Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Indra Penciuman Hilang Akibat Anosmia? Simak 7 Cara Menyembuhkan Anosmia Berikut Ini

Coba cara-cara di bawah ini, ya!

Bobobox.co.id — Anosmia merupakan kondisi di mana hilangnya kemampuan indra penciuman. Bagi kamu yang sedang menderita penyakit ini, ada beberapa cara menyembuhkan anosmia yang diderita.

Pengidap anosmia sendiri tidak akan bisa mencium aroma. Tak hanya aroma makanan, pengidap anosmia ini pun kesulitan dalam mencium wangi bunga atau parfum yang terbilang wangi.

Nah, beberapa cara yang ingin Bob sampaikan sendiri terbilang mudah dan praktis. Dengan begitu, kamu pun bisa menyiapkan bahan dan melakukannya sendiri di rumah dengan bahan yang mudah ditemukan juga.

Nah, tak usah berlama-lama lagi, simak ulasan singkat Bob mengenai tujuh cara menyembuhkan anosmia berikut ini. Bisa kamu lakukan beberapa di antaranya jika indra penciumanmu hilang akibat penyakit tersebut.

Berikut adalah Cara Menyembuhkan Anosmia

1. Bersihkan Hidung Bagian Dalam

Cara menyembuhkan anosmia pertama adalah dengan membersihkan hidung bagian dalam. Metode yang disebut irigasi hidung ini kerap dipilih untuk mengembalikan indra penciuman akibat anosmia infeksi atau alergi.

Metode ini bisa dilakukan dengan membeli larutan garam. Larutan tersebut bisa dibeli di apotek atau membuatnya sendiri dengan mencampur setengah sdt garam dan sdt soda kue ke 1 cangkir air matang.

Setelah itu, masukan larutan tersebut ke dalam botol sempot atau jika punya, botol irigasi. Nah, barulah kamu bisa memulai langkah membersihkan hidung dengan diawali memiringkan kepala ke salah satu sisi.

Kemudian, semprotkan larutan tersebut ke salah satu lubang berlawanan dengan sisi miring kepala. Biarkan larutan mengalir keluar hidung lainnya atau mulut. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Irigasi hidung cara menyembuhkan anosmia
Irigasi hidung SHUTTERSTOCK/ivan_kislitsin

2. Konsumsi Jahe

Cara menyembuhkan anosmia berikut adalah mengonsumsi jahe. Cara menyembuhkan anosmia ini bisa ampuh berkat kandungan gingerol yang terkandung dalam salah satu obat herbal dari bumbu masakan.

Gingerol sendiri merupakan kandungan yang memberikan aroma kuat dan rasa khas pada jahe. Nah, kandungan tersebut bisa membantu dalam merangsang indra perasa dan juga meningkatkan indra penciuman.

Oleh karenanya, jahe baik untuk membantu mengatasi hidung yang tak bisa mencium bau. Di samping itu, jahe pun bisa memberikan berbagai manfaat lainnya seperi meredakan peradangan dan mengatasi hidung tersumbat.

Cara mengonsumsinya bisa dengan cara menyeduh jahe yang sudah digeprek dan dikupas dan diseduh dengan air panas. Jika tidak, kamu bisa mencampurkannya untuk dijadikan teh jahe.

Jahe cara menyembuhkan anosmia
Jahe via unsplash.com/@mockupgraphics

Baca Juga: 7 Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Pernapasan


3. Lakukan Terapi Penciuman

Jika kamu merasa indra penciumanmu hilang akibat anosmia, kamu bisa melakukan terapi penciuman. Cara menyembuhkan anosmia ini pun sudah teruji oleh salah satu studi yang sudah terpublikasi.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Laryngoscope menyebutkan bahwa terapi menciuman membantu dalam menyembuhkan indra penciuman yang hilang. Untuk itu, kamu bisa mencobanya.

Cara menyembuhkan anosmia ini pun terbilang mudah dilakukan. Kamu hanya melakukan latihan penciuman dengan berbagai aroma seperti lemon, jahe, mawar, dan kayu putih untuk asah kepekaan hidung.

Hidup masing-masing aroma dalam-dalam dengan durasi selama 15 sampai 20 detik. Setelah itu, ingat seperti apa aroma dari bahan tersebut. Lakukan sebanyak dua sampai tiga kali setidaknya selama tiga bulan.

Terapi penciuman cara menyembuhkan anosmia
Terapi penciuman via shutterstock.com/g/dailytravelphotos

4. Memanfaatkan Bawang Putih

Selain jahe, kamu pun bisa memanfatkan bawang putih sebagai cara menyembuhkan anosmia. Indra penciuman yang hilang bisa terobat berkat kandungan asam risinoleat yang terdapat pada bawang putih.

