Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kehabisan Ide? Ini Dia Cara Meningkatkan Kreativitas yang Bisa Kamu Lakukan

Bengong juga termasuk salah satunya lho

Bobobox.co.id – Ada banyak cara meningkatkan kreativitas. Kamu mungkin pernah merasa buntu atau tidak bisa berpikir out of the box.

Kehilangan momen ‘aha’ tersebut memang bisa membuat frustasi. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Kreativitas adalah kemampuan yang bisa diasah.

Kamu hanya perlu cara meningkatkan kreativitas yang tepat agar kamu bisa kembali menciptakan ide-ide baru dan menyelesaikan masalah dengan cara yang berbeda.

Penasaran apa saja yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kreativitas? Simak terus di sini ya.

Perbanyak asupan otak

cara meningkatkan kreativitas
Photo by Thought Catalog on Unsplash

Kreativitas yang mampet bisa terjadi karena kamu kekurangan referensi. Ada pepatah yang mengatakan jika kamu ingin menulis, kamu harus membaca.

Apa yang kamu keluarkan adalah apa yang kamu konsumsi. Oleh karena itu, jika kamu ingin menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif, jangan lupa untuk memperbanyak referensi.

Cara meningkatkan kreativitas ini bisa kamu lakukan di bidang apa saja. Misalnya, kamu seorang pencipta lagu.

Sebelum kamu bisa menulis lirik yang indah atau membuat nada-nada yang menyentuh, kamu harus mendengarkan lagu-lagu yang memiliki dua elemen tersebut.

Semakin banyak lagu yang kamu dengarkan, semakin kaya juga referensi yang kamu punya untuk membuat lagu.

Dengan demikian, kamu akan lebih kreatif saat menentukan kata-kata atau nada apa yang masuk dalam lagumu.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Parfum Lokal Pria Berikut Bikin Kamu Makin Atraktif!

Luangkan waktu untuk melamun

cara meningkatkan kreativitas
Photo by Ilham Rahmansyah on Unsplash

Ini adalah kebalikan dari cara meningkatkan kreativitas yang pertama. Meskipun begitu, bukan berarti keduanya bertentangan.

Memang benar kamu harus memperbanyak referensi sebagai cara meningkatkan kreativitas. Akan tetapi, seperti gelas, jika terus menerus diisi akhirnya akan tumpah. Kamu perlu membuang airnya untuk bisa kembali mengisi gelas tersebut.

Begitu pula dengan cara meningkatkan kreativitas. Luangkanlah beberapa saat hanya untuk sekadar bengong. Berapa banyak ide-ide kreatif muncul saat kamu sedang mandi atau buang air di kamar mandi?

Hal ini menjukkan, memberi otak istirahat bukan berarti kontra produktif. Sebaliknya, ketika otak memiliki ruang, kamu bisa jadi lebih kreatif. Meditasi, jalan-jalan sore, atau sekadar duduk di taman termasuk dalam cara meningkatkan kreativitas yang satu ini.

Ubah mindset

cara meningkatkan kreativitas
Photo by Dollar Gill on Unsplash

Pola pikir menentukan tindakan yang akan kamu ambil. Oleh karena itu, penting memiliki pola pikir yang tepat saat menghadapi suatu masalah.

Writer’s block misalnya. Fenomena ini sering dihadapi banyak orang dan ketika bertemu dengannya, mereka berpikir mereka adalah orang yang tidak kreatif.

Padahal, writer’s block bisa diselesaikan dengan mengubah mindset. Menurut John Mayer, writer’s block terjadi ketika dirimu sebagai pembaca tidak menyukai dirimu sebagai penulis.

Oleh karena itu, kamu harus menerima ketidaksukaan itu dan mengubahnya menjadi peluang untuk memperbaiki tulisanmu.

Cara meningkatkan kreativitas ini membutuhkan pikiran yang terbuka pada kelemahan sendiri. Kamu harus bisa menerima kekurangan dan melihatnya sebagai peluang untuk memperbaiki apa pun yang sedang kamu kerjakan.

Tingkatkan kemampuan, cara meningkatkan kreativitas

cara meningkatkan kreativitas
Photo by Cristina Gottardi on Unsplash

Cara meningkatkan kreativitas selanjutnya adalah dengan meningkatkan kemampuan. Jika kamu bisa menulis satu halaman, tingkatkan kapasitas menjadi dua halaman. Kemudian, tambah lagi menjadi tiga.

