Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mata Panda Semakin Menghitam, Inilah 10 Cara Menghilangkan Mata Panda

Biar tak terlihat lusuh

Bobobox.co.id — Lingkar hitam di bawah mata, atau disebut juga mata, panda merupakan kondisi perubahan warna kulit di bawah mata. Jika kamu mengalaminya, ada beberapa cara menghilangkan mata panda.

Dengan mengaplikaskan cara-cara yang akan Bob share, lingkar hitam di bawah mata pun akan berkurang. Oleh karena itu, penampilanmu pun kembali normal dan tak tampak lusuh dan lebih tua saat mata panda menghitam.

Berikut ini merupakan 10 cara menghilangkan mata panda yang bisa kamu lakukan di rumah. Jangan dibiarkan terus menerus hingga mata panda semakin menghitam.

Berikut adalah Cara Menghilangkan Mata Panda

1. Hindari Begadang

Cara menghilangkan mata panda pertama adalah dengan menghindari begadang. Pasalnya, pada banyak kasus, kemunculan lingkar hitam di bawah matamu biasanya disebabkan oleh kebanyakan begadang.

Untuk itu, usahakanlah untuk tidur lebih awal dan sebisa mungkin untuk menghindari begadang sampai dini hari. Waktu ideal untuk tidur bagi orang dewasa sendiri berkisar pada tujuh hingga delapan jam per hari.

Selain sebagai cara menghilangkan mata panda, mencukupi kualitas tidur memberikan manfaat yang tak kalah baik untuk kesehatan. Misalkan saja, kamu bisa lebih berkonsentrasi dan bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Hindari begadang cara menghilangkan mata panda
Hindari begadang via Katarzyna Bialasiewicz | Dreamstime.com

2. Mengatur Posisi Tidur

Tak hanya sebisa mungkin untuk terlalu sering begadang, mengatur posisi tidur adalah cara menghilangkan mata panda berikutnya. Pasalnya, posisi tidur pun berpengaruh dalam menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Posisikan kepalamu cukup tinggi dengan menggunakan beberapa bantal. Dengan begitu, cairan mata tidak menggenang pada bagian bawah dan mengurangi pembengkakak di bawah akibat penumpukan cairan.

Namun, untuk mengaplikasikannya, pastikan bahwa bantal yang digunakan adalah bantal yang empuk dan nyaman. Hindarilah dalam menggunakan bantal yang terlalu keras karena justru bisa membuat leher sakit.

Atur posisi tidur cara menghilangkan mata panda
Atur posisi tidur via unsplash.com/@tsujigimi

3. Kompres Dingin

Saat mengalami cedera, kompres dingin menjadi andalan dalam menangani rasa sakit. Di samping baik untuk menangani kondisi cedera, kompres dingin pun bermanfaat sebagai pilihan cara menghilangkan mata panda.

Kompres dingin bekerja dalam membantu meredakan bengkak dan mengecilkan pembunuh darah yang membesar di bawah mata. Hasilnya adalah lingkar hitam sekaligus kantung mata pun perlahan tersamarkan.

Kamu cukup bungkus es batu dengan kain bersih atau rendam kain dalam air dingin. Lalu, tempelek kompres dingin yang sudah dipersiapkan di kulit sekitar mata yang menggelap selama 15 hingga 20 menit.

Kompres dingin cara menghilangkan mata panda
Kompres dingin via deavita.net

Baca Juga: Alami Stres Berat? Lakukan Tips Menurunkan Stres Dari Bob Berikut Ini


4. Manfaat Bahan Alami

Beberapa orang lebih senang menghilangkan mata panda dengan menggunakan bahan alami. Nah, untuk cara menghilangkan mata panda ini, kamu bisa memanfaatkan timur yang tak terpakai di rumah.

Timun sendiri dapat menenangkan mata lelah dan bengkak. Hal tersebut terjadi berkat kandungan timun yang tinggi air dan vitamin C di mana dapat membantu melembabkan kulit dan menjaga kulit tetap sehat.

Cukup potong timun yang sudah dibersihkan tipis-tipis. Setelah itu, letakkan pada bagian bawah matamu. Tempelek timun tersebut pada selama kurang lebih 16 menit dan lakukan dengan rutin untuk dapatkan hasil optimal.

Mentimun cara menghilangkan mata panda
Mentimun via unsplash.com/@harshalhirve

5. Kompres dengan Kantong Teh Celup

Teh merupakan salah satu minuman yang mudah dijumpai di hampir semua rumah di Indonesia. Jika kamu mengalami lingkar mata menghitam atau kantong mata membengkak, gunakanlah kantong teh celup.

Kandungan kafein dan antioksidan berperan penting dalam membantu merangsang sirkulasi darah. Selain itu, keduanya tersebut mampu mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi retensi cairan di bawah kulit mata.

Cara menghilangkan mata panda ini dilakukan dengan mendinginkan kantong teh bas yang telah dicelupkan ke air panas ke kulkas selama lima menit. Tempelkan kompres tersebut pada mata selama 20 menit.

