Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Simak Cara Mengatasi Eksim Berikut Ini, Biar Kamu Gak Panik Saat Kambuh!

Bobobox.co.id — Eksim adalah salah satu gangguan kulit yang umum terjadi dan tergolong menyebalkan saat kambuh. Untuk itu, kamu wajib tahu cara mengatasi eksim jika sewaktu-waktu kambuh.

Pasalnya, kambuhnya eksim bakal memberikan efek yang terasa mengganggu. Untuk itu, bagi penderita eksim, kamu tentu tak ingin sampai merasakan sensasi yang begitu mengganggu tersebut.

Kira-kira cara apa sajakah yang Bob maksud? Simak ulasan lengkap cara mengatasi eksim agar bisa mengurangi gejala eksim yang kerap kali mengganggu.

Cara Mengatasi Eksim Terbukti Ampuh

1. Terapi Obat Eksim

Cara mengatasi eksim pertama adalah melakukan terapi obat eksim. Untuk mengatasi gejala gatal yang paling mengganggu, kamu bisa mencoba menggunakan berbagai krim khusus.

Perawatan eksim dengan obat ini memiliki beberapa tujuan. Beberapa tujuan tersebut antara lain mengendalikan rasa gatal, memperbaiki kondisi kulit, dan mencegah munculnya luka terbuka.

Namun, jenis perawatan dengan obat eksim ini harus sesuai dengan usia, kondisi kesehatan, dan tingkat keparahan penyakit kulit. Pasalnya, obat yang perlu diminum harus sesuai petunjuk dokter.

cara mengatasi eksim terapi obat
Terapi obat via pexels.com/@freestocks

2. Fototerapi

Jika kamu mengalami masalah eksim dengan tingkat keparahan sedang sampai akut, ada cara yang bisa kamu lakukan. Cara tersebut adalah menggunakan fototerapi dengan sinar UV dosis rendah.

Lewat cara mengatasi eksim ini, daya tahan tubuh akan terbantu untuk tidak bereaksi berlebihan. Biasanya, daya tahan tubuh bereaksi berlebihan saat menghadapi pemicu alergi dari luar tubuh.

Ada dua jenis fototerapi yakni dengan sinar UVA, sinar UVB, atau kombinasi keduanya. Lakukan perawatan ini dua hingga lima kali seminggu bergantung seberapa parah penyakit eksimnya.

Fototerapi via daavlin.com

3. Jaga Kelembapan Kulit

Gatal dan kulit kering adalah ciri eksim pada setiap tahap penyakitnya. Pada saat bersamaan, kulit kering yang lebih gatal akan mengganggu fungsi penghalang kulit dari bakteri, jamur, dan virus.

Tak hanya dapat menyebabkan infeksi aktif, ketiga penyebab kulit gatal tersebut dapat memicu peradangan. Jika tak segera ditangani lebih lanjut, hal tersebut justru memicu kekambuhan.

Oleh karena itu, menjaga kelembapan kulit adalah cara mengatasi eksim. Kamu bisa menggunakan krim atau losion. Oleskanlah pelembap tersebut setidaknya dua hingga tiga kali dalam sehari.

cara mengatasi eksim jaga kelembapan kulit
Jaga kelembapan kulit via pexels.com/@buenosia

Baca Juga: Buat Kulit Wajah Kembali Segar Dengan Mudah? Cobalah 7 Sabun Cuci Muka Alami Ini


4. Mandi dengan Air Hangat

Jika kamu termasuk pasien eksim, ada beberapa anjuran yang wajib kamu lakukan. Salah satunya adalah mandi secara teratur dengan air hangat yang juga menjadi cara mengatasi eksim lainnya.

Walaupun sering dianjurkan, masih banyak pasien eksim yang justru menghindari mandi. Pasalnya, kebanyakan dari mereka khawatir mandi teratur justru akan mengeringkan kulit mereka.

Air hangat terbukti dalam menenangkan kulit dan mengurangi gejala eksim. Walaupun begitu, perhatikan juga durasi mandi yang di mana usahakanlah untuk tidak lebih dari 10 menit.

cara mengatasi eksim mandi dengan air hangat
Mandi air hangat via pexels.com/@karolina-grabowska

5. Menggunakan Sunscreen

Sunscreen biasanya bermanfaat untuk menghindari paparan sinar matahari berlebihan. Pasalnya, kulit yang mendapatkan paparan sinar berlebih justru kerap terbakar termasuk pasien eksim.

Kulit yang terbakar tersebut dapat membahayakan barrier kulit. Oleh karena itu, cara mengatasi eksim selanjutnya adalah rutin menggunakan sunscreen untuk bantu mencegah hal tersebut terjadi.

