Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Cara Menghadapi Social Anxiety Saat Kumpul Keluarga

Cobain deh, semoga bisa jadi obat anti cemas!

Bobobox.co.id – Hati-hati, kalau kamu cemas saat kumpul keluarga, kamu harus mulai cari tahu cara menghadapi social anxiety.

Nggak kerasa sebentar lagi Lebaran tiba. Mengikuti peraturan pemerintah, banyak orang sudah bisa mudik dan kumpul bareng keluarga.

Akan tetapi, lama nggak bertemu keluarga bisa bikin canggung. Kamu jadi overthinking dan bingung harus ngapain.

Kalau kayak gitu, bisa jadi kamu kena yang namanya social anxiety. Memangnya apa sih social anxiety? Terus, cara menghadapinya gimana?

Tenang, dirangkum dari situs Cleveland Clinic dan WeMD, berikut cara menghadapi social anxiety yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA: 9 Manfaat Memeluk Anak Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental Anak

Apa Itu Social Anxiety?

cara menghadapi social anxiety
Photo by Kyle Glenn on Unsplash

Menurut psikolog Dawn Potter, social anxiety atau kecemasan sosial merupakan gangguan yang menimpa seseorang saat berada dalam kondisi sosial tertentu.

Apabila kamu memiliki kecemasan sosial, kamu akan merasa tidak nyaman dan ingin menghindari situasi itu, atau akan masuk ke dalamnya dengan penuh keengganan.

Kecemasan sosial lebih dari sekadar rasa malu. Ini adalah ketakutan yang tidak mudah hilang dan bisa memengaruhi aktivitasmu sehari-hari.

Tak hanya itu, kepercayaan diri, hubungan, dan pekerjaan juga bisa sangat terpengaruh sehingga membuat hidup jadi tidak seimbang.

Meskipun begitu, setiap orang yang memiliki kecemasan sosial bisa mengalaminya dalam kondisi yang berbeda, seperti berikut ini:

  • Berbicara dengan orang asing
  • Berbicara di depan umum
  • Berkencan
  • Melakukan kontak mata
  • Memasuki ruangan yang dipenuhi orang
  • Pergi ke pesta
  • Bergabung di tempat baru
  • Memulai percakapan

Cara Menghadapi Social Anxiety

cara menghadapi social anxiety
Photo by Nik Shuliahin on Unsplash

Berlatih berbicara di depan umum

Kecemasan sosial bisa saja terjadi saat kamu harus berbicara di depan banyak orang, termasuk saat kumpul keluarga.

Nah, salah satu cara menghadapi social anxiety ini bisa dengan berlatih berbicara di depan umum.

Kamu bisa melakukannya di berbagai situasi. Misal, kamu bisa meminta beberapa orang teman menjadi penonton dan mendengarkan kamu berbicara.

Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas yang fokus untuk melatih kemampuan public speaking.

Dengan melakukan cara menghadapi social anxiety ini, kamu bisa lebih nyaman berbicara di depan banyak orang dan tidak lagi diserang panik.

Hadapi situasi yang membuat kamu cemas

Ada yang bilang jika kamu takut akan sesuatu, kamu harus menghadapinya agar rasa takut itu hilang.

Menurut Dr. Potter, itu disebut juga dengan “paparan situasional.” Cara menghadapi social anxiety ini bekerja dengan mengidentifikasi situasi sosial tertentu yang kamu takuti.

Misalnya, kamu merasa cemas apabila bertemu dengan keluarga besar di kampung halaman.

Setelah mengidentifikasi situasunya, cobalah untuk terjun ke situasi tersebut dari skala yang paling kecil. Setelah itu, tingkatkan kesulitannya menjadi skala yang besar.

Kamu bisa mula dengan pergi dengan seorang teman ke tempat umum. Setelah kamu meras nyaman, cobalah untuk pergi dengan dua atau tiga orang.

Ulangi cara tersebut sesuai kebutuhan sampai kamu merasa lebih nyaman pergi ke restoran, pesta, atau kumpul keluarga seorang diri di mana akan ada lebih banyak orang.

