Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Cara Mencegah Virus Corona Agar Tidak Terkena Kepada Kita

Lebih baik mencegah dari mengobati

Bobobox.co.id — Tahun 2020 seperti dimulai dengan cara yang tidak baik. Banyak sekali kejadian di belahan dunia ini yang bermunculan silih berganti walaupun baru menginjak bulan Januari.

Mulai dari kebakaran hutan di Australia, potensi terjadinya Perang Dunia Ketiga, Meninggalnya salah satu legenda NBA, Kobe Bryant, dan yang sekarang ini membuat kita khawatir adalah virus corona.

Virus corona atau coronavirus n-CoV novel sendiri pertama kali muncul di Wuhan, salah satu kota terbesar di Tiongkok. Virus ini sendiri kemudian menjadi perbincangan internasional dengan sangat cepat.

Pasalnya, virus ini menyebar begitu cepat. Tak tanggung-tanggung, beberapa negara Asia hingga Eropa lainnya seperti Singapura, Hong Kong, Thailand, dan lainnya, melaporkan adanya positif terpapar virus corona di negara masing-masing.

Sehingga, WHO atau organisasi kesehatan dunia bahkan meningkatkan status siaga hingga di level tertinggi untuk virus yang sejauh ini belum memiliki vaksin.

Untuk itulah, kita harus mewaspadai hal ini dengan melakukan berbagai cara mencegah virus agar tidak tidak terkena kepada kita. Dengan semakin banyaknya kasus orang yang diduga positif terjangkit virus corona, tentu salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara mencegah virus tersebut masuk ke tubuh kita.

Untuk meminimalisir terjangkit virus corona, Bob mempunyai beberapa cara mencegah virus yang bisa kamu lakukan untuk beberapa ke depan. Berikut ini merupakan 7 cara mencegah virus yang bisa langsung kamu aplikasikan.

Sering Mencuci Tangan

Cara mencegah virus corona pertama adalah dengan sesering mungkin mencuci tangan setelah menyentuh barang-barang atau hal yang terlihat kotor.

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang mengendap saat tanganmu kotor.Cara mencuci tangan yang dianjurkan adalah dengan menggunakan sabun dan air selama 20 detik dari air yang mengalir.

Jika tidak ada air ataupun sabun, kamu pun bisa menggunakan gel pembersih tangan beralkohol sebagai alternatif cuci tangan yang menjadi cara mencegah virus ini.

Ataupun jika kamu masih merasa kebingungan, kamu bisa membaca langkah demi langkah soal mencuci tangan sesuai standar dan lebih terinci lagi di sini.

Etika Saat Batuk

Cara mencegah virus corona selanjutnya adalah menyoal etika setelah batuk atau bersin. Jadi, semisalkan kamu batuk, ada beberapa cara dan etika yang batuk atau bersin yang perlu kamu ketahui.

Pertama, tutup mulut dan hidungmu dengan tisu atau siku saat kamu bersin. Kedua, segera buang tisu yang tadi kamu gunakan untuk menutupi mulut dan hidung saat batuk atau bersin.

Selanjutnya, segeralah mencuci tangan. Lihatlah poin sebelumnya untuk mengetahui cara mencuci tangan yang benar. Yang terakhir adalah jangan langsung menyentuh wajahmu sehabis kamu batuk atau bersin.

Etika dan cara saat batuk atau bersin ini untuk mengurangi risiko terjangkit virus corona COVID-19. Pasalnya, virus ini menular lewat droplet atau bercak dahak.

Jalani Hidup Sehat

Cara mencegah virus ini sebenarnya bisa menjadi hal yang harus kamu jalani ke depannya. Yap, menjalani hidup sehat adalah cara mengecah virus lainnya yang bisa dilakukan.

Menjalani hidup sehat sendiri tentu tidak hanya sekadar untuk mencegah virus corona saja. Banyak keuntungan lainnya yang bisa didapat saat kamu menjalani hidup sehat setiap harinya.

Sehingga, sangat dianjurkan, walaupun virus corona nantinya sudah ada vaksinnya, kamu tetap menjalankan hidup sehat di kehidupanmu sehari-hari.

Hindari Menyentuh Langsung Mata, Hidung, dan Mulut

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang menjadi ‘perwakilan’ kita dalam mengambil sesuatu. Beberapa aktivitas bahkan mengharuskan tangan untuk bergerak.

