Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bye, Split Ends! Yuk Ikuti 7 Cara Mencegah Rambut Bercabang Berikut!

Beragam kiat dan cara mencegah rambut bercabang biar rambutmu lebih sehat!

Dicatok, diwarnai, dikeriting, atau di-smoothing. Ada banyak cara mengekspresikan diri dengan rambut. Mungkin kamu sudah jenuh dengan rambut hitammu dan ingin coba warna baru. Kamu juga mungkin ingin meluruskan rambut ikalmu. Untuk cowok, mungkin kamu ingin coba perm ala Korea. Apa pun itu, rambut memang selalu bisa jadi media ekspresi diri yang bikin kita makin percaya diri.

Sayangnya, perawatan-perawatan tersebut bisa membuat rambut kering dan rusak. Dan yang lebih menyebalkan lagi, ujung-ujung rambut bisa bercabang. Aduh! Ingin tampil keren, rambut malah rusak nggak karuan. Namun, rambut bercabang bisa terjadi karena beberapa faktor lain juga, lho. Kurangnya perawatan dan paparan terhadap hal-hal tertentu bisa bikin ujung-ujung rambutmu bercabang.

cara mencegah rambut bercabang
Sumber: Shear Genius Salon

Baca Juga: Say Goodbye to Rambut Rusak dengan 7 Bahan Alami Berikut!


Jengah dengan kondisi rambut yang bercabang? Don’t worry. Di artikel ini, Bob akan kasih 7 cara mencegah rambut bercabang untuk menjaga kesehatan rambutmu. Bob juga akan jelaskan beberapa faktor penyebab rambut bercabang supaya kamu tahu. Jadi, apa saja pemicu split ends dan cara mencegahnya? Baca segmen berikutnya, ya!

Penyebab Rambut Bercabang

Sebelum mengetahui cara mencegah rambut bercabang, ada baiknya kamu memahami dulu penyebabnya. Rambut bercabang atau split ends disebabkan oleh beberapa faktor. Dilansir dari Merdeka.com, paparan terhadap cuaca atau kondisi ekstrem adalah salah satu penyebab rambut bercabang. Cuaca yang panas dan terik, air yang terlalu dingin atau panas, hingga polusi bisa memicu split ends.

Faktor eksternal bukanlah satu-satunya penyebab rambut bercabang. Kebiasaan menata rambut juga bermain peran dalam kerusakan rambutmu. Dilansir dari Healthline, pengeringan rambut dengan hair dryer, pelurusan, dan pengeritingan rambut bisa memicu rambut bercabang. Buat kamu yang sering catokan atau mengeringkan rambut pakai hair dryer, kurang-kurangi deh.

cara mencegah rambut bercabang
Credit: Tatiana Twinslol via Pexels

Perawatan rambut menggunakan bahan-bahan kimia juga bisa memicu split ends. Dilansir dari Function of Beauty, prosedur seperti bleaching, pewarnaan, dan perm menggunakan bahan-bahan kimia. Bahan-bahan tersebut bisa mengubah struktur rambut dan membuat rambut kering dan kasar. Kondisi tersebutlah yang membuat ujung-ujung rambut jadi bercabang.


Baca Juga: Kamu Perlu Tahu 5 Cara Mengatasi Masalah Pada Rambut


Apakah Rambut Bercabang Bisa Hilang?

Ada kabar sedih nih. Saat rambutmu bercabang, kamu nggak bisa menghilangkan cabang-cabang di ujung rambutmu dengan produk rambut. Dilansir dari Hellosehat, satu-satunya cara membasmi rambut bercabang adalah dengan memotongnya. Kamu juga tidak disarankan mencabut cabang-cabang di ujung rambut karena justru bisa memicu kerusakan rambut.

cara mencegah rambut bercabang
Credit: Element5 Digital

Meskipun kerusakan yang sudah terjadi nggak bisa dibatalkan, masih ada beberapa cara mencegah rambut bercabang yang kamu bisa ikuti. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Dengan langkah pencegahan yang tepat, rambut kamu akan tetap sehat dan nggak bercabang!

