Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Susah Tidur Karena Batuk? Ini Dia Cara Menghentikan Batuk Saat Tidur

Nggak usah khawatir, cara menghentikan batuk saat tidur ini mudah untuk dicoba lho

Batuk adalah kondisi yang mengganggu. Tak hanya saat sedang beraktivitas, batuk juga dapat mengganggu tidur. Supaya kamu bisa tidur dengan nyenyak, yuk simak cara menghentikan batuk saat tidur berikut ini.

Tidur dengan bantal yang lebih tinggi

cara menghentikan batuk saat tidur
Photo by Awesome Sauce Creative on Unsplash

Tidur tanpa menggunakan bantal dapat membuat lendir menumpuk di dalam tenggorokan. Hal inilah kemudian yang memicu batuk. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan bantal lebih banyak sebagai cara menghentikan batuk saat tidur. Tidak perlu terlalu tinggi. Cukup supaya lendir tidak naik ke atas. Soalnya, kalau terlalu tinggi leher kamu bisa sakit.

Gunakan humidifier sebagai cara menghentikan batuk saat tidur

cara menghentikan batuk saat tidur
Photo by Jopeel Quimpo on Unsplash

Cara menghentikan batuk saat tidur selanjutnya adalah dengan menggunakan humidifier. Udara yang kering dan panas berpotensi untuk membuat tenggorokan dan saluran pernapasan kamu terkena iritasi. Hasilnya, kamu akan mudah untuk batuk.

Nah, humidifier memiliki peran untuk memproduksi uap sejuk yang dapat membuat udara di kamar kamu tetap lembap. Dengan demikian, tenggorokan kamu bisa terasa lebih baik.

Akan tetapi, kamu harus tetap waspada untuk tidak terlalu membuat udara di kamar kamu menjadi terlalu lembap. Alergen seperti tungau dan debu bisa lebih berbahaya di udara yang terlalu lembap.

Akibatnya, cara menghentikan batuk saat tidur ini malah membuat kamu berpotensi untuk terkena asma. Untuk memastikan kelembapan kamar kamu berada di tingkat yang direkomendasikan, yaitu 50 persen, gunakan hygrometer, alat pengukur kelembapan udara.

Cara menghentikan batuk saat tidur dengan minum madu

carar menghentikan batuk saat tidur
Photo by David Mao on Unsplash

Cara menghentikan batuk saat tidur berikutnya adalah dengan mengonsumsi madu sebelum tidur. Madu yang dilarutkan dengan air panas bisa membantu mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan.

Menurut situs Healthline, diambil dari penelitian tahun 2007, madu adalah cara menghentikan batuk saat tidur yang lebih efektif dibandingkan dextromethorphan, obat pereda batuk.

Tidak hanya dengan air putih, kamu juga bisa melarutkan madu dengan minuman tanpa kafein lain seperti teh kamomil atau air perasan jeruk lemon. Cara menghentikan batuk saat tidur yang satu ini tergolong mudah untuk dilakukan.

Selalu pastikan kebersihan kamar kamu

cara menghentikan batuk saat tidur
Photo by Holly Stratton on Unsplash

Kamar yang kotor dan penuh debu bisa menjadi penyebab kamu sering batuk di malam hari. Apalagi jika kamu memiliki alergi. Hal-hal pemicu alergi seperti debu, jamur, dan serbuk sari dari tanaman harus kamu bersihkan dari kamar. Hal ini dikarenakan allergen-alergen tersebut dapat memicu batuk dan memproduksi lendir yang dapat berujung pada sinus.

Cara menghentikan batuk saat tidur berikutnya bisa kamu lakukan dengan memastikan kebersihan kamar. Cucilah seprai dan sarung bantal dengan air panas.

Jangan lupa juga untuk mengepel lantai, membersihkan karpet dan sofa dengan vakum, dan membersihkan jendela dengan larutan pemutih. Kamar yang bersih dapat meningkatkan kualitas tidur kamu dan menghindarkan kamu dari batuk-batuk saat tidur.

