Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia 10 Cara Mengatasi Sakit Perut. Mudah Dilakukan dan Terbukti Ampuh!

Bisa langsung kamu coba!

Bobobox.co.id — Sakit perut merupakan kondisi yang rasanya sudah dirasakan oleh banyak orang. Bagi kamu yang sedang mengalaminya, ada beberapa cara mengatasi sakit perut yang bisa dilakukan.

Sebenarnya, sakit perut sendiri adalah rasa nyeri tumpul pada abdomen atau kram perut. Banyak faktor yang jadi penyebab mengapa seseorang mengalami nyeri akibat sakit perut tersebut.

Namun, Bob hanya akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi sakit perut. Pasalnya, ada beberapa pantangan yang perlu dihindari jika kamu sedang merasakan sakit perut.

Tak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasan Bob mengenai 10 cara mengatasi sakit perut berikut ini. Caranya sendiri terbilang mudah dilakukan dan terbukti ampuh!

Berikut adalah 10 Cara Mengatasi Sakit Perut

1. Mengonsumsi Jahe

Cara mengatasi sakit perut pertama adalah dengan mengonsumsi jahe. Jahe sendiri sejak zaman dahulu seringkali digunakan untuk mengobati berbagai kondisi seperti mual, nyeri sendi, dan sakit perut.

Sebagai obat alami untuk atasi sakit perut, jahe mengandung bahan kimia yang disebut gingerol dan shogaols. Kedua senyawa tersebut yang berperan aktif dalam membantu mempercepat kontraksi perut.

Untuk menjadikan jahe sebagai obat sakit perut, kamu bisa mengunyah sedikit jahe langsung. Jika cara tersebut tak pas untukmu, kamu bisa memasukkan beberapa potong jahe segar ke dalam secangkir teh.

Jahe cara mengatasi sakit perut
Jahe via unsplash.com/@mockupgraphics

2. Kompres dengan Air Hangat

Cara mengatasi sakit perut berikutnya adalah dengan mengompres perut yang sakit dengan air hangat. Sensasi hangat dari cara ini mampu mengendurkan otot perut yang tegang dan meredakan gangguan pencernaan.

Pertama-tama, kamu bisa mencoba untuk mandi dengan iar hangat. Setelah itu, siapkan botol minum berisi air hangat. Jika dirasa terlalu ribet, koyo hangat bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan rasa nyerinya.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, ada baiknya durasi untuk kompres ini kurang lebih 20 menit. Jika terlalu lama, kulit justru dapat mengalami kerusakan akibat penggunaan yang berlebihan.

Kompres air hangat cara mengatasi sakit perut
Kompres air hangat via telegraph.co.uk

3. Menggunakan Lemon

Memanfaatkan lemon sebenarnya bisa menjadi salah satu cara mengatasi sakit perut. Dibalik sifatnya yang sangat asam, lemon justru mampu membantumu dalam momen kesulitan mencerna makanan.

Sulitnya mencerna makanan ini dapat menimbulkan rasa tak nyaman seperti sakit perut. Mengonsumsi lemon justru akan merangsang produksi asam yang membantu memecah makanan dalam perut.

Cara menjadikan lemon sebagai bahan alami atasi sakit perut terbilang mudah. Peras setengah lemon dan campur ke dalam segelas air hangat. Tambah sedikit gula atau madu untuk kemudian dikonsumsi.

Hati-Hati! 7 Jenis Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Kulkas
@eggbank via Unsplash

Baca Juga: Punya Masalah Ketombe? Coba 10 Tips Tangani Ketombe Membandel Secara Alami


4. Manfaat Daun Mint

Daun mint dikenal sebagai bahan alami kaya akan kandungan mentol. Kandungan tersebut sendiri terbukti tak hanya bermanfaat untuk menjaga napas segar tetapi juga sebagai pereda nyeri alami.

Untuk alasan itu juga, daun mint bisa digunakan sebagai cara mengatasi sakit perut secara alami. Bahkan, tak hanya sakit perut, daun mint pun bisa jadi solusi baik untuk mengatasi nyeri haid bagi wanita.

Untuk memanfaatkan daun mint, kamu bisa menambahkan daun mint ke secangkir teh hangat. Cara lain yang bisa jadi pilihanmu adalah mengisap permen mint ataupun mengunyah daun secara langsung.

Daun mint cara mengatasi sakit perut
Daun mint via pexels.com/@pixabay

5. Lakukan Diet BRAT

Diet BRAT (Banana, Rice, Applesauce, and Toast) adalah diet membatasi konsumsi dengan jenis makanan yang memiliki serat yang padat tapi mudah dihaluskan. Tak heran jika diet ini dianjurkan bagi penderita diare.

Nah, bagi kamu yang sedang sakit perut, kamu bisa mencoba diet BRAT ini. Efek yang didapat dari diet BRAT bagi penderita diare sendiri adalah membantu dalam meringankan diare yang mereka derita.