Namun, hal tersebut justru mengakibatkan tangan kita memiliki kemungkinan besar untuk menyentuh banyak permukaan yang di mana virus mungkin saja menempel di tempat tersebut.

Setelah terkontaminasi, virus tersebut akhirnya bisa masuk ke tubuh melalui mata, hidung, atau mulutmu. Hal inilah yang terjadi juga pada virus corona.

Sehingga, cara mencegah virus corona ini adalah dengan menghindari menyentuh langsung mata, hidung, dan mulut dengan tangan. Usahakanlah untuk mencuci tangan sebelum menyentuh anggota tubuh tersebut untuk menjaga kesehatanmu juga.

via foxnews.com

Hindari Berbagi Barang Bersama

Bagi kamu yang sering menggunakan barang bersama-sama, ada baiknya saat ini untuk mengurangi hal tersebut. Hal ini disebabkan oleh virus corona yang bisa menyebar dari manusia ke manusia lagi.

Sehingga, kontak yang dilakukan saat menggunakan barang bersama bisa menjadi media penyebarannya. Jika kamu memang masih diharuskan berbagi atau menggunakan barang bersama-sama, cucilah dengan menggunakan sabun dan air selepas temanmu menggunakan barang tersebut.

Tidak hanya menghindari untuk berbagi barang bersama, usahakanlah untuk melakukan isolasi diri sesuai yang dianjurkan pemerintah. Hal ini demi meminilasir penyebaran virus dan menjadi cara mencegah virus yang relatif aman.

Pantau Gejala yang Muncul

Cara mencegah virus corona selanjutnya adalah dengan memantau update terkini soal gejala yang muncul akibat terjangkit virus corona. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mencari berita langsung ataupun melalui media sosial seperti Twitter.

Update terakhir sendiri mewartakan bahwa gejala akibat virus corona ini di antaranya adalah demam tinggi, batuk, sesak nafas, sakit kepala, dan sakit tenggorokan.

Sehingga, jika memang kamu mengalami hal tersebut, cobalah untuk menghubungi dokter terdekat guna memeriksa hal tersebut lebih lanjut.

Dengan menghubungi dokter lebih cepat, kamu bisa memastikan apakah gejala yang kamu rasakan memang akibat virus corona atau sakit flu biasa. Jangan sampai telat datang ke dokter yang menyebabkan kerugian bagi diri sendiri.

Terapkan Social Distancing

Cara mencegah virus corona yang terakhir adalah menerapkan social distancing. Pemerintah Indonesia sendiri sejak Senin, 16 Maret 2020, menyarankan untuk menghindari aktivitas di luar rumah.

Bahkan, pemerintah pusat sendiri menyarankan untuk perusahaan, sekolah hingga universitas untuk melakukan kegiatan di rumah. Untuk pekerja disarankan untuk WFH atau Work From Home. Sedangkan, bagi peserta didik, diharapkan untuk melakukan pembelajaran daring.

Bahkan, untuk saat ini, banyak tempat wisata hingga event-event yang resmi dibatalkan atau dijadwal ulang penyelenggaraanya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari menjadi cara mencegah virus corona.

Menginap dengan Tenang? Bobobox Ahlinya

Setelah heboh dengan virus corona yang menjadi isu internasional, bisa jadi kamu menginginkan situasi yang tenang guna merelaksasi pikiranmu agar tidak paranoid menghadapi berita tentang virus Wuhan ini. Salah satu tempat untuk hal tersebut adalah Bobobox.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul berlogo Koala yang menawarkan pengalaman menginap yang berbeda dibandingkan akomodasi penginapan lainnya. Pasalnya, selama menginap di sini, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas keren yang disediakan oleh Bobobox.

Beberapa fasilitas-fasilitas keren tersebut di antaranya adalah lampu led yang bisa kamu ubah sesuka hatimu melalui B-pad yang disediakan di tiap pod, pengeras suara Bluetooth, kamar yang luas, pantri, QR Code, dan tentunya koneksi WiFi untuk menunjang aktivitas di media sosial favoritmu.

Jika kamu penasaran dan ingin memesan podnya, caranya mudah dan praktis. Cukup unduh aplikasi Bobobox secara gratis bagi pengguna Android dan iOS melalui link ini. Setelah terunduh, buatlah akun dan pesan pod dengan durasi menginap yang kamu inginkan. Bob tunggu di Bobobox ya!

suasana kamar bobobox