Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ikuti 7 Cara Mencegah Asma Kambuh Berikut Supaya Tidak Sampai Kumat!

Beberapa cara mencegah asma kambuh berikut bisa membantu kamu!

Apakah kamu pernah tiba-tiba merasa sesak napas saat sedang beraktivitas? Sedang bersih-bersih rumah atau berolahraga, tiba-tiba dada terasa sakit? Atau mungkin kamu pernah melihat teman atau anggota keluarga yang batuk-batuk setelah bermain dengan hewan? Gejala-gejala tersebut merupakan salah satu gejala asma. Untuk kamu yang punya asma, kondisi-kondisi di atas tentunya bukan hal yang asing.

cara mencegah asma kambuh
Credit: jcomp via Freepik

Asma, dilansir dari Alodokter, merupakan penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan. Penyakit ini ditandai oleh penyempitan atau peradangan saluran pernapasan sehingga membuat penderitanya kesulitan bernapas atau merasa sesak. Asma juga memicu gejala-gejala lain seperti batuk-batuk dan nyeri dada. Sebuah artikel dari Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa WHO dan GINA memperkirakan ada 400 juta pengidap asma. Jumlah ini berlaku mencakup semua pengidap asma di seluruh dunia di tahun 2025. Aduh!


Baca Juga: Mengingat Hari Penyakit Langka, Ini 7 Penyakit Paling Langka di Dunia


Sebenarnya, menurut Mayo Clinic, belum ada kejelasan terkait penyebab pasti asma. Namun, ada dugaan seseorang menderita asma karena gabungan faktor lingkungan dan genetik. Setiap pengidap asma juga bisa menunjukkan gejala yang berbeda dan kambuh oleh pemicu yang berbeda pula. Nah, Bob punya 7 cara mencegah asma kambuh yang layak kamu coba. Dengan mencegah, kamu juga bisa menghindari kondisi yang lebih parah! Simak cara-caranya di bawah ini!

1. Hindari Pemicu Asma

Cara mencegah asma kambuh yang pertama adalah menghindari pemicunya. Seperti yang Bob bilang sebelumnya, setiap orang punya trigger asma yang berbeda. Asma pada beberapa orang terpicu akibat debu, asap, atau polusi udara. Ada juga yang asmanya langsung kumat karena terpapar bulu hewan atau serbuk sari bunga. Zat kimia yang terkandung dalam kosmetik, produk skincare, hingga parfum juga bisa memicu asma, lho!

cara mencegah asma kambuh
Credit: Mladen Borisov via Unsplash

Baca Juga: Hati-Hati Pakai Skincare! Kenali Kombinasi Skincare Berbahaya Jika Digunakan Bersamaan Berikut Ini.


Dengan menghindari pemicunya, kamu bisa mencegah asma kumat sejak awal. Sebagai contoh, kalau asma sering kumat saat cuaca dingin, kenakan jaket atau sweter. Kurangi paparan terdapat udara kotor dengan mengenakan masker saat bepergian. Hindari pula produk-produk kosmetik dengan kandungan yang memicu alergi. Lebih baik mencegah daripada mengobati, ‘kan?

2. Bersihkan Kamar atau Rumahmu

Membersihkan tempat tinggal bisa jadi cara mencegah asma kambuh yang perlu kamu coba. Asma atau alergi yang kamu punya mungkin dipicu oleh debu atau kotoran. Sebuah artikel dari Detik menunjukkan hasil penelitian terkait asma dan debu. Protein bakteri dalam debu bisa memperparah reaksi alergi. Walhasil, gejala-gejala seperti hidung berlendir atau sesak napas pun muncul.

cara mencegah asma kambuh
Sumber: Naver

Kalau asma atau alergi sering kumat saat kamu berada di kamar atau rumah, inilah waktunya bersih-bersih. Jangan lupa kenakan masker untuk mencegah atau mengurangi debu yang terhirup. Lap semua permukaan, sapu dan pel lantai, dan ganti seprai dan sarung bantal. Kalau kondisi rumah bersih, tentunya kita juga akan merasa lebih nyaman! Asma atau alergi juga nggak akan sering “berkunjung”.

3. Berhenti Merokok

Kamu punya asma, tapi masih merokok dan ingin mencari cara mencegah asma kambuh? Berhenti merokok. Bob paham mungkin akan sulit mengubah kebiasaan yang satu ini. Namun, penting untuk menghentikan kebiasaan merokok demi kesehatan kamu. Sebuah artikel dari Jurnal Medika Udayana menyebutkan bahwa merokok bisa memicu serangan asma. Selain itu, merokok juga bisa memperburuk gejala asma yang muncul.

cara mencegah asma kambuh
Credit: @maymaymay_444 via Twitter

Nggak hanya itu, lho! Di negara berkembang, penderita asma yang juga merupakan perokok jumlahnya mencapai 25-30% dari total penderita asma. Aduh! Yuk mulai berhenti merokok dari sekarang. Selain itu, kamu juga perlu menghindari asap rokok sebagai cara mencegah asma kambuh. Yup! Menjadi perokok pasif juga bisa memicu asma dan berbagai gangguan pernapasan lainnya.