Cara Mencegah Rambut Bercabang

1. Potong Rambut secara Berkala

Seperti yang disebutkan sebelumnya, satu-satunya cara menghilangkan rambut bercabang adalah dengan memotongnya. Namun, memotong rambut secara berkala juga jadi salah satu cara mencegah rambut bercabang. Dilansir dari Byrdie, menurut Arsen Gurgov, seorang professional hairstylist, makin panjang rambutmu, makin besar risiko rambut bercabang.

cara mencegah rambut bercabang
Credit: Engin Akyurt via Pexels

Sebagai rule of thumb, ada baiknya kamu memotong rambutmu setiap 6-8 minggu sekali. Lakukan pemotongan terlepas dari panjang rambutmu. Bahkan, kata Arsen Gurgov, kamu juga bisa memotong rambut menggunakan gunting panas. Tujuannya adalah mengunci kutikula rambut. Dengan memotong rambut secara berkala, rambut bercabang bisa dihilangkan dan dicegah!


Baca Juga: Jaga Keindahan dan Kesehatan Rambutmu dengan Rangkaian Perawatan Rambut Berikut Ini!


2. Rapikan Rambut yang Kusut

Setelah mandi, kamu mungkin ingin langsung mengeringkan dan menata rambut. Padahal, merapikan rambut yang kusut terlebih dahulu sebelum dikeringkan atau ditata merupakan salah satu cara mencegah rambut bercabang! Dilansir dari Healthline, rambut yang kusut tentunya akan sulit disisir atau ditata. Jadi, luangkan waktu merapikan rambut yang kusut terlebih dahulu.

cara mencegah rambut bercabang
Credit: Kampus Production via Pexels

Kamu bisa menggunakan sisir bergigi jarang untuk meluruskan rambut yang kusut. Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, sisir bergigi jarang dapat mencegah kerusakan atau rambut patah. Jadi, detangle rambutmu terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mengeringkan atau menatanya sesuai keinginan!

3. Tunggu Selama 48 Jam Sebelum Berkeramas Setelah Pewarnaan

Untuk kamu yang senang mewarnai rambut, risiko rambut bercabang memang lebih besar. Apalagi kalau kamu tidak mengikuti perawatan khusus rambut berwarna. Duh! Rambut bisa makin kering dan rusak. Namun, adanya risiko tersebut nggak harus membuat kamu mengurungkan niat untuk mengekspresikan diri lewat rambut! Kamu tetap boleh mewarnai rambutmu kok!

cara mencegah rambut bercabang
Credit: freepik via freepik

Meskipun demikian, ada aftercare yang harus kamu ikuti. Dilansir dari Self, menurut Lona Vigi, seorang celebrity hairstylist, kamu nggak boleh langsung berkeramas dan pakai kondisioner setelah pewarnaan. Disarankan kamu menunggu selama 48 jam terlebih dahulu. Kondisi rambut masih sangat rentan setelah pewarnaan. Jadi, rambut akan mudah patah atau bercabang kalau kamu langsung berkeramas.


Baca Juga: Ikuti 7 Tips Terbaik Merawat Rambut Berwarna Ini agar Tetap Lembut dan Sehat!


4. Minum Lebih Banyak Air

Kita semua tahu pentingnya minum cukup air. Selain menghidrasi tubuh, minum air secara berkala bisa meningkatkan fungsi hormon, seperti dilansir dari situs RS Kariadi. Minum cukup air juga dapat meningkatkan daya ingat, membuat kulit lebih sehat dan kenyal, dan mengatur lemak tubuh. Duh! Kulit makin glowy dan awet muda deh!

cara mencegah rambut bercabang
Credit: Maurício Mascaro via Pexels

Ternyata, minum air juga jadi salah satu cara mencegah rambut bercabang, lho! Dilansir dari Natural Club, minum air dengan cukup bisa menghidrasi rambut dari dalam. Rambut yang terhidrasi memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap kondisi luar yang buruk. Selain itu, rambut juga tidak akan mudah bercabang! Jadi, kamu sudah minum cukup air hari ini?

