Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Terluka? Tenang! Ini Dia Cara Menangani Luka yang Baik dan Benar

Jangan sampai salah. Berikut adalah cara menangani luka yang baik dan benar.

Cara menangani luka harus dilakukan dengan baik dan benar untuk menghindari kemungkinan infeksi dan juga peradangan. Saat terjadi kecelakaan besar kemungkinan akan menyebabkan luka yang cukup parah di beberapa bagian tubuh baik itu tangan, kaki, dan area lainnya. Faktanya cara menangani luka dilakukan secara berbeda tergantung keparahan luka dan juga penyebab terjadinya luka.

Dengan mengetahui cara menangani luka yang tepat kamu bisa melakukan pertolongan pertama untuk menghentikan pendarahan secepatnya. Tak perlu menunggu pertolongan dari tenaga medis, kamu bisa mempraktekkan cara menangani luka secepatnya agar luka tidak menjadi semakin parah. Oleh karena itu yuk pelajari beberapa cara menangani luka yang baik dan benar seperti berikut ini.

Cara Menangani Luka: Membersihkan dan Membalut Luka

Sebelum membalut luka menggunakan perban pastikan untuk membersihkan luka terlebih dahulu. Cara menangani luka dengan membersihkannya terlebih dahulu akan mengurangi resiko infeksi. Jika luka terjadi di area tangan pastikan untuk mengangkat tangan yang terluka dengan posisi di atas kepala dan jantung. Hal ini dilakukan untuk membantu mengurangi aliran darah ke luka.

Jika luka terjadi di kaki, pastikan pasien berada dalam posisi berbaring dan ganjal kaki yang luka hingga posisinya lebih tinggi dari jantung. Kamu bisa mengganjal kaki pasien dengan bantal atau tumpukan handuk. Lakukan pembersihan luka hanya jika pendarahan sudah berhenti. Penting untuk diingat untuk mencuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu sebelum mencuci bagian luka. Bersihkan luka menggunakan air bersih yang mengalir.

Keringkan luka dengan cara menekan luka dengan lembut dengan menggunakan handuk yang bersih. Balutlah luka dengan perban steril atau plester steril. Pastikan untuk selalu mengganti perban atau plester beberapa kali sehari dan menjaga luka tetap dalam kondisi kering dan bersih saat akan mandi. Perban atau plester dapat dibuka setelah luka sudah terlihat menutup.

via unsplash

Cara Menangani Luka Pendarahan

Cara menangani luka karena pendarahan yang adalah dengan menekan area yang terluka menggunakan bahan yang bersih dan punya daya serap tinggi. Kamu bisa memanfaatkan bahan seperti perban, pembalut, handuk, atau kain untuk menekan pendarahan. Lakukan tekanan ini selama beberapa menit hingga darah berhenti keluar. Usahakan untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai saat akan menangani luka berdarah untuk mengurangi risiko infeksi.

Sebelum melakukan penekanan terhadap luka yang mengalami pendarahan pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu area yang mengalami pendarahan. Periksa apakah ada benda yang tertinggal atau tertancap di dalam luka sebelum melakukan pendarahan dan sebelum membalutnya dengan perban. Cabutlah benda yang mengganjal atau yang berada di area pendarahan.

Jika pendarahan tak kunjung berhenti dan terdapat sesuatu yang menancap di area luka dan sulit untuk diangkat maka segeralah bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jika sudah dipastikan tidak ada benda yang tertinggal atau tertancap di luka, berikan tekanan lembut hingga perdarahan berhenti. Usahakan untuk membalut luka dengan cukup kencang dengan  menggunakan perban yang bersih dan steril.

via unsplash

Cara Menangani Luka Bakar Derajat 1

Saat kamu melakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan panas atau api seperti memasak kerap kali luka yang bisa saja terjadi adalah luka bakar. Setiap luka bakar memiliki karakteristik yang berbeda dan cara menangani luka yang berbeda tergantung derajat luka.

Luka bakar derajat 1 memiliki fokus cara menangani luka pada bagian epidemis atau lapisan kulit bagian paling atas. Kamu bisa merendam bagian tubuh yang kena luka bakar di dalam air bersih atau dinginkan bagian tubuh tersebut dengan air yang mengalir sampai rasa sakit mereda.

Cara Menangani Luka Bakar Derajat 2

Cara menangani luka bakar derajat 2 berfokus pada bagian epidermis dan sebagian lapisan di bawahnya (dermis). Seperti halnya cara menangani luka bakar derajat 1, penting bagi kamu untuk mendinginkan luka bakar derajat 2. Jika tak ada air mengalir yang bisa digunakan untuk mendinginkan luka, kamu bisa memanfaatkan kompres bersuhu ruangan. Pernting untuk diingat untuk menghindari penggunaan kompres es karena bisa menurunkan suhu tubuh.

Hal ini akan menyebabkan luka bakar menjadi lebih parah. Setelah luka dibersihkan, tutupi luka bakar dengan kasa atau perban yang steril dan tidak lengket. Hindari untuk menutup luka terlalu rapat. Kamu hanya perlu memastikan agar luka tertutup seluruhnya dan rekatkan tepi-tepi kain kasa atau perban dengan perekat khusus perban. 

Cara Menangani Luka Bakar Derajat 3

Cara menangani luka bakar derajat 3 berfokus pada bagian epidermis, dermis, dan lapisan kulit yang lebih dalam sehingga dibutuhkan penanganan medis secepat mungkin. Pastikan untuk segera membawa korban ke rumah sakit terdekat. Hindari menggunakan berbagai macam salep atau lotion pada luka bakar derajat 3 karena hanya akan memperparah kondisinya. Luka bakar jenis ini memerlukan bantuan medis dari tenaga kesehatan profesional untuk memberikan penanganan lebih lanjut.

cara menangani luka
via unsplash

Cara Menangani Luka karena Lecet

Luka lecet bisa saja terjadi salah satunya karena mengenakan sepatu yang masih baru atau melakukan kegiatan fisik maupun olahraga yang intens. Cara menangani luka karena lecet dengan tingkatan ringan dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Cara menangani luka lecet yan petama adalah dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun terlebih dahulu sebelum menangani luka.

Setelah itu bersihkan luka dari kotoran yang mungkin menempel menggunakan air yang mengalir atau menggunakan larutan garam (cairan saline) steril hingga bersih. Kamu bisa menggunakan sambun yang lembut seperti sabun bayi untuk membersihkan luka.

Pastikan untuk menghindari penggunaan bahan-bahan pembersih mengandung alkohol, iodine, ataupun hidrogen peroksida secara langsung di luka terbuka karena dapat menyebabkan iritasi dan perih. Oleskan antibiotik untuk membuat luka tetap lembap dan tutup luka menggunakan kasa steril untuk mempercepat penyembuhan.

Pasti Happy Staycation di Bobobox!

Mengetahui cara menangani luka menjadi langkah penting yang bisa kamu lakukan agar dapat meminimalisir luka menjadi parah. Penting pula bagi kamu untuk mencegah timbulnya luka dengan tetap waspada dan berati-hati. Mejaga tubuh tetap sehat pun menjadi hal penting agar kamu bisa bebas beraktivitas. Selain menjaga kesehatan tubuh kamu pun harus menghindari diri dari stres yang bisa membuat daya tahan tubuh menurun.

Liburan bisa menjadi solusi menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus. Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox.

Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu. Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di sini. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like