Dr. Potter juga mengatakan, kamu bisa menerapkan cara menghadapi social anxiety ini dengan dukungan terapis.

Latihan pernapasan

Apabila kamu terlanjur berada dalam situasi yang membuat cemas dan tak memiliki persiapan sebelumnya, mengatur napas adalah cara menghadapi social anxiety yang paling praktis.

Kecemasan dapat menyebabkan perubahan pada tubuh kamu sehingga membuat kamu tidak nyaman.

Misalnya, kamu akan bernapas lebih cepat dan pendek. Hal tersebut bisa membuat kamu merasa semakin cemas, tegang, atau pusing.

Untuk mulai mengatur pernapasan, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

  • Duduk dalam posisi yang nyaman dengan punggung lurus.
  • Rilekskan bahu.
  • Letakkan satu tangan di perut dan tangan lainnya di dada.
  • Tarik napas perlahan melalui hidung selama 4 detik.
  • Tangan yang ada di perut akan naik dan yang di dada tidak boleh banyak bergerak.
  • Tahan napas selama 2 detik lalu keluarkan lewat mulut perlahan selama 6 detik.
  • Ulangi ini beberapa kali sampai kamu merasa rileks.

BACA JUGA: 5 Resep Puding Gyukaku Japanese Purin, Cocok Buat Takjil!

Lakukan persiapan

Persiapan adalah kunci dari banyak hal, termasuk cara menghadapi social anxiety. Persiapan menghadapi situasi sosial yang membuat gugup dapat membantu kamu merasa lebih percaya diri.

Misal, apabila kamu akan datang ke acara kumpul keluarga dalam 1 bulan ke depan, buat daftar apa saja yang harus dilakukan.

Kamu juga bisa membuat daftar skenario terbaik dan terburuk sehingga kamu lebih siap jika skenario it benar-benar terjadi.

Kamu mungkin akan merasakan dorongan kuat untuk menghindar karena rasa cemas yang timbul. Namun, cobalah untuk bersikap lebih tenang dan hadapi dengan penuh keberanian.

Hilangkan pikiran negatif

Rasa takut dan cemas saat berada dalam kondisi sosial tertentu bisa jadi hanya terjadi dalam pikiran.

Pikiran-pikiran negatif itu membuat kamu berasumsi bahwa orang-orang memikirkan hal-hal buruk tentang kamu.

Padahal, pada kenyataannya tidak benar sama sekali. Itu semua merupakan asumsi yang kamu buat terhadap diri sendiri.

Nah, salah satu cara menghadapi social anxiety ini adalah dengan menuliskan pikiran negatif tersebut agar bisa dicerna oleh pikiran.

Kamu bisa muulai menuliskan pikiran positif yang menantang pikiran negative tersebut sehingga narasinya berubah.

Misal, kamu selalu berpikir bahwa “situasi ini membuat saya sangat cemas, saya tidak akan mampu menghadapinya.”

Cobalah untuk membuat narasi bahwa “saya pernah merasa cemas sebelumnya, tetapi saya selalu berhasil melewatinya.

BACA JUGA: 11 Destinasi Kuliner Halal Bali, Muslim Wajib Tahu!

Itulah dia beberapa cara menghadapi social anxiety yang bisa kamu praktikkan. Meskipun begitu, kamu perlu ingat untuk tidak mendiagnosa diri sendiri.

Apabila kamu hanya meras cemas ringan, cara menghadapi social anxiety di atas memiliki potensi untuk membantu kamu mengatasi kecemasan.

Akan tetapi, jika kamu memiliki kecemasan yang berlebihan, akan lebih baik untuk meminta pertolongan profesional.

Selain itu, jadikan momen kumpul keluarga sebagai momen silaturahmi. Kalaupun ada orang yang membuat perasaanmu tidak enak, kamu tetap punya kendali.

Mau staycation buat healing? Menginap di Bobobox aja!

Lagi cari tempat buat healing? Tenang, staycation di Bobobox aja. Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres.

Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto. Healing jadi makin lengkap.

Nggak percaya? Jangan khawatir. Cobain virutal tour supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata.

Kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

You might also like