Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cara Masak Daging Agar Lembut dan Nikmat untuk Dimakan

Cara masak daging berikut ini dijamin mudah untuk kamu lakukan!

Cara masak daging menjadi salah satu tahap penting yang perlu kamu perhatikan untuk menghasilkan masakan daging yang lembut dan nikmat untuk dimakan. Selain pemilihan daging yang berkualitas dan memilih daging yang segar, cara masak daging yang tepat akan sangat menentukkan tekstur akhir daging setelah dimasak. Apakah kamu pernah mencoba memasak daging dan terasa alot hingga sulit untuk dikunyah?

Jika pernah, bisa jadi cara memasak daging ala kamu kurang tepat sehingga daging menjadi sulit untuk dinikmati. Alih-alih dapat menikmati daging dengan nikmat, kamu malah bisa membuat gigi sakit dan ngilu karena memaksakan diri mengunyah daging yang alot. Hal ini tidak sedikit dialami orang bahkan beberapa diantaranya merasa kapok untuk makan daging karena memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan saat menyantapnya.

suara.com

Jika kamu mau mencoba olahan daging sendiri di rumah kamu harus mulai mempelajari cara masak daging yang baik dan benar. Bukan melulu masalah bumbu yang digunakan tapi juga teknik khusus cara masak daging agar daging empuk dan nikmat untuk dimakan. Sebagian besar orang ada yang melakukan cara masak daging dengan merebus daging yang telah dipotong kecil-kecil dalam waktu yang lama.

Sayangnya cara masak daging sepeti ini hanya akan mengurangi kelembutan tekstur dagging sekaligus membuat cita rasa daging berkurang dan tidak terasa gurih. Lalu kira-kira seperti apakah cara masak daging sapi agar terasa empuk dan lembut yang tepat? Bob sudah merangkum beberapa tips cara masak daging sapi agar memiliki tekstur dan cita rasa yang maksimal seperti berikut ini!

1. Iris Daging Menjadi Tipis dan Kecil

Cara masak daging yang paling awal yang bisa kamu lakukan adalah mengiris daging dengan baik dan benar. Pastikan daging kamu potong menjadi potongan-potongan yang tipis dan kecil. Potongan daging yang besar dan tebal akan membuat proses memasak daging membutuhkan waktu cukup lama sampai akhirnya daging matang. Hal ini kemudian akan mengakibatkan daging terasa alot saat dinikmati. Cara masak daging dengan memotongnya tips dan kecil pun akan membuat bumbu  lebih cepat meresap dalam daging sehingga tak perlu dimasak lama.

2. Gunakan Nanas atau Daun Pepaya

Nanas dan daun pepaya adalah dua bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu melunakkan tekstur daging yang alot. Cara masak daging menggunakan kedua bahan ini adalah dengan membalurkan parutan buah nanas ke seluruh bagian daging kemudian diamkan selama beberapa saat.

Pastikan untuk tidak mendiamkannya dalam waktu yang terlalu lama juga karena akan membuat daging rentan hancur. Jika kamu akan menggunakan daun pepaya kamu dapat mencincang  kasar dan remas daun pepaya kemudian balurkan ke seluruh permukaan daging. Setelah itu kamu bisa diamkan daging selama 10 menit lalu bersihkan dan mulai dimasak sesuai selera kamu.

cara masak daging

3. Gunakan Baking Soda

Cara masak daging yang satu ini seringkali digunakan para chef profesional di hotel maupun restoran, lho. Oleh karena itu kamu tak perlu ragu mencoba cara masak daging dengan menggunakan baking soda untuk membuat tekstur daging tera lembut. Cara masak daging menggunakan baking soda pun terbilang mudah selain karena harganya yang terjangkau.

Cara masak daging menggunakan bahan ini adalah dengan menaburkan soda kue ke seluruh bagian daging kemudian diamkan selama kurang lebih satu jam. Soda kue bekerja dengan memecah kolagen sehingga menghasilkan tekstur daging yang lebih lunak. Setelah satu jam kamu bisa merendam daging dalam air dingin selama 15 menit lalu daging siap diolah!

4. Jus Jeruk, Cuka, atau Wine

Kamu juga bisa memanfaatkan cairan yang memiliki kandungan asam untuk melembutkan otot dan serat daging. airan yang memiliki kandungan asam ini pun akan menambah cita rasa pada daging. Kamu bisa menggunakan jus lemon, jeruk nipis atau jus nanas. Kamu juga bisa menggunakan cuka apel atau cuka dapur. Jika kamu ingin daging kamu memiliki cita rasa yang unik, kamu bisa coba gunakan wine sebagai bahan perendam. Kandungan tanin pada wine faktanya dapat melembutkan tekstur daging.

5. Cara Masak Daging dengan Menggunakan Garam Laut

Selain menambah cita rasa masakan, garam laut juga bisa kamu manfaatkan untuk melunakkan daging sapi dengan cepat. Cara masak daging menggunakan garam laut adalah dena taburkan garam laut ke seluruh permukaan daging. Setelah itu diamkan daging selama kurang lebih satu jam dan basuh dengan air bersih. Setelah itu kamu bisa mengolah daging sesuai keinginan kamu. Faktanya garam laut dapat mampu menghancurkan ikatan protein pada daging dan daging akan terasa lebih empuk.

takjil enak iga bakar si jangkung
pergikuliner.com

6. Manfaatkan Kopi

Jika kamu ingin memperkuat rasa daging sekaligus melunakkan tekstur daging kamu bisa coba menyeduh kopi kental yang kemudian di diamkan hingga dingin. Setelah itu gunakan kopi tersebut untuk merendam daging selama 24 jam. Setelah direndam seharian bilas daging tersebut dan masak sesuai keinginan kamu. Hal yang bisa kamu sadari selain tekstur daging yang lebih empuk adalalah daging memiliki aroma yang lebih sedap saat dimasak setela direndam seharian dengan kopi.

7. Pukul-pukul Daging Sapi

Cara masak daging yang satu ini sangat mudah untu kamu coba. Kamu hanya perlu gunakan alat bantu pemukul daging apapun yang ada di sekitar kamu dan pastikan dalam keadaan bersih. Pukul-pukul daging hingga kamu rasa teksturnya sudah jauh lebih empuk dan tidak alot. Agar kamu lebih mudah saat memukul daging kamu bisa gunakan alas agar daging tidak bergeser saat dipukul.

8. Cola pun bisa jadi solusi

Merasa cara masak daging menggunakan cola terdengar aneh? Faktanya penggunaan cola sebagai salah satu cara masak daging adalah hal yang lumrah di sejumlah negara barat. Cara masak daging menggunakan cola akan menciptakan rasa yang unik. Selain menambah cita rasa, penggunaan cola akan membuat daging menjadi empuk karena cola memiliki kandungan asam yang kemudian dapat berubah menjadi katalis yang membantu untuk melunakkan otot-otot daging. Rendam daging dengan cola minimal 30 menit.

Yuk Coba Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

bobo
travelingyuk.com

Perut sudah kenyang. Sekarang saatnya untuk liburan. Jika kamu ingin mencoba mencari suasana baru, cobain deh menginap di Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox.

Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak! Download aplikasinya sekarang yuk!

You might also like