sesak napas

Sesak Napas? Simak 7 Cara Mengatasi Sesak Napas secara Alami!

Cara mengatasi sesak napas berikut ini bisa kamu coba jika kamu seringkali mengalami sesak nafas. Selain mengatasinya dengan obat, sesak napas yang kamu alami bisa kamu redakan dengan cara yang alami. Cara mengatasi sesak napas secara alami ini bisa kamu lakukan sebagai penanganan awal terhadap kondisi sesak napas. Penanganan sesak napas secara alami ini dapat membantu mencegah kemungkinan terjadinya perburukan kondisi.

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu apa yang dapat menyebabkan sesak napas. Sesak napas dikenal uga sebagai istilah dispnea yang merupakan sebuah gangguan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh gangguan pada jantung dan paru-paru. Gangguan pada sistem pernapasan ini kemudian membuat proses pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh mengalami hambatan.

Ada banyak faktor yang dapat menimbulkan sesak napas karena sesak napas dapat dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan. Beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan sesak napas adalah nyeri di bagian dada, batuk, pusing, dan kelelahan.

Selain itu kondisi sesak napas ini juga bisa menyerang mereka yang memiliki fobia tertentu, seperti fobia terhadap laut atau samudra (thalassophobia). Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi sesak napas secara alami, yuk simak informasi di bawah ini!

1. Cara Mengatasi Sesak Napas: Pursed-lip Breathing

Cara mengatasi sesak napas yang pertama adalah Ini adalah teknik pernapasan sederhana yang bisa Anda lakukan di mana pun. Caranya adalah dengan menarik napas melalui hidung selama dua detik. Usahakan agar mulut dalam keadaan tertutup.

Selanjutnya, hembuskan napas secara perlahan melalui mulut selama dua detik juga. Ketika melakukan teknik ini, pastikan leher dan bahu dalam keadaan rileks.

Baca Juga: Patah Hati Bisa Mematikan? Ketahui Apa Itu Broken Heart Syndrome

2. Cara Mengatasi Sesak Napas: Duduk dengan Posisi Tubuh Sedikit Membungkuk

Cara mengatasi sesak napas selanjutnya adalah dengan mencoba posisi duduk yang sedikit membungkuk. Posisi duduk ini akan membantu kamu untuk bernapas lebih teratur. Pastikan untuk duduk dengan tubuh yang condong ke depan dan memposisikan lengan pada paha atau lutut. Cobalah untuk bernapas secara perlahan dan selalu usahakan tubuh dalam keadaan santai dan rileks.

3. Cara Mengatasi Sesak Napas: Berdiri Menyandar Pada Dinding

Cara mengatasi sesak napas berikutnya adalah dengan berdiri menyandar pada dinding. Saat kamu berdiri dalam posisi ini kamu bisa coba mencondongkan tubuh kamu ke arah depan. Setelah itu cobalah untuk membuka kaki selebar bahu dan taruh tangan kamu pada paha. Jangan lupa untuk menempatkan pinggul kamu dengan rileks pada dinding dan pastikan bahwa tubuh kamu tetap dalam keadaan rileks dan bernapaslah secara perlahan.

4. Cara Mengatasi Sesak Napas: Berbaring

Cara Mengatasi Sesak Napas

Kamu mungkin pernah mengalami sesak napas saat tertidur. Kamu bisa coba untuk berbaring telentang dengan menaruh bantal di bawah kepala dan lutut kamu lalu bernapaslah dengan perlahan, santai, dan rileks.

Selain itu kamu juga bisa coba untuk menghirup uap dapat membantu menjaga saluran hidung seseorang tetap bersih. Cara ini juga dapat membantu kamu bernapas dengan lebih mudah. Uap panas dan kelembapan dari uap tersebut juga dapat memecah lendir di paru-paru yang dapat mengurangi sesak napas.

5. Cara Mengatasi Sesak Napas: Mencoba Teknik Pernapasan Diafragma

Saat kamu mengalami sesak napas, hal yang harus kamu perhatikan adalah teknik bernapas. Bernapas dengan menggunakan diafragma merupakan salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi sesak napas. Cara mengatasinya adalah cukup dengan duduk di kursi sambil merilekskan bagian lutut, bahu, kepala, dan leher.

Setelah itu cobalah letakan satu tangan kamu di depan perut, dan satu lagi di depan dada. Jangan lupa untuk mencoba bernapas dengan perlahan melalui hidung, hingga tangan kamu sambil merasakan perut kamu bergerak saat bernapas. Hembuskan napas sambil mengencangkan otot perut lalu buanglah napas perlahan melalui mulut dengan bibir mengerucut.

Jangan lupa juga untuk mencoba menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makan-makanan sehat dan bergizi, berolahraga secara teratur. Pastikan juga untuk tidak merokok dan biasakan selalu menggunakan masker bila berada pada lingkungan yang tidak memiliki udara yang bersih. Saat sesak napas yang kamu alami terasa semakin parah jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Cara Mengatasi Sesak Napas: Minum Kopi Hitam

Cara Mengatasi Sesak Napas

Selain menghilangkan rasa kantuk, meminum kopi hitam dapat membantu meredakan sesak napas. Hal ini dikarenakan kandungan karena kafein pada kopi hitam dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot-otot di jalan napas seseorang. Berdasarkan tinjauan yang dipublikan dalam The Cochrane Library pada 2010 melaporkan bahwa efek kafein sedikit meningkatkan cara fungsi saluran napas pada penderita asma.

Namun meskipun demikian, mengonsumsi kopi hitam harus dalam batas wajar. Hindari mengonsumsi kopi hitam terlalu banyak karena hal ini dapat meningkatkan detak jantung seseorang.

Baca Juga: Sesak Nafas? Kenali Penyebab dan Gejala Asma Berikut Ini!

7. Cara Mengatasi Sesak Napas: Makan Jahe Segar

Cara mengatasi sesak napas yang terakhir adalah dengan mengonsumsi jahe segar. Mengonsumsi jahe segar atau dengan menambahkan sedikit ke dalam air panas sebagai minuman bisa menjadi solusi sesak napas. Cara alami ini dapat membantu mengurangi sesak napas yang terjadi karena infeksi saluran pernapasan.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles