Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengupas Hitsnya Bisnis Dimsum dan Bagaimana Cara Memulainya

Simak hal-hal penting di bawah ini sebelum memulai bisnis Dimsum-mu!

Sebagian besar dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan lezat asal Negeri Tirai Bambu yaitu Dimsum. Makanan yang sudah ada sejak zaman Dinasti Han atau sama dengan ribuan tahun yang lalu ini, terbagi menjadi dua jenis, yaitu dimsum kukus dan dimsum goreng.

Dalam Bahasa Kantonis, Dimsum berarti “makanan kecil”, yang sesuai dengan porsi per sajiannya yang kecil dan sedikit. Sedangkan dalam Bahasa Mandarin, makanan ini disebut juga dengan Dianxin yang memiliki arti “sedikit dari hati” atau “menyentuh hatimu”.

cara memulai bisnis Dimsum

(Photo by: pinterest.com)

Mengingat citarasa Dimsum yang lezat, hangat, dan bermacam-macam jenisnya, maka tidak heran jika hidangan satu ini menjadi favorit berbagai kalangan, salah satunya adalah lidah masyarakat Indonesia. Ini menjadikan gerai Dimsum sangat mudah kamu temui di banyak tempat, seperti di pusat perbelanjaan, pinggir jalan, food court, hingga restoran bintang lima.

Belakangan ini, tawaran kemitraan untuk bisnis Dimsum sedang hits dan menjamur. Peluang seperti inilah yang membuat bisnis Dimsum memiliki prospek yang cerah.

Bagi kamu yang ingin memiliki usaha sendiri dan tertarik untuk mencoba menjalankan bisnis Dimsum, Bob sudah merangkum beberapa hal penting yang bisa kamu catat agar bisnis Dimsum kamu bisa berjalan dengan lancar. Simak baik-baik, ya! 😉

cara memulai bisnis Dimsum

(Photo by: pinterest.com)

Modal Awal

Modal awal yang kamu perlukan untuk memulai bisnis Dimsum ini bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu. Jika kamu berniat untuk mulai bisnis Dimsum yang kecil-kecilan, bahkan dengan modal sebesar 100 ribu saja pun sudah cukup untuk membeli bahan-bahan baku dan kemasan.

Dengan modal 100 ribuan kamu juga bisa jadi reseller dulu, tanpa harus menyiapkan segalanya dari awal. Ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengerjakan semua persiapan dari awal seperti proses memasak yang menyita waktu.

Namun, jika kamu memiliki uang lebih untuk dijadikan modal, kamu bisa gabung kemitraan atau franchise bisnis Dimsum yang ada. Rata-rata, modal awal yang dibutuhkan mulai dari 6,5 juta rupiah.

Biaya tersebut biasanya sudah termasuk hal-hal yang kamu perlukan untuk memulai bisnis kuliner satu ini seperti kompor, perlengkapan masak, seragam, dan tentu saja Dimsum-nya yang dalam jumlah besar. Nah, berarti kamu tinggal menyiapkan tempat dan karyawannya saja.

Lokasi Bisnis

Setelah modal, lokasi yang akan kamu gunakan untuk menjalankan bisnis Dimsum ini juga merupakan faktor yang sangat penting. Jangan sampai memilih tempat secara sembarangan, karena akan menghambat kemajuan dan kelancaran bisnis Dimsum-mu di kemudian hari.

Sebaiknya, pilihlah tempat yang strategis untuk menjalankan bisnis Dimsum-mu ini. Kamu bisa memilih lokasi yang ramai dan sering dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Lokasi yang bisa jadi pertimbanganmu contohnya seperti di pusat perkantoran, tempat wisata, sekolah dan kampus, atau bisa juga di pinggir jalan yang ramai orang singgah atau lalu-lalang. Ini bertujuan agar memudahkan calon pelanggan untuk mencapai gerai Dimsum-mu, dan semakin banyak yang notice bisnismu ini.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Jika bisnis Dimsum-mu terbilang masih kecil, mungkin karyawan yang kamu butuhkan hanyalah seorang asisten untuk mempermudah pekerjaanmu. Namun, lain halnya jika bisnis Dimsum-mu sudah termasuk skala besar, maka kamu membutuhkan beberapa staf karyawan seperti juru masak, pelayan, kasir, atau bahkan staf accounting.

