Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Inilah 7 Cara Mengecilkan Perut. Alami dan Mudah Dipraktikkan!

Lakukan secara rutin untuk dapatkan hasil optimal!

Bobobox.co.id — Perut buncit merupakan masalah yang tak hanya bisa merusak penampilan tetapi juga tak baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karenanya, banyak orang yang mencoba berbagai cara mengecilkan perut.

Bob pun memiliki beberapa cara yang mungkin bisa berguna untuk kamu yang memiliki lingkar perut yang tinggi. Cara yang akan Bob rekomendasikan sendiri bisa dikategorikan sebagai cara alami dan juga mudah dipraktikkan.

Agar impianmu mendapatkan perut yang ramping terwujud, langsung saja simak ulasan Bob mengenai tujuh cara mengecilkan perut buncit berikut ini.

Berikut adalah Cara Mengecilkan Perut Alami

1. Kontrol Asupan Karbohidrat dan Makanan Olahan

Cara mengecilkan perut pertama adalah dengan mengontrol asupan karbohidrat dan makanan olahan. Mengonsumsi terlalu banyak kedua jenis makanan tersebut justru dapat menambah timbunan lemak di perut.

Oleh karenanya, hindarilah asupan karbohidrat sederhana dari makanan yang biasa kamu makan. Beberapa makanan tersebut antara lain makanan dan minuman manis, makanan bertepung, dan juga makanan cepat saji.

Sebagai gantinya, cara mengecil perut buncit satu ini bisa diakali dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks sendiri adalah jenis karbohidrat yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Buah-buahan, sayuran, dan makanan gandum adalah beberapa karbohidrat kompleks. Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, kamu pun bakal mendapatkan manfaat lainnya yang pasti baik untuk kesehatan tubuh.

Roti gandum cara mengecilkan perut
Roti gandum via pexels.com/@hermaion

2. Konsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara mengecilkan perut buncit adalah dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks. Sayur dan buah-buahan adalah makanan yang recommended untuk asupan jenis karbohidrat tersebut.

Namun, tak hanya itu, sayur dan buah-buahan termasuk makanan yang rendah kalori dan tinggi serat. Kandungan serat yang melimpah memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama bagi orang yang mengonsumsinya.

Tak pelak mengonsumsi sayur dan buah-buahan menjadi cara mengecilkan perut buncit secara alami. Dengan merasa kenyang lebih lama, nafsu makanmu pun akan terkontrol dan lingkar perut pun akan berkurang.

Di samping itu, ada banyak manfaat lain dari sayur dan buah-buahan. Kandungan serat yang kaya pada kedua makanan tersebut dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan membantu meregulasi gula darah.

Buah-buahan cara mengecilkan perut
Buah-buahan via pexels.com/@iamtrangdoan

Baca Juga: Simak 7 Makanan Pencegah Sesak Napas. Alami Dan Mudah Didapat!


3. Perbanyak Asupan Protein

Memperbanyakan asupan makanan yang membuatmu kenyang lebih lama adalah cara mengecilkan perut buncit. Selain yang telah Bob sebutkan, makanan kaya serat dan tinggi protein adalah makanan recommended lainnya.

Kedua makanan tersebut tak hanya mampu membuatmu merasa kenyang lebih lama. Kedua jenis makanan tersebut mampu mengontrol nafsu makan dan juga mencegahan penumpukan lemak di perutmu.

Cara mengecilkan perut buncit ini bisa terjadi karena protein dapat menurunkan aktivitas di daerah otak yang merangsang keinginan untuk makan. Dengan begitu, perut akan tak gampang merasa lapar dalam jangka waktu lama.

Nah, beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi antara lain ikan, daging tanpa kulit, telur, dan kacang-kacangan. Kamu bisa mengonsumsi makanan tersebut dengan cara selang seling setiap harinya.

Daging ayam mentah cara mengecilkan perut
Daging ayam mentah via pexels.com/@alleksana

4. Konsumsi Lemak Baik

Cara satu ini masih sama seperti cara mengecilkan perut buncit yang Bob sebut di atas. Setelah memperbanyak asupan protein dan serat, ada baiknya mulai dari sekarang untuk mengonsumsi makanan dengan lemak baik.

