Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Berikut 10 Cara Mengatasi Menstruasi Secara Alami!

Yuk simak cara mengatasi menstruasi secara alami dan efektif berikut ini!

Cara mengatasi menstruasi secara alami berikut ini bisa jdi solusi yang tepat bagi kamu yang sering mengalami gangguan dan nyeri haid. Gangguan menstruasi yang umumnya terjadi pada wanita adalah siklus menstruasi yang tidak teratur sehingga cenderung lebih lambat atau bahkan lebih cepat. Beberapa wanita bahkan mengalami gangguan menstruasi hingga tidak mengalami menstruasi selama beberapa bula atau bahkan tidak terjadi sama sekali.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, umumnya wanita akan mengalami siklus haid rata-rata sekitar 21–35 hari dengan lama perdarahan 2 hingga 8 hari. Mengapa beberapa wanita dapat mengalami gangguan menstruasi ini? Pada umumnya siklus menstruasi dipengaruhi oleh seimbang atau tidaknya hormon estrogen dan progesteron pada tubuh.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Meskipun pada umumnya gangguan siklus menstruasi dipengaruhi oleh keseimbangan hormon, namun masih terdapat beberapa penyebab menstruasi tidak teratur lainnya. Perubahan hormon yang terjadi pada tahun-tahun awal menstruasi atau saat pubertas dan mendekati masa menopause bisa menjadi beberapa alasan lainnya.

Di masa-masa tersebut siklus menstruasi dapat  memanjang atau memendek sehingga darah menstruasi pun bisa sedikit atau banyak. Penggunaan alat kontrasepsi hormonal dalam bentuk pil, suntikan, dan implan pun diyakini dapat mengganggu siklus haid.

Cara Mengatasi Menstruasi Secara Alami dan Mengembalikan Siklus Haid

Tentunya akamu ingin mengakhiri gangguan menstruasi yang kamu alami. Faktanya terdapat cara mengatasi menstruasi secara alami yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah sehingga kamu tak perlu pergi ke dokter. Yuk langsung simak informasinya berikut ini!

1. Cara Mengatasi Menstruasi Secara Alami: Yoga

Cara mengatasi menstruasi secara alami yang pertama adalah dengan rutin melakukan olahraga yoga. Yoga menjadi salah satu solusi yang direkomendasikan bagi para wanita yang kerap mengalami gangguan menstruasi karena telah terbukti keefektifannya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 yang lalu membuktikan bahwa 35-40 menit latihan yoga dalam 5 hari seminggu selama 6 bulan mampu menurunkan kadar hormon yang berkaitan dengan menstruasi tidak teratur.

2. Cara Mengatasi Menstruasi Secara Alami: Menjaga Berat Badan Ideal

Cara mengatasi menstruasi secara alami selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan ideal. Faktanya berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat memengaruhi siklus menstruasi. Oleh karena itu agar dapat menjaga berat badan ideal sangat direkomendasikan untuk menjaga pola gaya hidup sehat dimulai dari menjaga makan dan rutin berolahraga.

3. Cara Mengatasi Menstruasi Secara Alami: Olahraga Rutin

Cara mengatasi menstruasi secara alami berikutnya adalah dengan melakukan olahraga rutin. Olahraga rutin ini tidak hanya direkomendasikan bagi paa wanita yang mengalami kelebihan berat badan tapi jiga mereka yang memiliki berat badan ideal namun mengalami gangguan menstruasi. Faktanya olahraga diyakini memiliki banyak manfaat yang dapat membantu siklus menstruasi kamu.

Sebuah uji klinis baru-baru ini menunjukkan bahwa olahraga dapat mengobati dismenore primer atau rasa nyeri menstruasi secara efektif. Penelitian ini melibatkan sebanyak 70 mahasiswa dengan keluhan dismenore primer. Para peserta penelitian ini umumnya melakukan 30 menit latihan aerobik, 3 kali seminggu, selama 8 minggu. Di akhir penelitian, para wanita ini melaporkan mengalami lebih sedikit rasa sakit saat memasuki periode menstruasi mereka.