Kompres dengan kantong teh celup cara menghilangkan mata panda
Kompres dengan kantong teh celup via unsplash.com/@k8_iv

6. Kurangi Konsumsi Alkohol dan Kafein

Kopi merupakan salah satu minuman sebagai teman mengerjakan tugas kantor ataupun kuliah. Namun, siapa sangka jika kafein dalam kopi dapat menyebabkan dehidrasi ringan yang justru memperparah mata pada.

Oleh karenanya, cara menghilangkan mata panda adalah dengan mulai mengurangi konsumsi kopi dan minuman berkafein lainnya. Tak hanya itu, kamu pun perlu menghindari untuk minuman beralkohol.

Jika kamu termasuk penikmat kopi atau minuman berkafein lainnya, ada cara untuk mengakali yang bisa dipilih. Caranya adalah dengan meminum minuman berkafein di pagi atau sore hari dan jangan di malam hari.

Kurangi konsumsi kafein cara menghilangkan mata panda
Kurangi konsumsi kafein via pexels.com/@kaboompics

Baca Juga: Simak 7 Makanan Pencegah Sesak Napas. Alami Dan Mudah Didapat!


7. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Meminum air putih guna penuhi kebutuhan cairan tubuh memberikan berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Di samping untuk menjaga kesehatan kulit, memenuhi cairan tubuh bisa berguna sebagai cara menghilangkan mata panda.

Menghitamnya area bawah mata bisa menjadi indikasi di mana kamu mengalami dehidrasi. Untuk mengembalikan kulit sekitar mata kembali normal, kamu perlu meningkatkan asupan cairan yang dirasa kurang.

Setidaknya, minumlah delapan gelas air sehari. Namun, patokan tersebut bergantung dengan berat badanmu. Untuk itu, sesuaikan kembali kebutuhan cairan tubuh yang seharusnya kamu penuhi dalam sehari.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh cara menghilangkan mata panda
Penuhi kebutuhan cairan tubuh via pexels.com/@daria

8. Pijat Lembut Area Sekitar Mata

Salah satu penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata adalah buruknya sirkulasi di sekitar mata. Untuk mengatasinya, kamu bisa memijat lembut area sekitar mata sebagai cara menghilangkan mata panda.

Cara tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kelancaran sirkulasi darah. Namun, kamu wajib berhati-hati dalam memijat area sekitar mata. Jika tak yakin, minta bantuan pada tenaga profesional untuk lebih amannya.

Lakukanlah cara menghilangkan mata panda ini saat hendak tidur. Pijat area lingkatan mata dan area sepanjang alis. Jangan lupa juga untuk memijat bagian atas tulang pipimu juga selama kurang lebih 30 detik.

Pijat lembut area sekitar mata cara menghilangkan mata panda
Pijat lembut area sekitar mata via pexels.com/@ekaterina-bolovtsova

9. Gunakan Produk Perawatan Antioksidan

Mata panda belum menghilang sepenuhnya walau sudah mencoba berbagai cara alami di atas. Kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan produk perawatan sebagai cara menghilangkan mata panda.

Dalam banyak kasus, krim mata bisa berguna untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Ditambah dengan produk skincare yang mengadung antioksidan, keduanya dapat membantu kurangi lingkar hitam.

Namun, untuk cara menghilangkan mata panda ini, pastikan bahwa produk yand digunakan sesuai dengan jenis kulitmu. Jika alami gejala tak biasa, segeralah untuk hentikan penggunaannya dan konsultasi dengan dokter.

Produk perawatan antioksidan cara menghilangkan mata panda
Produk perawatan antioksidan via unsplash.com/@elsaolofsson

Baca Juga: Buang Air Besar Kelewat Lancar? Ini Dia Obat Diare Alami Yang Mudah Kamu Temui


10. Lakukan Perawatan Medis

Jika cara-cara di atas kurang berhasil, kamu bisa melakukan cara menghilangkan mata panda terakhir yakni melakukan perawatan ke dokter. Sebelum perawatan, dokter biasanya akan menawarkan berbagai prosedur.

Pada saat tersebut, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu risiko dan efek samping yang mungkin terjadi. Pastikan juga bahwa kamu datang ke dokter spesialis kulit profesional yang sudah berpengalaman.

Beberapa perawatan yang biasa ditawarkan antara lain chemical peeling, operasi laser, tissue fillers, hingga operasi pembuangan lemak berlebih dari kulit. Untuk itu, sediakan biaya bergantung prosedur yang dipilih.

Lakukan perawatan medis cara menghilangkan mata panda
Lakukan perawatan medis via unsplash.com/@impulsq

Menginap yang Bikin Bahagia? Ya di Bobobox

Bosan dengan pengalaman menginap yang itu-itu saja? Kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap yang berbeda saat kamu menginap di Bobobox.

Pasalnya, Bobobox sendiri menyediakan fasilitas yang mampu membuatmu serasa berada di masa depan. Tidak heran jika banyak orang yang merasa bahagia sehabis menginap di Bobobox.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

bobobox luas

You might also like