Bagi kamu yang belum tahu, tak semua lemak bisa dikategorikan jahat atau jenuh. Ada juga lemak sehat yang kebalikan dengan lemak jahat karena bermanfaat untuk kesehatan seperti mengecilkan perut buncit.

Mengonsumsi lemak sehat justru dapat membantu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan. Dengan manfaat yang disebutkan, hal ini pula yang membuat lemak baik merupakan cara mengecilkan perut yang buncit.

Makanan dengan lemak baik yang direkomendasikan antara lain alpukat, telur, kacang, serta minyak zaitun. Ada baiknya mulai hindari makanan yang tinggi lemak seperti keju, margarin, dan produk olahan susu tinggi lemak.

Minyak zaitun cara mengecilkan perut
Minyak zaitun via pexels.com/@mareefe

Baca Juga: Mata Panda Semakin Menghitam, Inilah 10 Cara Menghilangkan Mata Panda


5. Hindari Stres

Hormon stres atau kortisol disebut sebagai hormon yang berkaitan erat dengan lemak perut dan kenaikan berat badan. Tak mengherankan jika orang mengalami stres berkelanjutan cenderung mengalami perut buncit.

Oleh karena itu, cara mengecilkan perut lainnya adalah mencoba untuk menghindari stres. Banyak cara yang bisa kamu lakukan guna menghindari stres seperti menonton film, mendengar musik, dan melakukan yoga.

Di samping menghindari stres, mulailah untuk memperhatikan durasi tidurmu sehari-hari. Pasalnya, orang yang tidur hanya lima jam cenderung memiliki perut lebih buncit dibanding orang yang tidur tujuh jam sehari.

Kurang tidur diketahui dapat memengaruhi  proses metabolisme dalam mencerna makanan. Untuk itu, cobalah untuk mengatur jadwal tidur sebagai salah satu cara mengecilkan perut buncit alami dari Bob ini.

Hindari stres cara mengecilkan perut
Hindari stres via pexels.com/@olly

6. Batasi Minuman Manis

Konsumsi gula berlebih adalah salah satu pemicu kenaikan berat badan dan membesarnya lingkar perut. Hal tersebut biasanya tak disadari oleh orang-orang yang kerap meminum kopi, minuman bersoda, dan teh manis.

Saat mengonsumsi terlalu banyak gula, hal tersebut dapat meningkatkan lemak viseral dengan meningkatkan resistensi insulin. Tak hanya itu, asupan gula tinggi pun dapat memicu peradangan di seluruh tubuh.

Tak mengherankan jika mengonsumsi minuman manis berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah meningkatkannya risiko kenaikan berat badan, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Untuk itu, membatasi minuman manis adalah cara mengecilkan perut buncit. Untuk memulai cara mengecilkan perut ini, kamu bisa mulai dengan mencoba mengonsumsi jus ataupun minuman yang bebas gula.

Minuman berkarbonasi cara mengecilkan perut
Minuman berkarbonasi via pexels.com/@belart84

Baca Juga: Agar Tetap Sehat, Simak 10 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Ini


7. Rutin Berolahraga

Cara mengecilkan perut terakhir dari Bob adalah untuk rutin bergerak khusus berolahraga. Usahamu untuk menurunkan lingkar perut tak akan berhasil jika kamu tak aktif dalam bergerak dan hanya bermalas-malasan saja.

Cobalah untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya. Jenis olahraga yang dilakukan pun tak dibatasi. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki hingga olahraga intensitas tinggi.

Untuk lebih mengoptimalkan cara mengecilkan perut, kamu bisa memilih olahraga yang fokus pada gerakan di perut. Stomach crunch, bicycle, sit up, dan prank adalah beberapa olahraga yang direkomendasikan.

Kamu pun bisa mencoba untuk mengombinasikan kedua olahraga yang di atas sebagai cara mengecilkan perut. Dengan begitu, olahraga tersebut bakal membantu memperkuat dan mengencangkan otot perut.

Rutin berolahraga cara mengecilkan perut
Rutin berolahraga via pexels.com/@tirachard-kumtanom-112571

Kabur Sebentar Untuk Dapatkan Ketenangan di Bobocabin

Ingin menenangkan diri yang berkualitas untuk momen me timemu? Tenangkan dirimu dengan staycation di Bobocabin. Berdekatan dengan alam dengan teknologi mumpuni bakal membuat pikiranmu kembali segar.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobocabin by Bobobox Indonesia

You might also like