Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara Menangani Vertigo Secara Mandiri dan Alami Agar Sehat Selalu

Cara menangani vertigo secara alamai dan mandiri ini bisa kamu coba di rumah!

Cara menangani vertigo secara alami bisa menjadi salah satu cara efektif sekaligus aman dalam meredakan rasa sakit yang kerap kali datang secara mendadak ini. Mungkin penyakit ini terdengar sepele namun faktanya ketika seseorang mengalami vertigo hal ini akan terasasangat menggangu dan tidak nyaman. Tak jarang saat seseorang mengalami vertigo maka orang tersebut sulit untuk beraktvitas seperti biasa dan harus beristirahat di rumah.

Vertigo bisa datang kapan saja tanpa memberikan gejala sehingga tidak mengenal kondisi dan waktu saat penyakit ini timbul. Saat seseorng mengalami vertigo ia akan merasa sakit kepala yang cukup menyiksa dan lingkungan sekitar terasa seperti berputar-putar. Hal ini dapat terjadi karena keseimbangan tubuh terganggu sehingga merekaa yang menderita vertigo umumnya akan merasa kesulitan untuk berdiri mapun berjalan karena tubuh rasanya akan jatuh bahkan tumbang.

Saat kondisi tersebut terjadi maka penderita vertigo sangat disarankan untuk istirahat dan dapat mengonsumsi obat khusus vertigo. Namun faktanya konsumsi obat vertigo secara rutin tidak akan menyembuhkan penyakit vertigo secara penuh. Obat tersebut hanya akan meredakan sakit vertigo saat penyakit itu kambuh sehingga tidak menutup kemungkinan penyakit tersebut dapat kembali kambuh di lain waktu. Daripada mengonsumsi obat kimia cobain deh 10 cara menangani vertigo secara alami seperti berikut ini.

1. Cara Menangani Vertigo: Minum Air Putih yang Cukup

Cara menangani vertigo secara alami yang pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian kamu. Pastikan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi. Saat kamu kurang minum air putih maka tubuh akan sering mengalami sakit kepala dan dapat memicu munculnya vertigo. Selain mengindari kamu dari kambuhnya oenyakit vertigo minum air puth yang cukup pun baik untuk kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan, lho!

2. Cara Menangani Vertigo: Penuhi Kebutuhan Makanan Berprotein

Saat vertigo terjadi pada tubuh hal ini berarti ada sistem saraf yang terganggu. Cara menangani vertigo secara alami yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein. Kamu bisa mengonsumsi daging, ayam, juga kacang-kacangan. Cara menangani vertigo dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein faktanya akan berdampak baik bagi tubuh dalam menjaga sel-sel dan jaringan.

3. Cara Menangani Vertigo: Latihan Berkonsentrasi

Saat kamu tiba-tiba mengalami veryigo di tengah aktivitas seperti bekerja di depan komputer cobalah untuk mengistirahatkan mata kamu. Kamu mungkin akan merasa mual saat menatap suatu objek yang berada di depan kamu dan hal itu merupakan salah satu tanda vertigo akan muncul. Coba latih fokus dan konsentrasimu dengan melihat sebuah benda selama lima menit namun tetap rileks untuk mengurangi risiko kehilangan kesadaran saat vertigo menyerang.

Olahraga atau banyak gerak sebagai pencegahan diabetes (pixabay.com)

4. Cara Menangani Vertigo: Latihan Fisik

Selain melatih konsentrasi kamu juga bisa mencoba melatih fisik kamu dengan melakukan olahraga yang berfokus pada keseimbangan tubuh. Salah satu jenis olahraga yang bisa kamu coba salah satunya adalah yoga. Beberapa gerakan ringan pada yoga seperti menggerakkan sendi, kepala, dan bola mata bisa kamu manfaatkan sebagai sebuah terapi atau latihan fisik bagi kamu yang sering mengalami vertigo.

5. Cara Menangani Vertigo: Mengonsumsi Susu dan Sejenisnya

Kabar baik bagi kamu yang menyukai makanan atau minuman berbahan dasar susu. Karena faktanya mengonsumsi susu atau olahan sejenisnya merupakan salah satu cara yang baik untuk menangani vertigo secara alami. Produk berbahan dasar susu mampu menambah asupan gizi untuk tubuh dan menunjang kesehatanmu. Dengan mengonsumsi susu maka tubuh dapat beristirahat dengan lebih mudah dan vertigo dapat diatasi lebih cepat.

