Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara Mudah Mengurus Visa Untuk Liburan Keluar Negeri

Sebenarnya tidak terlalu merepotkan, kok!

Bobobox.co.id — Akhir tahun 2019 sudah di depan mata. Sudah banyak hal yang kamu siapkan untuk menyambut tahun baru yang kini bersisa hanya 2 bulan saja. Liburan ke luar negeri bisa jadi salah satu wishlist yang sudah kamu canangkan selama setahun penuh. Tak heran karena selama setahun penuh tersebut, kamu menyisihkan uang jajanmu untuk pergi berlibur ke negera yang kamu idam-idamkan semisal Jepang, Korea, Inggris, dan masih banyak lainnya.

Selain soal bujet yang harus kamu persiapkan dengan mata, hal penting lainnya yang harus kamu urus adalah Visa untuk liburan ke luar negerimu. Visa sendiri merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu negara melalui perwakilannya sebagai dokumen izin seseorang diperbolehkan masuk ke wilayah negara yang bersangkutan. Sehingga, fungsi dari Visa adalah surat ijin untuk memasuki ataupun melakukan perjalan ke suatu negara.

Terdapat beberapa jenis visa yang mesti kamu ketahui. Beberapa diantaranya adalah untuk turis, bisnis, untuk kunjungan keluarga, dan masih banyak lagi. Karena saat ini kamu ingin berlibur, maka yang akan kamu ajukan adalah Visa turis. Nah, kalau kamu termasuk salah seorang yang masih kebingung bagaimana cara untuk mengurus Visa, berikut ini merupakan cara mudah untuk mengurus Visa untuk liburan ke luar negerimu. Check these out!

Memiliki Paspor

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memastikan bahwa kamu sudah memiliki paspor sebelum mengajukan untuk pembuatan Visa. Sebab, dokumen tersebut merupakan salah satu syarat utama bagimu saat pengajuan Visa. Jika kamu belum memilikinya, segeralah untuk membuat paspor terlebih dahulu di kantor imigrasi ataupun secara online. Paspor sendiri biasanya memiliki masa berlaku selama 5 tahun.

Nah, jika kamu memang sudah memiliki paspor, ceklah masa berlaku paspor yang kamu miliki karena jika tidak justru permohonan pengajuan Visamu akan terhambat karena masa berlaku paspor yang telah habis atau akan segera berakhir. Paling tidak, masa berlaku paspormu minimal 6 bulan sebelum melakukan perjalanan. Jika kurang dari masa berlaku minimal, kemungkinan besar pengajuan Visamu harus diulang atau ditolak.

Tambahan lainnya jika kamu masih berusia di bawah 18 tahun, kamu akan membutuhkan formulir tambahan yang harus kamu siapkan dan juga Kartu Tanpa Penduduk (KTP) orangtuamu untuk mengurus Visa.

visa paspor

Mengisi Formulir Pengajuan Visa

Selanjut yang kamu perlu lakukan adalah mengisi formulir pengajuan Visa. Dengan teknologi yang semakin maju, kini kamu bisa dengan mudah dan praktis mengisi formulir yang disediakan secara online. Formulir tersebut disediakan oleh masing-masing kedutaan negara tujuan liburanmu nantinya.

Kamu tinggal mengunduh formulirnya di situs resmi kedutaan masing-masing dan isilah semua data yang diminta dengan benar dan teliti. Setelah selesai mengisi tiap datanya, cek kembali semua data yang sudah kamu isi sebelumnya. Terkadang ada beberapa typo yang harus kamu perbaiki karena kesalahan kecil akan berpengaruh terhadap proses pengajuan Visa yang kamu lakukan.

via easytravel.co.tz

Lampiran Bukti Finansial

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melampirkan bukti finansial atau keuangan di bank. Dokumen ini wajib kamu lampirkan ke kedutaan sebagai syarat bahwa kamu mampu bertahan hidup selama melakukan perjalanan di luar negeri. Buktinya bisa berupa fotokopi buku tabungan, rekening koran, ataupun slip gaji.

Usahakanlah paling tidak keuanganmu dalam keadaan stabil selama paling tidak 3 bulan terakhir. Sehingga, soal jumlahnya, tidak perlu terlalu banyak, asalkan jumlah tersebut memang sudah mencukupi untuk biaya keperluanmu selama berada di negara tujuan liburanmu nantinya.

