Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Punya Bekas Luka yang Mengganggu? Ini Dia Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Ampuh

Katakan selamat tinggal pada bekas luka kamu!

Bekas luka terutama pada bagian yang tidak tertutup oleh pakaian seperti di kaki atau bagian tubuh lainnya dapat sangat mengganggu, apalagi jika bekas luka tersebut menghitam sehingga kerap mengundang anggapan bahwa kamu tampak lusuh dan terkesan tidak higienis. Hal ini tentu akan menjengkelkan terutama jika kamu sangat memperhatikan penampilan kamu. Tidak menutup kemungkinan hal ini juga bisa saja menurunkan rasa percaya diri kamu di depan banyak orang.

Bekas luka sendiri merupakan proses yang wajar dalam penyembuhan luka dan kerap diiringi dengan rasa gatal. Bekas luka tersebut ada yang menghilang seiring dengan berjalannya waktu, namun ada juga yang masih tertinggal di kulit. Bekas luka yang tertinggal ini biasanya terjadi karena saat luka mengering, kamu malah menggaruk rasa gatal tersebut sehingga luka pun menjadi berbekas dan menghitam.

Bekas luka umumnya bisa dihilangkan dengan cepat oleh dokter spesialis kulit. Hanya saja, hal terssebut tentu tidak murah. Oleh karena itu, sebagai alternatif kamu bisa mencoba cara-cara menghilangkan bekas luka dengan bahan-bahan alami. Apa saja cara menghilangkan bekas luka tersebut? Yuk simak informasinya berikut ini!

Pepaya

@charlesdeluvio via Unsplash

Salah satu cara menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan buah pepaya. Kamu hanya perlu menghaluskan buah pepaya yang sudah matang lalu oleskan pada bekas luka kamu. Saat membersihkan buah pepaya tersebut dari bekas luka kamu, kamu bisa sambil memijit area tersebut untuk membantu mengangkat sel-sel kulit matinya.

Buah pepaya sendiri dikenal memiliki asam buah yaitu asam alfa hidroksi (AHA) yang merupakan eksfolian alami. Asam tersebut bekerja memperbaiki kulit kamu dengan menghilangkan lapisan atas kulit sehingga sel kulit mati dan kusa akan tergantikan dengan sel kulit baru.

Vitamin C

@louishansel via Unsplash

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya adalah dengan buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti lemon dan jeruk nipis. Selain itu, sama halnya seperti pepaya, buah tersebut juga mengandung AHA yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi sel kulit.

Lemon dan jeruk nipis juga kaya akan antioksidan dan vitamin C yang juga bagus untuk meningkatkan elastisitas serta mengangkat sel kulit mati serta meningkatkan produksi kolagen di bawah permukaan kulit. Dengan begitu, bekas luka yang menghitam dapat segera memudar.

Untuk lemon, kamu bisa mengoleskan perasan air lemon atau menggosokkan potongan buah tersebut pada bekas luka kamu secara rutin sehingga perlahan-lahan bekas luka tersebut bisa memudar. Jika ingin menggunakan jeruk nipis, kamu bisa menggosokkan jeruk nipis yang telah dibagi menjadi dua pada kulit kamu secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Jangan lupa gunakan pelembab setelah kamu menggunakan lemon atau jeruk nipis agar kulit kamu tidak menjadi kering.

Lidah Buaya

@Racool_studio via Freepik

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah dengan penggunaan lidah buaya. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan lidah buaya yang sudah dalam bentuk gel yang dijual di pasaran. Lidah buaya sendiri memiliki kandungan antinflamasi yang berguna untuk mengurangi iritasi serta mempercepat proses regenerasi kulit. Cukup oleskan lidah buaya tersebut pada bekas luka kamu dan biarkan benar-benar meresap.

Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya asli dengan mengambil daging bagian tengahnya. Oleskan bagian tersebut pada bekas luka kamu dan diamkan sekitar 15 menit. Lalu bilaslah dengan air. Untuk hasil maksimal dari kedua cara menghilangkan bekas luka tersebut, lakukanlah dua kali sehari sebelum dan setelah bangun tidur.

