Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara Menjaga Semangat Kemerdekaan Di Tengah Pandemi

Perayaan 17 Agustus memang berbeda pada tahun ini. Bagaimanakah menjaga semangat kemerdekaan supaya tetap menyala di tengah pandemi?

Setiap tahunnya, tanggal 17 Agustus menjadi hari yang selalu ditunggu masyarakat Indonesia. Hari dimana masyarakat Indonesia memperingati kembali dan merayakan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan selama ratusan tahun.

17 Agustus juga selalu identik dengan berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat bersama-sama. Mulai dari kerja bakti, karnaval, lomba-lomba, serta bazar selalu mewarnai perayaan hari kemerdekaan. Prinsip-prinsip gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa pun turut menjaga semangat kemerdekaan.

Namun, pandemi COVID-19 membuat perayaan 17 Agustus agak berbeda di tahun 2020 ini. Tidak ada lagi lomba, karnaval, dan kemeriahan lainnya yang biasanya menjadi pelengkap perayaan hari kemerdekaan di setiap tahunnya.

Namun, justru di momen pandemi inilah saat yang tepat untuk memperkuat dan menjaga semangat kemerdekaan. Tanpa pesta dan perayaan, menjaga semangat kemerdekaan sangat diperlukan untuk terus bertahan dan saling membantu di masa-masa krisis.

Kali ini Bob akan membahas apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjaga semangat kemerdekaan di tengah pandemi.

Upacara Bendera Virtual

semangat kemerdekaan
via netralnews.com

Upacara bendera di Istana Negara setiap tanggal 17 Agustus menjadi momen tahunan yang selalu ditunggu. Namun, kondisi pandemi memaksa upacara bendera di Istana Negara tahun 2020 dilakukan secara virtual.

Meskipun dilakukan secara vitual tidak berarti semangat kemerdekaan hilang di perayaan 17 Agustus ini. Negara menyiapkan kuota bagi 17.845 warga negara Indonesia yang ingin tetap mengikuti upacara bendera virtual. Kuota ini juga melambangkan 17 Agustus 1945, loh.

Cara mendaftar upacara bendera virtual ini mudah sekali. Kamu tinggal klik link berikut ini  https://pandangistana.setneg.go.id lalu ikuti petunjuk cara pendaftaran. Jika sudah mendaftar, kamu akan menerima pesan baik melalui WhatsApp maupun email yang menyatakan bahwa kamu bisa mengikuti upacara bendera virtual.

Upacara bendera tahun ini memang akan sepi. Hanya ada segelintir pejabat negara yang turut serta untuk mengikuti upacara bendera langsung termasuk Presiden Jokowi. Pejabat negara lainnya mengikuti jalannya upacara bendera 17 Agustus secara vitual.

Namun, bagaimana pun bentuk upacara bendera 17 Agustus serta berbagai kondisi yang mempengaruhinya, semangat kemerdekaan tidak boleh hilang. Apalagi jika kamu turut mendaftar upacara bendera virtual ini, semangat kemerdekaan pasti akan terus tumbuh di dalam hatimu.

Lomba 17 Agustus Online

Seakan tidak mau semangat kemerdekaan hilang begitu saja di tengah pandemi, berbagai upaya untuk menghidupkan ruh kemerdekaan tetap digelar meskipun bersifat online. Jika sebelumnya upacara bendera dilakukan virtual, kini berbagai aktivitas perlombaan pun dibuat online.

Berbagai lomba 17 Agustus online sudah direncanakan dan akan dilakukan saat hari kemerdekaan nanti. Setiap daerah memiliki ciri lomba 17 Agustus online yang berbeda. Lomba-lomba tersebut antara lain lomba membuat video-video kreatif bertema kemerdekaan, lomba tiktok bertema kemerdekaan, hingga lomba game online pun siap meramaikan pesta kemerdekaan.

Meskipun lomba-lomba online tersebut beragam dari satu daerah dengan daerah lain, namun semangat kemerdekaan tetap ada dimana pun perayaan 17 Agustus dilaksanakan. Kira-kira, di daerahmu, lomba online apa yang akan digelar saat 17 Agustus nanti?

Gunakan Sosial Mediamu

semangat kemerdekaan

DI masa pandemi dimana semua aktivitas dan interaksi lebih banyak di ranah online, saatnya memaksimalkan sosial mediamu untuk meningkatkan dan menjaga semangat kemerdekaan. Kamu bisa mengolah sosial mediamu mulai dari WhatsApp, Instagram, Facebook, ataupun Twitter untuk diisi oleh konten-konten yang berbau kemerdekaan.

Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk membuat konten bersama, membuat video, ataupun tulisan yang isinya mengajak orang-orang untuk menjaga semangat kemerdekaan. Kamu juga bisa mengunggah foto-foto yang beratribut kemerdekaan. Pokoknya gunakan sosial mediamu sekreatif mungkin untuk menumbuhkan semangat kemerdekaan.