Zat tersebut bersifat antiperadangan dan antibakteri. Hal tersebut yang menjadikan bawang putih sebagai obat anosmia alami di mana mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan di dalam saluran hidung.

Tak hanya itu, bawang putih pun memberikan manfaat lain yang tak kalah baiknya untuk hidung. Sifat antibakterinya mampu memudahkan pernapasan denggan membersihkan endapan dahak dari saluran hidung.

Cara menyembuhkan anosmia dengan bahan ini pun terbilang mudah. Hancurkan empat hingga lima siung bawang putih. Tambahkan ke dalam secangkir air mendidih lalu rebus dua menit. Hasilnya tinggal kamu minum.

Bawang putih cara menyembuhkan anosmia
Bawang putih via pexels.com/@isabella-mendes-107313

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Coba Konsumsi Rutin Untuk Dapatkan 7 Khasiat Ginseng Bagi Kesehatan Berikut Ini!


5. Menggunakan Daun Mint

Cara menyembuhkan anosmia lainnya adalah dengan menggunakan daun mint. Kandungan mentol dalam daun yang biasa digunakan pada teh berperan penting dalam menyembuhkan indra penciuman yang hilang.

Kandungan mentol mengandung zat antimikroba dan antiinflamasa. Keduanya yang mampu memerankan peran penting dalam membantu mengatasi hidung tersumbat yang jadi penyebab tak bisa mencium bau.

Selain itu, daun mint pun bisa dimanfaatkan untuk terapi penciuman. Kamu bisa memanfaatkan daun bersamaan dengan beberapa aroma lainnya untuk melatih kepekaan indra penciumanmu.

Cara menyembuhkan anosmia dengan daun mint ini bisa dilakukan di rumah. Cukup rebus 10 hingga 15 daun mint dalam secangkir air. Saring seduhannya dan minum campuran tersebut dengan madu sebagai tambahan.

Daun mint cara menyembuhkan anosmia
Daun mint via unsplash.com/@aboggier

6. Memanfaatkan Lemon

Memanfaatkan lemon bisa pilihan cara menyembuhkan anosmia. Kandungan pada lemon seperti vitamin C, antioksidan, dan zat antimikroba yang bermanfaat untuk digunakan sebagai obat anosmia alami.

Kandungan tersebut sangat penting dalam mengobati infeksi. Infeksi tersebut biasanya yang menjadi penyebab timbunan lendir berlebihan di saluran hidung yang diikuti dengan hidup berair yang tersumbat.

Seperti halnya jahe dan daun mint, lemon pun bisa dimanfaatkan sebagai terapi penciuman. Bersama dengan tiga jenis aroma berbeda lainnya, latihan sebanyak dua sampai tiga kali pun bisa dilakukan.

Untuk dijadikan sebagai cara menyembuhkan anosmia, kamu bisa memeras satu lemon dalam segelas air hangat. Tambahkan satu sendok teh madu dan minum larutan tersebut dua kali sehari.

Hati-Hati! 7 Jenis Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Kulkas
@eggbank via Unsplash

Baca Juga: Serba-Serbi Vitamin D: Sumber, Manfaat Vitamin D, Dan Bahayanya Bila Kekurangan


7. Konsumsi Obat Tertentu

Cara menyembuhkan anosmia terakhir adalah mengonsumsi obat-obatan tertentu. Cara menyembuhkan anosmia ini dilakukan jika anosmia yang sedang kamu idap saat ini tidak kunjung membaik setiap harinya.

Obat-obatan yang bisa kamu konsumsi tentunya harus berdasarkan resep dari dokter. Namun, biasanya, obat-obatan yang diresepkan adalah dekongestan, antihistamin, semprotan hidung steroid, dan antibiotik.

Semprotan hidung steroid dan terapi penciuman terbukti lebih ampuh dibandingkan dibanding irigasi hidung. Hal tersebut berdasarkan hasil sebuah penelitian yang sudah dipublikasikan sebelumnya.

Untuk cara menyembuhkan ansomia ini, kamu bisa datang ke dokter THT terdekat. Jika teman atau keluargamu punya kenalan, kamu bisa menjadikan dokter yang direkomendasi sebagai rujukan.

Mengonsumsi obat cara menyembuhkan anosmia
Mengonsumsi obat via shutterstock.com/g/grey_elkin

Rilekskan Diri di Bobobox

Penat dengan beban pekerjaan yang menumpuk? Tak usah bingung. Coba untuk rilekskan dirimu dengan menginap semalam dengan fasilitas mewah dengan harga terjangkau di Bobobox.

Penasaran seperti apa fasilitas yang ditawarkan? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut!

Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasinya dan rilekskan dirimu untuk dapatkan ketenangan yang kamu dambakan di Bobobox!

You might also like