Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara Membatalkan Tiket Kereta Pada Hari yang Sama dengan Keberangkatan

Pembatalan tiket kereta

Kereta api adalah moda transportasi yang cukup digemari masyarakat karena selain tidak perlu macet-macetan, harga tiket kereta api juga cukup terjangkau.

Meski begitu, kereta api memiliki jadwal keberangkatan dan kedatangan yang sudah pasti sehingga kamu tidak bisa seenaknya datang semau kamu.

Kamu umumnya diharuskan sudah berada di stasiun 15 menit sebelum keberangkatan untuk melakukan check-in karena antriannya bisa cukup panjang dan akan memakan waktu. Kalau tidak, kamu bisa ketinggalan kereta dan hanguslah tiket kereta kamu.

Nah bagaimana jadinya kalau di hari keberangkatan kamu tiba-tiba ada halangan atau urusan mendadak sehingga kamu tidak bisa menaiki kereta sesuai jadwal yang tertera di tiket kereta kamu? Tidak usah khawatir, lakukan saja pembatalan tiket kereta.

Mau tahu apa saja yang harus kamu lakukan dan persiapakan untuk melakukan pembatalan tiket kereta? Yuk, simak informasi berikut ini!

@keretaapikita

Waktu untuk Pembatalan Tiket Kereta

Seperti yang Bob sebutkan di atas, kamu bisa melakukan pembatalan tiket kereta di hari keberangkatan kamu. Tapi, bukan berarti kamu bisa membatalkannya kapan saja. Dalam pembatalan tiket, selalu ada batasan waktu maksimal kamu boleh membatalkan tiket kamu.

Nah agar kamu bisa membatalkan tiket kereta kamu di hari yang sama dengan hari keberangkatan kamu, pembatalan harus dilakukan selambat-lambatnya 30 menit sebelum waktu keberangkatan yang tertera di tiket kereta kamu.

@keretaapikita

Dokumen dan Biaya

Jika kamu ingin membatalkan tiket kereta kamu, jangan datang dengan tangan kosong ya! Kamu harus membawa serta KTP (atau penanda identitas diri lainnya) beserta fotokopinya serta tiket kereta yang sudah dicetak.

Jika kamu membeli tiket kereta melalui mitra KAI, misal traveloka, Indomaret, Alfamart, dsb, dan masih berbentuk struk, pastikan kamu telah mencetak tiketnya terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pembatalan yang terdiri dari dua rangkap tentang data tiket kereta serta data diri kamu dan keterangan untuk mengambil biaya pembatalan tiket.

Petugas akan memvalidasi formulir tersebut dan menyerahkannya kembali jika kamu memilih biaya pembatalan diambil secara tunai. Kamu juga bisa memilih transfer bank untuk metode pengembalian uang kamu.

Selain itu, kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar 25 persen dari harga tiket kereta kamu, dengan pembulatan ke atas kelipatan Rp1.000. Misal, harga tiket kamu adalah Rp 120.000, maka uang yang akan kamu terima adalah Rp 90.000.

@keretaapikita

Kemudian, uang kamu akan dikembalikan setelah 30 hari dari pengajuan pembatalan (selambat-lambatnya 45 hari), dengan mengambillnya langsung dari stasiun (jika memilih tunai) dan menyerahkan formulir yang telah divalidasi serta menunjukkan kartu identitas kamu.

Jika kamu ingin membatalkan tiket untuk orang lain, maka selain penanda identitas asli, fotokopi, serta tiket pemohon, kamu pun harus membawa serta surat kuasa bermeterai dari pemilik tiket yang dikuasakan kepada kamu untuk membantu membatalkan tiket pemohon.

Bagaimana kalau kamu ingin membatalkan lebih dari satu tiket milik orang lain? Pembatalan masih bisa dikuasakan dengan catatan tiket-tiketnya memiliki kode booking yang sama.

Kamu harus tetap membawa penanda identitas asli beserta fotokopinya dan cukup satu surat kuasa saja dari salah satu penumpang sebagai lampiran.

Jika dalam 45 hari kamu masih belum menerima pengembalian dana, kamu bisa menghubungi Customer Service di stasiun tempat kamu membatalkan tiket kereta atau menghubungi nomor (021) 121.