4. Pilih Olahraga yang Tepat

Penderita asma nggak boleh olahraga? Siapa bilang? Beberapa aktivitas atau olahraga berat memang bisa memicu asma. Namun, nggak berarti kamu nggak bisa berolahraga sama sekali. Salah satu cara mencegah asma kambuh yang kamu bisa coba adalah memilih jenis olahraga yang sesuai. Dilansir dari Hellosehat, olahraga seperti berenang, jalan santai, bersepeda, dan yoga cocok untuk penderita asma.

cara mencegah asma kambuh
Sumber: Tsunagu Local

Baca Juga: Tips Olahraga Di Rumah Agar Tetap Sehat


Selain olahraga-olahraga tersebut, kamu juga bisa mencoba senam asma dan taici. Di sisi lain, olahraga-olahraga seperti sepak bola, basket, atau lari jarak jauh lebih baik dihindari. Kamu juga perlu melakukan pemanasan dengan cukup. Ada baiknya kamu juga berolahraga bersama teman atau anggota keluarga yang mengetahui kondisimu. Jadi, kamu bisa menjaga kebugaran, tanpa khawatir asma kumat.

5. Ganti Kipas Angin dengan AC

Suhu yang panas di rumah atau kamar tentunya bikin kamu merasa nggak nyaman. Agar udara lebih sejuk, kamu bisa menyalakan kipas angin. Namun, untuk penderita asma, terutama yang dipicu oleh debu, penggunaan kipas angin sebetulnya berisiko. Karena kipas angin biasa tidak memiliki filter, udara yang dialirkan bisa membawa debu atau alergen lainnya. Walhasil, bukannya lebih nyaman, asma kamu bisa kumat.

cara mencegah asma kambuh
Sumber: Naver

Penggunaan AC untuk menyejukkan ruangan bisa jadi cara mencegah asma kambuh. AC umumnya sudah dilengkapi filter yang dapat menyaring kotoran dan debu. Jadi, udara yang dialirkan pun kemungkinan lebih bersih. Namun, jangan lupa membersihkan filter AC kamu secara berkala, ya, untuk menjaga kebersihan udara yang dialirkan AC.

6. Kendalikan Tingkat Stres dan Emosi

Siapa bilang emosi tidak berpengaruh terhadap kondisi asma yang kita punya? Nyatanya, tingkat stres dan emosi bisa memicu asma juga, lho! Dilansir dari Asthma.org, 43% penderita asma menyatakan bahwa kondisinya dipicu oleh stres. Depresi, kesedihan, dan serangan kepanikan juga bisa memicu gejala-gejala asma. Reaksi emosional seperti menangis hebat juga bisa membuat asma kumat. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang mengalami hal ini.

cara mencegah asma kambuh
Credit: tirachardz via Freepik

Baca Juga: 8 Starter Pack Anti Stress Berikut Ini Bantu Pikiranmu Lebih Tenang


Pengendalian tingkat stres merupakan cara mencegah asma kambuh yang bisa kamu coba. Dengan mengendalikan stress level, kamu nggak hanya menjaga kesehatan mental, tetapi juga menghindari kumatnya asma. Kondisi tubuh yang lebih fit juga membuatmu lebih tahan terhadap berbagai penyakit. Oh, ya! Nggak hanya emosi negatif yang bisa memicu asma. Keceriaan dan tertawa berlebihan juga bisa menjadi pemicu asma. Hmm… Segala sesuatu yang berlebihan memang nggak baik, ya.

7. Selalu Kenakan Masker dan Bawa Obat

Cara mencegah asma kambuh yang terakhir adalah selalu mengenakan masker. Pakai masker bukan hanya untuk mencegah penularan virus saja, lho! Seperti yang disebutkan sebelumnya, beberapa orang alergi terhadap debu atau polutan. Oleh karena itu, masker menjadi pembatas antara saluran pernapasan dengan udara kotor. Apalagi di situasi seperti sekarang, menggunakan masker sudah menjadi kewajiban.

cara mencegah asma kambuh
Sumber: Naver

Selain mengenakan masker, kamu juga harus membawa obat ke mana-mana. Serangan asma bisa datang tanpa diduga, dan tentunya kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi terburuk. Selalu bawa inhaler saat bepergian dan sediakan inhaler cadangan di setiap tas. Kamu juga bisa membawa obat-obatan lain yang diresepkan oleh dokter. Jadi, kalau serangan asma tiba-tiba muncul, kamu bisa langsung menggunakan obat atau inhaler.

Itulah 7 cara mencegah asma kambuh yang Bob bisa bagikan. Dengan melakukan pencegahan, kamu bisa menghindari situasi yang lebih buruk sejak awal. Pastikan kamu juga tetap menjaga kesehatan tubuhmu secara menyeluruh dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Sokong juga imunitas tubuh dengan makanan dan minuman bergizi, serta multivitamin. Kendalikan juga stres supaya suasana hati kamu tetap positif.

Lawan Stres dengan Staycation di Bobobox

Ada banyak cara menangani stres, dari menikmati hiburan hingga berlibur. Nah, kamu bisa menikmati staycation atau workcation di Bobobox untuk menangkal stres. Liburan stress-free nggak harus memakan budget besar, kok! Dengan biaya terjangkau, kamu bisa menikmati pengalaman menginap di hotel kapsul yang unik dan memorable! Interior pod yang luas dan stylish akan bikin kamu nyaman untuk tidur, kerja, atau nonton drama di dalam pod.

Nggak hanya itu. Bobobox juga dilengkapi pantry, shared bathroom, communal space, musala, dan vending machine untuk mendukung kebutuhanmu. Koneksi internet yang mumpuni juga bikin liburan kamu nggak mati gaya! Apalagi, ada banyak spot Insta-worthy buat berfoto. Unduh aplikasi Bobobox ke ponselmu dan jangan lewatkan beragam penawaran menarik dari Bobobox!

You might also like