Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara Mencegah dan Mengatasi Mata Lelah Saat di Kantor

Cara praktis yang bisa kamu lakukan di kantor untuk atasi mata lelahmu.

Mata lelah yang disebabkan karena terlalu banyak bekerja di depan komputer atau membaca tumpukan berkas-berkas, jika dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Paparan sinar radiasi secara terus menerus dan penggunaan mata dalam jangka panjang tanpa mengistirahatkan mata akan menyebabkan mata menjadi lelah.

Berada di dalam ruangan yang minim cahaya dan terlalu sering melihat cahaya yang terlalu terang juga bisa menyebabkan mata menjadi lelah. Selain itu, pola makan dan pola kerja yang buruk juga dapat menjadi faktor yang membuat mata jadi cepat lelah.

Mencegah dan mengatasi mata lelah

Kesehatan mata tentunya harus diperhatikan terutama bagi kamu yang memiliki pekerjaan yang mengharuskanmu berhadapan dengan layar komputer atau gadget, dan membaca dalam jangka waktu yang lama. Selain bisa mengganggu penglihatan, mata lelah juga bisa menurunkan konsentrasi dan kinerja seseorang.

Bagi kamu yang seringkali mengalami mata lelah saat bekerja, kamu bisa lakukan cara-cara berikut untuk mencegah atau mengurangi keluhanmu:

Mengatur pencahayaan dan posisi layar komputer

Aturlah pencahayaan pada layar komputermu dengan bantuan filter atau kaca anti radiasi. Selain itu, atur jarak ideal antara layar dengan mata sekitar 50 cm atau 60 cm dan gunakan kursi yang bisa diatur posisinya untuk mengurangi paparan sinar radiasi yang terlalu dekat.

Sering berkedip

mata lelah

Terlalu fokus pada pekerjaan di depan layar komputer seringkali menyebabkan orang kurang berkedip, padahal berkedip dapat menghasilkan cairan yang melembapkan dan menyegarkan mata. Biasakan untuk berkedip jika kamu sedang menatap layar komputer atau gadget -mu ya.

Istirahatkan mata 10-20 detik 

mata lelah

Selain sering berkedip, kamu juga bisa mengurangi resiko mata lelah dengan cara menutup matamu selama 10 hingga 20 detik. Hal itu bisa kamu lakukan dan atur misalnya setiap 20 menit atau 1 jam sekali. Menutup mata bisa membuat otot matamu rileks dan mata menjadi lebih segar.

Melihat tumbuhan hijau

mata lelah

Melihat tumbuhan berwarna hijau bisa membantu mengurangi mata lelah lho! Istirahatkan matamu dengan melihat dedaunan yang hijau seperti tanaman hias di kantormu atau pepohonan di sekitar tempatmu bekerja. Lakukan hal ini secara rutin di pagi hari saat berangkat ke kantor atau saat berada di kantor, misalnya 1 atau 2 jam sekali.

Melakukan olahraga mata

mata lelah

Selain tubuh, mata juga perlu berolahraga supaya terhindar dari keluhan-keluhan mata terutama mata lelah. Kamu bisa lakukan gerakan dengan mengedip-ngedipkan mata selama 10 hingga 20 kali, memutar bola mata searah dan berlawanan arah jarum jam, atau mengamati benda dengan jarak dan jarak dekat secara bergantian.

Selain melakukan hal-hal di atas selama di kantor, jangan lupa untuk melakukan kunjungan ke dokter dan mengkonsumsi makanan dan minuman untuk menutrisi matamu. Selain itu, istirahatkan matamu dengan tidur teratur setiap harinya dan kurangi bermain gadget.

Bobobox hadir untuk kamu si pekerja keras

Bagi kamu yang sering bekerja lembur atau bekerja hingga larut malam dan terlalu lelah untuk pulang ke rumah dikarenakan jarak rumah dan kantormu jauh, Bobobox bisa menjadi pilihan untuk kamu menginap. Dengan harga yang terjangkau kamu bisa beristirahat di kamar kapsul yang nyaman dengan fasilitas oke.

Pencahayaan ruangan dengan lampu led yang dapat kamu atur warnanya sesuai keinginanmu dijamin tidak akan merusak mata. Selain itu di halaman belakang dilengkapi dengan tanaman hijau yang baik untuk kesehatan matamu. Pesan segera di aplikasi Bobobox atau kunjungi lamannya di link ini dan hilangkan rasa lelahmu dan nikmati fasilitas lengkap Bobobox.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.