Untuk mendapatkan hasil optimal guna menghilangkan nyeri pada perut, ada pantangan yang wajib dihindari. Pantangan tersebut adalah mengonsumsi makanan bercita rasa pedas dan kuat.

Diet BRAT cara mengatasi sakit perut
Diet BRAT via Oleksandra Naumenko/Shutterstock

6. Hindari Posisi Berbaring

Jika kamu mengalami sakit perut, jangan sesekali untuk memposisikan tubuh berbaring atau horizontal. Hal tersebut justru membuat asam di perut akan bergerak mundur dan naik yang dapat menyebabkan heartburn.

Oleh karena itu, cara mengatasi sakit perut lainnya adalah menghindari memposisikan tubuh seperti itu. Ada baiknya jika kamu tidak berbaring ataupun tidur setidaknya selama beberapa jam sampai sakitnya reda.

Bila kamu memang perlu berbaring, ada tips untuk melakukannya. Topang bagian kepala, leher, dan dada bagian atas dengan menggunakan bantal. Ideal sudut penompangnya sendiri adalah 30 derajat.

Posisi berbaring cara mengatasi sakit perut
Posisi berbaring via torcyoga.com

Baca Juga: Sering Jadi Bumbu Masakan, Ini Dia Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Tubuh Kita


7. Menggunakan Kayu Manis

Kayu manis biasa dimanfaatkan sebagai penambah rasa dan wangi makanan. Di samping manfaatnya untuk masakan, kayu manis pun bisa kamu gunakan juga sebagai cara mengatasi sakit perut.

Kayu manis mengandung berbagai antioksidan yang memiliki peranan penting untuk kurangi rasa nyeri. Selain itu, kayu manis pun dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko iritasi.

Bagi kamu yang mengalami sakit perut, kamu bisa mencoba mencampurkan kayu manis dengan air mendidih untuk seduhan. Lakukan sebanyak dua hingga tiga kali sehari untuk meredakan sakit perut.

Kayu manis cara mengatasi sakit perut
Kayu manis via pexels.com/@mareefe

8. Hindari Makanan Sulit Dicerna

Cara mengatasi sakit perut lainnya adalah dengan menghindari makanan yang sulit dicerna. Jika dilanggar, hal tersebut justru dapat meningkatkan risiko bahkan nyeri yang kamu rasakan akibat sakit perut.

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari antara lain makanan berlemak, makanan pedas atau asin, serta makanan yang diawetkan. Selain itu, kamu pun wajib menghindari rokok jika kamu termasuk perokok.

Pasalnya, merokok justru dapat berpotensi memicu sakit perut. Hal tersebut semakin diperparah jika kamu muntah karena merokok dapat semakin membuat iritasi pada jaringan lunak yang telah teriritasi.

Tips Membuat Ayam Goreng Krispi Super Kriuk dan Antigagal
Ayam goreng via unsplash.com/@tigerrulezzz

9. Pakai Cuka Apel

Cuka sari apel bisa kamu pilih sebagai salah satu cara mengatasi sakit perut. Bisa dibilang cuka buah satu ini sudah dikenal sebagai obat alami pilihan para penderita sakit perut sejak jauh-jauh hari.

Cuka sari apel sendiri mampu menyembuhkan sakit perut karena satu hal. Kemampuannya dalam membersihkan kotoran di usus dan juga mampu menjaga pencernaan dari gangguan kesehatan.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok cuka sari apel dengan air putih dan satu sendok madu. Lalu, minuman ramuan tersebut secara perlahan-lahan.

Cuka apel cara mengatasi sakit perut
Cuka apel via Madeleine_Steinbach/istockphoto

Baca Juga: Agar Tetap Sehat, Berikut 7 Tips Menjaga Kesehatan Telinga


10. Atasi Sakit Perut Berdasarkan Posisi Sakit

Cara mengatasi sakit perut terakhir adalah mengatasinya berdasarkan posisi sakit. Biasanya, ada dua bagian kerap mengalami sakit perut yakni bagian kiri bawah dan juga kanan bawah perut.

Untuk sakit perut bagian kiri, kamu bisa memilih beberapa cara. Mulai dari menghindari terlebih dahulu konsumsi minuman berkafein hingga mengompres dengan air hangat karena bukan merupakan kondisi serius.

Sedangkan untuk bagian kanan, jangan sembarang mengonsumsi obat-obatan bebas. Jika tidak mereda, ada baiknya jika kamu sesegera mungkin untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Sakit perut bagian kiri bawah umumnya bukan merupakan kondisi serius.

Sakit perut cara mengatasi sakit perut
Sakit perut via pexels.com/@olly

Yuk, Coba Workcation from Bobobox!

Ingin suasana yang lebih fresh untuk bekerja? Langsung saja datang ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan segala fasilitas mumpuni untuk menunjang segala keperluan bekerjamu.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like