Semangat Kemerdekaan, Semangat Untuk Berbagi

semangat kemerdekaan

Dampak pandemi COVID-19 memang sangat terasa di berbagai sektor kehidupan. Tidak hanya sektor kesehatan yang terpengaruh, namun sektor-sektor lain pun ikut terdampak pandemi. Sebut saja sektor ekonomi, sektor pendidikan, dan sektor lingkungan.

Semua sektor sedang berbenah dan beradaptasi kembali dalam kondisi pandemi. Tidak mudah memang tapi juga tidak bisa dihindari. Di masa-masa krisis seperti inilah, semangat kemerdekaan sedang diuji.

Semua orang sedang berjuang untuk bertahan dengan caranya masing-masing. Namun, jika perjuangan dilakukan seorang diri, perubahan yang terjadi di masyarakat mungkin tidaklah besar. Bayangkan jika setiap orang memiliki prinsip gotong royong dan semangat kemerdekaan, bersama-sama kondisi krisis ini akan bisa diatasi.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan bersama orang-orang disekitarmu untuk turut meringankan beban negeri ini di masa pandemi. Dengan terus melaksanakan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak, kamu pun sudah berkontribusi dalam membantu negara ini menghadapi pandemi.

Jika kamu ingin melakukan sesuatu yang lebih kepada masyarakat, kamu bisa melakukan banyak hal untuk membantu mereka. Terutama bagi masyarakat yang paling terdampak wabah virus corona untuk melewati masa krisis pandemi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat masker lalu dibagikan gratis kepada masyarakat yang bekerja di lapangan. Membagikan sayur mayur dan makanan sehat lainnya kepada keluarga-keluarga yang membutuhkan juga bisa dilakukan atau menjadi volunteer guru bantu bagi adik-adik kita yang belajar di rumah selama pandemi.

Semua hal tersebut tidak selalu bisa kamu lakukan sendiri tentunya. Bantuan dan kerja sama dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk menjaga semangat kemerdekaan tetap hidup di tengah masyarakat Indonesia. Ajaklah tetangga, keluarga, dan teman-temanmu untuk turut berbagi di tengah pandemi.

Dengan terus menghidupkan semangat untuk berbagi, maka semangat kemerdekaan pun akan terus terjaga.

Mengapa Menjaga Semangat Kemerdekaan itu Perlu?

Kata “Merdeka” bukanlah kata yang mudah untuk diucapkan berpuluh-puluh tahun yang lalu. Bahkan konsep merdeka pun masih sangat abstrak. Namun, perjuangan para pahlawan lah yang membuatmu dan kita semua bisa berdiri di atas kaki sendiri saat ini.

Semangat kemerdekaan ini merupakan warisan yang harus terus terjaga. Semangat yang melambangkan karakter bangsa Indonesia yang saling tolong menolong dalam prinsip gotong royong. Karena bangsa Indonesia percaya, tantangan apapun yang akan dihadapi bangsa ini di depan, akan bisa dilewati bersama dengan semangat kemerdekaan..

Maka dari itu, penting sekali untuk memupuk nasionalisme dan patriotisme sejak kecil supaya semangat kemerdekaan selalu ada di dalam diri anak bangsa dimana pun mereka berada. Maka dari itu, momen 17 Agustus merupakan momen yang tepat untuk kembali mengingat apa itu semangat kemerdekaan.

Dengan bersama-sama, percayalah tantangan apapun akan siap untuk dihadapi.

Staycation di Hotel Kapsul? Di Bobobox Aja!

semangat kemerdekaan

Masyarakat Indonesia pada dasarnya memiliki corak masyarakat yang kolektif. Semua akan lebih seru jika dilakukan bersama-sama, baik bersama teman, saudara, maupun pasangan. Salah satu kegiatan yang selalu dicari kebersamaannya adalah liburan.

Akan kurang rasanya liburan jika hanya dinikmati sendiri. Maka dari itu, carilah akomodasi liburan yang bisa dinikmati bersama-sama. Salah satu akomodasi penginapan untuk liburan yang memfasilitasi kebersamaan dengan orang-orang terdekat adalah Bobobox. Loh, bukannya Bobobox itu hotel kapsul, ya?

Ya, meskipun Bobobox berkonsep hotel kapsul, pods Bobobox cukup untuk berdua, loh. Kamu pun bisa menginap seru sambil menikmati fitur-fitur pods Bobobx yang sudah terintegrasi IoT bersama sahabat dekatmu.

Tunggu apalagi, maksimalkan liburanmu dengan menginap di Bobobox dan jaga terus semangat kemerdekaan juga kebersamaan. Jangan lupa cek promo-promo Bobobox juga di sini, ya.

 

 

You might also like