Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Simak 10 Cara Menghilangkan Stretch Mark Paling Efektif yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Lakukan secara rutin, ya!

Bobobox.co.id — Salah satu masalah yang kerap dialami oleh wanita setelah melahirkan adalah stretch mark. Tak heran juga jika setelah melahirkan, banyak yang mencari cara menghilangkan stretch mark.

Pasalnya, stretch mark kerap menurunkan kepercayaan diri seseorang. Bahkan, beberapa orang kerap merasa frustasi dengan timbulnya stretch mark pada bagian tubuh khususnya pada bagian perut.

Namun, bagi kamu yang memiliki stretch mark, kamu tak perlu khawatir. Ada beberapa cara secara alami dan medis yang bisa kamu lakukan di rumah guna menghilangkan stretch mark tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah sepuluh cara menghilangkan stretch mark paling efektif yang bisa kamu coba di rumah. Lakukan beberapa cara di bawah ini secara rutin, ya!

Berikut adalah Cara Menghilangkan Stretch Mark

1. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan stretch mark pertama adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun sendiri mengandung komponen baik seperti vitamin E dan antioksidan yang disebut polifenol.

Kedua kandungan tersebut dan kandungan lainnya pada minyak zaitun berperan penting dalam proses menghilangkan strech mark. Hal tersebut terjadi karena regenerasi kulit yang mengalami kerusakan.

Untuk menggunakan minyak zaitun ini, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sdt minyak zaitun dengan 1 sdm madu. Kemudian, oleskan pada bagian tubuhmu yang memiliki stretch mark.

Minyak zaitun cara menghilangkan stretch mark
Minyak zaitun via pexels.com/@mareefe

2. Kopi

Cara menghilangkan stretch mark berikutnya yang terbuktif efektif adalah dengan memanfaatkan bii kopi. Bagi penikmat kopi, kamu mungkin bisa memanfaatkan biji kopi yang ada di rumahmu.

Cara memanfaatkan biji kopi untuk hilangkan stretch mark terbilang sederhana. Kamu bisa langsung melakukannya di rumah karena bahan pendukungnya pun tak sulit untuk kamu temukan.

Untuk menghilangkan stretch mark, haluskan biji kopi terlebih dahulu. Kemudian, campur dengan air hangat sampai membentuk pasta. Lalu, oleskan secara merata dan rutin pada bagian stretch mark.

Kopi cara menghilangkan stretch mark
Kopi via pexels.com/@negativespace

3. Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal sebagai bahan alami yang kerap direkomendasikan untuk masalah kesehatan kulit. Hal tersebut berlaku bagi kamu yang mengalami masalah stretch mark setelah melahirkan misalkan.

Cara menghilangkan stretch mark ini disebabkan kandungan dalam lidah buaya. Mulai dari enzim, mineral, serta vitamin berperan aktif dalam menghilangkan stretch mark bahkan menjaga kulit tetap elastis.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Ambil gel lidah buaya lalu oleskan secara merata pada bagian stretch mark. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Lidah buaya cara menghilangkan stretch mark
Lidah buaya via unsplash.com/@pisauikan

Baca Juga: 10 Tips Hilangkan Bau Badan Secara Alami. Dijamin Berhasil!


4. Lotion

Jika kamu memiliki stretch mark, cara menghilangkan stretch mark lainnya adalah dengan menggunakan lotion. Penggunaan lotion secara rutin mampu menghilangkan masalah tersebut.

Walaupun begitu, kamu wajib memilih lotion yang cocok untuk jenis kulitmu. Lotion dengan kandungan petroleun jelly bisa jadi pilihan tepat yang di mana manfaatnya tak hanya sekadar mengatasi stretch mark.

Dengan pemakaian teratur, kulitmu akan semakin kenyal dan lembap. Tak hanya itu, manfaat lain yang bisa didapat dari pemakaian lotion secara teratur adalah terjaganya elastisitas kulitmu.

Lotion cara menghilangkan stretch mark
Lotion via pexels.com/@moose-photos-170195

5. Bubuk Cokelat

Memiliki bubuk cokelat tawar dirumah? Kamu bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara menghilangkan stretch mark yang terbukti ampuh dalam mengatasi masalah kulit yang sedang kamu hadapi.

Untuk menghilangkan stretch mark dengan bubuk cokelat, kamu menjadikan bubuk cokelat tersebut menjadi semacam pasta. Caranya adalah dengan memberi bubuk cokelat sedikit air agar lebih mengental.