Walaupun tak secara langsung bekerja memperkuat barrier kulit, penggunaannya akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Namun, jangan lupa pilih produk yang aman untuk kulit eksim.

Sunscreen
Sunscreen via pexels.com/@moose-photos-170195

6. Pilih Sabun Mandi yang Tepat

Memilih sabun mandi yang tepat adalah salah satu cara mengatasi eksim yang terbukti ampuh. Pasalnya, penderita eksim sering kali berurusan dengan kulit sensifit yang kerap menyakitkan.

Walaupun terbukti ampuh, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Misalkan saja, hindari sabun yang memiliki bahan dasar surfaktan karena dapat menyebabkan degradasi barrier kulit.

Di samping itu, hindarilah sabun berbahan keras. Untuk itu, cobalah cari produk sabun dengan formula pH seimbang. Bahkan, jika memungkinkan, pilih produk yang khusus untuk penderita eksim.

cara mengatasi eksim pilih sabun mandi tepat
Sabun mandi via pexels.com/@tara-winstead

Baca Juga: Tangan Kering Karena Sering Cuci Tangan? Ini Dia Solusi Kulit Tangan Kering Wajib Dicoba


7. Berendam

Jika kamu mengidap eksim, cobalah untuk berendam selama 20 menit. Tak hanya itu, basuhlah tubuhmu dengan menggunakan air hangat dan sabun yang mengandung moisturizer.

Selama melakukan cara mengatasi eksim ini, kamu bisa menambahkan berbagai bahan seperti oatmeal atau baking soda. Cara tersebut dapat membantu mengurangi kekeringan dan gatal kulit.

Untuk menghindari iritasi kulit, hindari menggosok tubuh dengan air panas. Oleh karena itu, gunakan salep khusus untuk kulit yang berguna dalam memberikan kelembapan pada kulit.

Berendam via pexels.com/@yankrukov

8. Manfaatkan Bahan Alami

Kamu pun bisa mengobati eksim yang kamu derita dengan memanfaatkan bahan alami. Bahan alami memang terkenal akan efek samping yang jarang didapat oleh para penggunanya.

Dari sekian banyak bahan alami, kamu bisa menggunakan minyak kelapa. Kamu bisa memanfaatkan bahan alami ini karena minyak kelapa bersifat anti bakteri, antimikroba, dan antioksidan.

Di samping itu, masih banyak lagi bahan alami pada cara mengatasi eksim satu ini. Beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah garam himalaya, lidah buaya, oatmeal, dan madu.

minyak kelapa
Minyak kelapa via pexels.com/id-id/@tijana-drndarski-449691

9. Kurangi Tingkat Stres

Stres merupakan salah satu penyebab kambuhnya eksim. Oleh sebab itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengurangi stres dapat membantu dalam mencegah gejala eksim.

Tak hanya dapat mencegah gejala eksim untuk muncul, mengurangi stres dan rasa cemas dapat membantu mengurangi serangan eksim yang mungkin cukup mengganggu.

Untuk itu, cobalah mengontrol tingkat stres yang kamu rasakan. Cara mengatasi eksim ini bisa kamu lakukan dengan berbagai metode seperti menonton film atau mendengarkan lagu favoritmu.

cara mengatasi eksim kurangi stres
Kurangi stres via pexels.com/@olly

Baca Juga: Ingin Mencerahkan Kulit Dengan Bahan Alami? Coba 7 Bahan Alami Berikut Ini!


10.  Konsultasi dengan Dokter Kulit

Cara mengatasi eksim terakhir adalah konsultasi dengan dokter kulit. Cara satu ini tentu sangat disarankan jika kamu sudah melakukan berbagai cara yang sudah Bob jelaskan sebelumnya.

Dokter kulit dapat memeriksa kondisi terkini soal eksim yang kamu idap. Bahkan, tenaga profesional tersebut dapat memberikan perawatan yang sesuai seperti memberi obat atau terapi.

Biasanya, dokter pun akan memberikan resep sesuai dengan tingkat keparahan eksim yang sedang kamu idap. Tak lupa juga untuk menggunakan obat resep tersebut sesuai arahan dokter.

cara mengatasi eksim kunjungi dokter
Kunjungi dokter via lechti.com

***

Itulah tadi cara mengatasi eksim yang terbukti ampuh dalam mencegah penyakit kulit tersebut datang kembali.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Terkadang, kamu menginginkan pengalaman menginap yang berbeda saat liburan. Rasa bosan dengan hal itu-itu saja menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kamu ingin pengalaman berbeda saat menginap.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya.

lorong bobobox kamar

You might also like