Cara menghentikan batuk saat tidur dengan mengatasi masalah asam lambung

cara menghentikan batuk saat tidur
Photo by Vladislav Muslakov on Unsplash

Berbaring sangat memudahkan asam lambung untuk naik kembali ke kerongkongan. Kondisi inilah yang kemudian dikenal sebagai GERD atau gastroesophageal reflux disease. Jika sudah mengalami GERD, kemungkinan untuk batuk di malam hari pun semakin tinggi. Kamu bisa melakukan cara menghentikan batuk saat tidur yang diakibatkan oleh GERD berikut ini:

  • Hindari mengonsumsi makanan yang bisa memicu GERD sebelum tidur seperti makanan dengan lemak tinggi atau tingkat keasaman yang tinggi.
  • Jangan berbaring setidaknya 2,5 jam setelah makan.

Cara menghentikan batuk saat tidur dengan berhenti merokok

Cara menghentikan batuk saat tidur lainnya adalah dengan berhenti merokok. Menurut situs WebMD, batuk yang kronis merupakan efek samping yang biasa ditemukan pada orang yang sudah lama merokok. Selain itu, merokok juga dapat menimbulkan produksi lendir pada tenggorokan yang berlebihan.

Menurut situs Science Daily, merokok dapat meredam protein alami yang mampu meredakan produksi lendir pada saluran pernapasan. Oleh karena itu, kamu bisa mulai berhenti merokok sebagai cara menghentikan batuk saat tidur. Ini bukan cara yang mudah dan cepat dilakukan. Akan tetapi, dalam jangka panjang, kesehatan kamu bisa membaik, terutama dalam urusan batuk di malam hari.

Banyak minum air putih

Salah satu cara menghentikan batuk saat tidur adalah dengan menjaga kadar air dalam tubuh. Dengan minum setidaknya delapan gelas air dalam sehati, kamu membantu tenggorokan kamu agar terus terlubrikasi.

Dengan demikian, tenggorokan kamu tidak akan mudah iritasi sehingga pada akhirnya memicu batuk terutama pada malam hari. Ini merupakan cara menghentikan batuk saat tidur yang paling mudah dan murah untuk dilakukan. Akan tetapi, kamu butuh disiplin untuk menjalankannya.

Penyebab batuk di malam hari

Pada dasarnya, batuk adalah reaksi tubuh untuk membersihkan lendir atau hal-hal lain penyebab iritasi. Batuk bisa diakibatkan oleh banyak hal. Jika kamu memahami penyebabnya, cara menghentikan batuk saat tidur lebih mudah untuk kamu lakukan. Berikut adalah penyebab-penyebab umum batuk.

  • Asma
  • Alergi
  • Virus
  • Infeksi bakteri seperti pneumonia dan bronkitis
  • Sinus (postnasal drip)
  • Merokok
  • Obat-obatan tertentu

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan kamu ke dokter

Tujuh cara menghentikan batuk saat tidur di atas hanya beberapa cara yang bisa kamu terapkan. Masih ada cara lain yang bisa kamu coba tergantung dari kondisi batuk yang kamu alami. Kuncinya adalah tetap menjaga kesehatan dan kebersihan agar kamu bisa tidur dengan nyenyak tanpa perlu terganggu oleh batuk.

Jika kamu tidak yakin akan penyebab batuk yang kamu alami atau batuk kamu semakin parah, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang lebih tepat. Dokter juga akan memberikan cara menghentikan batuk saat tidur sesuai dengan kondisi yang kamu alami.

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Bicara soal kesehatan, bukan hanya fisik saja yang harus dijaga, kesehatan mental juga perlu kamu perhatikan. Salah satu caranya adalah dengan menyeimbangkan gaya hidup antara bekerja dan berlibur. Nah, kalau kamu ingin liburan yang singkat, sederhana, dan nggak menguras dompet, staycation aja di Bobobox.

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox.

Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, yuk, keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like