Bukti Pembayaran Visa

Proses selanjutnya yang harus kamu tempuh adalah membayar biaya administrasi pengurusan Visa. Masing-masing negara memiliki jumlah total dan cara yang berbeda untuk pembyarannya. Ada yang mengharuskanmu untuk membayar sebelum melakukan pemohonan Visa. Sehingga, saat kamu memulai pengajuannya, bukti pembayaran yang sudah kamu lakukan harus kamu lampirkan.

Biasanya, kamu bisa dengan mudah mengecek informasi terkait pembayaran Visa melalui situs resmi kedutaan. Di sana, kamu akan mendapatkan informasi yang lumayan detil seperti bank apa yang digunakan untuk melakukan pembayaran dan sebagainya. Jadi, pastikan telah membayar dan membawa bukti pembayaran saat mengajukan Visa untuk liburanmu.

via giftcards.com

Menyiapkan Dokumen Pendukung

Setelah menyiapkan dokumen pendukung seperti paspor, bukti finansial, dan bukti pembayaran Visa, kamu pun wajib untuk menyiapkan dokumen pendukung lainnya. Dokumen pendukung tersebut diantaranya pas foto, akte kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), jadwal penerbangan dan tiket pesawat, serta surat keterangan kesehatan (jika negara tujuanmu sedang terjadi penularan wabah penyakit).

Nah, untuk pas foto sendiri, ketahuilah informasi mengenai jumlah, ukuran, background foto serta ketentuan lainnya melalui situs resmi kedutaan yang bersangkutan. Hal ini dilakukan agar pas foto yang kamu berikan sudah sesuai standar yang ditentukan. Tak lupa juga kalau pada pas foto yang kamu berikan, wajahmu terlihat jelas, rapi, dan tidak mirip dengan telinga yang harus terlihat dan rambut tidak menutupi area wajah.

via rd.com

Membawa Surat Keterangan Kunjungan

Cara mudah terakhir untuk mengurus Visa adalah dengan melampirkan surat keterangan kunjunganmu. Maksudnya adalah apa tujuanmu saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Pastikan kamu mempunyai informasi yang lengkap mengenai keperluanmu pergi ke negara yang kamu tuju.

Dalam hal ini, kamu mempersiapkan informasi terkait liburanmu ke luar negeri dengan matang. Semakin jelas keperluanmu, maka akan semakin mudah pula Visa yang kamu ajukan akan disetujui.

Bahkan untuk beberapa negara, kamu tidak hanya diminta surat keterangan kunjungan, tetapi kamu pun akan diminta untuk wawancara. Tak perlu khawatir karena wawancaranya pun hanya sebatas menanyakan informasi umum dan pengecekan kembali terkait latar belakangmu. Asalkan tidak grogi dan menjawab semua pertanyaan dengan jujur, kamu bakal aman kok!

Menginap di Bobobox

Saat traveling hemat ke luar negeri seperti Jepang, untuk menekan pengeluaran, akomodasi penginapan yang kamu pilih tentu harus sesuai dengan bujet yang sudah ditentukan. Salah satu akomodasi penginapan yang cukup terjangkau harganya adalah hotel kapsul.

Hotel kapsul memang terkenal dengan harganya yang relatif murah namun dengan fasilitas yang kekinian. Nah, setelah pulang liburan dan masih ingin merasakan pengalaman menginap di hotel kapsul seperti saat berada di Jepang, di Indonesia pun kamu bisa menikmati sensasi yang sama.

Tidak percaya? Cobalah untuk datang ke Bobobox yang berada di Bandung dan Kebayoran Baru, Jakarta. Hotel kapsul ini mengusung konsep yang futuristik dan kekinian. Fasilitas yang diberikan pun tidak kalah keren lho. Mulai dari pengeras suara Bluetooth dengan lampu led yang siap menemanimu saat berada di dalam podnya, spot yang instagramable, hingga QR Code untuk keamanan pod yang kamu sewa.

Pemesanan tiap podnya tergolong praktis dan mudah. Bagi kamu pengguna Android ataupun iOS, kamu bisa mengunduh aplikasi Bobobox secara gratis App Store dan Play Store. Lewat aplikasinya, kamu sudah bisa memesan pod yang kamu inginkan tanpa perlu repot datang langsung. Promo menarik lainnya sudah menunggumu lho!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.