Setelah itu, oleskan pada bagian yang terdapat stretch mark. Diamkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih. Lakukan secara teratur setelah mandi minimal dua kali sehari selama dua bulan berturut-turut.

Bubuk cokelat cara menghilangkan stretch mark
Bubuk cokelat via pexels.com/@samerdaboul

6. Lemon

Manfaat lemon untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi. Selain baik untuk kesehatan kulit wajah, lemon pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam cara menghilangkan stretch mark pada tubuh.

Lemon dikenal kaya akan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan. Di samping itu, kandungan asam alpha hidroksi pada lemon baik untuk menangkal radikal bebas yang ada dalam kulitmu.

Cara memanfaatkan lemon ini pun sangat sederhana. Kamu hanya perlu mengoleskan air perasan lemon pada stretch mark. Hal tersebut yang nantinya akan membantu dalam regenerasi kulit.

Hati-Hati! 7 Jenis Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Kulkas
@eggbank via Unsplash

Baca Juga: Sering Alami Kesemutan? Ini Dia Cara Mengatasi Kesemutan Dengan Ampuh!


7. Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari adalah sebuah kewajiban. Pasalnya, banyak manfaat air putih yang bisa kamu dapat dengan mengonsumsi sesuai kebutuhan cairan sehari-hari.

Salah satunya adalah menghilangkan stretch mark. Dengan meminum minimal delapan gelas sehari, hal tersebut akan membantumu dalam mencegah penurunan elastisitas kulit dan mempercepat regenerasi kulit.

Untuk hasil optimal, cara menghilangkan stretch mark ini bisa dikombinasikan dengan olahraga rutin. Saat olahraga rutin, kulitmu akan mengencang secara alami dan stretch mark akan otomatis menghilang.

Konsumsi Air Putih cara menghilangkan stretch mark
Konsumsi air putih via pexels.com/@daria

8. Kentang

Kentang dikenal sebagai salah satu bahan makanan dengan karbohidrat tinggi. Tak hanya itu, kentang pun kerap dijadikan sebagai bahan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit seperti dijadikan sebagai masker.

Nah, kentang pun bisa kamu gunakan sebagai penghilang stretch mark. Kandungan mineral pada kentang yang menjadi antibiotik alami yang di mana membantu dalam meregenerasi kulit.

Cara menghilangkan stretch mark dengan kentang cukup mudah. Tumbuk halus kentang yang telah direbus. Campur dengan 2 sdm susu dan oleskan pada bagian stretch mark. Diamkan selama 30 menit lalu bilas.

Kentang cara menghilangkan stretch mark
Kentang via unsplash.com/@jeshoots

9. Cocoa Butter

Tak hanya bubuk cokelat, cocoa butter pun bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan stretch mark. Pasalnya, banyak kandungan dalam cocoa butter yang terbukti baik untuk kulit.

Sebut saja alsium, potasium, seng, vitamin E, dan kandungan lainnya. Kandungan tersebut memiliki peranan penting dalam melembutkan, melembabkan, serta menangkal radikal bebas pada kulit.

Pengaplikasiannya pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan cocoa butter pada area yang memiliki stretch mark. Lakukan hal tersebut sebanyak dua kali sehari untuk menghilangkan stretch mark.

Cocoa Butter cara menghilangkan stretch mark
Cocoa butter via Adobestock

Baca Juga: Kerap Merasa Cemas? Simak 10 Tips Mengatasi Cemas Berlebihan Berikut Ini


10. Tindakan Medis

Cara menghilangkan stretch mark terakhir adalah dengan melakukan tindakan medis. Ada beberapa tindakan medis yang bisa kamu pilih dan disesuaikan dengan keinginanmu dalam mengatasi masalah kulitmu.

Misalkan saja, kamu bisa memilih teknik laser. Teknik tersebut mengharuskanmu untuk merogoh kocek relatif dalam. Di samping itu, ada juga microdermabrasion sebagai pilihan lainnya.

Terapi tersebut akan menghilangkan lapisan kulit paling atas untuk mendorong pertumbuhan kulit baru. Pilihan terakhir ada penggunaan krim tretinoin yang tinggal kamu oleskan pada bagian stretch mark.

Terapi laser cara menghilangkan stretch mark
Terapi laser via istockphoto.com/Jun

Menginap dengan Harga Terjangkau? Datang aja ke Bobobox

Bingung mencari penginapan dengan harga terjangkau namun fasilitasnya mumpuni? Langsung saja datang ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan rate harga yang ramah dengan dompet namun dengan fasilitas bintang lima.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

bobobox luas

You might also like