Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Cara Mengatasi Asam Lambung saat Bekerja di Kantor

Bekerja pun tidak akan terganggu

Bobobox.co.id — Tuntutan bekerja saat ini memang menyita banyak waktumu. Banyak deadline tugas kantor yang serasa tiada henti seringkali membuatmu harus ekstra fokus saat bekerja. Sehingga, seringkali dengan tersita banyak waktumu tersebut, kamu menyepelekan pola makan yang teratur.

Dengan pola makan yang tidak teratur dan stres yang mendera, salah satu penyakit yang sering mendera pekerja kantoran adalah sakit mag akibat naiknya asam lambung. Hal ini sudah dibuktikan dengan riset dari Brains & Co. dengan PT. Kalbe Farma Tbk. yang menyatakan bahwa 5 dari 10 orang pekerja kantoran rentan merasakan asam lambungnya naik.

Naiknya asam lambung ini sering terjadi tanpa diduga. Sehingga, kamu membutuhkan cara jitu untuk mengatasi jika suatu saat asam lambung naik saat sedang fokus bekerja di kantor. Berikut ini merupakan 7 cara yang Bob rekomendasikan untuk kamu aplikasikan saat terkena sakit mag.

Minum Air Putih

Cara pertama yang paling mudah saat asam lambung kumat adalah dengan meminum air putih. Meminum satu hingga dua gelas air putih ini cukup disarankan. Pasalnya, setelah meminum air putih dapat menghilangkan asam yang mengiritasi dari kerongkonganmu.

Untuk pencegahan agar tidak sering kumat naiknya asam lambung, sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih secara rutin. Hal ini diharapkan membuat asam lambung dapat lebih netral. Dengan kondisi yang sering netral, secara otomatis frekuensi sakit mag pun bisa berkurang.

Mengunyah Permen Karet

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet sendiri bisa meningkatkan produksi air liur. Hal ini membuatmu lebih sering menelan. Air liur inilah yang akan membantu dalam menetralkan asam lambung yang berlebihan.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Dental Research pun mendukung pernyataan ini dengan menyatakan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu meminimalisir asam lambung. Namun, tentu saja bukan sembarang permen karet yang direkomendasikan. Permen karet bebas gula merupakan rekomendasi yang harus kamu punya di laci mejamu.

permen karet asam lambung

Minum Minuman Hangat

Untuk menetralkan asam lambung yang berlebihan, air hangat menjadi salah satu yang bisa kamu konsumsi. Air hangat sendiri selain dapat membantu mengurangi rasa sakit saat sakit mag juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh khususnya lambung.

Beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari minum air hangat secara teratur selain untuk menetralkan asam lambung di antaranya adalah membersihkan racun dalam tubuh, memperlancar pergerakkan usus, dan membantu dalam memecah makanan dalam perut sekaligus menjaga sistem percernaan. Teh herbal hangat merupakan salah satu yang sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Memakan Pisang

Tidak banyak yang mengetahui bahwa buah pisang bisa membantumu dalam mengatasi sakit mag yang mendera. Pisang sendiri lebih sering dikenal sebagai salah satu makanan yang biasa dimakan sebelum berolahraga guna memberikan stamina yang lebih.

Padahal, pisang bisa bermanfaat juga untuk mengatasi rasa sakit dari asam lambung yang kumat. Pisang dapat berperan aktif sebagai zat antasida alami yang berfungsi untuk melapisi dinding lambung dan saluran cerna. Sehingga, dengan terlapisinya dinding lambung, maka asam lambung yang berlebih tidak bisa melukai dinding lambung yang menjadi penyebab rasa nyeri saat sakit mag.

Mengonsumsi Makanan atau Minuman dari Jahe

Jahe memang sudah terkenal dengan manfaatnya bagi sistem percernaan manusia. Sehingga, tidak mengheran bukan jika mengonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari bahan olahan jahe menjadi cara yang dianjutkan jika kamu terkena sakit mag saat bekerja di kantor.

