigi ini, namun masih banyak orang yang menganggap remeh teknik ini. Padahal jika dilakukan dengan benar, flossing dapat membantu menjaga warna alami gigi.

Tak hanya itu, flossing juga dirasa lebih mudah dilakukan ketimbang harus menyikat gigi sehabis makan. Kamu bisa membeli paket flossing yang bisa kamu simpan di sejumlah tempat seperti di lemari kamar mandi, laci kerja, dan dompet, sehingga kamu bisa melakukan flossing kapan pun dan di mana pun.

Cara-Cara untuk Merawat Gigi Agar Tetap Putih dan Sehat
Foto dari shutterstock.com

 

Rutin menyikat gigi dengan baking soda

Baking soda memang terkenal berfungsi sebagai pembersih dan bisa mengembalikan warna alami pada benda tertentu. Tak terkecuali dengan gigi, baking soda bisa membantu menghilangkan noda dari sisa makanan, mengembalikan warna alami serta memutihkan gigi.

Cara menggunakan baking soda untuk merawat gigi sangatlah mudah. Kamu bisa menggunakan baking soda yang sudah dicampur dengan air. Jangan mencampurkan air terlalu banyak, ya. Usahakan campuran baking soda tersebut masih kental. Selanjutnya, kamu tinggal membubuhkannya pada gigi dan menyikatnya, seperti ketika menggunakan pasta gigi.

Selain baking soda, kamu juga bisa menggunakan garam dapur sebagai alternatif pemutih gigi. Kamu bisa rutin menyikat gigi dengan menggunakan baking soda atau garam dapur ini seminggu sekali.

Cara-Cara untuk Merawat Gigi Agar Tetap Putih dan Sehat
Photo by National Cancer Institute on Unsplash

Mengonsumsi makanan yang bisa memutihkan gigi

Selain teknik membersihkan gigi, ada pula makanan yang bisa membantu merawat gigi dan memutihkannya, lho. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang sedikit keras dan renyah untuk membantu membersihkan gigi.

Apel, pir, wortel mentah, batang seledri, dan jambu Kristal bisa kamu konsumsi untuk membantu membersihkan gigi. Untuk hasil terbaik, kamu bisa mengonsumsinya setelah selesai makan sebagai pembersih gigi.

Makanan yang renyah tersebut dapat membantu menghilangkan noda atau kotoran dari sisa makanan yang masih menempel. Sebaiknya, konsumsilah makanan renyah yang tak berwarna pekat untuk membantu membersihkan gigi.

Photo by an_vision on Unsplash

Selain gigi yang bersih dan terawat, ada lagi lho yang bersih dan bikin nyaman!

Apa lagi sih yang bersih dan bikin nyaman? Bobobox pastinya! Bobobox adalah hotel kapsul yang memiliki desain ala futuristik yang unik serta beragam fasilitas hi-tech yang menarik. Daripada bosan di rumah saja karena pandemi COVID-19, staycation di Bobobox saja, yuk!

Setiap sudut Bobobox juga dirawat serta dibersihkan dengan baik. Jadi, kamu enggak perlu khawatir untuk staycation di hotel kapsul kekinian ini. Dengan begini, kamu tak perlu takut lagi sehingga bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman.

Enggak hanya itu saja, setiap pod di Bobobox juga memiliki beragam fasilitas yang asyik, seperti mengatur warna lampu LED sesuai dengan keinginanmu, atau mendengarkan musik favoritmu dengan menghubungakan smartphone dan audio musik.

Pesan kamarnya juga bisa lewat aplikasi atau website Bobobox, dan kamu enggak memerlukan kunci karena Bobobox sudah menerapkan sistem contactless untuk keamanan menginap. Tunggu apa lagi, yuk staycation di Bobobox!

bobobox

You might also like