Ketika kemampuanmu bertambah, kamu akan melihat hal-hal yang tidak pernah kamu lihat sebelumnya. Misalkan, kamu menaiki satu anak tangga.

Otomatis kamu hanya bisa melihat apa yang sudah kamu langkahi. Berbeda ketika kamu sudah menaiki lima atau sepuluh anak tangga.

Dengan menerapkan cara meningkatkan kreativitas ini, kamu bisa melihat peluang lebih banyak dan menggunakannya untuk membuat karya baru atau menyelesaikan masalah.

BACA JUGA: Mau Mulai Koleksi Tas Branded? Ini Dia 8 Tips Koleksi Tas Branded!

Mencoba hal-hal baru

cara meningkatkan kreativitas
Photo by Josh Hild on Unsplash

Cara meningkatkan kreativitas yang satu ini mirip dengan memperbanyak referensi. Hanya saja bentuknya merupakan pengalaman.

Mencoba hal baru memberikan kamu kesempatan untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang berbeda-beda. Masalah yang kamu hadapi saat memasak pastinya berbeda dengan yang kamu hadapi saat menulis.

Dengan pengalaman memecahkan masalah yang beragam, kamu akan memiliki banyak pilihan saat dihadapkan dengan masalah lain yang belum pernah kamu pecahkan sebelumnya.

Berolahraga, cara meningkatkan kreativitas

cara meningkatkan kreativitas
Photo by Boxed Water Is Better on Unsplash

Pikiran yang sehat membutuhkan badan yang sehat. Ini adalah cara meningkatkan kreativitas yang tidak boleh kamu lewatkan.

Selain penulis, Haruki Murakami juga seorang pelari profesional. Berlari merupakan kegiatan rutinnya. Hal ini ia lakukan sebagai cara meningkatkan kreativitas dan menjaga pikirannya agar tetap sehat.

Dengan demikian, badannya bisa menunjang kemampuan berpikir kreatif yang membutuhkan banyak tenaga.

Perbaiki suasana hati

cara meningkatkan kreativitas
Photo by Remy_Loz on Unsplash

Suasana hati juga memengaruhi kreativitas. Untuk itu, sebelum kamu beraktivitas, perbaiki suasana hati dengan mengatur ruang kerja, memasang lilin aroma terapi, atau merapikan meja. Hal ini terlihat sederhana namun merupakan cara meningkatkan kreativitas yang efektif.

Konsisten, cara meningkatkan kreativitas

cara meningkatkan kreativitas
Photo by NeONBRAND on Unsplash

Konsistensi merupakan salah satu kunci keberhasilan. Kamu tahu Stephen King? Selama hidupnya, ia sudah menerbitkan 63 novel, 5 nonfiksi, dan 27 buku lainnya.

Stephen King membiasakan dirinya untuk menulis setiap hari setidaknya sebanyak 6 halaman, tak peduli hasilnya bagus atau jelek.

Konsistensi mendatangkan inspirasi terus-menerus. Ide bukanlah buah yang jatuh dari pohon, melainkan buah yang ditanam dari bibit hingga menjadi pohon. Kemudian, dipetik saat sedang ranum.

Awalnya mungkin akan terlihat sulit. Namun, ketika kamu mengerjakan sesuatu secara konsisten, tembok penghalang akan runtuh dan momen apa pun bisa memicu inspirasi.

BACA JUGA: Berani Coba? Inilah 7 Rasa Kit Kat Terunik Di Dunia!

Cara meningkatkan kreativitas mana yang sudah kamu coba?

Ternyata ada banyak cara meningkatkan kreativitas yang bisa kamu coba. Namun, tidak semua bisa dilakukan sekaligus. Kamu harus bisa memilah cara mana yang paling cocok untuk diterapkan.

Cara meningkatkan kreativitas di atas berlaku tidak hanya untuk pekerja kreatif saja lho. Kamu juga bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari, tak masalah apa pun profesimu. Sudah siap unutk menjadi lebih kreatif?

Cari tempat staycation supaya jadi lebih produktif? Di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

You might also like