@keretaapikita

Lokasi Pembatalan Di Berbagai Daerah

Perlu diingat bahwa tidak semua stasiun dapat melayani pembatalan tiket kereta. Hanya beberapa stasiun besar yang tersebar di daerah-daerah tertentu yang yang dapat melayani pembatalan tiket kereta.

Stasiun-stasiun tersebut berada di daerah Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya, Jember dan Sumatera.

Untuk pembatalan di daerah Jabodetabek, kamu bisa datang ke Stasiun Serang, Rangkasbitung, Jakarta Kota, Gambir, Pasar Senen, Bogor, Bekasi, atau Cikampek.

Untuk Bandung dan sekitarnya, kamu bisa mendatangi Stasiun Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, atau Banjar. Untuk daerah Cirebon dan sekitarnya, kamu bisa melakukan pembatalan di Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, atau Brebes.

Untuk daerah Semarang, kamu bisa membatalkan tiket kereta kamu di Stasiun Tegal, Pekalongan, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Cepu, atau Bojonegoro. Sementara itu untuk daerah Purwokerto, kamu bisa mendatangi Stasiun Purwokerto, Kroya, Cilacap, atau Kutoarjo.

@keretaapikita

Untuk wilayah Yogyakarta, silakan datang ke  Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, atau Solo Balapan. Jika kamu berada di wilayah Madiun, kamu bisa melakukan pembatalan di Stasiun Madiun, Kertosono, Kediri, atau Jombang.

Menuju ke timur jawa, yakni wilayah Surabaya, kamu bisa datang ke Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, atau Blitar.

Sementara itu, untuk daerah Jember, kamu bisa datang ke Stasiun Banyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, atau Pasuruan.

Untuk wilayah Sumatera, wilayah pembatalan terbagi ke dalam tiga divisi, yakni Divisi Regional 1 yang meliputi Stasiun Medan, Tebing Tinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran, dan Rantau Prapat.

Selanjutnya ada Divisi Regional 2 yang terdiri dari Stasiun Padang dan yang terakhir adalah Divisi Regional 3 yang mencakup Stasiun Kertapati, Prabumulih, Lubuk Linggau, Baturaja, Kotabumi, dan Tanjungkarang.

Alternatif Pembatalan

Kamu bisa membatalkan jadwal keberangkatan kamu dan menggantinya dengan jadwal perjalanan baru.

Seperti halnya pembatalan, ada batasan waktu untuk melakukan pergantian jadwal, yakni setidaknya satu jam sebelum jadwal keberangkatan dan dilayani di stasiun-stasiun yang tersebut di atas.

Kamu dapat mengganti jadwal kamu dengan kereta api yang sama ataupun berbeda. Namun, opsi ini bergantung pada ketersediaan jadwal keretanya. Selain itu, jika jadwal keberangkatan baru harganya lebih murah dari jadwal lama kamu, selisih biayanya tidak akan dikembalikan.

Sebaliknya, jika jadwal keberangkatan kamu harganya lebih tinggi dari tiket kereta kamu sebelumnya, kamu harus membayar selisih tersebut.

Prosedur awalnya sama dengan pembatalan, di mana kamu harus mendatangai loket pembatalan dengan membawa kartu identitas asli beserta fotokopinya dan tiket kereta yang sudah dicetak.

Kamu harus tetap mengisi formulir, hanya saja setelah itu kamu akan diarahkan ke loket pembelian untuk membeli tiket kereta baru kamu dan membayar selisihnya jika ada.

Terpikir untuk staycation di Bandung dengan akomodasi yang murah tapi berkualitas? Datang saja ke Bobobox! Hotel kapsul yang satu ini akan memanjakan kamu dengan fasilitas yang nyaman serta sentuhan teknologi yang canggih.

Meskipun tempatnya minimalis namun hotel ini sangat kekinian. Sambil beristirahat, kamu pun bisa hunting foto di dalam kamar kamu sendiri dan membagikannya di instagram.

Dengan fitur pengaturan cahaya lampu kamar yang dapat kamu atur sendiri lewat aplikasi Bobox di ponsel kamu atau dengan panel kontrol yang tersedia di kamar, hasil foto kamu akan memiliki efek cahaya yang instragammable banget.

Lokasinya pun cukup strategis, yakni di tengah kota Bandung. Sehingga selain staycation, kamu pun bisa menjelajahi tempat-tempat wisata di daerah sekitarnya dengan mudah.