6. Cara Menangani Vertigo: Menghirup Aromaterapi

Cara menangani vertigo berikutnya adalah dengan menghirup aroma terapi terutama yang memiliki aroma segar seperti citrus. Aroma terapi dengan wangi citrus atau wewangian segar lainnya mampu membantu meredakan rasa mual juga pusing saat vertigo kambuh. Selain aromaterapi citrus kamu juga bisa coba aromaterapi minyak kayu putih. Cobalah hirup aromanya dalam-dalam agar tubuh dan pikiran kamu rileks.

cara menangani vertigo

7. Cara Menangani Vertigo: Biasakan Sarapan

Vertigo menyerang? Coba ingat-ingat lagi apakah kamu sudah makan atau sarapan? Faktanya, perut yang terisi dapat membuat tubuh kita lebih bertenaga dan menghindari serangan vertigo. Oleh karena itu pastikan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian kamu setidaknya dengan makan 3 kali dalam sehari. Apakah kamu sering melewatkan waktu sarapan? Sarapan menjadi kebiasaan yang harus kamu lakukan untuk memastikan asupan nutrisi dan energi tubuhmu terpenuhi sebelum tubuh memulai aktivitas di pagi hari.

8. Cara Menangani Vertigo: Jaga Kesehatan Telinga

Siapa sangka jika kesehatan telinga memiliki dampak yang cukup besar terhadap munculnya penyakit vertigo. Faktanya, syaraf pada telinga berhubungan langsung dengan syaraf-syaraf di kepala. Cara menangani vertigo selanjutnya adalah coba untuk membersihkan telinga minimal 2 kali untuk menghindari bakteri bersarang di dalam telinga. Karena menjaga kesehatan telinga akan menghindarkan kamu dari vertigo, lho.

9. Cara Menangani Vertigo: Lakukan Gerakan Epley

Cara menangani vertigo selanjutnya adalah melakukan sebuah gerakan yang sudah teruji secara medis dapat mengurangi sakit vertigo. Gerakan ini bernama Epley dan dapat kamu lakukan dengan mudah. Saat kamu merasa vertigo muncul di sisi kiri kepala kamu bisa coba duduk di pinggir kasur dan memutar kepala 45 derajat ke kiri.

Tahan kepala di posisi tersebut dan berbaring segera dengan kepala menghadap kasur. Setelah itu coba putar kepala 90 derajat ke arah kanan tanpa mengangkat kepala dan duduklah secara perlahan tanpa terburu-buru selama beberapa menit. Semoga cara menangani vertigo dengan melakukan gerakan ini membantu ya!

10. Cara Menangani Vertigo: Perbaiki Posisi Tidur

Posisi tidur pun nyatanya memberikan pengaruh pada timbulnya penyakit vertigo. Salah satu posisi tidur yang bisa kamu coba sebagai cara menangani vertigo adalah dengan memastikan posisi bantal kepala sedikit lebih tinggi. Saat kamu baru saja bangun tidur cobalah untuk bangkit perlahan dan tidak terburu-buru. Duduklah selama setidaknya 1 hingga 2 menit dan atur nafas kamu sebelum kamu meninggalkan tempat tidur. Jangan lupa juga imbangi dengan pola hidup sehat lainnya seperti rutin berolahraga dan senantiasa bepikir positif.

bobobox-mattafair-2018

Istirahat Cukup di Bobobox!

Saat tubuh kamu terasa lelah karena kurang beristirahat hal ini dapat membuat tubuh kamu rentan terkena penyakit tak terkecuali vertigo. Untuk mengatasinya kamu harus memastikan untuk memenuhi kebutuhan istirahat dan tidur harian kamu. Kamu bisa coba pengalaman menarik menginap di Bobobox dengan mengunduh aplikasi Bobobox.

Bagi kamu yang memutuskan untuk traveling dan menginap disini sendirian atau ingin menambah keramaian dalam grup traveling kamu, kamu bisa memanfaatkan fitur chat di aplikasi milik Bob. Segala fitur yang ada di aplikasi Bobobox Bob rancang untuk memastikan pengalaman menginap kamu di ini menjadi nyaman dan menyenangkan. Selain itu dengan mengunduh aplikasi Bobobox kamu akan mendapatkan informasi terkini mengenai diskon yang sedang berlaku.

You might also like