Minyak

@robertina via Unsplash

Ada berbagai macam minyak yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas luka yang mengganggu. Sebut saja minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almon hingga minyak esensial.

Jika ingin menggunakan minyak zaitun, kamu bisa mencampurkan satu sendok minyak zaitun dengan satu sendok madu. Lalu, oleskan campuran tersebut pada bekas luka kamu. Minyak zaitun sendiri memiliki kandungan asam linoleat yang dapat membantu memudarkan bekas luka yang menghitam. Kandungan polifenolnya juga berguna untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Selain itu, minyak tersebut juga kaya akan vitamin K dan E yang sangat baik untuk kulit kamu.

Jika tidak ada minyak zaitun, kamu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa yang kaya akan asam laurat, dekanoat dan kaprilat. Kandungan tersebut berperan dalam meningkatkan kolagen pada kulit kamu. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak pada bekas luka kamu selama 10 menit lalu biarkan menyerap hingga satu jam. Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak kelapa ini bisa kamu lakukan dua sampai empat kali dalam sehari.

Minyak lainnya yang bisa kamu coba adalah minyak lavender. Minyak lavender ini memiliki banyak kandungan (seperti antijamur, antiinflamasi dan antimikroba) yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka sehingga bekas luka menghitam bisa tersamarkan secara perlahan.

Kamu bisa mencampurkan tiga tetes minyak lavender dengan tiga sendok makan minyak zaitun. Lalu, oleskan sambil pijatkan minyak tersebut pada bekas luka selama lima menit. Setelah itu, biarkan selama 30 menit lalu cuci dengan air hangat. Kamu bisa melakukannya tiga dalam sehari.

Bawang Merah

@mufidpwt via Unsplash

Meskipun berbau agak menyengat, bawang merah ternayata juga bisa kamu gunakan untuk mencoba menghilangkan bekas luka yang menghitam. Bawang merah sendiri memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi, antioksidan dan antibakteri yang cocok untuk mempercepat proses penyembuhan.

Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan ekstrak bawang merah pada bekas luka kamu. Kamu bisa memarutnya lalu memeras hasil parutan itu untuk mendapatkan ekstrak tersebut. Biarkan ekstrak mengering pada bekas luka kamu. Setelah 15 menit, kamu bisa membilasnya dengan air. Kamu bisa mempraktikkan cara menghilangkan bekas luka ini sekitar tiga sampai empat kali sehari.

Teh Hijau

@matchaandco via Unsplash

Teh hijau juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka yang mengganggu. Caranya adalah dengan  menggosokkan ampas teh hijau pada bekas luka secara rutin setiap hari. Teh hijau sendiri terkenal mengandung katekin yang bersifat antioksidan, antibakteri serta antiinflamasinya sehingga bisa dipakai untuk mengatasi banyak masalah kulit.

Kencur

via foodrepublic.com

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kencur. Bahan yang satu ini memang sudah terkenal sebagai campuran jamu yang berkhasiat menghilangkan bekas luka. Untuk memperoleh manfaatnya, kamu bisa membuat ramuan beras kencur dari segenggam beras dan empat buah kencur. Beras tersebut perlu direndam terlebih dahulu selama sekitar tujuh menit.

Setelah itu, tumbuk kedua bahan tersebut dan tambahkan sedikit air sehingga teksturnya seperti salep. Oleskan campuran tersebut pada bekas luka kamu.

Setelah bekas luka kamu cukup memudar, kamu bisa lebih leluasa untuk bergerak dan mengenakan pakaian kesukaan kamu baik untuk bekerja, hang out atau berlibur.

Ngomong-ngomong soal liburan, selain menyiapkan pakaian yang nyaman kamu juga tentu memerlukan akomodasi yang tak kalah menyenangkan. Bingung mau pilih penginapan apa? Ke Bobobox saja yuk!

Hotel kapsul berlogo koala ini menawarkan akomodasi dengan fasilitas berbalut teknologi canggih yang akan membuat kamu betah berlama-lama di sana. Hotelnya pun sudah bisa kamu jumpai di banyak kota di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Solo. Biar tidak ketinggalan informasi terbaru serta promo-promo menariknya, yuk unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store!

You might also like