Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Coba Cara Menikmati Kopi Berikut Ini, Bikin Panjang Umur!

Nggak cuma karena kafeinnya!

Bobobox.co.id – Ada banyak cara menikmati kopi, mulai dari kopi hitam, kopi susu, dan masih banyak lagi. Namun, kopi tak hanya enak untuk diminum sebagai pendamping camilan atau sarapan saja.

Ternyata, ada lho cara menikmati kopi yang bisa bikin kamu lebih sehat dan panjang umur.

Menurut Harvard School of Public Health, orang yang minum kopi hingga delapan cangkir per hari memiliki risiko kematian dini lebih kecil dibandingkan dengan yang tidak minum.

Meskipun begitu, ada cara yang harus kamu ikuti agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari kopi yang kamu minum.

Penasaran bagaimana cara menikmati kopi yang lebih sehat? Simak terus di sini ya.

BACA JUGA: Simak Rekomendasi Makanan Tinggi Kalsium Buat Kamu Yang Punya Intoleransi Laktosa

Cara Menikmati Kopi yang Sehat

cara menikmati kopi
Photo by Mae Mu on Unsplash

Gunakan biji kopi alami

Jika bisa memilih antara biji kopi dan kopi instan, ada baiknya kamu memilih biji kopi. Bukan tanpa alasan, cara menikmat kopi ini tak hanya nikmat tapi juga lebih sehat.

Pasalnya, kopi mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, potasium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan.

Meskipun kopi instan dibuat dari biji kopi dan masih mengandung manfaat di atas, kopi instan sudah ditambahkan bahan kimiawi yang kurang baik untuk kesehatan.

Apabila kamu cara menikmati kopi ini ingin kamu coba, ada dua jenis biji kopi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, yaitu biji kopi arabika dan biji kopi robusta.

Arabika adalah biji kopi berkualitas tinggi dan biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Rasanya lebih asam dan lebih sering digunakan untuk kopi filter.

Di sisi lain, robusta memiliki rasa yang berbeda dengan arabika. Jenis kopi ini lebih pahit dan tidak begitu asam.

Biasanya, robusta dijual lebih murah dan sering digunakan untuk membuat kopi instan yang beredar di pasaran.

Minum kopi hitam

Cara menikmati kopi yang lebih sehat adalah dengan meminum kopi hitam tanpa tambahan apa pun di dalamnya.

Kopi hitam adalah minuman bebas kalori dan kaya akan kafein sehingga dapat merangsang metabolisme dan meningkatkan energi serta menekan rasa lapar.

Selain itu, kopi hitam juga mengandung asam klorogenat yang membantu memperlambat produksi glukosa. Oleh karena itu, apabila kamu menerapkan cara minum kopi ini setelah makan, kamu bisa memperlambat pembentukan glukosa.

Karena dasarnya tidak memiliki kalori, menambahkan lemak seperti krimer ke dalam kopi bisa mengurangi manfaat di atas.

Krimer yang diproduksi secara masal mungkin memilliki kadar gula yang tinggi dan bahan-bahan kimia lain yang bisa mengurangi manfaat kopi.

Jika kamu belum bisa minum kopi hitam, menambahkan susu sapi atau full cream akan lebih baik. Selain itu, susu sapi mengandung beberapa vitamin K yang bisa meningkatkan kesehatan tulang.

Jangan tambahkan gula

Meskipun kopi merupakan minuman sehat, kamu bisas mengubahnya jadi minuman berbahaya jika cara menikmati kopi kamu salah.

Salah satunya adalah dengan menambahkan gula pasir. Gula memiliki jumlah fruktosa yang tinggi dan berpotensi menyebabkan penyakit serius seperti obesitas dan diabetes.

Apabila cara menikmati kopi kamu masih harus menggunakan gula, gunakan pemanis alternatif seperti stevia atau gula aren.

Konsumsi secara rutin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara menikmati kopi dengan rutin bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Menurut situs Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur berpotensi menurunkan risiko kematian akibat berbagai penyakit serius.

Dalam penelitian tersebut, orang yang minum kopi empat sampai lima cangkir per hari memiliki penurunan risiko kematian 12% untuk pria dan 16% untuk wanita.

Meskipun begitu, cara menikmati kopi satu cangkir per hari pun masih memiliki manfaat, yaitu 5 – 6% penurunan risiko kematian dini.

Akan tetapi, jangan minum kopi terlalu banyak. Walaupun minum kopi dalam tertentu menyehatkan, minum terlalu banyak dapat mengurangi manfaatnya secara keseluruhan. Asupan kafein yang berlebihan mungkin memiliki berbagai efek samping yang merugikan.

BACA JUGA: Ayo Jaga Kesehatan Jantung Secara Efektif Dengan 7 Tips Berikut!

Jangan minum kopi terlalu larut

Kafein adalah senyawa yang paling banyak diasosiasikan dengan kopi. Kafein merupakan stimulan yang memberikan energi dan membantu kamu tetap terjaga walau sedang lelah.

Dorongan kafein sangat berguna saat kamu sedang berolahraga atau bekerja di pagi hari. Namun, minum kopi terlalu larut bisa mengganggu jam tidur kamu.

Kualitas tidur yang baik sangat penting bagi kesehatan. Oleh karena itu, atur waktu ngopimu sebaik mungkin. Jangan sampai terlalu sering begadang.

Gunakan bahan alami sebagai tambahan

Cara menikmati kopi dengan alami tanpa tambahan apa pun memang lebih disarankan. Akan tetapi, kamu bisa meningkatkan rasa kopi dengan menambahkan bahan yang juga alami seperti rempah.

Salah satunya adalah kayu manis. Rempah ini memiliki rasa dan aroma yang sangat cocok dengan rasa kopi. Selain itu, cara menikmati kopi ini juga bisa memberikan manfaat kesehatan lain.

Menurut situs Healthline, kayu manis dapat menurunkan kadar gula dalam darah, kolesterol, dan trigliserida pada penderita diabetes.

Jadi, tidak ada salahnya menambahkan sedikit bubuk kayu  manis ke dalam secangkir kopi hitammu.

Apa Kaitannya Kopi dengan Umur Panjang?

cara menikmati kopi
Photo by Fer Stein on Unsplash

Selain kafein, kopi juga kaya akan antioksidan. Ketika kopi terkena air panas saat diseduh, senyawa kimia alami dalam biji kopi bercampur dengan air dan menjadi bagian dari minuman.

Antioksidan adalah salah satunya. Senyawa tersebut mampu melindungi tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas yang merusak.

Oksidasi diyakini sebagai salah satu mekanisme di balik penuaan dan penyakit yang serius seperti kanker dan penyakit jantung.

Meskipun tidak bisa dibandingkan secara langsung dengan kandungan antioksidan dalam buah dan sayuran, kopi berkontribusi banyak bagi asupan antioksidan banyak orang.

Oleh karena itu, pilih cara menikmati kopi yang lebih sehat. Jangan konsumsi hanya karena rasanya dan kafeinnya. Perhatikan juga aspek kesehatan yang berdampak bagi tubuh.

BACA JUGA: Hidup Sehat Dengan Makan Sayur Yang Bisa Dimakan Mentah Berikut Ini

Mau staycation buat healing? Menginap di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

You might also like