Selain itu, kamu juga harus senantiasa memerhatikan kesejahteraan karyawan. Berikanlah upah yang sepadan dan tepat waktu.

cara memulai bisnis Dimsum

(Photo by: pinterest.com)

Target Pemasaran

Salah satu kunci keberhasilan dari bisnis Dimsum-mu ini adalah dengan mengenali target pasar. Kamu harus bisa menyesuaikan bisnismu ini dengan target pasar agar tidak menjadi kendala di kemudian hari.

Misalnya, jika kamu berjualan di sekitar kawasan sekolah atau kampus, sebisa mungkin kamu harus bisa menekan biaya produksi. Tujuannya agar harga jual produkmu tidak terlalu tinggi dan masih bisa dijangkau oleh kalangan pelajar.

Lain halnya jika bisnis Dimsum-mu ini berada di area perkantoran atau perumahan elite, kamu juga harus bisa menyesuaikan produkmu dengan target pasarnya. Percuma saja jika harganya murah meriah, namun tidak sesuai dengan selera pasar.

Promosi yang Tepat

Demi kelancaran bisnis Dimsum-mu, kamu juga harus memikirkan matang-matang strategi pemasaran yang baik, lho. Jangan sampai kualitas produkmu yang sudah sangat baik malah nggak banyak yang tahu karena kurangnya promosi.

Di era serba digital ini, mestinya kegiatan promosimu bisa jadi lebih cepat dan mudah. Kamu bisa mempromosikan bisnis Dimsum-mu ini melalui media sosial, agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Selain itu, kamu juga bisa membuat banner yang besar dan menarik untuk di geraimu. Buatlah banner dengan gambar dan tulisan yang dapat menarik perhatian orang-orang untuk mampir ke gerai Dimsum-mu.

Penting juga untuk diingat bahwa promosi untuk bisnis Dimsum-mu ini tidak bisa dilakukan hanya sekali dua kali, lho, namun harus terus-menerus atau continue. Semangat, ya! 😉

cara memulai bisnis Dimsum

(Photo by: pinterest.com)

Berikan Pelayanan Terbaik

Kepuasan pelanggan merupakan faktor penting untuk keberhasilan bisnis Dimsum yang akan kamu jalankan. Hal yang mendukung kepuasan pelanggan salah satunya adalah pelayanan terbaik atau service excellent.

Pelayanan yang baik dan optimal biasanya mencakup senyum, sapa, salam, pencatatan menu yang baik dan teliti, pelayanan yang cepat, stok yang selalu tersedia, serta sebisa mungkin meminimalisir adanya kesalahan.

Selain itu, jika kamu memiliki karyawan dalam bisnis Dimsum-mu ini, maka training-lah mereka agar memiliki sikap dan mental yang baik dalam melayani pelanggan.

Menjaga Kualitas dan Kebersihan

Kebersihan dan kualitas makanan yang senantiasa terjaga juga merupakan salah satu modal awal yang mesti kamu miliki sebagai pebisnis dunia kuliner. Lokasi yang bersih dan kualitas makanan yang baik tentu menjadi faktor kunci kepuasan pelangganmu.

Bisnis Dimsum-mu tentu nggak akan berkembang jika kamu menyajikan makanan yang kurang enak dan kurang bersih. Belum lagi jika tempat berjualanmu kurang higienis, dijamin, para pelanggan pasti enggan untuk kembali ke geraimu.

Analisa Usaha

Untuk menghindari kerugian dalam bisnis Dimsum yang baru akan kamu jalani ini, sebaiknya belajarlah dari sekarang untuk mengatur keuangan bisnismu dengan baik. Dengan begitu, manajemen keuangan dari bisnismu ini akan jelas, rapi, dan transparan, sehingga melahirkan bisnis yang sehat.

cara memulai bisnis Dimsum

(Photo by: pinterest.com)

Bobobox, pilihan tepat untuk tidur yang nyaman!

Jangan ragu lagi untuk mulai bisnis Dimsum-mu sekarang juga! Butuh tempat untuk mengolah ide-ide bisnismu sampai semalam suntuk? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap dan stay di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama stay di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

bobobox

You might also like