Jahe sendiri memang dikenal sangat baik untuk menetralkan asam lambung yang berlebihan. Untuk kondisi mendadak seperti saat di kantor, mencampurkannya ke dalam teh hangat menjadi hal yang relatif cepat dan mudah dalam mengobati rasa sakit akibat dari sakit mag yang mendera.

Nah, untuk pencegahan, ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi jahe sebanyak 2 hingga 4 gram tiap harinya. Hal ini dilakukan untuk mendukung kerja organ lambung agar bekerja optimal. Waktu yang disarankan adalah sebelum dan setelah tidur.

Mengonsumsi Makanan Bertekstur Lembut

Saat kamu mulai merasakan gejala-gejala sakit mag saat bekerja di kantor, jangan biarkan perutmu kosong dan sesegeralah mungkin mengisi perutmu dengan makanan. Nah, pada saat seperti ini, usahakanlah untuk mengonsumsi makanan bertekstur lembut.

Makanan bertekstur lembut ini tidak membuat sistem pencernaanmu bekerja keras. Sehingga, kondisi lambung pun akan lebih stabil. Selain itu, sifat makannya sendiri bersifat menyerap yang dapat membantu menyiram asam dalam perut. Beberapa makanan bertekstur lembut di antaranya adalah bubur ayam polos, oatmeal, atau bubur sumsum.

Meminum Susu Segar

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi asam lambung saat bekerja di kantor adalah dengan meminum susu. Nah, cara yang satu ini cukup tricky karena kamu harus memilih susu yang tepat. Jika tidak, justru tidak akan mengatasi sakit mag yang sedang kamu rasakan.

Jenis susu yang cocok bagi yang sedang terkena sakit mag saat bekerja adalah susu rendah lemak dan susu nabati. Untuk susu rendah lemak, perbedaannya dengan susu sapi pada umumnya adalah pada kadar lemaknya yang membuat katup kerongkongan tetap aman saat asam lambung naik dan lebih mudah dicerna.

Sedangkan untuk susu nabati, beberapa jenis susu nabati yang bisa dikonsumsi di antaranya adalah susu kedelai, susu almond, dan susu kacang mede. Kamu tinggal sesuaikan saja dengan kesukaanmu. Namun, susu kedelai merupakan susu yang paling direkomendasikan karean kandungan lemaknya yang lebih sedikit dibandingkan susu almond dan kacang mede.

Menginap setelah Lelah Bekerja? Cobalah Datang ke Bobobox

Lelah bekerja seharian apalagi di tengah-tengah fokus bekerja sakit mag datang, kamu tentu membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa kembali bugar di keesokan harinya. Di saat lelah dan tidak memiliki waktu cukup untuk pulang ke rumah, menginap satu malam di akomodasi penginapan menjadi pilihan yang bijak.

Salah satu akomodasi penginapan yang Bob rekomendasikan bagi kamu yang sedang mengalami hal tersebut adalah Bobobox. Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik dan minimalis. Konsep yang tentu saja cocok bagi kamu yang termasuk generasi millenial.

Guna menunjang kualitas beristirahatmu saat di Bobobox, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas keren yang pastinya tidak kalah dengan yang ada di hotel bintang lima. Beberapa fasilitas yang ditawarkan di antaranya adalah lampu LED yang bisa diubah sesuka hati, pengeras suara Bluetooth, kamar pod yang luas, dan masih banyak lainnya.

Soal harga, kamu pun tidak perlu khawatir. Pasalnya, harga inap tiap malamnya sendiri tergolong murah dan cukup terjangkau. Jadi, kamu pun bisa beristirahat dengan nyaman tanpa perlu memikirkan dompet yang akan jebol karena menginap di Bobobox.

Untuk pemesanan podnya, tinggal unduh aplikasi Bobobox di sini dan kamu sudah bisa memesan pod yang kamu inginkan kapan pun dan di mana pun kamu mau.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.