5. Gunakan Suhu yang Lebih Rendah Saat Menata Rambut

Pada situasi tertentu, mau nggak mau kita perlu menata rambut dengan alat-alat bersumber panas. Peralatan seperti catokan, curling iron, dan hair dryer membantu kamu mendapatkan gaya rambut yang diinginkan. Tapi, seperti yang beberapa orang bilang, beauty is pain. Penggunaan alat-alat tersebut membuat rambut berisiko bercabang.

cara mencegah rambut bercabang
Credit: RODNAE Production via Pexels

Sebagai cara mencegah rambut bercabang, kamu bisa memilih pengaturan suhu yang lebih rendah. Dilansir dari Cosmopolitan, celebrity hairstylist Cash Lawless menyarankan penggunaan suhu di kisaran 140 derajat Celsius. Kamu juga bisa menaikkan suhu secara bertahap supaya rambut nggak “kaget”. Dengan suhu di bawah 175 derajat Celsius, kamu bisa mencegah rambut bercabang.


Baca Juga: Rambut Tipis? Ini Dia 10 Cara Terbaik untuk Menebalkan Rambut Kamu!


6. Kurangi Gesekan pada Rambut

Mengurangi friction atau gesekan terhadap rambut adalah cara mencegah rambut bercabang yang berikutnya. Tanpa disadari, ada banyak kebiasaan yang membuat rambut tergesek secara kasar. Salah satunya adalah saat kita mengeringkan rambut dengan handuk. Padahal, gesekan secara berlebihan pada rambut berisiko membuat ujung-ujungnya bercabang.

cara mencegah rambut bercabang
Credit: cottonbro via Pexels

Dilansir dari Harper’s Bazaar, ada baiknya kamu membalut atau blotting rambut dengan handuk untuk mengeringkannya. Alih-alih menggosokkan handuk ke rambut, metode ini akan lebih ramah untuk mahkota kamu. Kondisi rambut sangat rentan, terutama saat basah. Jadi, pastikan kamu mengeringkannya dengan metode yang tepat, ya!

7. Pastikan Kondisi Rambut Sudah Bersih Sebelum Styling

Cara mencgah rambut bercabang yang terakhir adalah memastikan kebersihan rambut. Saat mandi, pastikan kamu membersihkan rambut secara menyeluruh, terutama kalau kamu berencana menata rambutmu. Pasalnya, dilansir dari Cosmopolitan, kombinasi minyak, kotoran, dan panas pada rambut akan menjadi recipe for disaster.

cara mencegah rambut bercabang
Credit: cottonbro via Pexels

Selain itu, sisa produk seperti kondisioner atau sampo yang tertinggal bisa bikin rambutmu hangus. Saat sisa produk terpapar panas dari styling tool, rambutmu bisa terbakar. Walhasil, rambut jadi kering dan bercabang. Jadi, pastikan rambut sudah bersih sebelum kamu menatanya!

Nggak Hanya Rambut, Tubuh dan Pikiranmu Butuh TLC Juga!

Ketujuh cara mencegah rambut bercabang dari Bob bisa langsung kamu praktekan. Namun, nggak hanya rambutmu yang perlu dirawat; tubuh dan pikiranmu juga harus dimanjakan. Ada banyak cara menghilangkan stres dan penat. Salah satunya adalah dengan berlibur atau staycation, dan Bob punya rekomendasi akomodasi yang terjangkau dan asyik: Bobobox!

nginep di bobobox

Liburan di Bobobox dijamin seru! Kamu bisa bersantai, maraton series, atau belajar di pod yang nyaman dan luas. Integrasi teknologi en-suite dengan aplikasi ponsel bikin liburanmu antiribet! Apalagi ada beragam fasilitas pendukung yang akan menunjang kebutuhanmu. Sebelum berkunjung, jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk platform iOS dan Android. Ada banyak promo menarik juga, lho!

You might also like