4. Cara Mengatasi Menstruasi Secara Alami: Mengonsumsi Jahe

Tak kalah ampuh dengan cara mengatasi menstruasi secara alami di atas, cara mengatasi menstruasi secara alami ini pun cukup efektif lho. Nenek moyang kita sejak jaman dahulu kerap kali memanfaatkan berbagai tanaman herbal yang tumbuh di sekitar rumah untuk kemudian diracik menjadi jamu yang dapat menyembukan berbagai macam penyakit. Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Jahe pun dikenal sebagai rempah yang banyak diandalkan masyarakat Indonesia terutama untuk meredakan masuk angin. Selain masuk angin, jamu faktanya dapat kamu manfaatkan untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 92 wanita yang mengalami perdarahan menstruasi yang berat menunjukkan bahwa suplemen jahe yang dikonsumsi setiap hari dapat membantu mengurangi jumlah darah yang hilang selama menstruasi.

5. Cara Mengatasi Menstruasi Secara Alami: Tambahkan Kayu Manis

Selain rempah di atas terdapat rempah lainnya yang bisa kamu manfaatkan bernama kayu manis. Selain menambah cita rasa pada kuliner, kayu manis pun diyakini dapat membantu mengatur siklus menstruasi. Berdasarkan penelitian, kayu manis telah terbukti secara signifikan dapat membantu mengurangi nyeri menstruasi dan perdarahan. Wangi khas kayu manis pun dapat meringankan mual dan muntah yang berhubungan dengan dismenore primer atau nyeri menstruasi.

6. Cara Mengatasi Menstruasi Secara Alami: Minum Cuka Apel Setiap Hari

Sebuah penelitian pada tahun 2013 yang lalu menunjukkan bahwa mengonsumsi 15 ml cuka sari apel setiap hari dapat mengembalikan siklus menstruasi ovulasi pada wanita dengan PCOS atau gangguan menstruasi. Selain menjadi salah satu cara mengatasi menstruasi secara alami, cuka sari apel juga dapat membantu kamu menurunkan berat badan serta menurunkan kadar gula darah.

Cara Mengatasi Menstruasi Secara Alami

7. Cara Mengatasi Menstruasi Secara Alami: Jus Wortel

Wortel tak hanya nikmat untuk dibuat sayur sop tapi juga untuk dibuat menjadi jus. Faktanya menonsumsi jus wortel secara rutin dengan gula yang sedikit atau tanpa gula merupakan salah satu cara mengatasi menstruasi secara alami dan efektif lho. Wortel mengandung vitamin A yang tinggi, vitamin C, kalsium, dan iron sehingga memiliki manfaat serta khasiat yang baik bagi tubuh agar tidak mengalami gangguan menstruasi.

8. Cara Mengatasi Menstruasi Secara Alami: Daun Pepaya

Tak kalah dengan wortel, daun pepaya pun mengandung vitamin yang cukup lengkap seperti A, B, C, D, dan E serta kalsium. Kamu bisa mengonsumsi daun pepaya dengan merebus terlebih dahulu daun pepaya dan mencampurnya dengan asam jawa dan garam serta dua gelas air mineral.

9. Cara Mengatasi Menstruasi Secara Alami: Istirahat Cukup

Cara mengatasi menstruasi secara alami yang terakhir adalah dengan memenuhi kebutuhan istirahat harian. Selain penggunaan bahan alami, kesehatan tubuh juga dapat diperoleh jika kamu tidur yang cukup dan berkualitas. Jika belakangan ini kamu merasa jenuh dengan suasana kamar sehingga tidur kamu terganggu, kamu bisa melarikan diri sebentar ke Bobobox.

Hotel kapsul yang satu ini menawarkan akomodasi nyaman yang dilengkapi dengan fasilitas berbasis teknologi sehingga semuanya terasa mudah dan simple saat kamu berada di Bobobox. Ada QR code untuk akses kamar jadi kamu tidak perlu repot meminta dan membawa kunci. Selain itu, Bobobox juga punya Wi-Fi kencang yang bisa kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya, dijamin gak bosen deh!

Untuk membuat kamu lebih nyaman lagi, kamu bisa menggunakan fitur Bluetooth speaker di dalam kamar agar kamu bisa mendengarkan lagu-lagu favorit kamu. Manfaatkan juga fitur moodlamp agar pencahayaan dalam kamar terasa nyaman untuk aktivitas dan tidur kamu. Gak akan menyesal deh kalau menginap di Bobobox! Yuk buruan unduh aplikasinya di PlayStore atau App Store dan pilih kamar yang kamu mau.

You might also like